MATA
PELAJARAN
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Jenjang :
SMA/MA
Program Studi : IPA
PELAKSANAAN
Hari/Tanggal :
Jam :
PETUNJUK
UMUM
UN Bahasa Indonesia IPA SMA/MA Tahun 2013 |
1. Isikan identitas Anda ke dalam lembar
Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang terssedia dengan menggunakan pensil 2B
sesuai petunjuk di LJUN.
2. Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian
pada LJUN
3. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan
paket tes tersebut.
4. Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap
butir terdapat 5 (lima) pilihan jawaban
5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda
menjawabnya.
6. Laporkan kepada pengawas ujian apabila
terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator,
HP, table matematika atau alat bantu hitung lainnya.
8. Periksalah pekerjaan Anda sebelum
diserahkan kepada pengawas ujian.
9. Lembar soal boleh dicorat-coret untuk
mengerjakan hitungan.
PILIHAN GANDA
Paragraf berikut untuk
menjawab soal nomor 1 dan 2. Bacalah dengan saksama!
(1) Sejak 50 tahun yang lalu
tepatnya pada tanggal 12 November 1959 Presiden Soekarno sudah mencanangkan
Komando Pembasmian Malaria (KOPEM). (2) Sebagai negara tropis yang endemis
malaria, kita sangat memahami betapa besarnya penderitaan masyarakat akibat
penyakit ini. (3) Ibu hamil, bayi, dan balita banyak yang meninggal. (4) usia produktif tidak dapat bekerja optimal
karena daya tahan dan kualitas sumber daya kurang. (5) Anak usia sekolah
tidak dapat belajar dengan baik karena tingkat kecerdasannya rendah.
|
1. Kalimat utama paragraf
tersebut adalah nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
2. Kalimat yang tidak padu dalam
paragraf tersebut adalah nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Teks berikut
untuk menjawab soal nomor 3 s.d. 5. Bacalah dengan saksama!
(1) Masalah malaria merupakan masalah
yang kompleks. (2) Masalah tersebut terkait dengan berbagai aspek, seperti
aspek penyebab penyakit yang dikenal dengan parasit, aspek nyamuk penular
yang dikenal dengan nyamuk anopheles, dan aspek lingkungan yang memengaruhi
jumlah nyamuk penular dan prilaku manusia yang memungkinkan untuk digigit nyamuk.
(3) Teknologi untuk mengatasi aspek-aspek tersebut saat ini sudah kita kuasai
dan bahkan sudah tersedia di Indonesia sehingga kita yakin mampu untuk
mengeliminasi malaria dari Indonesia secara bertahap. (4) Untuk aspek parasit
sebagai penyebab penyakit, sekarang
kita sudah mempunyai obat baru yang sangat ampuh karena obat yang lama sudah
tidak ampuh lagi (resisten) dan nyamuk penular kita sudah menyediakan kelambu
berinsektisida yang dapat melindungi masyarakat dari gigitan nyamuk malaria
pada waktu tidur. (5) Sedangkan, masalah lingkungan merupakan masalah kita
bersama, masing-masing sektor sesuai dengan tupoksinya dapat melakukan
kegiatan-kegiatan yang dapat mengurangi jumlah nyamuk seperti mengeringksn
air yang tergenang, menebar ikan pemakan jentik, mengalirkan lagon yang
tersumbat pasir ke laut, dan lain-lain.
|
3. Ide pokok paragraf tersebut
adalah … .
A. penyakit parasit
B. nyamuk penular
C. masalah malaria
D. masalah lingkungan
E. akibat nyamuk
4. Fakta dalam paragraf tersebut
terdapat pada kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
5. Kalimat pertanyaan yang sesuai
dengan isi paragraf tersebut adalah …
A. Mengapa Indonesia tidak dapat mengatasi berbagai masalah
lingkungan?
B. Bagaimana mengatasi aspek-aspek yang terkait dengan masalah
malaria?
C. Lingkungan yang bagaimanakah yang dapat terjangkit penyakit
malaria?
D. Siapakah yang bertanggung jawab terhadap masalah penyakit
malaria?
E. Dari manakah sumber biaya untuk mengatasi masalah
lingkungan?
Paragraf berikut
untuk menjawab soal nomor 6 dan 7. Bacalah dengan saksama!
(1) Indonesia merupakan salah satu
negara di dunia yang masih berisiko terhadap malaria. (2) Hal ini terbukti
sampai sekarang 80% kabupaten /kota di Indonesia masih endemis malaria. (3)
Sekitar 45% penduduk yang berdomisili di daerah-daerah yang berisiko tertular
malaria. (4) Jumlah kasus yang dilaporkan tahun ini sebanyak 1.624.930 orang.
(5) Jumlah ini mungkin lebih besar dari keadaan yang sebenarnya karena lokasi
yang endemis malaria adalah desa-desa yang terpencil dengan sarana
transportasi yang sulit dan akses pelayanan kesehatan masih tendah.
|
6. Kalimat simpulan paragraf
tersebut adalah nomor … .
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
7. Mengapa jumlah kasus yang dilaporkan kemungkinan lebih
besar dari keadaan yang sebenarnya? Karena …
- Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang berpenduduk padat dan masih berisiko terhadap malaria.
- sampai sekarang 80% kabupaten /kota di Indonesia masih endemis malaria dan belum dapat diatasi.
- Sekitar 45% penduduk yang berdomisili di daerah-daerah di Indonesia sangat berisiko tertular malaria.
- Akses pelayanan kesehatan di daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia masih sangat rendah.
- lokasi yang endemis malaria adalah desa-desa yang terpencil dengan sarana transportasi yang sulit.
Paragraf berikut
untuk menjawan soal nomor 8 – 9. Bacalah dengan saksama!
Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai sampah
berserakan di mana-mana , di tempat-tempat umum, di sekitar rumah kita, atau
di kelas-kelas sekolah. Sampah-sampah tersebut dapat dogolongkan menjadi
sampah organik, misalnya guguran dedaunan dan
sampah nonorganik, misalnya plastik. Sampah-sampah itu dihasilkan dari
perbuatan kita sendiri. Misalnya, kita memakan makanan yang ada bungkusnya,
setelah selesai makan, kita langsung membuang bungkus makanan tersebut di
sembarang tempat. Sampah-sampah tersebut menimbulkan pengaruh buruk bagi
lingkungan kita. Masyarakat yang tinggal di pinggir sungai mayoritas membuang
sampai di sungai. Sampah-sampah tersebut akan menimbulkan pendangkalan pada
sungai karena sampah-sampah mengedap di dasar sungai dan akan menyumbat
saluran-saluran air. Kemudian, saat musim hujan akan terjadi banjir.
|
8. Arti istilah “ organik ” dalam paragraf
tersebut adalah … .
A. sisa makanan
B. kotoran binatang
C. daun-daun busuk
D. mengalami pembusukan
E. binatang busuk
9. Tujuan penulis dalam paragraf
tersebut adalah …
A. Memberitahukan kepada masyarakat bahwa sampah berserakan di
mana-mana.
B. Mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di
sembarang temapt.
C. Menginformasikan bahwa pada musim hujan akan terjadi banjir
besar di mana-mana.
D. Menegaskan bahwa sampah yang berserakan dapat menimbulkan
banjir.
E. Menjelaskan bahwa membuang sampah di sungai dapat
menghambat saluran air.
10.
Bacalah dengan saksama!
HAMKA lebih banyak belajar sendiri
(otodidak) dan mempelajari berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti filsafat,
sastra, sejarah, sosiologi dan politik, baik Islam maupun Barat. Dengan
kemahiran bahasa Arabnya yang tinggi, beliau dapat mempelajari karya ulama
dan pujangga besar di Timur Tengah seperti Zaki Mubarak, Jurji Zaidan, Abbas
al-Aqqad, Mustafa al-Manfaluti, dan Hussain Haikal. Melalui bahasa Arab juga,
beliau mempelajari karya sarjana Perancis, Inggeris dan Jerman seperti Albert
Camus, William James, Freud, Toynbee, Jean Sartre, Karl Marx dan Pierre Loti.
HAMKA juga rajin membaca dan bertukar fikiran dengan tokoh-tokoh terkenal
Jakarta seperti HOS Chokroaminoto, Raden Mas Surjoparonoto, Haji Fakrudin, Ar
Sutan Mansur dan Ki Bagus Hadikusumo sambil mengasah bakatnya sehingga
menjadi seorang pemidato yang handal.
|
Keteladan dari sosok Hamka sebagai seorang tokoh adalah …
- Suka bertukar pikiran dengan para tokoh
- Mahir sekali dalam berbahasa Arab
- Seorang ahli pidato yang handal
- Berbakat dalam menulis karya sastra
- Rajin membaca berbagai bidang ilmu
Tek berikut
untuk menjawab soal 11 – 12. Bacalah dengan saksama!
Upaya pemberantasan kemiskinan dan percepatan pembangunan
memang tergolong mendesak di banyak negara Asia. Ratusan juta orang di
kawasan Asia hidup di bawah garis kemiskinan. Jika tindakan konkret tidak
segera diambil, persoalan kemiskinan dan keterbelakangan di sejumlah negara
Asia dikhawatirkan akan memburuk.
Selama ini persoalan kemiskinan dan keterbelakangan di sejumlah negara
Asia sering sekali dikeluhkan, tetapi umumnya tidak sampai mendorong upaya
konkret untuk mengatasinya. Pertemuan puncak ACD yang pertama pekan ini di
Kuwait menciptakan harapan baru karena sampai mengusulkan pengumpulan dana.
Tuan rumah KTT, Emir Kuwait Sheikh Sabah al-Ahmad al-Jaber al-Sabah,
mengusulkan alokasi dana 2 miliar dollar AS.
|
11. Opini penulis dalam tajuk
rencana tersebut yang tepat adalah …
A. Tindakan konkret harus
segera diambil untuk memberantas kemiskinan di berbagai negara.
B. Selama ini persoalan kemiskinan dan keterbelakangan di
sejumlah negara Asia sering sekali dikeluhkan
C. Persoalan kemiskinan dan keterbelakangan di sejumlah negara
Asia dikhawatirkan akan memburuk.
D. Persoalan kemiskinan umumnya tidak sampai mendorong upaya
konkret untuk mengatasinya.
E. Pemerintah di negara ASEAN harus menciptakan harapan baru
dalam bentuk pengumpulan dana.
12. Pihak yang dituju dalam tajuk
rencana tersebut adalah …
A. pemerintah Indonesia
B. pemerintah negara Asia
C. penduduk di dunia
D. penduduk di Indonesia
E. mayarakat di Asia
Grafik berikut untuk menjawab soal nomor 13 dan 14. Bacalah dengan cermat!
13. Kalimat yang sesuai dengan isi
grafik adalah …
A. Penduduk Kota banjar pada tahun 2000 di atas 520000.
B. Tahun 2002 penduduk Kota Banjar di bawah 520000.
C. Jumlah penduduk Kota Banjar tahun 2003 paling banyak
D. Tahun 2004 jumlah penduduk Kota banjar sama dengan tahun
2005
E. Jumlah penduduk Kota Banjar tahun 2006 lebih sedikit
daripada 2007
14. Simpulan isi grafik tersebut
yang tepat adalah …
A.
Jumlah penduduk di
setiap desa di Kabupeten Banjar terus bertambah.
B.
Jumlah penduduk Kota
Banjar dari tahun 1999 – 2008 terus meningkat.
C.
Penduduk di Kota
Banjar jumlahnya setiap tahun peningkatannya tajam.
D.
Penduduk di desa-dasa
kota Banjar mengalami kenaikan yang tajam
E.
Hasil sensus tahun 2008 menunjukkan jumlah
penduduk Kota Banjar padat.
Kutipan novel
berikut untuk menjawab soal nomor 15 – 17. Bacalah dengan saksama!
Sebenarnya Hanafi amat keras kepala; jika kehendaknya
dibantah atau katanya 'diselang', kadang-kadang perangainya berupa
kanak-kanak yang suka berguling-guling di tanah, sebab pintanya tidak
berlaku. Tapi tabiat istrinya yang serupa hendak lemah patah itu, akhirnya
menyempitkan dadanya.
Pemandangan Corrie menjadi layu, seolah-olah orang yang
baharu sembuh daripada penyakit keras.
Tertawa ia masih pandai, tapi apabila ia gelak, maka seketika itu timbullah kerut
pada sudut-sudut bibirnya yang menandakan tertawa di dalam sedih; Corrie yang
berupa cacing gila dahulu, sudah berubah menjadi seorang nyonya tertib, yang
hidup sebagai orang membesarkan diri di sebelah suaminya.
Jika dada Hanafi sudah terlalu sesak melihatkan perangai
istrinya yang serupa itu, maka marahlah ia dengan tidak ketentuan apa yang
dikatakannya. Corrie lalu mengangkat kepalanya, menentang sejurus pada
suaminya, lalu berkata," Apakah yang sudah terjadi atas dirimu Han?
Fiilmu sebagai orang bertukar pikiran!"
" Ya, Corrie, perangaimu itu akhirnya akan menyeret
diriku ke rumah gila!"
"Tut,tut!" Surutkan darahmu, sabarkan hatimu.
Adakah kekurangan dari pihakku tentang keadaban pada suamiku?"
"Tidak Cor! Adab, lebih daripada adab engkau padaku.
Itulah yang menyesakkan dadaku. Aku ingin mempunyai Corrie, secara Corrie
dahulu, Corrie yang sehat pikirannya, yang hidup berbantah-bantahan dengan
aku, yang pandai tertawa dan merajuk, yang pandai menangis dan membujuk, yang
...ya, Corrie dahulu, yang mengikat diriku sampai tertawa! Corrie! Apakah
yang sudah terjadi atas dirimu setelah engkau menjadi istriku, maka fiil engkau
sekarang bagai bumi dengan langit perbedaannya dengan fiil dahulu?"
"Apakah faedahnya bertanyakan hal yang sejelas itu,
Han? Dahulu aku bernama meyuffrouw Corrie du Bussee, sekarang namaku mevrouw Han. Dahulu aku memakai rok pendek, sekarang rok itu melewati
lutut. Dahulu aku merdeka, dunia ini luas seluas-luasnya bagiku, tapi
sekarang duniaku sudah berbatas, karena aku harus takluk ke bawah perintah
suamiku."
Salah Asuhan karya Abdul
Muis
|
15. Amanat yang terdapat dalam
kutipan novel tersebut adalah …
- Pakailah pakaian yang pantas sesuai dengan kebudayan kita
- Janganlah terlalu cemburu kepada pasangan kita
- Sayangilah istri yang mau mengerti keadaan suami.
- Janganlah menikah dengan seorang yang kita tidak kenal.
- Hadapilah dengan tenang segala masalah dalam rumah tangga
16. Pendeskripsian watak “ Hanafi ” yang keras kepala dalam novel tersebut adalah …
- jalan pikiran tokoh
- perbincangan tokoh lain
- dialog antartokoh
- penjelasan pengarang
- ucapa-ucapan tokoh
17. Mengapa sikap “Corrie” berubah setelah menikah dengan Hanafi?
Karena …
- Corrie harus takluk terhadap perintah suaminya “Hanafi”
- Hanafi tidak suka dengan sikap Corrie yang bebas bergaul.
- Corrie ingin menyesuaikan dengan sikap suaminya”Hanafi”
- Hanafi ingin sikap istrinya ‘Corrie” seperti sebelum menikah.
- Hanafi bersikap keras kepala kepada istrinya “Corrie”
Puisi berikut
untuk menjawab soal nomor 18 dan 19. Bacalah dengan saksama!
TAKDIR
Ketika
hidup terasa indah
Dan
segalanya kurasa mudah
Tanpa
ragu kumengaku
Ya…
inilah anugerah-Mu
Ketika
cinta Kau pertemukan
Kebahagiaan
yang kurasakan
Dengan
senyuman kulantangkan
Ya…
ini jalan-Mu Tuhan
Tapi badai itu mulai
datang, menyerbu
Menghadang, menyapu
Kututup mata dan
telingaku
Kubungkam mulut dengan
jemariku
Bukan ini yang kumau!
Kuberlari dengan sesakku
Berharap waktu cepat
berlalu
Tapi kaki ini berhenti
perlahan
Dengan beban yang kutelan
Dan akupun tersadarkan
Ya….ini takdir yang Kau
tentukan
Morla
Gabriella Agnes Ole Morla
Gabriella Agn
|
18. Makna lambang “ badai ” dalam puisi tersebut adalah….
A. kehidupan
B. perjalanan
C. masalah
D. tujuan
E. cita-cita
19. Maksud puisi tersebut adalah …
A.
Orang akan mengingat Tuhan jika sedang susah
B.
Susah dan senang dalam
kehidupan merupakan takdir Allah
C.
Orang akan melupakan
Tuhan jika dalam keadaan senang.
D.
Orang yang tidak kuat
menghadapi masalah dalam hidupnya
E.
Seseorang yang pasrah
dalam menghadapi segala masalah
Kutipan cerpen
berikut untuk menjawab soal nomor 20 dan 21. Bacalah dengan saksama!
(1)
Aku hampiri mama dan mencoba untuk menenangkan hatinya, dan berkata, “ (2)
Mah,Mama engga apa-apa? (3) Mamah mengapa sedih? (4) Cerita sama aku, mungkin
kesedihan Mama akan berkurang . ” (5)
Setelah itu, tangan Mama membelai setiap helai rambutku dan memelukku secara
spontan. (6) Mama hanya memandangiku dan terdiam. (7) Jam menunjukan pukul 06.00. (8) Bergegas aku pergi berangkat ke sekolah
untuk mencari ilmu sebanyak- banyaknya. (9) Selama itu , pikiranku entah
bagaimana melayang tiada arti. (10) Dalam lamunanku, hanya keadaan yang ada
di dalam rumah dan keadaan Mama yang selalu terlintas dalam benakku.
Kehidupanku cerpen Mutiara
|
20. Kalimat pembuktian latar waktu terdapat pada nomor … .
A.
(1) dan (2)
B.
(4) dan (5)
C.
(6) dan (8)
D.
(7) dan (9)
E.
(9) dan (10)
21. Keterkaitan nilai moral dalam kutipan cerpen dengan kehidupan
sehari-hari adalah …
A. perhatian seorang
anak terhadap ibunya
B. belaian seorang ibu
kepada anaknya
C. kesedihan seorang
ibu yang dalam
D. seorang anak yang meninggalkan ibunya
E. penderitaan seorang ibu yang tiada tara
Kutipan drama
berikut untuk menjawab soal nomor 22 dan 23. Bacalah dengan
saksama!
Anisa :
Bundaa!
Bunda :
Engh, ya, Nak! Kok malam-malam sekali sih pulangnya. Hari ini kan
mata
kuliahmu sedikit Anisa
Anisa :
Yah, biasalah, Bun! Ini ulah si sulung satu ini! Janji mau jemput
siang, baru
datang magrib.
Fahri :
Hei! Bungsu tidak tahu diri! Sudah bagus aku jemput, masih mengeluh
saja.
Huh!
Bunda :
Sudah-sudah jangan bertengkar, sudah pada dewasa kan?
Fahri :
Yeah! Aku sudah, tapi Anisa Kamarullah ini belum. Lihat saja
kelakuannya,
jauh dari kategori de-wa-sa.
Malah, sudah jadi mahasiswi begitu
tontonannya Power
Ranger melulu! Ha… ha,,,! Bagaimana bisa dibilang
dewasa coba?!
Anisa : Terserah kakak mau bilang apa. Oke, aku
masih suka Power Ranger, tapi biar
bagaimana pun kenyataan menyatakan akulah yang lebih dewasa dan matang.
Buktinya aku akan segera dilamar pacarku. Kakak? Ha..ha…ha…. Silahkan
menyusul.
Arti Sebuah Penyesalan drama
Aditya Gilank Pratama
|
22. Watak “ Anisa ”
dalam kutupan
drama tersebut adalah …
A. pemarah
B. kekanakan
C. tak peduli
D. manja
E. cerewet
23. Konflik dalam kutipan drama
tersebut adalah …
A. rasa marah seorang
ibu terhadap anak gadisnya
B. seorang kakak terlambat menjemput adiknya
C. seorang adik yang suka menonton film anak-anak
D. pertengkara adik dengan kakak dalam keluarga
E. Seorang anak gadis yang terlambat pulang
Teks naskah
Melayu klasik berikut untuk menjawab soal nomor 24– 25. Bacalah dengan saksama!
Syahdan setelah kepergian si bungsu, ibunya menjadi sehat
dan hidup dengan kedua kakaknya yang sirik. Maka mereka ingin mengetahui apa
yang terjadi dengan si Bungsu. Maka merekapun berangkat ke puncak gunung.
Maka mereka tiba di sana di waktu malam hari. Alangkah kagetnya mereka ketika
mereka mengintip bukan ular yang dilihatnya tetapi lelaki tampan. Timbul
perasaan iri dalam diri mereka. Mereka ingin memfitnah adiknya. Maka
mereka mengendap ke dalam gua dan mencuri kulit ular itu. Mereka membakar
kulit ular tersebut agar pemuda tampan itu berubah menjadi ular lagi. Mereka
mengira dengan demikian ksatria itu akan marah dan mengusir adiknya itu.
Tetapi, yang terjadi justru kebalikannya. Dengan dibakarnya kulit ular
tersebut, secara tidak sengaja mereka membebaskan pangeran itu dari kutukan
pamannya.
|
24. Karakteristik naskah Melayu
klasik yang tampak dalam kutipan tersebut adalah …
A. kesaktian seorang raja
B. perbahan ular menjadi manusia
C. keirian seorang kakak
D. kecantikan seorang putri
E. keebijaksanaan seorang raja
25. Nilai moral yang terdapat dalam kutipan naskah Melayu klasik tersebut adalah …
A.
Mencuri barang milik
orang lain
B.
Membakar barang orang
lain
C.
Marah terhadap anak
buahnya
D.
Mencari adiknya ke
gunung
E.
Memukul adiknya yang
baik
26. Bacalah pantun berikut dengan saksama!
Jikalau tuan mengangkat peti
Tolong masukkan segala barang Jikalau kalian sepakat dan sehati pekerjaan susah jadilah senang |
Maksud pantun tersebut adalah …
A. Pekerjaan yang susah menjadi senang jika dikerjakan
bersama.
B. Bekerja sama dalam menyelesaikan masalah
C. Harus bekerja sama dalam mengerjakan pekerjaan yang susah.
D. Harus bekerja sama dalam menghadapi masalah yang rumit.
E. Susah dan senang harus
dihadapi bersama
27. Bacalah gurindam berikut dengan saksama!
Barang
siapa mengenal akhirat
Tahulah ia dunia mudharat |
Maksud gurindam tersebut adalah …
A.
Semua perbuatan yang
dilakukan di dunia akan dibalas oleh-Nya di hari akhirat.
B.
Semua orang yang
beragama harus menghindari perbuatan yang dilarang-Nya.
C.
Jika kita ingin masuk
surga, berbuatlah sesuai dengan ajaran agama.
D.
Semua orang harus
memahami bahwa perbuatan yang mudarat akan merugikan diri sendiri.
E.
Orang yang percaya
pada kehidupan di akhirat akan menghindari perbuatan yang dilarang- Nya.
28. Bacalah paragraf narasi
rumpang berikut dengan saksama!
Lama
aku dibiarkan. Mungkin sepanjang hari. Mungkin juga sepanjang malam. Aku
tidak bisa membedakannya hari siang atau malam karena mataku ditutup rapat
oleh para penjahat itu. Perutku mulai merasa kelaparan. Tubuhku menggigil
kedinginan mencekam hingga ke tulang. Aku dengar bunyi hujan. … . Bunyi petir
berdentum. Aku benar-benar takut. Aku
menangis sekuat-kuat hati. Kupanggil-panggil kedua orang tuaku, “
Emaaaak….Bapaaaak..!”
Aku TAk Bernyawa Lagi cerpen Awin-Awina dengan perubahan
|
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut adalah …
- Kulihat hujan gerimis.
- Airnya mengalir dengan deras.
- Atap rumah pada bocor.
- Hujan yang sangat lebat.
- Tampak pohon besar tumbang.
29. Bacalah paragraf sebab akibat
yang rumpang berikut dengan saksama!
Selama
dua hari ini di Bogor hujan turun terus-menerus. Demikian pula, di Jakarta hujan tidak
henti-hentinya. Dengan demikian,
sungai-sungai di Jakarta tidak dapat menampung air hujan tersebut. Selain
itu, keadaan sungai sangat dangkal karena masyarakat membuang sampah di sungai
tersebut. Dengan demikian, arus air tidak lancar. …
|
Kalimat simpulan yang tepat untuk
melengkapi paragraf sebab akibat tersebut adalah …
A. Tidak heran banyak masyarakat yang menderita.
B. Akhirnya, sampah-sampah menutupi sungai.
C. Akhirnya, Jakarta dilanda banjir di mana-mana.
D. Oleh sebab itu, Jakarta mengalami kerugian.
E. Oleh karena itu, roda ekonomi menjadi macet.
30. Bacalah paragraf argumentatif
berikut dengan saksama!
Dengan adanya kegiatan manusia, pencermaran lingkungan
pasti terjadi. … . Yang
dapat dilakukan adalah
mengurangi pencemaran,
mengendalikan pencemaran, dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian
masyarakat terhadap lingkungannya agar tidak mencemari lingkngan. Zat atau
bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran di sebut polutan. Syarat-syarat suatu
zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makluk hidup. Contohnya, karbon dioksida
dengan kadar 0,033% di udara berfaedah bagi tumbuhan, tetapi bila lebih tinggi dari 0,033% dapat
memberikan efek merusak. Suatu
zat dapat disebut polutan apabila jumlahnya
melebihi jumlah normal; berada pada
waktu yang tidak tepat; dan berada
di tempat yang
tidak tepat.
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraf argumentatif tersebut adalah …
A. Masyarakat harus menyadari betapa pentingnya kesehatan.
B. Pencemaran lingkungan dapat mengganggu kesehatan.
C. Pencemaran lingkungan tersebut tidak dapat dihindari.
D. Berbagai kegiatan dapat menimbulkan pencemaran.
E. Asap kendaraan dapat menimbulkan pencemaran
Sdsd
Untuk mendapatkan
soal Try Out UN
Bahasa
Indonesia SMA/MA
Paket 2 Tahun Pelajaran 2012/2013 SECARA LENGKAP dapat
mendownload file dalam format word, silakan Klik link dibawah ini:
BAHAN PERSIAPAN
UN SMA 2013
Soal Try Out UN SMA/MA Program IPS Terbaru Tahun 2013 Paket 2:
Soal Try Out UN SMA/MA Program BAHASA Terbaru Tahun 2013 Paket 2:
Soal Try Out UN SMA/MA Program IPS Terbaru Tahun 2013
Paket 1 :
Soal Try Out UN SMA/MA Program IPA
Terbaru Tahun 2013 Paket 1 :
Soal Try Out UN SMA/MA Program Bahasa Terbaru Tahun 2013 Paket
1:
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPS
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar