MATA
PELAJARAN
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Jenjang :
SMA/MA
Program Studi : IPS
PELAKSANAAN
Hari/Tanggal :
Jam :
PETUNJUK
UMUM
Try Out UN Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun 2013 |
1. Isikan identitas Anda ke dalam lembar
Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang terssedia dengan menggunakan pensil 2B
sesuai petunjuk di LJUN.
2. Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian
pada LJUN
3. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan
paket tes tersebut.
4. Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap
butir terdapat 5 (lima) pilihan jawaban
5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda
menjawabnya.
6. Laporkan kepada pengawas ujian apabila
terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator,
HP, table matematika atau alat bantu hitung lainnya.
8. Periksalah pekerjaan Anda sebelum
diserahkan kepada pengawas ujian.
9. Lembar soal boleh dicorat-coret untuk
mengerjakan hitungan.
PILIHAN GANDA
Paragraf berikut untuk
menjawab soal nomor 1 dan 2. Bacalah dengan saksama!
(1) Sejak 50 tahun yang lalu
tepatnya pada tanggal 12 November 1959 Presiden Soekarno sudah mencanangkan
Komando Pembasmian Malaria (KOPEM). (2) Sebagai negara tropis yang endemis
malaria, kita sangat memahami betapa besarnya penderitaan masyarakat akibat
penyakit ini. (3) Ibu hamil, bayi, dan balita banyak yang meninggal. (4) usia produktif tidak dapat bekerja optimal
karena daya tahan dan kualitas sumber daya kurang. (5) Anak usia sekolah
tidak dapat belajar dengan baik karena tingkat kecerdasannya rendah.
|
1. Kalimat utama paragraf
tersebut adalah nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
2. Kalimat yang tidak padu dalam
paragraf tersebut adalah nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Teks berikut
untuk menjawab soal nomor 3 s.d. 5. Bacalah dengan saksama!
(1) Masalah malaria merupakan masalah
yang kompleks. (2) Masalah tersebut terkait dengan berbagai aspek, seperti
aspek penyebab penyakit yang dikenal dengan parasit, aspek nyamuk penular
yang dikenal dengan nyamuk anopheles, dan aspek lingkungan yang memengaruhi
jumlah nyamuk penular dan prilaku manusia yang memungkinkan untuk digigit nyamuk.
(3) Teknologi untuk mengatasi aspek-aspek tersebut saat ini sudah kita kuasai
dan bahkan sudah tersedia di Indonesia sehingga kita yakin mampu untuk
mengeliminasi malaria dari Indonesia secara bertahap. (4) Untuk aspek parasit
sebagai penyebab penyakit, sekarang
kita sudah mempunyai obat baru yang sangat ampuh karena obat yang lama sudah
tidak ampuh lagi (resisten) dan nyamuk penular kita sudah menyediakan kelambu
berinsektisida yang dapat melindungi masyarakat dari gigitan nyamuk malaria
pada waktu tidur. (5) Sedangkan, masalah lingkungan merupakan masalah kita
bersama, masing-masing sektor sesuai dengan tupoksinya dapat melakukan
kegiatan-kegiatan yang dapat mengurangi jumlah nyamuk seperti mengeringksn
air yang tergenang, menebar ikan pemakan jentik, mengalirkan lagon yang
tersumbat pasir ke laut, dan lain-lain.
|
3. Ide pokok paragraf tersebut
adalah … .
A. penyakit parasit
B. nyamuk penular
C. masalah malaria
D. masalah lingkungan
E. akibat nyamuk
4. Fakta dalam paragraf tersebut
terdapat pada kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
5. Kalimat pertanyaan yang sesuai
dengan isi paragraf tersebut adalah …
A. Mengapa Indonesia tidak dapat mengatasi berbagai masalah
lingkungan?
B. Bagaimana mengatasi aspek-aspek yang terkait dengan masalah
malaria?
C. Lingkungan yang bagaimanakah yang dapat terjangkit penyakit
malaria?
D. Siapakah yang bertanggung jawab terhadap masalah penyakit
malaria?
E. Dari manakah sumber biaya untuk mengatasi masalah
lingkungan?
Paragraf berikut
untuk menjawab soal nomor 6 dan 7. Bacalah dengan saksama!
(1) Indonesia merupakan salah satu
negara di dunia yang masih berisiko terhadap malaria. (2) Hal ini terbukti
sampai sekarang 80% kabupaten /kota di Indonesia masih endemis malaria. (3)
Sekitar 45% penduduk yang berdomisili di daerah-daerah yang berisiko tertular
malaria. (4) Jumlah kasus yang dilaporkan tahun ini sebanyak 1.624.930 orang.
(5) Jumlah ini mungkin lebih besar dari keadaan yang sebenarnya karena lokasi
yang endemis malaria adalah desa-desa yang terpencil dengan sarana
transportasi yang sulit dan akses pelayanan kesehatan masih tendah.
|
6. Kalimat simpulan paragraf
tersebut adalah nomor … .
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
7. Mengapa jumlah kasus yang dilaporkan kemungkinan lebih
besar dari keadaan yang sebenarnya? Karena …
- Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang berpenduduk padat dan masih berisiko terhadap malaria.
- sampai sekarang 80% kabupaten /kota di Indonesia masih endemis malaria dan belum dapat diatasi.
- Sekitar 45% penduduk yang berdomisili di daerah-daerah di Indonesia sangat berisiko tertular malaria.
- Akses pelayanan kesehatan di daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia masih sangat rendah.
- lokasi yang endemis malaria adalah desa-desa yang terpencil dengan sarana transportasi yang sulit.
Paragraf berikut
untuk menjawan soal nomor 8 – 9. Bacalah dengan saksama!
Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai sampah
berserakan di mana-mana , di tempat-tempat umum, di sekitar rumah kita, atau
di kelas-kelas sekolah. Sampah-sampah tersebut dapat dogolongkan menjadi
sampah organik, misalnya guguran dedaunan dan
sampah nonorganik, misalnya plastik. Sampah-sampah itu dihasilkan dari
perbuatan kita sendiri. Misalnya, kita memakan makanan yang ada bungkusnya,
setelah selesai makan, kita langsung membuang bungkus makanan tersebut di
sembarang tempat. Sampah-sampah tersebut menimbulkan pengaruh buruk bagi
lingkungan kita. Masyarakat yang tinggal di pinggir sungai mayoritas membuang
sampai di sungai. Sampah-sampah tersebut akan menimbulkan pendangkalan pada
sungai karena sampah-sampah mengedap di dasar sungai dan akan menyumbat
saluran-saluran air. Kemudian, saat musim hujan akan terjadi banjir.
|
8. Arti istilah “ organik ” dalam paragraf
tersebut adalah … .
A. sisa makanan
B. kotoran binatang
C. daun-daun busuk
D. mengalami pembusukan
E. binatang busuk
9. Tujuan penulis dalam paragraf
tersebut adalah …
A. Memberitahukan kepada masyarakat bahwa sampah berserakan di
mana-mana.
B. Mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di
sembarang temapt.
C. Menginformasikan bahwa pada musim hujan akan terjadi banjir
besar di mana-mana.
D. Menegaskan bahwa sampah yang berserakan dapat menimbulkan
banjir.
E. Menjelaskan bahwa membuang sampah di sungai dapat
menghambat saluran air.
10. Bacalah dengan saksama!
HAMKA lebih banyak belajar sendiri
(otodidak) dan mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti filsafat,
sastra, sejarah, sosiologi dan politik, baik Islam maupun Barat. Dengan
kemahiran bahasa Arabnya yang tinggi, beliau dapat mempelajari karya ulama
dan pujangga besar di Timur Tengah seperti Zaki Mubarak, Jurji Zaidan, Abbas
al-Aqqad, Mustafa al-Manfaluti, dan Hussain Haikal. Melalui bahasa Arab juga,
beliau mempelajari karya sarjana Perancis, Inggeris dan Jerman seperti Albert
Camus, William James, Freud, Toynbee, Jean Sartre, Karl Marx dan Pierre Loti.
HAMKA juga rajin membaca dan bertukar fikiran dengan tokoh-tokoh terkenal
Jakarta seperti HOS Chokroaminoto, Raden Mas Surjoparonoto, Haji Fakrudin, Ar
Sutan Mansur dan Ki Bagus Hadikusumo sambil mengasah bakatnya sehingga
menjadi seorang pemidato yang handal.
|
Keteladan dari sosok Hamka sebagai seorang tokoh adalah …
- Suka bertukar pikiran dengan para tokoh
- Mahir sekali dalam berbahasa Arab
- Seorang ahli pidato yang handal
- Berbakat dalam menulis karya sastra
- Rajin membaca berbagai bidang ilmu
Teks berikut untuk menjawab soal 11 – 12. Bacalah dengan saksama!
Upaya pemberantasan kemiskinan dan percepatan pembangunan
memang tergolong mendesak di banyak negara Asia. Ratusan juta orang di
kawasan Asia hidup di bawah garis kemiskinan. Jika tindakan konkret tidak
segera diambil, persoalan kemiskinan dan keterbelakangan di sejumlah negara
Asia dikhawatirkan akan memburuk.
Selama ini persoalan kemiskinan dan keterbelakangan di sejumlah negara
Asia sering sekali dikeluhkan, tetapi umumnya tidak sampai mendorong upaya
konkret untuk mengatasinya. Pertemuan puncak ACD yang pertama pekan ini di
Kuwait menciptakan harapan baru karena sampai mengusulkan pengumpulan dana.
Tuan rumah KTT, Emir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmad al-Jaber al-Sabah,
mengusulkan alokasi dana 2 miliar dollar AS.
|
11. Opini penulis dalam tajuk
rencana tersebut yang tepat adalah …
A. Tindakan konkret harus
segera diambil untuk memberantas kemiskinan di berbagai negara.
B. Selama ini persoalan kemiskinan dan keterbelakangan di
sejumlah negara Asia sering sekali dikeluhkan
C. Persoalan kemiskinan dan keterbelakangan di sejumlah negara
Asia dikhawatirkan akan memburuk.
D. Persoalan kemiskinan umumnya tidak sampai mendorong upaya
konkret untuk mengatasinya.
E. Pemerintah di negara ASEAN harus menciptakan harapan baru
dalam bentuk pengumpulan dana.
12. Pihak yang dituju dalam tajuk
rencana tersebut adalah …
A. pemerintah Indonesia
B. pemerintah negara Asia
C. penduduk di dunia
D. penduduk di Indonesia
E. mayarakat di Asia
Grafik berikut untuk menjawab soal nomor 13 dan 14. Bacalah dengan cermat!
13. Kalimat yang sesuai dengan isi
grafik adalah …
A. Penduduk Kota banjar pada tahun 2000 di atas 520000.
B. Tahun 2002 penduduk Kota Banjar di bawah 520000.
C. Jumlah penduduk Kota Banjar tahun 2003 paling banyak
D. Tahun 2004 jumlah penduduk Kota banjar sama dengan tahun
2005
E. Jumlah penduduk Kota Banjar tahun 2006 lebih sedikit
daripada 2007
14. Simpulan isi grafik tersebut
yang tepat adalah …
A.
Jumlah penduduk di
setiap desa di Kabupeten Banjar terus bertambah.
B.
Jumlah penduduk Kota
Banjar dari tahun 1999 – 2008 terus meningkat.
C.
Penduduk di Kota
Banjar jumlahnya setiap tahun peningkatannya tajam.
D.
Penduduk di desa-dasa
kota Banjar mengalami kenaikan yang tajam
E.
Hasil sensus tahun 2008 menunjukkan jumlah
penduduk Kota Banjar padat.
Kutipan novel
berikut untuk menjawab soal nomor 15 – 17. Bacalah dengan saksama!
Sebenarnya Hanafi amat keras kepala; jika kehendaknya
dibantah atau katanya 'diselang', kadang-kadang perangainya berupa
kanak-kanak yang suka berguling-guling di tanah, sebab pintanya tidak
berlaku. Tapi tabiat istrinya yang serupa hendak lemah patah itu, akhirnya
menyempitkan dadanya.
Pemandangan Corrie menjadi layu, seolah-olah orang yang
baharu sembuh daripada penyakit keras.
Tertawa ia masih pandai, tapi apabila ia gelak, maka seketika itu timbullah kerut
pada sudut-sudut bibirnya yang menandakan tertawa di dalam sedih; Corrie yang
berupa cacing gila dahulu, sudah berubah menjadi seorang nyonya tertib, yang
hidup sebagai orang membesarkan diri di sebelah suaminya.
Jika dada Hanafi sudah terlalu sesak melihatkan perangai
istrinya yang serupa itu, maka marahlah ia dengan tidak ketentuan apa yang
dikatakannya. Corrie lalu mengangkat kepalanya, menentang sejurus pada
suaminya, lalu berkata," Apakah yang sudah terjadi atas dirimu Han?
Fiilmu sebagai orang bertukar pikiran!"
" Ya, Corrie, perangaimu itu akhirnya akan menyeret
diriku ke rumah gila!"
"Tut,tut!" Surutkan darahmu, sabarkan hatimu.
Adakah kekurangan dari pihakku tentang keadaban pada suamiku?"
"Tidak Cor! Adab, lebih daripada adab engkau padaku.
Itulah yang menyesakkan dadaku. Aku ingin mempunyai Corrie, secara Corrie
dahulu, Corrie yang sehat pikirannya, yang hidup berbantah-bantahan dengan
aku, yang pandai tertawa dan merajuk, yang pandai menangis dan membujuk, yang
...ya, Corrie dahulu, yang mengikat diriku sampai tertawa! Corrie! Apakah
yang sudah terjadi atas dirimu setelah engkau menjadi istriku, maka fiil engkau
sekarang bagai bumi dengan langit perbedaannya dengan fiil dahulu?"
"Apakah faedahnya bertanyakan hal yang sejelas itu,
Han? Dahulu aku bernama meyuffrouw Corrie du Bussee, sekarang namaku mevrouw Han. Dahulu aku memakai rok pendek, sekarang rok itu melewati
lutut. Dahulu aku merdeka, dunia ini luas seluas-luasnya bagiku, tapi
sekarang duniaku sudah berbatas, karena aku harus takluk ke bawah perintah
suamiku."
Salah Asuhan karya Abdul
Muis
|
15. Amanat yang terdapat dalam
kutipan novel tersebut adalah …
- Pakailah pakaian yang pantas sesuai dengan kebudayan kita
- Janganlah terlalu cemburu kepada pasangan kita
- Sayangilah istri yang mau mengerti keadaan suami.
- Janganlah menikah dengan seorang yang kita tidak kenal.
- Hadapilah dengan tenang segala masalah dalam rumah tangga
16. Pendeskripsian watak “ Hanafi ” yang keras kepala dalam novel tersebut adalah …
- jalan pikiran tokoh
- perbincangan tokoh lain
- dialog antartokoh
- penjelasan pengarang
- ucapa-ucapan tokoh
17. Mengapa sikap “Corrie” berubah setelah menikah dengan Hanafi?
Karena …
- Corrie harus takluk terhadap perintah suaminya “Hanafi”
- Hanafi tidak suka dengan sikap Corrie yang bebas bergaul.
- Corrie ingin menyesuaikan dengan sikap suaminya”Hanafi”
- Hanafi ingin sikap istrinya ‘Corrie” seperti sebelum menikah.
- Hanafi bersikap keras kepala kepada istrinya “Corrie”
Puisi berikut
untuk menjawab soal nomor 18 dan 19. Bacalah dengan saksama!
TAKDIR
Ketika
hidup terasa indah
Dan
segalanya kurasa mudah
Tanpa
ragu kumengaku
Ya…
inilah anugerah-Mu
Ketika
cinta Kau pertemukan
Kebahagiaan
yang kurasakan
Dengan
senyuman kulantangkan
Ya…
ini jalan-Mu Tuhan
Tapi badai itu mulai
datang, menyerbu
Menghadang, menyapu
Kututup mata dan
telingaku
Kubungkam mulut dengan
jemariku
Bukan ini yang kumau!
Kuberlari dengan sesakku
Berharap waktu cepat
berlalu
Tapi kaki ini berhenti
perlahan
Dengan beban yang kutelan
Dan akupun tersadarkan
Ya….ini takdir yang Kau
tentukan
Morla
Gabriella Agnes Ole Morla
Gabriella Agn
|
18. Makna lambang “ badai ” dalam puisi tersebut adalah….
A. kehidupan
B. perjalanan
C. masalah
D. tujuan
E. cita-cita
19. Maksud puisi tersebut adalah …
A.
Orang akan mengingat Tuhan jika sedang susah
B.
Susah dan senang dalam
kehidupan merupakan takdir Allah
C.
Orang akan melupakan
Tuhan jika dalam keadaan senang.
D.
Orang yang tidak kuat
menghadapi masalah dalam hidupnya
E.
Seseorang yang pasrah
dalam menghadapi segala masalah
Kutipan cerpen
berikut untuk menjawab soal nomor 20 dan 21. Bacalah dengan saksama!
(1)
Aku hampiri mama dan mencoba untuk menenangkan hatinya, dan berkata, “ (2)
Mah,Mama engga apa-apa? (3) Mamah mengapa sedih? (4) Cerita sama aku, mungkin
kesedihan Mama akan berkurang . ” (5)
Setelah itu, tangan Mama membelai setiap helai rambutku dan memelukku secara
spontan. (6) Mama hanya memandangiku dan terdiam. (7) Jam menunjukan pukul 06.00. (8) Bergegas aku pergi berangkat ke sekolah
untuk mencari ilmu sebanyak- banyaknya. (9) Selama itu , pikiranku entah
bagaimana melayang tiada arti. (10) Dalam lamunanku, hanya keadaan yang ada
di dalam rumah dan keadaan Mama yang selalu terlintas dalam benakku.
Kehidupanku cerpen Mutiara
|
20. Kalimat pembuktian latar waktu terdapat pada nomor … .
A.
(1) dan (2)
B.
(4) dan (5)
C.
(6) dan (8)
D.
(7) dan (9)
E.
(9) dan (10)
21. Keterkaitan nilai moral dalam kutipan cerpen dengan kehidupan
sehari-hari adalah …
A. perhatian seorang
anak terhadap ibunya
B. belaian seorang ibu
kepada anaknya
C. kesedihan seorang
ibu yang dalam
D. seorang anak yang meninggalkan ibunya
E. penderitaan seorang ibu yang tiada tara
Kutipan drama
berikut untuk menjawab soal nomor 22 dan 23. Bacalah dengan
saksama!
Anisa :
Bundaa!
Bunda :
Engh, ya, Nak! Kok malam-malam sekali sih pulangnya. Hari ini kan
mata
kuliahmu sedikit Anisa
Anisa :
Yah, biasalah, Bun! Ini ulah si sulung satu ini! Janji mau jemput
siang, baru
datang magrib.
Fahri :
Hei! Bungsu tidak tahu diri! Sudah bagus aku jemput, masih mengeluh
saja.
Huh!
Bunda :
Sudah-sudah jangan bertengkar, sudah pada dewasa kan?
Fahri :
Yeah! Aku sudah, tapi Anisa Kamarullah ini belum. Lihat saja
kelakuannya,
jauh dari kategori de-wa-sa.
Malah, sudah jadi mahasiswi begitu
tontonannya Power
Ranger melulu! Ha… ha,,,! Bagaimana bisa dibilang
dewasa coba?!
Anisa
: Terserah kakak mau bilang
apa. Oke, aku masih suka Power Ranger,
tapi biar bagaimana pun kenyataan menyatakan akulah yang lebih dewasa dan
matang. Buktinya aku akan segera dilamar pacarku. Kakak? Ha..ha…ha…. Silahkan
menyusul.
Arti Sebuah Penyesalan drama Aditya
Gilank Pratama
|
22. Watak “ Anisa ”
dalam
kutupan drama tersebut adalah …
A. pemarah
B. kekanakan
C. tak peduli
D. manja
E. cerewet
23. Konflik dalam kutipan drama
tersebut adalah …
A. rasa marah seorang
ibu terhadap anak gadisnya
B. seorang kakak terlambat menjemput adiknya
C. seorang adik yang suka menonton film anak-anak
D. pertengkara adik dengan kakak dalam keluarga
E. Seorang anak gadis yang terlambat pulang
Teks naskah
Melayu klasik berikut untuk menjawab soal nomor 24– 25. Bacalah dengan saksama!
Syahdan setelah kepergian si bungsu, ibunya menjadi sehat
dan hidup dengan kedua kakaknya yang sirik. Maka mereka ingin mengetahui apa
yang terjadi dengan si Bungsu. Maka merekapun berangkat ke puncak gunung.
Maka mereka tiba di sana di waktu malam hari. Alangkah kagetnya mereka ketika
mereka mengintip bukan ular yang dilihatnya tetapi lelaki tampan. Timbul
perasaan iri dalam diri mereka. Mereka ingin memfitnah adiknya. Maka
mereka mengendap ke dalam gua dan mencuri kulit ular itu. Mereka membakar
kulit ular tersebut agar pemuda tampan itu berubah menjadi ular lagi. Mereka
mengira dengan demikian ksatria itu akan marah dan mengusir adiknya itu.
Tetapi, yang terjadi justru kebalikannya. Dengan dibakarnya kulit ular
tersebut, secara tidak sengaja mereka membebaskan pangeran itu dari kutukan
pamannya.
|
24. Karakteristik naskah Melayu
klasik yang tampak dalam kutipan tersebut adalah …
A. kesaktian seorang raja
B. perbahan ular menjadi manusia
C. keirian seorang kakak
D. kecantikan seorang putri
E. keebijaksanaan seorang raja
25. Nilai moral yang terdapat dalam kutipan naskah Melayu klasik tersebut adalah …
A.
Mencuri barang milik
orang lain
B.
Membakar barang orang
lain
C.
Marah terhadap anak
buahnya
D.
Mencari adiknya ke
gunung
E.
Memukul adiknya yang
baik
26. Bacalah pantun berikut dengan saksama!
Jikalau tuan mengangkat peti
Tolong masukkan segala barang Jikalau kalian sepakat dan sehati pekerjaan susah jadilah senang |
Maksud pantun tersebut adalah …
A. Pekerjaan yang susah menjadi senang jika dikerjakan
bersama.
B. Bekerja sama dalam menyelesaikan masalah
C. Harus bekerja sama dalam mengerjakan pekerjaan yang susah.
D. Harus bekerja sama dalam menghadapi masalah yang rumit.
E. Susah dan senang harus
dihadapi bersama
27.
Bacalah gurindam berikut
dengan saksama!
Barang
siapa mengenal akhirat
Tahulah ia dunia mudharat |
Maksud gurindam tersebut adalah …
A.
Semua perbuatan yang dilakukan di dunia akan
dibalas oleh-Nya di hari akhirat.
B.
Semua orang yang beragama harus menghindari
perbuatan yang dilarang-Nya.
C.
Jika kita ingin masuk surga, berbuatlah sesuai
dengan ajaran agama.
D.
Semua orang harus
memahami bahwa perbuatan yang mudarat akan merugikan diri sendiri.
E. Orang yang percaya pada kehidupan di akhirat akan
menghindari perbuatan yang dilarang-Nya.
28. Bacalah paragraf narasi
rumpang berikut dengan saksama!
Lama
aku dibiarkan. Mungkin sepanjang hari. Mungkin juga sepanjang malam. Aku
tidak bisa membedakannya hari siang atau malam karena mataku ditutup rapat
oleh para penjahat itu. Perutku mulai merasa kelaparan. Tubuhku menggigil
kedinginan mencekam hingga ke tulang. Aku dengar bunyi hujan. … . Bunyi petir
berdentum. Aku benar-benar takut. Aku
menangis sekuat-kuat hati. Kupanggil-panggil kedua orang tuaku, “
Emaaaak….Bapaaaak..!”
Aku Tak Bernyawa Lagi cerpen Awin-Awina dengan perubahan
|
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut adalah …
- Kulihat hujan gerimis.
- Airnya mengalir dengan deras.
- Atap rumah pada bocor.
- Hujan yang sangat lebat.
- Tampak pohon besar tumbang.
29. Bacalah paragraf sebab akibat
yang rumpang berikut dengan saksama!
Selama
dua hari ini di Bogor hujan turun terus-menerus. Demikian pula, di Jakarta hujan tidak
henti-hentinya. Dengan demikian,
sungai-sungai di Jakarta tidak dapat menampung air hujan tersebut.
Selain itu, keadaan sungai sangat dangkal karena masyarakat membuang sampah
di sungai tersebut. Dengan demikian, arus air tidak lancar. …
|
Kalimat simpulan yang tepat untuk
melengkapi paragraf sebab akibat tersebut adalah …
A. Tidak heran
banyak masyarakat yang menderita.
B. Akhirnya,
sampah-sampah menutupi sungai.
C. Akhirnya, Jakarta
dilanda banjir di mana-mana.
D. Oleh sebab itu, Jakarta mengalami kerugian.
E. Oleh karena itu, roda ekonomi menjadi macet.
30. Bacalah paragraf argumentatif
berikut dengan saksama!
Dengan adanya kegiatan manusia, pencermaran lingkungan
pasti terjadi. … . Yang
dapat dilakukan adalah
mengurangi pencemaran,
mengendalikan pencemaran, dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian
masyarakat terhadap lingkungannya agar tidak mencemari lingkngan. Zat atau
bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran di sebut polutan. Syarat-syarat
suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makluk hidup. Contohnya, karbon dioksida
dengan kadar 0,033% di udara berfaedah bagi tumbuhan, tetapi bila lebih tinggi dari 0,033% dapat
memberikan efek merusak. Suatu
zat dapat disebut polutan apabila jumlahnya
melebihi jumlah normal; berada pada
waktu yang tidak tepat; dan berada
di tempat yang
tidak tepat.
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraf argumentatif tersebut adalah …
A. Masyarakat harus menyadari betapa pentingnya kesehatan.
B. Pencemaran lingkungan dapat mengganggu kesehatan.
C. Pencemaran lingkungan tersebut tidak dapat dihindari.
D. Berbagai kegiatan dapat menimbulkan pencemaran.
E. Asap kendaraan dapat menimbulkan pencemaran
31.
Bacalah kalimat-kalimat
berikut dengan saksama!
(1) Penanganan sampah yang tidak
memenuhi syarat kesehatan dapat menjadi tempat berkembang biaknya vektor penyakit, seperti lalat,
tikus, kecoak
(2) Untuk itu, di setiap ruang kelas harus terdapat 1 buah tempat sampah
(3) Tak kalah pentingnya, di sekolah tersebut harus tersedia tempat pembuangan sampah sementara (TPS).
(4) Selain itu, dapat juga menyebabkan pencemaran tanah dan
menimbulkan gangguan
kenyamanan dan estetika.
|
Urutan kalimat tersebut sehingga menjadi paragraf padu yang tepat adalah ….
A. (1), (2), (4), dan (3)
B. (1), (4), (2), dan (3)
C. (1), (3), (2), dan (4)
D. (3), (1), (2), dan (4)
E. (3), (2), (4), dan (1)
32.
Bacalah silogisme rumpang berikut dengan cermat!
Premis Umum :
Semua warga DKI Jakarta harus menjaga kebersihan lingkungan.
Premis Khusus : Pak Heru adalah warga DKI Jakarta
Kesimpulan :
…
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut
adalah …
A.
Pak Heru harus menjaga kebersihan lingkungan.
B.
Kebersihan lingkungan DKI Jakarta harus dijaga
C.
Warga DKI Jakarta
diharapkan menjaga kebersihan
D.
Pak Heru dan warga
yang lainnya harus menjaga kebersihan
E.
Pak Heru sebagai warga
DKI Jakarta wajib menjaga kebersihan
33.
Bacalah teks pidato rumpang
berikut dengan saksama!
Saudara, Saudara yang berbahagia!
Seperti telah kita ketahui, sampah-sampah yang dibuang di
sembarang tempat dapat menimbulkan kerusakan lingkungan. Sebenarnya
sampah-sampah tersebut jika kita dapat memilah dan mengolahnya dengan baik,
tentu dapat memberikan keuntungan untuk kita. Misalnya, sampah organik dapat
kita gunakan sebagai pupuk kompos, sedangkan sampah nonorganik dapat didaur
ulang kembali untuk dijadikan barang baru lagi. … .
|
Kalimat imbauan yang tepat untuk
melengkapi teks pidato tersebut adalah …
A.
Untuk itu, semua
pihak, pemerintah setempat dan masyarakat, marilah bekerja sama dalam mengolah
sampah-sampah tersebut.
B.
Dengan demikian,
marilah kita bersama-sama menanggulangi sampah-sampah agar lingkungan kita
menjadi bersih, indah, dan sehat.
C.
Maka dari itu, kita sebagai warga di
lingkungan tersebut hendaknya menyadari bahwa sampah yang berserakan dapat
merugikan kita semua.
D.
Jadi, marilah kita
memanfaatkan sampah-sampah yang sudah diolah itu untuk keperluan tanaman di
halaman rumah kita.
E.
Dengan demikian,
alangkah baiknya jika kita membuang sampah di tempatnya dan memilah
sampah-sampah tersebut.
34. Bacalah paragraf
berikut dengan saksama!
Berdasarkan
keterangan dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id,
warga DKI Jakarta diingatkan untuk mewaspadai
… hujan disertai kilat dan
angin, terutama mereka yang tinggal di bagian selatan. Selama sepekan ke
depan wilayah selatan Jakarta … akan mengalami … hujan lebih lebat bila dibandingkan dengan
daerah lain di Jakarta.
|
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah …
- kualitas, kuantitas, intensitas
- kuantitas, berkualitas, insentif
- berpotensi, diprediksi, intensitas
- potensial, prediktif, intensif
- potensi, diprediksi, intensitas
35.
Cermati kalimat
penutup surat lamaran kerja berikut dengan saksama!
Sampai di sini surat lamaran saya, terima kasih
banyak atas diterimanya diri saya di perusahaan Bapak.
|
Perbaikan kalimat penutup surat lamaran
pekerjaan tersebut yang tepat adalah …
A.
Demikian surat lamaran saya ini, terima
kasih saya ucapkan atas diterimanya diri saya.
B. Demikian surat lamaran ini, atas pertimbangan Bapak,
saya mengucapkan terima kasih.
C.
Sekian surat yang saya ajukan, terima
kasih banyak saya ucapkan kepada Bapak.
D.
Sekian surat yang saya sampaikan, atas
perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
E.
Demikian surat lamaran ini, atas perhatiannya
saya ucapkan terima kasih.
36. Bacalah iklan
lowongan kerja berikut dengan saksama!
Dicari: Tenaga
Pemasaran yang berpengalaman pria/wanita,usia maksimal 30 tahun S1
Manajemen, bisa komputer, MS office. Lamaran
kirim ke PT Kartika Cndra Jl. H. Suganda 25 Kota Bumi.
Kompas 1 Desember 2012
|
Kalimat pembuka surat lamaran
pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah ...
A. Yang bertanda tangan di bawah
ini, saya Irawati , 27 tahun, sarjana Manajemen, berpengalaman di bidang Pemasaran, mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan
yang Bapak pimpin.
B. Dengan ini saya mengajukan
permohonan lamaran pekerjaan sebagai tenaga pemasaran yang sudah berpengalaman
lebih dari dua tahun sesuai dengan permintaan iklan tersebut.
C. Saya membaca iklan Bapak yang
dimuat di harian Kompas, 1 Desember
2012 yang menyatakan bahwa perusahaan Bapak membutuhkan tenaga yang
berpengalaman dalam bidang pemasaran.
D. Sehubungan dengan iklan yang
dimuat di harian Kompas, 1 Desember
2012, saya seorang sarjana Manajemen
yang berpengalaman, mengajukan lamaran kerja untuk mengisi lowongan
tersebut.
E. Bedasarkan iklan di harian Kompas
1 Desember 2012, maka saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga pemasaran
yang berpengalaman di perusahaan yang Bapak pimpin.
37. Bacalah paragraf
berikut dengan saksama!
Hari Guru selalu diperingati dengan meriah. Pada
hari itu ... mengadakan berbagai kegiatan, misalnya
lomba memasak nasi goreng, putsal antara siswa dan guru, dan lomba senam
antarguru mata pelajaran. ... dengan dilengkapi peralatan memasak disiapkan
di ... lapangan basket. ... dari
perwakilan kelas memasak nasi goreng. Sedangkan, ... menjadi jurinya.
|
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah …
- sekolah-sekolah, meja-meja, pinggir-pinggir, murid-murid, guru-guru
- rumah-rumah, kompor-kompor, sudut-sudut, orang-orang, murid-murid
- kelas-kelas, kursi-kursi, depan-depan, pegawai-pegawai, murid-murid
- sekolah-sekolah, kursi-kursi, sudut-sudut, orang-orang, guru-guru
- ruang-ruang, meja-meja, sudut-sudut, orang-orang, guru-guru
38. Bacalah paragraf
berikut dengan saksama!
Satu
per satu sarana transportasi umum di Jakarta akan … . Kali ini, bus metromini
menjadi sasaran untuk direvitalisasi. Selain unit busnya akan … secara bertahap, ke depan semua bus
metromini akan … AC.
|
Kata berimbuhan yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.
dibereskan, diganti,
menggunakan
B.
dibersihkan, ditukar,
dipakai
C.
dibenahi, ditukar,
dilengkapi
D.
dibenahi, diperbarui, dilengkapi
E.
diganti, diperbarui,
memakai
39.
Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
Gunung berapi Lakon mengeluarkan abu vulkanik ke udara di
Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Letusannya kali ini sangat hebat daripada letusan sebelumnya. Letusan tersebut
terdengar seram sekali. Kepulan
asap membumbung agak tinggi. Warga
Kota Tomohon tampak linglung sekali.
Mereka berlari tunggang-langgang untuk menyelamatkan diri.
|
Perbaikan frasa ajektiva yang tercetak
miring dalam paragraf tersebut adalah …
A. hebat sekali,
sangat kuat, hitam sekali, sangat
linglung
B. kuat sekali, sangat
seram, tinggi sekali, agak cemas
C. sangat kuat, cukup seram, hebat sekali, bingung sekali
D. agak kuat, kuat sekali, agak seram, agak linglung
E. lebih dahsyat, sangat keras, sangat tinggi, cemas sekali
40.
Bacalah paragraf berikut
dengan saksama!
Sejumlah
alat berat akhirnya dikerahkan untuk melabrak 63 bidang tanah milik 47 warga
di Desa Lemah Ireng, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang
akan digunakan bagi proyek tol
Semarang – Solo. Kemudian bertahan
dua hari, kemarin warga tidak berdaya menghadang laju “backhoe” dan
ekskavator. Jerit tangis, dan
kesurupan melanda warga, saat alat-alat berat itu merangsek ke lahan mereka.
|
Perbaikan kata penghubung yang
tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah …
A.
untuk,
setelah, bahkan
B.
dan, lalu, serta
C.
sampai, bahkan, sampai
D.
untuk, lalu, hingga
E.
hingga, setelah, serta
41. Bacalah paragraf
berikut dengan saksama!
Pak
Handoko mendapat kabar dari sekolah bahwa Arman, anaknya, sering tidak masuk
sekolah. Mendengar berita itu, Pak Handoko … . Kemudian, ia menyuruh Arman
untuk …. dari rumahnya jika perbuatannya masih diulangi lagi.
|
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah …
- tebal muka, kebakaran jenggot
- mengurut dada, angkat jempol
- darah tinggi, angkat jempol
- naik pitam, angkat kaki
- naik darah, angkat topi
42. Bacalah paragraf
berikut dengan saksama!
Biasanya
pengedar maupun pemakai narkoba di sekolah telah paham betul program-program
di sekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai di sekolah. Mereka tentu
saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apa pun kiat
mereka ibarat … . Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka
kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menuntut dosis yang
lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga.
|
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah …
A.
Membagi sama adil, memotong sama panjang.
B.
Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga.
C.
Sepandai-pandai tupai
melompat akhirnya jatuh juga
D.
Ada
Padang ada belalang, ada air ada pula ikan.
E.
Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang tak jadi.
43. Bacalah judul
karangan berikut dengan saksama!
dampak
mendidik anak di lingkungan keluarga dengan kekerasan
|
Penulisan judul karangan tersebut
berdasarkan EYD yang tepat adalah …
A. Dampak Mendidik Anak Di Lingkungan Keluarga Dengan
Kekerasan
B. Dampak Mendidik Anak di Lingkungan Keluarga Dengan
Kekerasan
C. Dampak Mendidik Anak di Lingkungan Keluarga dengan
Kekerasan
D. Dampak Mendidik anak di Lingkungan Keluarga Dengan
Kekerasan
E. Dampak mendidik anak di Lingkungan Keluarga dengan
Kekerasan
Topik berikut
untuk menjawab soal nomor 44 dan 45. Bacalah dengan saksama!
Topik Karya ilmiah: Kantin sekolah yang
bersih dan sehat
|
44. Latar belakang yang sesuai
dengan topik karya ilmiah tersebut adalah …
A. Kebersihan dan kesehatan di sekolah hendaknya selalu
diperhatikan.
B. Kantin sekolah yang bersih membuat konsumen dijamin sehat.
C. Kantin sekolah masih banyak yang tidak menyediakan air kran
untuk mencuci.
D. Tidak semua kantin sekolah memeliki sarana dan prasarana
kesehatan.
E. Banyak kantin di sekolah yang tidak memedulikan kebersihan
dan kesehatan.
45.
Rumusan masalah yang
sesuai dengan topik karya ilmiah tersebut adalah …
A.
Bagaimana cara meningkatkan
kebersihan dan kesehatan kantin di sekolah?
B.
Bagaimanakah keadaan
kantin sekolah ditinjau dari kebersihan dan kesehatan?
C.
Apakah kantin di
sekolah sudah diciptakan dengan baik dan menarik?
D.
Makanan apa saja yang
cocok dijajakan di kantin sekolah untuk anak sekolah?
E.
Bagaimana kondisi
kantin yang dibangun di sekolah untuk jajanan anak-anak?
46.
Bacalah puisi rumpang berikut
dengan saksama!
GUNCANGAN MALAM
Suara yang menggelegar, semua orang takut untuk mendengarnya. Dari bunyi satu ke bunyi lainnya, benar-benar menciptakan suara yang menakutkan. Malam yang dingin Lampu yang padam suara hewan malam
mulai terdengar.
…. Angin kencang menerobos tulang hatiku semakin tercekam Entah apa yang kupikirkan sama sekali tak bisa kuartikan Guncangan Malam itulah yang terjadi.
Siti Halimah
|
Majas yang tepat untuk melengkapi
puisi tersebut adalah …
A. Hujan turun dengan
deras
B. Malam terus beranjak
C. Awan hitam menyelimuti malam
D. Pohon-pohon berdiri
tegak
E. Suara jangkrik menggelitik
47.
Bacalah penjelasan novel
berikut dengan saksama!
Bab
pertama novel Sang Pemimpi
karya Andrea Hirata menceritakan bahwa
dirinya yang dipanggil Ikal dan kedua temannya, Arai dan Jimbron adalah tiga
remaja yang begitu nakalnya sehingga mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar,
tokoh antagonis dalam buku ini.
Namun, pada bab-bab berikutnya
pembaca akan melihat potongan-potongan kisah yang seperti berdiri sendiri,
sehingga seolah-olah Andrea hanya membuat cerpen-cerpen dalam satu buku. Tapi
sebenarnya pada setiap bab, mulai awal hingga akhir, memiliki hubungan yang
sangat erat. Seperti mozaik-mozaik dalam kehidupan. Novel yang disajikan
dengan bahasa yang cantik ini mampu menyihir pembaca sehingga pembaca bisa
ikut merasakan kebahagiaan, semangat keputusasaan ,dan kesedihan.
|
Kalimat resensi yang mengungkapkan
kelemahan buku sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
- .Bahasa yang digunakan Andrea Hirata dalam novel Sang Pemimpi kurang menarik.
- Andrea Hirata dalam novelnya Sang Pemimpin kisah-kisahnya kurang berhubungan.
- Kisah tiap-tiap bab dalam novel Sang Pemimpi diungkapkan seolah-olah berdiri sendiri.
- Cerita yang diungkapkan Andrea Hirata dalam Sang Pemimpin tidak terjalin dengan baik.
- Amanat yang disampaikan melalui tokoh Ikal tidak memberikan contoh yang baik.
48.
Bacalah kutipan esai novel
berikut dengan saksama!
Dalam
novel ini dapat dilihat bagaimana seorang Putu Wijaya mengonstrusi dan
membuat sebuah alur cerita dengan rapi dan bagaimana penulis menjadikan
psikologi tokoh digambarkan secara nyata dengan dialog yang singkat, namun
menghidupkan suasana dalam novel dan klimaks tersebut. Putu Wijaya juga
sukses membuat bagaimana alur itu menjadi sangat hidup dengan pertikaian yang
sebenarnya sangat sederhana. Pertikaian yang muncul adalah masalah yang
kompleks dan dapat atau sering kita jumpai dalam masyarakat kita. Dalam novel
ini juga dapat diambil beberapa pesan moral yaitu dalam sebuah kejujuran
memang sangatlah sulit untuk membuat situasi menjadi biasa. Terkadang
kejujuran itu membutuhkan sebuah situasi yang jujur dan mampu menanggung segala
risiko dengan baik dari segala perbuatan, sehingga topeng kemunafikan itu pun
dapat disingkirkan.
|
Kalimat esai yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah
…
- Penokohan digambarkan Putu Wijaya dalam novel Bila Malam Bertambah Malam sangat kuat.
- Pertikaian yang terdapat dalam novel Bila Malam Bertambah Malam karya Putu Wijaya sangat rumit.
- Bahasa yang digunakan Putu Wijaya dama novel Bila Malam Bertambah Malam sulit dipahami.
- Pesan moral yang dapat kita ambil dalam novel Putu Wijaya adalah hindarilah perbuatan yang keji.
- Alur cerita yang diungkapkan Putu Wijaya dalam novel Bila Malam Bertambah Malam sangat hidup.
49. Bacalah puisi berikut dengan saksama!
Alkisah
ada persahabatan yang damai. Persahabatan itu hanya ada dua orang. Namanya
Lina dan Rika. Dua orang itu sangat berbeda. Rika sangat kaya dan sombong.
Sedangkan, Lina seorang anak yang sederhana dan baik hati. Pada suatu hari
Lina mengajak Rika berenang di pantai. Sesampainya di pantai dia berganti
baju dan berenang. Rika menantang Lina. Dia ingin berenang sampai ke bawah
laut. Ia harus menemukan benda yang berharga. Sesampainya di bawah laut Lina
dan Rika mencari benda itu. Lina di kiri dan Rika di kanan. Rina melihat
banyak harta hingga matanya berkaca-kaca.
Cerpen persahabatan
karya Eliza
|
Kalimat kritik yang sesuai dengan cerpen tersebut asalah …
A. Cerpen
persahabatan karya Eliza sulit untuk dipahami karena kalimatnya berbelit-belit
B. Alur cerpen tersebut menggunakan alur mundur sehingga
kurang menarik
C.
Cerpen Persahabatan
karya Eliza menggunakan kalimat yang panjang.
D. Isi cerpen tersebut kurang menarik karena pengungkapannya
seperti sinopsis.
E. Cerpen Persahabatan
Eliza tersebut kurang cocok untuk dibaca anak-anak .
50. Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama!
Pak
RT : “ Asalamualaikum!”
Pak
Jaya : “Waalaikumsalam. Ada apa Pak RT? Tumben pagi-pagi sudah
keliling”
Pak
RT : “
Ini ada surat edaran dari Bapak RW bahwa pintu timur di blok kita akan
ditutup.”
Pak
Jaya : “ Ditutup? Mangapa harus ditutup?
Pak
RT : “ … “
Pak
Jaya : “ Selama ini perumahan kita aman-aman saja. Saya tidak setuju.
Bagaimana kalau kita mau
keluar?“
Pak
RT :
” Menurut surat edaran ini, kita harus
berputar ke belakang.”
Pak
Jaya :
” Wah, jauh sekali! Yang memakai kendaraan
tidak menjadi masalah.
Tapi, bagaimana dengan
yang berjalan kaki? Kasihan dong!”
Pak
RT
: “ Kalau Pak Jaya tidak setuju,
nanti kita adakan rapat dengan warga.
Terus hasilnya kita
sampaikan kepada Pak RW.”
Pak
Jaya : “Baiklah, kalau begitu”
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut
adalah …
A.
Permintaan warga
perumahan ini keamanannya harus betul-betul ditingkatkan lagi.
B.
Menurut kabar dari
warga lain, sudah beberapa kali terjadi kehilangan mobil dan motor.
C.
Ya, begitulah Bapak RW kalau mempunyai ide tidak pernah
dibicarakan dulu dengan warga.
D.
Menurut surat edaran
ini perumahan kita akan menggunakan sistem
kluster agar lebih aman.
E.
Perumahan yang memakai
sistem kluster biasanya lebih aman dan menghemat tenaga keamanan.
Untuk
mendapatkan soal Try Out UN BAHASA INDONESIA IPS SMA/MA Program IPS Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat mendownload file dalam format word,
silakan Klik link dibawah ini:
BAHAN PERSIAPAN
UN SMA 2013
Soal Try Out UN SMA/MA Program IPS Terbaru Tahun 2013 :
Soal Try Out UN SMA/MA Program IPA
Terbaru Tahun 2013 :
Soal Try Out UN SMA/MA Program Bahasa Terbaru Tahun 2013 :
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPS
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPA
Aprudin, S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar