| Beberapa guru sedang mengerjakan soal ujian pada pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) sebagai bagian dari pemetaan kompetensi dan sebagai dasar kegiatan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan. Uji Kompetensi Guru ini bertujuan untuk mengukur kemampuan guru yang sudah tersertifikasi apakah sudah kompeten atau belum. | 
Sebagai bahan persiapan untuk guru yang akan mengikuti UKG berikut ini beberapa soal UKG Online yang dapat di pelajari.
1. Kutub magnet yang senama apabila didekatkan akan . . . .
- A. tarik - menarik
 - B. tolak - menolak
 - C. berhimpitan
 - D. tetap
 
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
Bakat 
menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa
 jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai 
seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang 
mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini 
disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati 
orang-orang yang membacanya. 
Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak.
2. Mengapa karya-karya ayah Sony digemari banyak orang?Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak.
- A. Karena ayah Sony baik hati dan senang menolong orang.
 - B. Karena karya-karya ayah Sony berisi cerita petualangan.
 - C. Karena tulisan ayah Sony dinilai dapat membahagiakan hati.
 - D. Karena ayah Sony terkenal sebagai seorang penulis yang hebat.
 
3. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
- A. Heterofil
 - B. Homofil
 - C. Holomofil
 - D. Homogen
 
Homofil, Dalam komunikasi, dalil kesamaan dan kedekatan (homofili) sering dipakai komunikator untuk meningkatkan kredibilitasnya (Rakhmat 2007:32). Orang menjadi terhormat dalam pandangan orang lain karena duduk berdampingan dengan anggota kabinet atau berjabatan tangan dengan presiden.(A)
4. Dalam proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
- A. kesehatan
 - B. status
 - C. penampilan
 - D. pekerjaan
 
Menurut 
Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap tubuh, minat
 terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat terhadap status, 
minat terhadap pekerjaan di masa depan, minat terhadap penampilan, minat
 terhadap masalah sosial dsb. Pembelajaran mata pelajaran Matematika, 
khususnya ketika guru mengaitkan konsep atau kegunaan matematikan dengan
 kehidupan sehari-hari memungkinkan guru untuk mengidentifikasi 
minat-minat siswa terhadap pekerjaan di masa datang.(D) 
5. Hasil dari 63 x 33 adalah .... - A. 2.079
 - B. 3.888
 - C. 3.777
 - D. 3.666
 
6. Air PAM digunakan untuk ......
- A. keperluan rumah tangga
 - B. pengairan lahan pertanian
 - C. pengolahan hasil hutan
 - D. pemeliharaan ikan
 
7. Minat siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata pelajaran IPS adalah ‘minat terhadap
lambang status’. Salah satunya adalah ….
- A. nama-nama keluarga
 - B. penampilan diri
 - C. ikatan kekerabatan
 - D. jenis pekerjaan orang tua
 
Menurut 
Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap tubuh, minat
 terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat terhadap pekerjaan di
 masa depan, minat terhadap status dan simbol, minat terhadap 
penampilan, minat terhadap masalah sosial, dsb. Melalui pembelajaran 
IPS, guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap jenis pekerjaan 
urang tua. (D)
8. Untuk membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’, kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
- A. membagi
 - B. menjumlah
 - C. mengurang
 - D. menghitung
 
Kompetensi 
prasyarat adalah kemampuan awal yang harus dimiliki siswa sebelum 
mempelajari materi/topik/kompetensi tertentu. Jika hal tersebut tidak 
dilakukan akan menghambat penguasaan materi yang /topik/kompetensi 
dipelajari. Dalam pembelajaran Matematika, khususnya kompetensi dasar: 
‘’Perkalian bilangan’, ’, maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki 
siswa adalah menjumlahkan bilangan  , perkalian dapat dilakukan dengan penjumlahan berulang(B)
9. Hai, Lekaslah ke mari. Tanda baca yang paling tepat digunakan pada akhir kalimat tersebut adalah ...
- A. tanya
 - B. titik
 - C. seru
 - D. titik koma
 
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
Bakat 
menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa
 jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai 
seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang 
mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini 
disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati 
orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony 
sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah 
menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang
 diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak 
tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa 
Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya 
sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut 
tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari
 ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat 
diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis.
 Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti 
ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua 
orang, khususnya anak-anak.
10. Di tingkat mana Sony berhasil menjadi juara lomba menulis puisi anak?- A. provinsi
 - B. kecamatan
 - C. kabupaten
 - D. Kelurahan
 
11. Perhatikan soal-soal di bawah ini.
75 68
27 13
_____ _ _____ +
58 71
Jawaban soal di atas menunjukkan salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh anak usia SD yang berkesulitan belajar Matematika dalam hal ….
- A. proses penghitungan
 - B. memahami simbol
 - C. nilai tempat
 - D. bahasa dan membaca
 
Kesulitan 
belajar Matematika disebut juga diskalkulia (dyscalculis) . Menurut 
Lerner dalam Mulyono, terdapat beberapa kekeliruan umum yang sering 
dilakukan oleh anak berkesulitan belajar Matematika, yakni kekurangan 
pemahaman tentang: (1) simbol, (2) nilai tempat, (3) perhitungan, (4) 
penggunaan proses yang keliru, dan (5) tulisan yang tidak terbaca.  
Contoh: 
siswa yang belum memahami nilai tempat satuan, puluhan, ratusan, dst 
akan semakin mempersulit jika kepada mereka dihadapkan pada lambang 
bilangan yang berbasis bukan sepuluh. (C)
12. Lebah mendapatkan madu, dan bunga terjadi penyerbukan. Kerjasama seperti ini disebut . . . .
- A. simbiosis mutualisme
 - B. simbiosis komensalisme
 - C. simbiosis parasitisme
 - D. simbiosis sarkasme
 
13. Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD,
yang artinya kemampuan untuk ….
- A. memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain
 - B. penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
 - C. berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
 - D. mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang
 
14.Sebuah gedung yang tingginya 30 meter tampak pada layar televisi tingginya 10 cm,
maka skalanya adalah ....
- A. 1: 200
 - B. 1: 300
 - C. 1: 400
 - D. 1: 500
 
Adi : “Apa saja kegiatan tutup tahun ini kawan-kawan?”
Didi : “Biasa Di, perpisahan dengan kakak kelas VI.”
Yus : “Ya, tapi kita dapat usulkan yang lain.”
Ani : "Hai ini tidak dapat dibicarakan sekilas, kalau mau terima usulku adakan rapat.”
15. Percakapan tersebut menunjukkan bahwa Ani anak yang cermat dan ....
- A. semuanya
 - B. tangguh
 - C. tanggungjawab
 - D. laksana
 
16. Para perumus Pancasila dalam bermusyawarah sangat menghargai perbedaan pendapat.
Mereka menjunjung tinggi . . . .
- A. egoisme
 - B. kesukuan
 - C. toleransi
 - D. kerja keras
 
17. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
- A. Santosa S. Hamidjaja
 - B. Mattew B. Milers
 - C. Sumantri Mulyani
 - D. Rabbin
 
Pengertian Inovasi menurut Stephen Robbins, Mendefinisikan,
 inovasi sebagai suatu gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai 
atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa.
Pengertian Inovasi menurut UU No. 18 tahun 2002, Inovasi
 adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang 
bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu 
pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan 
dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.(A)
18. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam sistem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
- A. Addition
 - B. Restructuring
 - C. Alternation
 - D. Substitution
 
Dalam 
kaitanya dengan kontribusi inovasi pendidikan, Huberman seperti dikutip 
Ishak Abdulhak (2000) membagi sifat perubahan inovasi ke dalam enam 
kelompok, yaitu :a)
1. Penggantian, (substitution), inovasi dalam penggantian jenis sekolahm penggantian bentuk 
    perabot, alat-alat atau system ujian yang lama diganti dengan yang baru. b)
2. Perubahan, (alternation), merubah tugas guru yang tadinya hanya bertugas mengajar, 
    juga harus bertugas menjadi guru pembimbing. Perubahan yang bersifat 
    sebagiankomponen dari sekian banyak komponen yang masih dapat dipertahankan dalam 
    system lama
3.Penambahan, (addition), inovasi yang besifat penambahan tidak ada penggantian atau 
   perubahan. Kalaupun ada yang berubah, maka perubahan tersebut hanya dalam 
   lingkup komponen dalam system yang masih dipertahankan.d)
4. Penyusunan kembali, (restructuring). Upaya penyusunan kembali bebagai kmponenyang 
   telah ada dalam system dengan maksud agar mampu menyesuaikan diri dengantuntutan 
   dan kebutuhan.
5.Penghapusan, (elimination). Upaya perubahan dengan cara menghilangkan aspek-aspek 
   tertentu dalam pendidikan atau pengurangan komponen-komponen tertentu dalam 
   pendidikan atau penghapusan pola atau cara-cara lama.f)
6.Penguatan, (reinforcement). Upaya peningkatan untuk memperkokoh atau 
   memantapkankemampuan atau pola dan cara-cara yang sebelumnya terasa lemah(B)
19. Kerajaan Islam pertama di Indonesia- A. kerajaan Aceh
 - B. Kerjaan Demak
 - C. Kerjaan Majapahit
 - D. kerajaan Samudra Pasai
 
20. Setiap guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan ini
merupakan amanah dari Permendiknas …..
- A. Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
 - B. Nomor 23 tahun 2006 tentang SKL
 - C. Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
 - D. Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
 
21. 152 + 52 = n. n adalah . . . .
- A. 225
 - B. 204
 - C. 325
 - D. 400
 
22. Dalam 
proses pembelajaran tentang kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi 
kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, 
udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa yang
 selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang apa saja yang 
diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat 
dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
- A. seks
 - B. penampilan
 - C. kesehatan
 - D. pekerjaan
 
Menurut 
Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap tubuh, minat
 terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat terhadap pekerjaan di
 masa depan, minat terhadap status dan simbol, minat terhadap 
penampilan, minat siswa terhadap masalah sosial, dsb. Dalam pembelajaran
 mata pelajaran IPA, khususnya tentang kompetensi: ‘mengidentifikasi 
kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, 
udara, lingkungan sehat)’, ketika ada siswa yang yang selalu bertanya, 
kemudian mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan 
sangat baik maka guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap 
kesehatan. (C)
23. Standar 
nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan 
pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, 
kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisien dan 
efektivitas  penyelenggaraan pendidikan disebut ….- A. Standar Proses.
 - B. Standar Kompetensi Lulusan.
 - C. Standar Sarana dan Prasarana.
 - D. Standar Pengelolaan.
 
1. Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria  mengenai kualifikasi kemampuan lulusan 
yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
2. Standar Isi adalah kriteria mengenai ruang  lingkup materi dan tingkat Kompetensi untuk 
    mencapai Kompetensi lulusan pada jenjang dan  jenis pendidikan tertentu.
3. Standar Proses adalah kriteria mengenai  pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan  
pendidikan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan.
pendidikan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan.
4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan  adalah kriteria mengenai pendidikan 
prajabatan dan kelayakan maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan.
prajabatan dan kelayakan maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan.
5. Standar Sarana dan Prasarana adalah kriteria  mengenai ruang belajar, tempat 
berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat
bermain, tempat berkreasi dan berekreasi serta sumber belajar lain, yang diperlukan
untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi.
berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat
bermain, tempat berkreasi dan berekreasi serta sumber belajar lain, yang diperlukan
untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi.
6. Standar Pengelolaan adalah kriteria mengenai  perencanaan, pelaksanaan, dan 
pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota,
provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan
pendidikan.(D)
pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota,
provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan
pendidikan.(D)
7. Standar Pembiayaan adalah kriteria mengenai  komponen dan besarnya biaya operasi 
satuan pendidikan yang berlaku selama satu tahun.
8. Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria  mengenai mekanisme, prosedur, dan satuan pendidikan yang berlaku selama satu tahun.
instrumen penilaian hasil belajar Peserta Didik.
24. Susi dan Indri berlatih menari di tempat yang sama. Susi berangkat setiap 3 hari sekali dan Indri berangkat setiap 4 hari sekali. Pada tanggal 5 April keduanya berangkat bersama-sama. Keduanya berangkat bersama-sama lagi pada tanggal … .
- A. 16 April
 - B. 17 April
 - C. 18 April
 - D. 19 April
 
25. Kompetensi yang harus dimiliki guru (pendidik) berdasarkan Permendiknas Nomor 16
tahun 2007 adalah kompetensi …..
- A. Kepribadian, pedagogik, professional, dan manajerial.
 - B. Kepribadian, pedagogik, professional, dan sosial.
 - C. Kepribadian, pedagogik, professional, dan kewirausahaan.
 - D. Pedagogik, professional, manajerial, dan sosial.
 
26. KPK dari bilangan 12 dan 18 adalah ....
- A. 12
 - B. 36
 - C. 18
 - D. 216
 
27. Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
- A. coba-ralat (trial and error)
 - B. pendidikan langsung,
 - C. identifikasi
 - D. observasi
 
Menurut 
Hurlock, perkembangan moral anak terdiri atas dua fase, yakni: fase 
pertama, perkembangan prilaku moral dan fase kedua, perkembangan konsep 
moral. Metode-metode yang digunakan agar anak mengalami fase 
perkembangan perilaku moral terdiri atas coba- ralat (trial and error), 
pendidikan langsung, dan identifikasi. (A)
28. Lambang Pecahan desimal dari 3/8 adalah ... - A. 6,25
 - B. 0,375
 - C. 37,5
 - D. 0,0625
 
29. Ali, Amir dan Adi mempunyai tali yang masing - masing panjangnya adalah 90 dm,
6,5 m dan 750 cm. Panjang tali ketiga anak tersebut adalah . . . .
- A. 21 m
 - B. 22 m
 - C. 23 m
 - D. 24 m
 
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
Bakat 
menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa
 jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai 
seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang 
mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini 
disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati 
orang-orang yang membacanya. 
Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak.
30. Apa yang menjadi harapan Sony di masa depan?Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak.
- A. menerbitkan banyak buku
 - B. menjadi juara di setiap lomba
 - C. menjadi seorang penulis terkenal
 - D. menulis puisi yang bagus-bagus
 
31. Hasil kerja panitia sembilan adalah
- A. sembilan emas jakarta
 - B. soekarno ketua PPKI
 - C. piagam jakarta
 - D. Indonesia menang dari penjajah
 
32. Tukang nasi goreng adalah salah satu contoh distribusi
- A. langsung
 - B. tidak langsung
 - C. semi langsung
 - D. semi tidak langsung
 
1. Lebih tepat untuk menyalurkan barang hasil produksi yang tidak tahan lama. Misalnya:
makanan, minuman, buah, sayur, daging, dan lain-lain. Contoh lainnya adalah penjual
sayur berkeliling kampung untuk menjual dagangannya kepada pembeli.
2. Jarak antara produsen dan konsumen tidak jauh(A)
33. Barang dan Jasa yang dikonsumsi dapat digolongkan menjadi 2. Contoh yang benar
dibawah ini adalah barang yang habis satu kali pakai adalah ...
- A. makanan, minuman
 - B. minuman
 - C. makanan
 - D. pakaian, sabun mandi
 
Konsumsi 
adalah kegiatan untuk mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu 
barang atau jasa, baik secara sekaligus maupun berangsur-angsur untuk 
memenuhi kebutuhan.
Barang dan jasa yang dikonsumsi dapat dibedakan menjadi dua macam antara lain berikut.a. Barang sekali pakai, seperti makanan, minuman, dan obat-obatan.
b. Barang yang dipakai beberapa kali atau tidak habis sekaligus, akan tetapi digunakan
sedikit demi sedikit (bertahap), seperti pakaian, sepatu, tas, perabot rumah tangga,
komputer, dan kendaraan.
Orang yang 
memakai, menghabiskan atau mengurangi kegunaan barang atau jasa disebut 
konsumen. Dengan kata lain, konsumen adalah orang yang melakukan 
kegiatan konsumsi.(A)
34. Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa yang termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
- A. menangkap makna secara penuh
 - B. mengingat kembali kata-kata
 - C. membandingkan informasi yang diterima
 - D. merumuskan alternatif pemecahan masalah
 
Penjelasan 
Ada enam komponen bahasa, yaitu (1) fonem, (2) morfem, (3) sintaksis, 
(4) semantic, (5) prosodi, dan (6) pragmatik. Adanya gangguan pada salah
 satu atau lebih komponen-komponen tersebut dapat menyebabkan terjadinya
 kesulitan belajar bahasa. Menurut Lovitt dalam Mulyono penyebab 
kesulitan belajar bahasa adalah kekurangan kognitif, kekurangan dalam 
memori, kekurangan  kemampuan
 melakukan evaluasi, kekurangan kemampuan memproduksi bahasa, dan 
kekurangan dalam pragmatik atau penggunaan fungsional bahasa. Contoh 
kekurangan kognitif: mengklasifikasi kata, mencari dan menetapkan kata 
yang ada hubungannya dengan kata lain (hubungan semantik), menangkap 
makna secara penuh, dsb. (A)
35. Untuk 
membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan benda-benda di sekitar 
dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan awal/ 
prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….- A. membuat karangan deskriptif
 - B. melengkapi kalimat belum selesai
 - C. menyusun kalimat sederhana
 - D. membaca kalimat sederhana
 
Kompetensi 
prasyarat adalah kemampuan awal yang harus dimiliki siswa sebelum 
mempelajari materi/topik/kompetensi tertentu. Jika hal tersebut tidak 
dilakukan akan menghambat penguasaan materi yang /topik/kompetensi 
dipelajari. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia: ‘mendeskripsikan 
benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat 
sederhana’ maka kemampuan awal/prasyarat yang perlu dimiliki siswa 
adalah menyusun kalimat sederhana.(C)
36. Bagaimana bunyi butir pertama dasar negara dalam Piagam Jakarta sebelum diubah?- A. Persatuan Indonesia
 - B. Ketuhanan Yang Maha Esa.
 - C. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk pemeluknya.
 - D. Kerakyatan yaang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan
 
1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan
perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia(C)
37. Ujung jarum yang selalu menunjukkan arah utara biasanya diberi warna . . . .
- A. merah atau hitam
 - B. hijau atau merah
 - C. merah atau putih
 - D. hitam atau hijau
 
38. Beberapa orang dari buruh Pak Basir bertugas mengandangkan sapi. Makna kata
berecetak miring pada, kalimat tersebut adalah ...
- A. memasukkan
 - B. membuat
 - C. menggiring
 - D. menyimpan
 
39. Salah satu lembaga tinggi negara yang anggotanya dipilih oleh rakyat lewat Pemilihan
Umum adalah . . . .
- A. Dewan Perwakilan Daerah
 - B. Mahkamah Agung
 - C. Mahkamah Konstitusi
 - D. Badan Pemeriksa Keuangan
 
40. Yang termasuk distribusi tidak langsung adalah ...
- A. tukang nasi goreng
 - B. toko sepatu bata
 - C. pedagang
 - D. Kantin
 
Sistem distribusi secara tidak langsung:
1. Lebih tepat untuk menyalurkan barang hasil produksi yang tahan lama dan tidak mudah
rusak, misalnya sabun, pasta gigi, sikat gigi, buku dan lain sebagainya.
2. Jarak antara produsen dan konsumen jauh.
Contoh distribusi secara tidak langsung:
-Penjualan berbagai merk sabun mandi, sampo, pasta gigi, sepatu dll
-Penjual koran harian pagi oleh pengecer koran keliling(C)
41. Sebuah kubus panjang rusuk 1 sisinya 7 dm, maka volume kubus tersebut adalah ...
- A. 323 dm3
 - B. 343 dm3
 - C. 333 dm3
 - D. 363 cm3
 
42. Hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur pemerintahannya sendiri sesuai
dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku disebut . . . .
- A. pemerintahan otoriter
 - B. pemerintah daerah
 - C. otoritas daerah
 - D. otonomi daerah
 
43. Tahun 1945 nagasaki di bom oleh sekutu pada tanggal
- A. 7 Maret 1945
 - B. 16 Juni 1945
 - C. 21 April 1945
 - D. 9 Agustus 1945
 
44. Luas daerah segitiga sama kaki 240 cm2 dan panjang alasnya 20 cm. Keliling segitiga
adalah ...
- A. 68
 - B. 70
 - C. 72
 - D. 78
 
t = Luas : alas/2 = 240 : 10 = 24
Sisi miring = √576 + √100 = √676 = 26
Keliling = 20 + 26 + 26 = 72 cm(C)
45. Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
ditinjau dari aspek emosional, kecuali ....
- A. kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir
 - B. menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
 - C. menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
 - D. mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
 
Menurut 
Hurlock, karakteristik perkembangan emosional anak usia SD antara lain: 
kesulitan memulai sesuatu tetapi jika berhasil akan bertahan sampai 
akhir, menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah, 
memiliki rasa humor yang diekspresikan dalam lelucon praktis, dan 
memiliki rasa sensitif dan mudah tersinggung dalam intensitas yang 
ringan. Jadi, mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih 
dewasa bukan merupakan karakteristik perkembangan emosional anak usia SD
 (D)
46. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :
- A. Standar Kompetensi
 - B. Kompetensi Dasar
 - C. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
 - D. Standar Kompetensi Lulusan
 
sebagai perwujudan dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki oleh peserta
didik.
2. Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang
menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan
dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester; standar kompetensi terdiri atas sejumlah
kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dan berlaku secara nasional.
3. Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik
dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi.(B)
47. Himpunan semesta yang tepat dari P = {3, 5, 7, 9, 11, 13} adalah ... .
- A. Himpunan bilangan ganjil kurang dari 15
 - B. Himpunan bilangan Prima kurang dari 15
 - C. Himpunan bilangan kelipatan 2 kurang dari 15
 - D. Himpunan bilangan tidak habis dibagi 2
 
48. Penggunaan ungkapan keras kepala pada kalimat di bawah ini yang tepat adalah ...
- A. Anak yang datang itu memang keras kepalanya
 - B. Dasar anak keras kepala, sulit diatur.
 - C. Si jagoan itu merasa keras kepala.
 - D. Anak yang baik itu memang keras kepala
 
49. Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa
usia sekolah dasar, kecuali ….
- A. adanya gangguan hubungan keruangan
 - B. kesulitan dalam bahasa dan membaca
 - C. gangguan mengenal dan memahami simbol
 - D. performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ
 
Kesulitan 
belajar Matematika disebut juga diskalkulia (dyscalculis) . Menurut 
Lerner dalam Mulyono, karakteristik kesulitan belajar Matematika 
meliputi: (1) gangguan dalam hubungan keruangan, (2) abnomalitas 
persepsi visual, (3) asosiasi visual–motor, (4) perseverasi (5) 
kesulitan mengenal dan memahami simbol, (6) gangguan penghayatan tubuh, 
(7) kesulitan dalam bahasa dan membaca, dan (8) performance IQ lebih 
rendah daripada skor Verbal IQ (D)
50. Pemahaman simbol merupakan salah satu kesulitan belajar yang sering muncul pada siswa. Hal tersebut dapat teridentifikasi melalui pengerjaan soal ….
- A. 4 + 3 = …..
 - B. 9 - 6 = …..
 - C. 8 - … = ….
 - D. 5 + 4 = ….
 
Kesulitan 
belajar Matematika disebut juga diskalkulia (dyscalculis) Menurut Lerner
 dalam Mulyono, karakteristik kesulitan belajar Matematika meliputi: (1)
 gangguan dalam hubungan keruangan, (2) abnomalitas persepsi visual, (3)
 asosiasi visual–motor, (4) perseverasi, (5) kesulitan mengenal dan 
memahami simbol, (6) gangguan penghayatan tubuh, (7) kesulitan dalam 
bahasa dan membaca, dan (8) performance IQ lebih rendah daripada skor 
Verbal IQ Kesulitan belajar Matematika disebut juga diskalkulia 
(dyscalculis) . Menurut Lerner dalam Mulyono, terdapat beberapa 
kekeliruan umum yang sering dilakukan oleh anak berkesulitan belajar 
Matematika, yakni kekurangan pemahaman tentang: (1) simbol, (2) nilai 
tempat, (3) perhitungan, (4) penggunaan proses yang keliru, dan (5) 
tulisan yang tidak terbaca. 
Contoh: kesulitan yang sering muncul pada siswa yang belum memahami simbol = , -, + akan mendapat kesulitan mengerjakan butir soal 8 - …. = …. atau … + 2 = 8 atau …. - 3 = 5, atau 7 + … = 10 (C)
51. Himpunan bilangan cacah yang merupakan kelipatan 6 , antara 18 dan 60 adalah . . . .
- A. { 24, 30, 36, 42, 48, 54 }
 - B. { 16, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60 }
 - C. { 24, 30, 36, 48, 54 }
 - D. { 24, 30, 42, 48, 54 }
 
52. FPB dari bilangan , 120, 160 dan 200 adalah ....
- A. 40
 - B. 80
 - C. 60
 - D. 90
 
53. Apa yang dimaksud dengan amendemen?
- A. Perubahan undang-undang atau penambahan terhadapnya.
 - B. Pembatalan undang-undang.
 - C. Pemberlakuan kembali undang-undang.
 - D. Pembubaran anggota parlemen yang sedang menyusun undang-undang.
 
54. Binatang menyusui = . . . .
- A. aves
 - B. reptilia
 - C. mamalia
 - D. dekapoda
 
55. 580 - n = 108 + 460. n = . . . .
- A. 8
 - B. 12
 - C. 18
 - D. 22
 
56. Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI
ditinjau dari aspek fisik, kecuali ....
- A. menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
 - B. memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
 - C. penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
 - D. memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat
 
Karakteristik
 perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik antara lain:
 mulai kehilangan gigi bayi, namun tumbuh gigi baru, memiliki dorongan 
dan energi secara eksplosif, mengulang kembali keterampilan-keterampilan
 secara tuntas, dan menyenangi olahraga secara kelompok. Jadi memiliki 
kemampuan dalam mengangkat beban yang berat, bukan merupakan 
karakteristik perkembangan aspek fisik anak usia SD.(D) 
57. Lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan keuangan negara adalah . . . .- A. Dewan Pertimbangan Agung
 - B. Badan Audit Nasional
 - C. Badan Pemeriksa Keuangan
 - D. Mahkamah Agung
 
58. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentuk sikap menyenangi atau tidak
menyenangi terhadap inovasi dikategorikan ......
- A. Tahap pengetahuan (kowledge)
 - B. Tahap bujukan (persuasion)
 - C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
 - D. Tahap implementasi (implementation)
 
Tahap bujukan (persuasion), tahap ini berlangsung ketika seseorang atau unit pengambil keputusan yang lain, mulai membentuk sikap menyenangi atau tidak menyenangi  terhadap inovasi (B)
59. Batu apung digunakan untuk keperluan ....- A. pengasah kayu supaya halus
 - B. mengasah pisau agar tajam
 - C. bahan pengeras jalan
 - D. dinding dan lantai rumah
 
60. Dalam proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD mengajarkan tentang kompetensi dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
- A. mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
 - B. melaksanakan hidup rukun di masyarakat
 - C. mengenal lingkungan rumah dan sekolah
 - D. mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah
 
Kompetensi 
awal adalah penguasaan kemampuan prasyarat yang harus dimiliki siswa 
sebelum mempelajari materi/topik/kompetensi tertentu. Jika hal tersebut 
tidak dilakukan akan menghambat penguasaan materi yang /topik/kompetensi
 dipelajari. Dalam pembelajaran PKn, khususnya kompetensi dasar: 
‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi 
prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah mengikuti tata tertib di 
rumah dan sekolah (D)
61. KPK dan FPB dari 32, 48 dan 54 adalah ...- A. 864 dan 2
 - B. 918 dan 2
 - C. 864 dan 6
 - D. 918 dan 6
 
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
Bakat 
menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa
 jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai 
seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang 
mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini 
disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati 
orang-orang yang membacanya. 
Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak.
62. Bagaimana cara Sony meraih berbagai prestasi?Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis. Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua orang, khususnya anak-anak.
- A. Sony mewarisi kemahiran menulis dari ayahnya.
 - B. Sony terus-menerus menulis tanpa mengenal waktu.
 - C. Sony meminta dorongan semangat dari keluarganya.
 - D. Sony berkemauan kuat dan tekun menulis.
 
63. Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap….
- A. penampilan
 - B. pekerjaan
 - C. sekolah
 - D. status
 
Menurut 
Hurlock minat siswa antara lain terdiri atas minat terhadap tubuh, minat
 terhadap kesehatan, minat terhadap sekolah, minat terhadap pekerjaan di
 masa depan, minat terhadap status dan simbol, minat terhadap 
penampilan, dsb. Dalam proses pembelajaran, Bahasa Indonesia ketika ada 
siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat 
yang disukai, berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan 
menarik. Dengan demikian, bahan pelajaran yang menarik tersebut dapat 
mengindentifikasi minat siswa terhadap sekolah. Minat anak terhadap 
sekolah secara positif cenderung mempengaruhi sikap dan minat anak 
terhadap sekolah. (C)
64. Pembelajaran Kontekstual dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah ….
- A. Membangkitkan minat siswa.
 - B. Merangsang siswa lebih aktif belajar.
 - C. Memberi kesempatan siswa berkreasi.
 - D. Membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan.
 
65. Hewan berkaki sepuluh = . . . .
- A. aves
 - B. reptilia
 - C. mamalia
 - D. dekapoda
 
66. Sumbu simetri lipat pada segilima beraturan adalah ....
- A. 4
 - B. 8
 - C. 5
 - D. 10
 
67. Aspek positif perilaku konsumtif dibawah ini adalah
- A. mengurangi kesempatan menabung
 - B. menambah lapangan kerja
 - C. hidup boros
 - D. berprilaku konsumtif
 
1. Membuka dan menambah lapangan pekerjaan, karena akan membutuhkan tenaga kerja
lebih banyak untuk memproduksi barang dalam jumlah besar.
2. Meningkatkan motivasi konsumen untuk menambah jumlah penghasilan, karena
konsumen akan berusaha menambah penghasilan agar bisa membeli barang yang
diinginkan dalam jumlah dan jenis yang beraneka ragam.
3. Menciptakan pasar bagi produsen, karena bertambahnya jumlah barang yang dikonsumsi
masyarakat maka produsen akan membuka pasar-pasar baru guna mempermudah
memberikan pelayanan kepada masyarakat.(B)
Bila dilihat dari sisi negatifnya, maka perilaku konsumtif akan menimbulkan dampak:
1. Pola hidup yang boros dan akan menimbulkan kecemburuan sosial, karena orang akan
membeli semua barang yang diinginkan tanpa memikirkan harga barang tersebut murah
atau mahal, barang tersebut diperlukan atau tidak, sehingga bagi orang yang tidak mampu
mereka tidak akan sanggup untuk mengikuti pola kehidupan yang seperti itu.
2. Mengurangi kesempatan untuk menabung, karena orang akan lebih banyak
membelanjakan uangnya dibandingkan menyisihkan untuk ditabung.
3. Cenderung tidak memikirkan kebutuhan yang akan datang, orang akan mengkonsumsi
lebih banyak barang pada saat sekarang tanpa berpikir kebutuhannya di masa datang.
68. Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya
kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….
- A. suara
 - B. kosakata
 - C. artikulasi
 - D. kelancaran
 
Bahasa 
merupakan suatu system komunikasi yang terintegrasi mencakup bahasa 
ujaran (ekspresi bahasa dalam bentuk wicara), membaca, dan menulis. 
Wicara merupakan bentuk penyampaian bahasa dengan menggunakan organ 
wicara. Ada tiga komponen wicara, yaitu (1) artikulasi, (2) suara), dan 
(3) kelancaran. Adanya kerusakan pada organ wicara yang terkait dengan 
salah satu atau lebih komponen tersebut dapat menimbulkan kesulitan 
wicara. (B)
69. Pada anak usia sekolah dasar sering disebut ‘usia berkelompok’. Pernyataan tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak dalam aspek ….
- A. sosial
 - B. moral
 - C. intelektual
 - D. emosional
 
Hurlock, 
menyatakan bahwa karakteristik perkembangan aspek sosial anak usia SD, 
antara lain: anak berminat dalam kegiatan dengan teman sebaya, ingin 
menjadi bagian dari kelompok yang mengharapkan untuk dapat menyesuaikan 
diri dengan nilai dan perilaku, serta minat para anggota kelompok. 
Berdasarkan karakteristik perkembangan sosial tersebut, usia ini disebut
 juga ‘usia berkelompok’ (A)
70. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .- A. Bujukan (persuasion)
 - B. Konfirmasi (confirmation)
 - C. Implementasi (implementation)
 - D. Pengembalian keputusan (decision making)
 
Menurut Rogers, proses keputusan inovasi terdiri dari 5 tahap, antara lain :
1) Tahap Pengetahuan (knowledge), tahap ini berlangsung, bila seseorang atau unit
pengambil keputusan yang lain, membuka diri terhadap adanya suatu inovasi serta ingin
mengetahui bagaimana fungsi inovasi tersebut.
2) Tahap bujukan (persuasion), tahap ini berlangsung ketika seseorang atau unit pengambil
keputusan yang lain, mulai membentuk sikap menyenangi atau tidak menyenangi
terhadap inovasi
3) Tahap keputusan (decision), tahap ini berlangsung ketika seseorag atau unit pengambil
keputusan yang lain, melakukan aktivitas yang mengarah kepenetapan untuk
memutuskan menerima atau menolak inovasi.
4) Tahap implementasi (implementation), tahap ini berlangsung ketika seseorang atau unit
pengambil keputusan yang lain, menerapkan atau menggunakan inovasi.
5) Tahap konfirmasi (Confirmation), tahap ini berlangsung ketika seseorang atau unit
pengambil keputusan yang lain, mencari pengetahuan terhadap keputusan inovasi yang
telah dibuatnya. Pengambil keputusan dapat menarik kembali keputusannya jika
ternyata diperoleh informasi tentang inovasi yang bertentangan dengan informasi yang
diterima terdahulu.
71. Mengingat acara tesebut sangat penting, kami harap Bapak/Ibu datang tepat pada
waktunya. Isi penggalan surat undangan tersebut tepat untuk acara ...
- A. adat
 - B. syukuran
 - C. rapat
 - D. khitanan
 
72. Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi
dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara tetangga’, adalah ….
- A. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
 - B. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
 - C. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
 - D. mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika
 
Kompetensi prasyarat adalah kemampuan awal yang harus dimiliki  Penjelasan
 siswa sebelum mempelajari materi/topik/kompetensi tertentu. Jika hal 
tersebut tidak dilakukan akan menghambat penguasaan materi yang 
/topik/kompetensi dipelajari. Dalam pembelajaran IPS SD: 
‘‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara tetangga’,
 maka kemampuan awal/prasyarat yang perlu dimiliki siswa adalah 
mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia. (A)
73. Bagian Tanah pada gambar dibawah ini  yang banyak mengandung humus adalah ....
- A. bagian E
 - B. bagian F
 - C. bagian G
 - D. bagian H
 
74. Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik
perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah....
- A. mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
 - B. berperan serta dalam permainan logika
 - C. menyukai teman sebaya lawan jenis
 - D. dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama
 
Karakteristik
 perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial antara 
lain: mulai dapat bekerja sama dalam kelompok, memiliki keasyikan 
sendiri, dapat beradu argumentasi, dan menyukai teman sebaya sesama 
jenis. Jadi, mulai menyukai teman sebaya sesama jenis, berperan serta 
dalam permainan logika, dan menyukai teman sebaya lawan jenis bukan 
merupakan karakteristik perkembangan peserta didik usia SD. (A)
75. Hasil dari ( –16 x 3 ) + (–20 : 5 ) adalah ....- A. - 52
 - B. - 44
 - C. 44
 - D. 52
 
Bacalah laporan hasil pengamatan berikut!
Objek pengamatan: Kerbau
Tempat : Di kandang kerbau Pak Sanif, Desa Mekarwangi
Waktu : Pukul 14.00−15.30
Tanggal 21 Januari 2006
Hasil-hasil Pengamatan
Gerakan 
kerbau sangat lamban. Namun, hewan ini adalah pekerja yang ulet. Ia 
sanggup bekerja seharian penuh membajak sawah. Kerbau merupakan binatang
 kandang yang terbesar. Ia punya tanduk panjang dan kuku yang kuat. 
Namun, ia tidak galak. Ia senang bersahabat kepada seorang bocah 
sekalipun. Kerbau juga sangat setia kepada majikannya. Jarang sekali ia 
mengamuk ataupun berontak. Kerbau biasa hidup tertib. Ia pun tidak 
senang mengembara jauh dari kandangnya. Karena itu, para penggembalanya 
dapat asyik tidur-tiduran tanpa rasa takut kehilangan.
(Dikutip dari Intisari Bahasa Indonesia, Penerbit Pustaka Setia)76. Topik laporan hasil pengamatan tersebut adalah ….
- A. makanan kesukaan kerbau
 - B. ukuran tubuh kerbau
 - C. tingkah laku kerbau
 - D. tugas-tugas kerbau
 
77. Salah satu nilai juang yang dapat diteladani dari para perumus Pancasila adalah
musyawarah. Apa yang dimaksud dengan musyawarah?
- A. Menghargai pendapat yang berbeda atau bahkan bertentangan dengan pendapat sendiri.
 - B. Pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan untuk menyelesaikan masalah.
 - C. Meninggalkan pendapat sendiri demi mengharapkan pujian dari orang yang berbeda pendapat.
 - D. Berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan pendapat yang diyakini kebenarannya.
 
Musyawarah adalah pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan untuk menyelesaikan masalah.(B)
78. Bentuk persen dari 2/5 adalah .........- A. 50%
 - B. 10%
 - C. 40%
 - D. 20%
 
79. Salah satu sifat air yang ditunjukkan gambar di samping ini adalah …
- A. permukaan yang tenang selalu mendatar
 - B. bentuknya sesuai dengan wadanya
 - C. dapat meresap melalui celah-celah kecil
 - D. memberikan tekanan di semua arah
 
80. Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang dapat
teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap ….
- A. masalah sosial
 - B. bidang olahraga
 - C. tubuh manusia
 - D. kesehatan manusia
 
Menurut 
Hurlock minat anak usia SD antara lain terdiri atas: minat terhadap 
tubuh, minat terhadap kesehatan tubuh, minat terhadap sekolah, minat 
terhadap status dan simbol, minat terhadap penampilan, minat terhadap 
masalah sosial, dsb. Dalam pembelajaran mata pelajaran PKn merupakan 
salah satu cara guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap masalah
 sosial. Substansi kajian dalam mata pelajaran PKn sangat berhubungan 
dengan minat-minat siswa terhadap masalah sosial, bukan bidang olahraga,
 atau kesehatan/tubuh manusia. (A)
81. Mengapa butir pertama dalam Piagam Jakarta diubah?- A. Demi menuruti keinginan Ketua BPUPKI.
 - B. Demi memenuhi keinginan Mohammad Hatta.
 - C. Demi menjaga hubungan baik dengan pemerintah Jepang.
 - D. Demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang baru saja dirintis.
 
82. Sekitar tahun 600 masehi, di pulau sumatra terdapat kerajaan...
- A. sriwijaya
 - B. majapahit
 - C. samudra pasai
 - D. Demak
 
83. Luas segitiga 60 cm2 , dan tingginya 24 cm. Alas segitiga adalah . . . .
- A. 4 cm
 - B. 5 cm
 - C. 6 cm
 - D. 8 cm
 
84. Dalam menjalankan tugasnya, presiden dibantu oleh wakil presiden dan para menteri.
Siapakah yang menentukan dan memilih para menteri?
- A. Rakyat
 - B. MPR.
 - C. DPR.
 - D. Presiden.
 
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal dibawah ini.
Bakat 
menulis Sony sudah muncul sejak usia 8 tahun. Kemahirannya tersebut bisa
 jadi merupakan warisan dari ayahnya. Ayahnya memang terkenal sebagai 
seorang penulis yang karya-karyanya sangat digemari orang. Banyak orang 
mengatakan bahwa ayahnya adalah seorang penulis yang hebat. Hal ini 
disebabkan tulisan-tulisan ayahnya dinilai mampu membahagiakan hati 
orang-orang yang membacanya. Kini, meskipun masih kelas VI SD, Sony 
sudah menerbitkan belasan novel yang dikarangnya sendiri. Selain sudah 
menerbitkan buku, Sony juga selalu menjadi juara dalam setiap lomba yang
 diikutinya. Pernah ia menjadi juara dalam lomba menulis cerita anak 
tingkat kota madya dan lomba menulis puisi anak tingkat provinsi Jawa 
Barat. Jika dihitung, jumlah piagam dan piala yang berderet di rumahnya 
sudah mencapai lebih dari tiga puluh buah. Semua prestasi Sony tersebut 
tentu saja diawali oleh perjuangan dan ketekunan. Dorongan semangat dari
 ayahnya memang sangat berpengaruh. Namun, prestasi Sony takkan dapat 
diraih tanpa adanya kemauan yang kuat dalam dirinya untuk tetap menulis.
 Kelak, ia berharap bisa menjadi seorang penulis terkenal seperti 
ayahnya. Ia pun berharap tulisan-tulisannya bisa bermanfaat bagi semua 
orang, khususnya anak-anak.
85. Kesimpulan isi bacaan tersebut adalah …- A. Setiap orang memiliki bakat terpendam yang hebat.
 - B. Prestasi dapat diraih melalui perjuangan, ketekunan, dan kemauan kuat.
 - C. Dorongan orang tua sangat penting agar anak menjadi pintar.
 - D. Kebahagiaan bisa dicapai dengan tekun menulis cerita.
 
86. Nyamuk, belalang dan lebah = . . . .
- A. aves
 - B. reptilia
 - C. mamalia
 - D. serangga
 
87. Berikut ini yang termasuk cara perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan
yaitu . . . .
- A. rhizoma
 - B. geragih
 - C. stolon
 - D. mengenten
 
Yang termasuk vegetatif buatan adalah mengenten(D)
Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang ratu, bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar, bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima. Sementara putra ketiganya lahir cacat. Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil, Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan santun budi pekertinya.
Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang ratu, bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar, bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima. Sementara putra ketiganya lahir cacat. Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil, Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan santun budi pekertinya.
Kemarau 
terus melanda Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap turunnya 
hujan. Kerajaan Linggar kekeringan. Ada yang mengatakan, Kerajaan 
Linggar terkena hukuman karena keserakahan Pangeran Seta dan Pangeran 
Seto yang menebang pohon di hutan Randualas, yaitu hutan yang tumbuh di 
samping Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat tak ada yang berani melaporkan 
keserakahan kedua pangeran kembar itu. Semua orang takut karena keduanya
 putra kesayangan ratu.
(Dikutip dari Cermat Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai)88. Kata 'menebang' berasal dari kata .............
- A. nebang
 - B. tebang
 - C. metebang
 - D. tebangan
 
- A. 13
 - B. 23
 - C. 27
 - D. 37
 
90 Ayam, merak dan burung = . . . .
- A. aves
 - B. reptilia
 - C. mamalia
 - D. dekapoda
 
91. Panjang sebuah kawat tembaga 56 cm dan panjang sebatang kawat besi 104 cm. Jika kedua kawat itu harus dipotong sama panjang dengan panjang maksimum, dari kedua kawat itu akan diperoleh
- A. 8 batang kawat tembaga dan 8 kawat besi
 - B. 7 batang kawat tembaga dan 13 kawat besi
 - C. 13 batang kawat tembaga dan 13 kawat besi
 - D. 14 batang kawat tembaga dan 26 kawat besi
 
92. Jumlah bilangan prima dari bilangan antara 25 s/d 50 adalah …
- A. 71
 - B. 72
 - C. 156
 - D. 228
 
93. Batu bara dapat digunakan sebagai bahan pembuat …
- A. aspal dan lem
 - B. solar dan pelumas
 - C. nilon dan kokas
 - D. oil dan solar
 
94. Kerajaan Tarumanegara berdiri pada tahun...
- A. 1971
 - B. 680 SM
 - C. 450 M
 - D. 420 SM
 
450 M (C)
Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang ratu, bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar, bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima. Sementara putra ketiganya lahir cacat. Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil, Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan santun budi pekertinya.
Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang ratu, bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar, bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima. Sementara putra ketiganya lahir cacat. Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil, Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan santun budi pekertinya.
Kemarau 
terus melanda Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap turunnya 
hujan. Kerajaan Linggar kekeringan. Ada yang mengatakan, Kerajaan 
Linggar terkena hukuman karena keserakahan Pangeran Seta dan Pangeran 
Seto yang menebang pohon di hutan
 Randualas, yaitu hutan yang tumbuh di samping Kerajaan Linggar. Seluruh
 rakyat tak ada yang berani melaporkan keserakahan kedua pangeran kembar
 itu. Semua orang takut karena keduanya putra kesayangan ratu.
(Dikutip dari Cermat Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai)95. Amanat yang dapat kita petik dari cerita tersebut adalah …
- A. Kita tidak boleh menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
 - B. Kita tidak boleh memamerkan kekurangan kita.
 - C. Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
 - D. Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.
 
96. Binatang bersel satu = . . . .
- A. aves
 - B. reptilia
 - C. mamalia
 - D. amuba
 
97. Menurut bentuknya, magnet buatan diberi nama - nama sebagai berikut, kecuali . . . .
- A. magnet U
 - B. magnet batang
 - C. magnet tesla
 - D. magnet ladam
 
Yang bukan bentuk magnet adalah magnet tesla(C)
Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang ratu, bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar, bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima. Sementara putra ketiganya lahir cacat. Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil, Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan santun budi pekertinya.
Alkisah, ada sebuah kerajaan bernama Kerajaan Linggar dipimpin oleh seorang ratu, bernama Ratu Sima. Ratu Sima mempunyai tiga orang putra, semuanya laki-laki. Putra pertama dan keduanya lahir kembar, bernama Pangeran Seta dan Pangeran Seto. Keduanya putra kesayangan Ratu Sima. Sementara putra ketiganya lahir cacat. Matanya buta. Ia bernama Pangeran Rasi. Sejak kecil, Pangeran Rasi dibesarkan oleh Mbok Tumi, dayang kerajaan yang ditugaskan mengasuh Pangeran Rasi. Mereka hidup bahagia, hingga Pangeran Rasi menjadi pemuda yang baik dan santun budi pekertinya.
Kemarau 
terus melanda Kerajaan Linggar. Seluruh rakyat sangat berharap turunnya 
hujan. Kerajaan Linggar kekeringan. Ada yang mengatakan, Kerajaan 
Linggar terkena hukuman karena keserakahan Pangeran Seta dan Pangeran 
Seto yang menebang pohon di hutan
 Randualas, yaitu hutan yang tumbuh di samping Kerajaan Linggar. Seluruh
 rakyat tak ada yang berani melaporkan keserakahan kedua pangeran kembar
 itu. Semua orang takut karena keduanya putra kesayangan ratu.
(Dikutip dari Cermat Berbahasa, Penerbit Tiga Serangkai)98. Berdasarkan kutipan dongeng tersebut, perbedaan watak Pangeran Seta dan Pangeran
Rasi adalah ......
- A. Pangeran Seta bersifat bijaksana, sedangkan Pangeran Rasi rendah hati.
 - B. Pangeran Seta bersifat serakah, sedangkan Pangeran Rasi baik hati.
 - C. Pangeran Seta bersifat kasar, sedangkan Pangeran Rasi santun.
 - D. Pangeran Seta bersifat dermawan, sedangkan Pangeran Rasi serakah.
 
99. Candi di bawah adalah peninggalan dari kerajaan...
- A. Budha
 - B. Kristen
 - C. Hindu
 - D. Islam
 
100. DPR bekerja sama dengan presiden untuk menyusun undang-undang. Menyusun
undang-undang merupakan perwujudan dari fungsi . . . .
- A. yudikasi
 - B. anggaran
 - C. legislasi
 - D. eksekusi
 


Tidak ada komentar:
Posting Komentar