Kamis, 21 Februari 2013

Kisi-kisi Soal Aqidah Akhlak UAMBN (MI, MTs dan MA) Tahun Pelajaran 2012/2013


Berikut ini adalah kisi-kisi Soal Aqidah Akhlak UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional) Madrasah Ibtidaiyah (MI),  Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Semua mata pelajaran yang di UAMBN-kan telah diterbitkan oleh Dirjen pendis Kisi-kisi soalnya melalui  Keputusan Dirjen pendis No. 21 tahun 2013.

Untuk mendowload Keputusan Dirjen pendis No. 21 tahun 2013 Tentang Ketentuan Pelaksanaan UAMBN Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Tingkat MI, MTsN, Dan MA Tahun 2013 dapat di dowload melalui Link dibawah ini : 

Sedangkan untuk Kisi-kisi soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MI/Mts dan MA sebagai berikut:

A. KISI-KISI AQIDAH AKHLAK UAMBN MADRASAH IBTIDAIYAH
No
Standar Kompetensi Lulusan
Indikator
1
Mengenal dan meyakini rukun iman dari iman kepada Allah sampai dengan iman kepada Qada dan Qadar melalui pembiasaan dalam mengucapkan kalimat-kalimat thayyibah, pengenalan, pemahaman sederhana, dan penghayatan terhadap rukun iman dan al-asma’ al-husna, serta pembiasaan dalam pengamalan akhlak terpuji dan adab Islami serta menjauhi akhlak tercela dalam perilaku sehari-hari.
Haadii, al-Adlu, dan al-Hakam)
·         Menyebutkan nama kitab dan nabi penerimanya
·         Mengidentifikasi keuntungan berakhlak terpuji
·         Mengidentifikasi sikap Masyithah ketika akan menghadapi hukuman dari Fir’aun
·         Mengidentifikasi contoh akhlak tercela Tsa’labah
·         Menyebutkan waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat thayyibah salam
·         Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (as- Salaam, al-Mukmin, dan al- Latiif)
·         Menyebutkan tugas seorang rasul
·         Menyebutkan cara meneladani sifat wajib bagi rasul
·         Mengidentifikasi akhlak terpuji dari rasul yang termasuk dalam Ulul Azmi
·         Menunjukkan cara menghindari sifat munafik
·         Menyebutkan waktu mengucapkan kalimat thayyibah
·         Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (al-Wahhaab,ar-Rozzaaq, al-Fattaah, asy-Syakuur, dan al-Mughni)
·         Menyebutkan nama-nama lain hari kiamat
·         Menyebutkan tanda-tanda kiamat
·         Menjelaskan sifat terpuji (qanaah, optimis dan tawakkal)
·         Menyebutkan adab ketika berada di tempat ibadah atau tempat umum
·         Menyebutkan ciri akhlak tercela (pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa)
·         Menyebutkan lafadz kalimat thayibah tarji’
·         Menyebutkan makna al-asma’ al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii)
·         Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah swt. melalui al-asma’ al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii)
·         Menyebutkan keuntungan memiliki akhlak terpuji (teguh pendirian dan dermawan)
·         Menyebutkan perilaku orang yang berakhlak baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat
·         Menyebutkan akhlak yang tidak perlu diteladani dari kisah Qarun
·         Menyebutkan arti kalimat thayyibah istighfar
·         Menyebutkan keuntungan membiasakan mengucapkan kalimat thayyibah istighfar
·         Menunjukkan bukti bahwa Allah swt. bersifat sesuai dengan al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir)
·         Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir)
·         Menyebutkan pengertian takdir Allah swt.
·         Menyebutkan hikmah beriman kepada takdir Allah swt.
·         Menunjukkan sikap yang tepat ketika menghadapi takdir Allah swt.
·         Memberi contoh takdir Allah swt.
·         Mengidentifikasi salah satu contoh perilaku akhlak terpuji
·         Menyebutkan istilah akhlak terpuji (tanggung jawab, adil, dan bijaksana) dalam agama Islam
·         Memberi contoh akhlak terpuji
·         Menyebutkan tanda-tanda akhlak tercela
·         Menyebutkan salah satu contoh dari akhlak tercela
·         Menyebutkan salah satu contoh perbuatan yang bisa menyebabkan seseorang menjadi murtad
·         Mengidentifikasi kerugian mempunyai sifat marah
·         Menyebutkan jumlah minimal istihgfar yang dibaca Nabi Muhammad saw. dalam sehari semalam
·         Menyebutkan pengertian taubat
·         Menyebutkan perilaku orang yang mengenal Allah swt. melalui al-asma’ al-husna (al-Ghafuur, al-Afuwwu, ash- Shabuur dan al-Haliim)
·         Menyebutkan sifat sabar dan taubat dari kisah Nabi Ayub as. dan kisah Nabi Adam as.
·         Terbiasa berakhlak baik terhadap binatang dan tumbuhan

B. Kisi-Kisi Soal Aqidah Akhlak UAMBN Madrasah Tsanawiyah (MTs)
No
Standar Kompetensi Lulusan
Indikator
1
Memahami dasar dan tujuan akidah Islam
·         Menentukan kedudukan salah satu dasar akidah Islam
·         Menunjukkan manfaat mempelajari akidah Islam

2
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya, dan menerapkan akhlak terpuji kepada Allah
·         Menunjukkan dalil tentang sifat Allah yang terkandung di dalam ayat Al-Qur’an
·         Menunjukkan bukti bahwa Allah memiliki sifat wajib bagi Allah SWT
·         Menunjukkan arti sifat wajib bagi Allah
·         Menunjukkan lawan kata sifat wajib Allah
·         Menunjukkan bentuk dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat
3
Memahami al-Asma al-Husna, dan Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat
·         Menyebutkan nama Allah berdasarkan peristiwa yang terjadi
·         Menunjukkan bahwa Allah bersifat al-‘Aziiz, al-Ghaffar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Ra`uf, al-Barr, al-Ghaffar, al-Fattah, al-‘Adl, al-Qayyuum)
·         Menunjukkan bukti adanya malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
·         Menunjukkan tugas-tugas para malaikat Allah SWT
·         Menunjukkan perilaku orang yang meneladani sifat malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
4
Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT
·         Menjelaskan pengertian riya' dan nifaaq
·         Menunjukkan contoh perbuatan riya dan nifaaq
5
Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT
  • Menyebutkan nama kitab Allah yang diturunkan kepada utusan-Nya
  • Menunjukkan nama lain dari al-Qur`an yang terkait dengan fungsinya
  • Menunjukkan fungsi al-Qur`an sesuai dengan ayat yang disajikan
  • Menunjukkan salah satu isi kandungan Al-Qur`an
  • Menunjukkan cara mencintai al-Qur`an
6
Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri,dan menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri
  • Menyebutkan pengertian tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
  • Menunjukkan contoh perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
  • Menunjukkan nilai positif dari sabar dalam fenomena kehidupan
  • Menunjukkan ciri sikap ananiyah dan takabbur
  • Menunjukkan karakter orang yang tamak dan putus asa
  • Menunjukkan dampak negatif tamak dan ananiah
7
Meningkatkan keimanan kepada rasul Allah, dan Memahami mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
  • Menyebutkan pengertian sifat yang tidak dimiliki rasul Allah
  • Menunjukkan pengertian sifat-sifat wajib rasul
  • Menunjukkan pengertian mu’jizat dan karamah
  • Menunjukkan contoh mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
8
Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama dan menghindari akhlak tercela kepada sesama
  • Menyebutkan pengertian husnuz zhan, tawadhu, tasamuh, dan ta’awun
  • Menunjukkan ciri perilaku husnuz zhan, tawadhu, tasamuh, dan ta’awun
  • Menunjukkan pengertian hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namimah
  • Menunjukkan contoh sikap hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
  • Menunjukkan cara menghindari hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah
9
Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam ghaib yang masih berhubungan dengan hari akhir, dan menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri
  • Menunjukkan maksud ayat tentang alam ghaib
  • Menunjukkan tanda-tanda hari kiamat sughra dan kubra
  • Menunjukkan istilah alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir
  • Menunjukkan contoh sikap beriman kepada hari akhir
  • Menunjukkan pengertian berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
  • Menunjukkan contoh sikapberilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
10
Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadar serta menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
  • Menjelaskan pengertian Qadha dan Qadar dan memahami makna ayat
  • Menunjukkan perilaku yang menunjukkan sikap beriman kepada Qadha dan Qadar
  • Menunjukkan contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
·         Menunjukkan contoh perilaku akhlak tercela dalam pergaulan remaja

C. Kisi-Kisi Soal Aqidah AkhlakUAMBN MA (MA Program IPA/IPS/BAHASA)
No
Standar Kompetensi Lulusan
Indikator
1
Memahami prinsip-prinsip dan metode peningkatan kualitas aqidah

  • Menentukan pengertian aqidah
  • Menjelaskan kandungan firman Allah ( QS An-Najm : 3 - 4 atau Al-Anbiya : 25)
  • Menentukan metode-metode peningkatan kualitas aqidah
2
Memahami pengertian dan istilah-istilah tauhid, macam-macam tauhid serta perilaku orang yang bertauhid
  • Menentukan pengertian Tauhid, Ilmu Kalam dan Ushuludin.
  • Menentukan macam-macam Pengertian tauhid (Tauhid, Uluhiyah, tauhid rububiyah).
  • Disajikan kisah orang yang kokoh aqidah Islamnya (Siti Masyitah /Ashabul Kahfi/Bilal bin Rabah.
  • Menentukan kandungan QS Al-A’raf: 180 dan An-Nahl: 60 yang berhubungan dengan macam-macam tauhid.
3
Memahami pengertian syirik, macam-macam syirik dan perilaku orang yang berbuat syirik
  • Menentukan jenis-jenis syirik akbar atau asghar
  • Menentukan contoh-contoh perbuatan syirik(tanjim/tiyarah/ tama`im/sihir).
  • Menentukan kandungan QS Al-An’am : 88 atau An-Nisa : 48.
  • Menentukan cara-cara menghindari perbuatan syirik.
4
Memahami pengertian akhlak dan ciri akhlak Islami
  • Mengidentifikasi pengertian akhlak menurut pendapat ulama (Al Ghazali/Ahmad Amin atau Ibnu Maskawih).
  • Menentukan pengertian akhlak, etika, moral, dan budi pekerti.
  • Menentukan isi kandungan dari kutipan surat Al-Ahzab ayat 21.
5
Memahami dan meningkatkan keimanan kepada Allah melalui sifat-sifat Allah dan Asmaul Husna serta meneladani sifat Allah
  • Menunjukan pengertian Al-Afuw / Al-Muqsit / Al-Warits.
  • Menunjukan contoh perilaku An-Nafi’/ Al-Muiz / Al-Hafizh.
6
Membiasakan perilaku terpuji (husnuzan dan tobat)
·         Menentukan pengertian husnuzan.
·         Menentukan pengertian tobat
7
Menghindari perilaku tercela: riya, zalim dan diskriminasi
  • Menentukan pengertian riya.
  • Menentukan macam-macam zalim menurut Ali bin Abi Thalib.
  • Menentukan kandungan QS Al-Hujurat ayat : 13 / Al-Qashash : 77
8
Memahami pengertian ilmu kalam
  • Menentukan pengertian ilmu kalam.
  • Menentukan hubungan ilmu kalam dengan ilmu-ilmu lainnya (ilmu tafsir, ilmu akhlak).
  • Menentukan fungsi ilmu kalam.
9
Memahami aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij, Syiah, Al-Asyariyah, Mu’tazilah, dan tokoh-tokohnya) serta teologi transformatif dan teologi pembebasan.
  • Menentukan latar belakang lahirnya ilmu kalam.
  • Menentukan tokoh-tokoh aliran ilmu kalam (Jabariyah /Qadariyah/Mu’tazilah).
  • Menentukan pandangan Al-Asy’ariyah tentang dosa besar.
  • Mengidentifikasi tentang pokok-pokok ajaran Jabariyah/Qadariyah.
  • Menentukan pandangan Khawarij tentang orang-orang yang terlibat dalam tahkim (Ali bin Abi Thalib dan Muawiyah).
  • Menentukan prinsip-prinsip dalam teologi transformatif.
  • Menentukan latar belakang lahirnya teologi modernisme.
10
Membiasakan perilaku terpuji (akhlak berpakaian, berhias, berjalan, dan bertamu)
  • Menentukan pengertian “tsiyab” dan “ libas.”
  • Menentukan kandungan QS Al-`Araf ayat 20 / Al A’raf : 26.
  • Menentukan salah satu dari nilai-nilai positif berhias dalam Islam
  • Menentukan kandungan dari QS Al-Furqan : 63 / Al-Isra’ : 37.
  • Menentukan bacaan doa naik kendaraan
·         Menentukan kandungan QS. An-Nur : 27.
11
Membiasakan perilaku terpuji (akhlak berpakaian, berhias, berjalan, dan bertamu)
  • Menentukan pengertian “tsiyab” dan “ libas.”
  • Menentukan kandungan QS Al-`Araf ayat 20 / Al A’raf : 26.
  • Menentukan salah satu dari nilai-nilai positif berhias dalam Islam
  • Menentukan kandungan dari QS Al-Furqan : 63 / Al-Isra’ : 37.
  • Menentukan bacaan doa naik kendaraan
  • Menentukan kandungan QS. An-Nur : 27.
12
Menghindari perilaku tercela (mabuk-mabukan, berjudi, berzina, dan narkoba)
  • Menentukan kandungan yang terdapat dalam QS Al-Baqarah : 219 / Al Maidah : 90.
  • Dapat menentukan dampak negatif perjudian.
  • Menentukan kandungan QS An-Nur : 2.
  • Menentukan syarat-syarat hukum potong tangan bagi pencuri.
  • Menentukan dampak negatif dari menggunakan narkoba
13
Memahami pengertian tasawuf, asal-usul tasawuf, karakteristik tasawuf dan maqomat tasawuf
  • Menentukan pengertian tasawuf menurut asal usulnya (Shaff /Shafwah/Shuffah).
  • Menentukan pengertian tasawuf falsafi dan tasawuf ‘amali
  • Menentukan istilah maqamat-maqamat dalam tasawuf
  • Menentukan tokoh tasawuf serta doktrin (Ittihad/Hulul/ Wahdatul Wujud).
  • Menentukan pengertian wara’ / zuhud.
13
Membiasakan perilaku terpuji (Adil dan Ridha)
  • Menentukan kandungan QS An-Nahl : 90 / An-Nisa’ : 135 / Al-Baqarah : 282.
14
Menghindari perilaku tercela (israf dan tabzir)
  • Menentukan pengertian israf dan tabzir.
  • Menentukan kandungan QS. Al-Isra’26-27.

 Untuk mendapat Kisi-Kisi Soal Al-Qur’an-Hadis, Kisi-kisi Soal Aqidah Akhlak, Kisi-kisi Soal Bahasa Arab, Kisi-kisi soal Fiqih, Kisi-kisi Soal Sejarah Kebudayaan Islam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional  (UAMBN)  MI, MTs dan MA Tahun Pelajaran 2012/2013 secara lengkap dapat di download dengan cara MENGKLIK LINK DIBAWAH INI:
 

Untuk siswa Sekolah dasar dapat juga mendowload kisi-kisi USBN Pendidikan Agama Islam Melalui Link Dibawah INI : 

Baca Juga Artikel Pendidikan Lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar