No 
 | 
  
Unsur 
 | 
  
Sasaran 
 | 
  
Contoh Permasalahan yang dapat diangkat Menjadi judul Penelitian
  a.l: 
 | 
 
1.        
 | 
  
Siswa 
 | 
  
a.      
  Ketika ia sedang asyik mengikuti proses pembelajaran
  di kelas, di lapangan, di laboratorium, di bengkel, dan lain-lain. 
b.     
  Ketika sedang asyik mengerjakan pekerjaan
  rumah di malam hari. 
c.      
  Ketika
  mereka sedang mengikuti kerja bakti di luar kelas. 
 | 
  
Perilaku kedisiplinan, semangatsiswa
  ketika mengikuti kegiatan ekstra kurikuler, keseriusan siswa ketika
  mengerjakan tugas, ketelitian siswa dalam mengelola sarana belajarnya,
  kebiasaan siswa dalam mengajukan pertanyaan di kelas, ketepatan siswa untuk hadir
  di sekolah, dan sebagainya. 
 | 
 
2.        
 | 
  
Guru
   
 | 
  
a.     
  Sedang
  mengajar dikelas 
b.     
  Sedang
  membimbing siswa yang sedang berdarmawisata.  
c.      
  Sedang
  mengadakan kunjungan ke rumah siswa. 
 | 
  
Mengajar dengan metode bervariasi,
  menerapkan metode diskusi terarah, mengajar dengan mengelompokkan siswa, dan sebagainya. 
 | 
 
3.        
 | 
  
Materi
  Pelajaran 
 | 
  
a.     
  Ketika
  sedang mengajar, 
b.     
  Bahan
  yang ditugaskan kepada siswa, dan sebagainya 
 | 
  
Urutan
  materi ketika disajikan kepada siswa, meliputi urutan atau
  pengorganisasiannya, cara penyajiannya, atau pengaturannya, Tindakan lain
  misalnya menambah sumber-sumber bahan untuk meningkatkan penguasaan pokok
  bahasan dan pelajaran tambahan oleh guru sendiri atau ditugaskan kepada
  siswa, pokok bahasan yang dilakukan oleh guru sendiri atau menugaskan kepada
  siswa, dsb. Mencoba memberikan materi misalnya untuk muatan lokal dapat juga di-masukkan
  dalam kategori judul penelitian tindakan kelas. Materi lain dalam kegiatan ekstra
  kurikuler, atau pelajaran tambahan di sore hari, di hari libur, atau sebagai
  materi pengayaan bagi siswa yang sudah dapat meneyelesaikan materi pokok
  lebih cepat dibandingkan siswa lain. 
 | 
 
4.        
 | 
  
Peraalatan
  atau sarana pendidikan 
 | 
  
Ketika
  guru sedang mengajar dengan tujuan meningkatkan mutu hasil belajar, yang
  dapat diamati: 
a.     
  Guru 
b.     
   Siswa 
c.      
  Keduanya 
 | 
  
Penyediaan
  dan pengaturan peralatan, baik yang dimiliki oleh siswa secara perorangan, peralatan
  yang disediakan oleh sekolah, peralatan yang disediakan dan digunakan di
  kelas. Misalnya: Penerbitan sarana yang dimiliki oleh siswa,penghematan dalam
  menggunakan sarana, perpustakaan, laboratorium, workshop, dan sebagainya. 
 | 
 
5.        
 | 
  
Hasil
  Pembelajaran 
 | 
  
Ditinjau
  dari tiga ranah yang dijadikan titik tujuan yang harus dicapai melalui
  pembelajaran, baik susunan maupun tingkat pencapaian. 
Oleh
  karena hasil belajar merupakan produk yang harus ditingkatkan, hal ini pasti terkait
  dengan tindakan unsur 
lain. 
 | 
  
Proses
  pembelajaran, peralatan 
atau
  sarana pendidikan, guru, atau siswa sendiri 
 | 
 
6.        
 | 
  
Lingkungan
   
 | 
  
Lingkungan
  siswa di kelas, sekolah, maupun yang melingkupi siswa di rumahnya. Dalam
  penelitian tindakan, bentuk perlakuan atau tindakan yang dilakukan adalah
  mengubah kondisi menjadi lebih kondusif. 
 | 
  
Mengubah
  situasi ruang kelas; Penataan sekolah; Penataan lingkungan yang terkait
  dengan 6K, hal ini sebaiknya dilakukan dengan melibatkan siswa 
 | 
 
7.        
 | 
  
Pengelolaan
   
 | 
  
Yang
  jelas-jelas merupakan gerak kegiatan sehingga mudah diatur dan direkayasa
  dalam bentuk kegiatan. 
 | 
  
Yang
  digolongkan kegiatan pengelolaan misalnya: 
a.     
  Cara
  mengelompokkan siswa ketika guru memberikan tugas, 
b.     
  Pengaturan
  urutan jadwal, 
c.      
  Pengaturan
  tempat duduk siswa. 
d.    
  Penempatan
  papan tulis. 
e.     
  Penataan
  peralatan milik siswa. 
 | 
 
Sumber
: 
1.     
Arikunto,
Suharsimi dkk.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.
2.     
Aqib,
Zainal.2007. Penelitian Tindakan Kelas. YRama Widya. Bandung.
3.     
Madya,
Suwarsih. 2006. Teori dan Praktek Penelitian Tindakan Kelas (Action
Research). Alfabeta. Bandung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar