"SELAMAT DATANG DI BLOG 007INDIEN SEMOGA MENDAPATKAN SESUATU YANG BERMANFAAT DI BLOG INI"

Selasa, 05 Februari 2013

Rantai Makanan (Peristiwa Makan dan Dimakan)

Indikator : Siswa dapat menentukan rantai makanan/peran makhluk hidup dalam komunitas/ekosistem tertentu
RANTAI MAKANAN
Dalam suatu lingkungan, di samping terjadi peristiwa hewan memakan tumbuhan, juga terjadi peristiwa hewan memakan hewan lainnya. Peristiwa ini disebut hubungan makan dan di makan

Di dalam lingkungan sawah tersebut, tikus akan memakan padi dan ular akan memakan tikus, kemudian ular dimakan elang, elang akan mati dan diuraikan oleh bakteri (pengurai).Hubungan atau peristiwa makan dan dimakan antarmakhluk hidup di dalam lingkungannya menurut urutan tertentu disebut rantai makanan.
Untuk lebih jelasnya Perhatikan gambar rantai makanan berikut :  



Dalam peristiwa makan dan dimakan, ada makhluk hidup yang berperan sebagi produsen, konsumen tingkat I, konsumen tingkat II, konsumen tingkat III, juga ada organisme pengurai.


Produsen adalah makhluk hidup yang membuat makanannya sendiri. Dalam setiap rantai makanan, yang selalu berperan sebagai produsen adalah tumbuhan, karena tumbuhan adalah organisme saprofit, yang dapat membentuk makanannya sendiri dari bahan-bahan anorganik, yakni melalui proses fotosintesis.

Konsumen tingkat I adalah Makhluk hidup yang mendapatkan makanan dari produsen atau makhluk hidup yang memakan tumbuhan (memakan produsen, pada contoh di atas, yang berperan sebagi konsumen tingkat I adalah tikus. Yang umumnya berperan sebagai konsumen tingkat I adalah makhluk hidup herbivora ( pemakan tumbuhan), atau makhluk hidup carnivora ( pemakan tumbuhan juga hewan ).

Konsumen tingkat II adalah makhluk hidup yang memakan konsumen tingkat I. Pada contoh di atas, hewan yang berperan sebagai konsumen tingkat II adalah ular, karena ular memakan tikus (konsumen tingkat I pada rantai makanan di atas). Yang dapat berperan sebagi konsumen tingkat II, adalah makhluk hidup carnivora, dan omnivora.

Konsumen Tingkat III adalah makhluk hidup yang mendapat makanan dari konsumen tingkat II. Pada gambar rantai makanan diatas yang berfungsi sebagai konsumen tingkat III adalah elang. Karena elang memakan ular atau konsumen tingkat II.

Organisme pengurai adalah organisme yang menguraikan konsumen terakhir dalam rantai makanan yang telah mati, menjagi zat-zat an organik.Bahan anorganik ini dmanfaatkan oleh tumbuhan untuk membuat makanannya.

Beberapa organisme/makhluk hidup dapat menjadi konsumen tingkat II pada suatu rantai makanan, tapi dapat juga menjadi konsumen tingkat III pada rantai makanan yang lain. 
Suatu rantai makanan juga dapat berkaitan dengan rantai makanan yang lain. Kumpulan rantai makanan yang saling berkaitan menjadi satu disebut jaring-jaring makanan. Perhatikan contoh di bawah ini!
Atau perhatikan gambar jaring-jaring makanan dibawah ini yang terbentuk dari lebih 5 rantai makanan:
Pada gambar diatas ini terdapat 5 rantai makanan yang membentuk jaring-jaring makanan yaitu sebagai berikut:

1.  sawi ---> tikus ---> elang
2.  sawi  ---> belalang  ---> katak ---> elang
3.  sawi  ---> belalang  ---> burung pipit ---> elang
4.  bunga sepatu ---> ulat ---> burung pipit ---> elang
5.  sawi  --->  ulat --->  burung pipit  ---> elang

Berikut ini gambar bermacam-macam rantai makanan yang terjadi dilingkungan alam :
Contoh Rantai Makanan di Sawah


Contoh Rantai makanan di laut
Contoh Rantai makanan di danau
Contoh Rantai Makanan di Padang Rumput

Contoh Rantai Makanan diHutan

Contoh Rantai makanan di Rawa

http://aufafadhli.files.wordpress.com/2010/03/rantai-makanan-yang-benar1.png
Demikian penjelasan singkat mengenai rantai makanan, semoga bermanfaat. 


Baca Juga Artikel Pendidikan Lainnya :