Berikut ini adalah kisi-kisi Soal Aqidah
Akhlak UAMBN (Ujian
Akhir Madrasah Berstandar Nasional) Madrasah Ibtidaiyah (MI),  Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah
(MA). Semua mata pelajaran yang di UAMBN-kan telah diterbitkan oleh Dirjen
pendis Kisi-kisi soalnya melalui 
Keputusan Dirjen pendis No. 21 tahun 2013.
Untuk
mendowload Keputusan
Dirjen pendis No. 21 tahun 2013 Tentang Ketentuan Pelaksanaan UAMBN Pendidikan
Agama Islam Dan Bahasa Arab Tingkat MI, MTsN, Dan MA Tahun 2013 dapat di
dowload melalui Link dibawah ini : 
Sedangkan untuk Kisi-kisi soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MI/Mts dan MA sebagai berikut: 
A. KISI-KISI AQIDAH AKHLAK UAMBN MADRASAH
IBTIDAIYAH 
No 
 | 
  
Standar Kompetensi Lulusan 
 | 
  
Indikator 
 | 
 
1 
 | 
  
Mengenal dan meyakini rukun iman
  dari iman kepada Allah sampai dengan iman kepada Qada dan Qadar melalui
  pembiasaan dalam mengucapkan kalimat-kalimat thayyibah,
  pengenalan, pemahaman sederhana, dan penghayatan terhadap rukun iman dan al-asma’
  al-husna, serta pembiasaan dalam pengamalan akhlak terpuji dan
  adab Islami serta menjauhi akhlak tercela dalam perilaku sehari-hari. 
 | 
  
Haadii, al-Adlu, dan al-Hakam) 
·        
  Menyebutkan nama kitab dan
  nabi penerimanya 
·        
  Mengidentifikasi keuntungan
  berakhlak terpuji 
·        
  Mengidentifikasi sikap
  Masyithah ketika akan menghadapi hukuman dari Fir’aun 
·        
  Mengidentifikasi contoh
  akhlak tercela Tsa’labah 
·        
  Menyebutkan waktu yang tepat
  untuk mengucapkan kalimat thayyibah salam 
·        
  Menyebutkan perilaku orang yang
  mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (as-
  Salaam, al-Mukmin, dan al-
  Latiif) 
·        
  Menyebutkan tugas seorang
  rasul 
·        
  Menyebutkan cara meneladani
  sifat wajib bagi rasul 
·        
  Mengidentifikasi akhlak
  terpuji dari rasul yang termasuk dalam Ulul
  Azmi 
·        
  Menunjukkan cara menghindari
  sifat munafik 
·        
  Menyebutkan waktu mengucapkan
  kalimat thayyibah 
·        
  Menyebutkan perilaku orang
  yang mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (al-Wahhaab,ar-Rozzaaq, al-Fattaah, asy-Syakuur, dan al-Mughni) 
·        
  Menyebutkan nama-nama lain
  hari kiamat 
·        
  Menyebutkan tanda-tanda
  kiamat 
·        
  Menjelaskan sifat terpuji
  (qanaah, optimis dan tawakkal) 
·        
  Menyebutkan adab ketika
  berada di tempat ibadah atau tempat umum 
·        
  Menyebutkan ciri akhlak
  tercela (pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa) 
·        
  Menyebutkan lafadz kalimat
  thayibah tarji’ 
·        
  Menyebutkan makna al-asma’
  al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii) 
·        
  Menyebutkan perilaku orang
  yang mengenal Allah swt. melalui al-asma’ al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii) 
·        
  Menyebutkan keuntungan
  memiliki akhlak terpuji (teguh pendirian dan dermawan) 
·        
  Menyebutkan perilaku orang
  yang berakhlak baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat 
·        
  Menyebutkan akhlak yang tidak
  perlu diteladani dari kisah Qarun 
·        
  Menyebutkan arti kalimat
  thayyibah istighfar 
·        
  Menyebutkan keuntungan
  membiasakan mengucapkan kalimat thayyibah istighfar 
·        
  Menunjukkan bukti bahwa Allah
  swt. bersifat sesuai dengan al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir) 
·        
  Menyebutkan perilaku orang
  yang mengenal Allah melalui al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir) 
·        
  Menyebutkan pengertian takdir
  Allah swt. 
·        
  Menyebutkan hikmah beriman
  kepada takdir Allah swt. 
·        
  Menunjukkan sikap yang tepat
  ketika menghadapi takdir Allah swt. 
·        
  Memberi contoh takdir Allah
  swt. 
·        
  Mengidentifikasi salah satu
  contoh perilaku akhlak terpuji 
·        
  Menyebutkan istilah akhlak
  terpuji (tanggung jawab, adil, dan bijaksana) dalam agama Islam 
·        
  Memberi contoh akhlak terpuji 
·        
  Menyebutkan tanda-tanda
  akhlak tercela 
·        
  Menyebutkan salah satu contoh
  dari akhlak tercela 
·        
  Menyebutkan salah satu contoh
  perbuatan yang bisa menyebabkan seseorang menjadi murtad 
·        
  Mengidentifikasi kerugian
  mempunyai sifat marah 
·        
  Menyebutkan jumlah minimal
  istihgfar yang dibaca Nabi Muhammad saw. dalam sehari semalam 
·        
  Menyebutkan pengertian taubat 
·        
  Menyebutkan perilaku orang
  yang mengenal Allah swt. melalui al-asma’ al-husna (al-Ghafuur, al-Afuwwu, ash- Shabuur dan al-Haliim) 
·        
  Menyebutkan sifat sabar dan
  taubat dari kisah Nabi Ayub as. dan kisah Nabi Adam as. 
·        
  Terbiasa berakhlak baik
  terhadap binatang dan tumbuhan 
 | 
 
B. Kisi-Kisi Soal Aqidah Akhlak UAMBN
Madrasah Tsanawiyah (MTs) 
No 
 | 
  
Standar Kompetensi Lulusan 
 | 
  
Indikator 
 | 
 
1 
 | 
  
Memahami dasar dan tujuan akidah Islam 
 | 
  
·        
  Menentukan
  kedudukan salah satu dasar akidah Islam  
·        
  Menunjukkan manfaat mempelajari akidah Islam  
 | 
 
2 
 | 
  
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman
  sifat-sifat-Nya, dan menerapkan akhlak terpuji kepada Allah 
 | 
  
·        
  Menunjukkan
  dalil tentang sifat Allah yang terkandung di dalam ayat Al-Qur’an  
·        
  Menunjukkan
  bukti bahwa Allah memiliki sifat wajib bagi Allah SWT  
·        
  Menunjukkan arti sifat wajib bagi Allah  
·        
  Menunjukkan lawan kata sifat wajib Allah  
·        
  Menunjukkan
  bentuk dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat  
 | 
 
3 
 | 
  
Memahami al-Asma al-Husna, dan Meningkatkan
  keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat 
 | 
  
·        
  Menyebutkan nama Allah
  berdasarkan peristiwa yang terjadi 
·        
  Menunjukkan bahwa Allah
  bersifat al-‘Aziiz, al-Ghaffar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Ra`uf, al-Barr, al-Ghaffar,
  al-Fattah, al-‘Adl, al-Qayyuum) 
·        
  Menunjukkan bukti adanya
  malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan 
·        
  Menunjukkan tugas-tugas para
  malaikat Allah SWT 
·        
  Menunjukkan perilaku orang
  yang meneladani sifat malaikat dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis,
  dan setan 
 | 
 
4 
 | 
  
Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah
  SWT 
 | 
  
·        
  Menjelaskan pengertian riya' dan nifaaq 
·        
  Menunjukkan contoh perbuatan riya dan nifaaq 
 | 
 
5 
 | 
  
Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah
  SWT 
 | 
  
  | 
 
6 
 | 
  
Menerapkan akhlak terpuji kepada diri
  sendiri,dan menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri 
 | 
  
  | 
 
7 
 | 
  
Meningkatkan keimanan kepada rasul Allah, dan Memahami mu’jizat
  dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash) 
 | 
  
  | 
 
8 
 | 
  
Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama dan menghindari
  akhlak tercela kepada sesama 
 | 
  
  | 
 
9 
 | 
  
Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam ghaib yang
  masih berhubungan dengan hari akhir, dan menerapkan akhlak terpuji kepada
  diri sendiri 
 | 
  
  | 
 
10 
 | 
  
Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan Qadar serta
  menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja 
 | 
  
 
·        
  Menunjukkan contoh perilaku akhlak tercela
  dalam pergaulan remaja 
 | 
 
C. Kisi-Kisi Soal Aqidah AkhlakUAMBN
MA (MA Program IPA/IPS/BAHASA)
No 
 | 
  
Standar Kompetensi Lulusan 
 | 
  
Indikator 
 | 
 
1 
 | 
  
Memahami prinsip-prinsip dan metode peningkatan kualitas
  aqidah 
 | 
  
  | 
 
2 
 | 
  
Memahami pengertian dan istilah-istilah tauhid,
  macam-macam tauhid serta perilaku orang yang bertauhid 
 | 
  
  | 
 
3 
 | 
  
Memahami pengertian syirik, macam-macam syirik
  dan perilaku orang yang berbuat syirik 
 | 
  
  | 
 
4 
 | 
  
Memahami pengertian akhlak dan ciri akhlak
  Islami 
 | 
  
  | 
 
5 
 | 
  
Memahami dan meningkatkan keimanan kepada Allah
  melalui sifat-sifat Allah dan Asmaul Husna serta meneladani sifat Allah 
 | 
  
  | 
 
6 
 | 
  
Membiasakan perilaku terpuji (husnuzan dan
  tobat) 
 | 
  
·        
  Menentukan pengertian
  husnuzan. 
·        
  Menentukan pengertian tobat 
 | 
 
7 
 | 
  
Menghindari perilaku tercela: riya, zalim dan
  diskriminasi 
 | 
  
  | 
 
8 
 | 
  
Memahami pengertian ilmu kalam 
 | 
  
  | 
 
9 
 | 
  
Memahami aliran-aliran ilmu kalam (Khawarij,
  Syiah, Al-Asyariyah, Mu’tazilah, dan tokoh-tokohnya) serta teologi
  transformatif dan teologi pembebasan. 
 | 
  
  | 
 
10 
 | 
  
Membiasakan perilaku terpuji (akhlak
  berpakaian, berhias, berjalan, dan bertamu) 
 | 
  
 
·        
  Menentukan kandungan QS. An-Nur : 27. 
 | 
 
11 
 | 
  
Membiasakan perilaku terpuji (akhlak
  berpakaian, berhias, berjalan, dan bertamu) 
 | 
  
  | 
 
12 
 | 
  
Menghindari perilaku tercela (mabuk-mabukan,
  berjudi, berzina, dan narkoba) 
 | 
  
  | 
 
13 
 | 
  
Memahami pengertian tasawuf, asal-usul tasawuf,
  karakteristik tasawuf dan maqomat tasawuf 
 | 
  
 
  | 
 
13 
 | 
  
Membiasakan perilaku terpuji (Adil dan Ridha) 
 | 
  
  | 
 
14 
 | 
  
Menghindari perilaku tercela (israf dan tabzir) 
 | 
  
  | 
 
 Untuk mendapat Kisi-Kisi
Soal Al-Qur’an-Hadis,
Kisi-kisi Soal Aqidah Akhlak, Kisi-kisi Soal Bahasa Arab, Kisi-kisi soal Fiqih,
Kisi-kisi Soal Sejarah Kebudayaan Islam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional  (UAMBN) 
MI, MTs dan MA Tahun Pelajaran 2012/2013 secara lengkap dapat di
download dengan cara MENGKLIK LINK DIBAWAH INI:
Untuk siswa
Sekolah dasar dapat juga mendowload kisi-kisi USBN Pendidikan Agama Islam
Melalui Link Dibawah INI : 
Baca Juga Artikel Pendidikan
Lainnya : 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar