MATA
PELAJARAN
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Jenjang :
SMA/MA
Program Studi : BAHASA
PELAKSANAAN
Hari/Tanggal :
Rabu, 23 Januari 2013
Jam :
11.00 – 13.00 WITA
PETUNJUK
UMUM
UN SMA/MA |
1. Isikan identitas Anda ke dalam lembar
Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang terssedia dengan menggunakan pensil 2B
sesuai petunjuk di LJUN.
2. Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian
pada LJUN
3. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan
paket tes tersebut.
4. Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap
butir terdapat 5 (lima) pilihan jawaban
5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda
menjawabnya.
6. Laporkan kepada pengawas ujian apabila
terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator,
HP, table matematika atau alat bantu hitung lainnya.
8. Periksalah pekerjaan Anda sebelum
diserahkan kepada pengawas ujian.
9. Lembar soal boleh dicorat-coret untuk
mengerjakan hitungan.
PILIHAN GANDA
Teks berikut untuk
menjawab soal nomor 1 s.d. 3.
Bacalah kutipan
berikut dengan saksama!
(
1 ) Jumlah anak yang turun ke jalan untuk mencari nafkah tampaknya dari hari ke
hari akan terus naik. ( 2 ) Dari data Kementerian Soial jumlah anak Jalanan
pada tahun 1997 masih sekitar 36.000, sekarang menjadi sekitar 232.894. ( 3 )
Kenaikan itu dapat dilihat secara kasat mata di perempatan jalan ibu kota
maupun dikota kecil. ( 4 ) Dengan sangat mudah kita dapat menjumpai lelaki atau
perempuan meminta-minta atau mengamen. ( 5 ) Fenomena anak jalanan seperti itu
sebelum tahun 2000 hanya bisa dilihat di kota besar, seperti Jakarta atau
Surabaya.
1.
Ide pokok
paragraf tersebut adalah . . . .
A.
anak
jalanan di Jakarta dan Surabaya
B.
jumlah
anak di perempatan jalan
C.
jumlah
anak yang mencari nafkah
D.
kenaikan
jumlah anak untuk mencari nafkah
E.
kenaikan
jumlah anak yang turun ke jalan mencari
nafkah
2.
Opini dalam paragraf
tersebut terdapat pada kalimat nomor . . . .
A.
(
1 ) dan ( 2 )
B.
(
1 ) dan ( 3 )
C.
(
1 ) dan ( 4 )
D.
(
2 ) dan ( 4 )
E.
(
2 ) dan ( 5 )
3.
Fakta dalam paragraf
tersebut terdapat pada kalimat nomor . . . .
- A. ( 1 ) dan ( 2 )
- B. ( 1 ) dan ( 3 )
- C. ( 1 ) dan ( 4 )
- D. ( 2 ) dan ( 4 )
- E. ( 2 ) dan ( 5 )
Bacalah paragraf
berikut untuk menjawab soal 4 dan 5 !
Pertambangan batu bara di
Indonesia telah berlangsung empat puluh tahun lebih sejak keluarnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1967 tentang
pokok-pokok pertambangan
Yang kemudian diganti dengan Undang-Undang Pertambangan
Mineral dan Batubara Tahun 2009. Undang=undang ini telah menjadi landasan eksploitasi sumber daya mineral dan batu
bara secara besar-besaran untuk mengejar pertumbuhan ekonomi. Industri batu
bara Indonesia telah berkembang dengan pesat dalam waktu singkat. Dengan
demikian, perubahan undang-undang berdampak positif terhadap
pertumbuhan ekonomi.
4.
Simpulan isi
paragraph tersebut adalah . . . .
A.
Program
pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan pastilah akan terwujud.
B.
Produksi
batu bara telah membuka lapangan kerja
untuk para pengangguran.
C.
Perubahan
undang-undang berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi.
D.
Perubahan
undang-undang berdampak negatif terhadap
perkembangan batu bara.
E.
Pertambangan
batu bara di Indonesia telah berlngsung empt puluh tahun lebih.
5.
Arti eksploitasi
dalam paragraph tersebut adalah . . . .
A.
Pemanfaatan
sesuatu yang memberikan keuntungan untuk hanya diri sendiri.
B.
Pemerasan
tenaga orang lain untuk memperoleh keuntungan yang sangat besar.
C.
Pengusahaan
industry dengan cara besar-besaran dalam bidang pertambangan.
D.
Perencanaan
dengan sungguh-sungguh atas sesuatu yang akan diusaha seseorang.
E.
Pengerukan
kekayaan secara besar-besaran tanpa memperhatikan lingkungan.
Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal 6 dan 7 !
(1) Banyak alasan
orang tidak hobi atau tidak suka
membaca. (2) Mereka menganggap kegiatan
membaca itu merupakan kegiatan yang menita waktu sehingga membosankan.
(3) Yang paling parah lagi, ada yang mengatakan membaca kurang bermanfaat bagi
dirinya. (4) Ada pula yang berpendapat kalau orang hobi membaca akan
menjadikannya ia pemalas karena waktu
dihabiskan hanya untuk membaca. (5) Banyak juga yang berpendapat membaca juga
menimbulkan kejenuhan.
6.
Ide pokok paragraph tersebut adalah . . . .
A.
Pendapat
tentang membaca
B.
Memahami
tujuan membaca
C.
Waktu
tersedia untuk membaca
D.
Alasan
tidak hobi membaca
E.
kejenuhan
dalam membaca
7.
Kalimat utama paragraf
tersebut terdapat pada kalimat nomor . . . .
A.
(
1 )
B.
(
2 )
C.
(
3 )
D.
(
4 )
E.
(
5 )
Cermati isi
paragraf tajuk rencana berikut !
Paragraf untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
Masyarakat yang
memiliki nilai kewiraswastaan bukanlah berarti masyarakat yang kaya akan materi, tetapi ia adalah masyarakat
yang akan motivasi kerja. Masyarakat
yang gemar berprestasi selalu berusaha meningkatkan diri dengan segala bentuk usaha. Sehingga dengan demikian
masyarakat itu merupakan subyek yang
terlatih untuk selalu berpikir kreatif dan senantiasa berusaha mengembangkan
diri dengan arah yang positif. Dengan
demikian kewiraswastaan masyarakat adalah masyarakat yang kaya akan motivasi kerja, gemar berprestasi,
berpikir kreatif, dan selalu mengembangkan diri.
8.
Pendapat penulis atau editorial dalam teks tersebut adalah . . . .
A.
Masyarakat
kewiraswastaan berarti masyarakat yang
kaya akan materi dan memiliki aktivitas dan kreativitas yang tinggi yang dapat
dimanfaatkan.
B.
Masyarakat yang memiliki nilai kewiraswastaan selalu
melihat hal-hal secara kreatif dan berusaha untuk mengolanya dengan hal-hal
yang positif.
C.
Masyarakat
yang kaya akan motivasi kerja adalah masyarakat yang gemar berprestasi selalu
berusaha meningkatkan diri dengan segala bentuk usaha.
D.
Nilai
kewiraswastaan masyarakat adalah masyarakat yang kaya akan motivasi kerja,
gemar berprestasi, berpikir kreatif, dan selalu mengembngkan diri.
E.
Kreativitas
masyarakat merupakan subyek yang terlatih untuk selalu berpikir kreatif dan
senantiasa berusaha mengembangkan diri kea rah hal positif.
9.
Keberpihakan dalam teks editorial terdapat dalam
kalimat . . . .
A.
Masyarakat
secara umum.
B.
Pemerintah
secara keseluruhan.
C.
Advertaising secara luas.
D.
Masyarakat yang kaya motivasi kerja.
E.
Perusahaan yang mau bekerja sama.
Paragraf 1
Hakikat hidup adalah
bekerja. Dapat dikatakan bahwa salah satu cirri manusia hidup adalah bekerja.
Oleh karena itu, bekerja tidak bisa dilepaskan
dari kehidupan manusia, baik secara fisik maupun psikis.
Paragraf 2
Antara bekerja dan kesehatan manusia saling
berhubungan bahkan saling berpengaruh. Hal ini terbukti misalnya dari kenyataan
bahwa seseorang menjadi lebih sehat bila ia bekerja daripada tidak
bekerja. Atau kenyataan yang lain
sebaliknya, yaitu seseorang yang bekerja malah menjadi sakit karena kondisi
pekerjaannya tidak sesuai dengan karakteristik orang itu.
10.
Perbedaan dalam kedua paragraph di atas adalah . . . .
A.
Paragraf 1
menyoroti hakikat bekerja dan paragraf
2 menyoroti hubungan bekerja
dengan kehidupan.
B.
Paragraf 1
menyoroti hakikat hidup dan
paragraf 2 meyoroti hubungan bekerja dengan kesehatan.
C.
Paragraf
1 menyoroti cirri manusia bekerja dan paragraph
2 menyoroti manfaat bekerja.
D.
Paragraf 1
menyoroti masalah bekerja dalam kehidupan manusia dan paragraph 2 menyoroti kesehatan manusia ditentukan
pekerjaannya.
E.
Paragraf 1 menyoroti
factor fisik dan psikis dan paragraph 2 menyoroti karakteristik seseorang.
Cermati
paragraf berikut !
Siswa
yang try out materi Bahasa Indonesia Ujian Nasional diberikan tugas oleh guru
untuk menjawab soal prediksi materi Bahasa Indonesia Ujian Nasional. Setelah
selesai, jawaban soal tersebut dikumpulkan dan langsung diperiksa dan dibahas
jawabannya. Dari jumlah 38 orang siswa
yang menjawab betul 100 % 5 orang, 90 %
betul 5 orang, 80 % betul 15 orang,
70 % betul 10 orang, dan sisa 3 orang
di bawah 60 % . Jadi, siswa yang terkategori menguasai materi sangat sedikit.10
11.
Perbaikan yang tepat untuk simpulan yang benar untuk
paragraf generalisasi yang benar di atas
adalah . . . .
A.
Dapat
dikatakan hasil siswa yang mengikuti try
out materi Bahasa Indonesia Ujian Nasional terkategori bagus.
B.
Siswa
yang mengikuti try out materi Bahasa
Indonesia Ujian Nasional semanya sudah menguasai dengan baik.
C.
Boleh
dikatakan siswa yang mengikuti try out
materi Bahasa Indonesia Ujian
Nasional yang akan dihadapi.
D.
Jadi,
guru tidak perlu cemas lagi terhadap persiapan siswa dalam menghadapi Ujian
Nasioanal yang akan dihadapi.
E.
Dengan
demikian, guru sudah sangat siap mempersiapkan siswanya untuk menghadapi Ujian
Nasional tahun ini.
Teks berikut
untuk menjawab soal nomor 12-13 !
Bacalah dengan
saksama!
Teks ke-1
Pada umumnya, bising
bernada tinggi sangat menggannggu, apalagi bila terputus-putus atau yang
datangnya tiba-tiba. Gangguan dapat berupa peningkatan tekanan darah ( + 10
mmHg ), peningkatan nadi, kontriksi pembuluh darah perifer, terutama
pada tangan dan kaki, serta dapat menyebabkan pucat dan gangguan sensoris.
Teks ke-2
Bising dengan
intensitas tinggi dapat menyebabkan pusing/sakit kepala. Hal ini disebabkan
bising dapat merangsang situasi reseptor vestibular dalam telinga yang akan
menimbulkn efek pusing/vertigo. Perasaan
mual, susah tidur, dan sesak nafas disebabkan oleh rangsangan bising
terhadap system saraf, keseimbangan organ, kelenjar endokrin, tekanan
darah, system pencernaan, dan keseimbangan
elektrolit.
12.
Kesamaan topik dari kedua teks tersebut adalah . . . .
A. Gangguan bising pada kehidupan
B. Cara mengatasi bising yang
tinggi
C. Efek bising terhadap gangguan
saraf
D. Penyebab bising yang tinggi
E. Dampak bising terhadap
kesehatan
13.
Gagasan yang sesuai dengan kedua teks tersebut adalah .
. . .
A. Bising dapat menimbulkan
tekanan darah naik dengan seketika.
B. Bising yang terputus-putus
dapat ketidakseimbangan organ.
C. Perasaan mual dan sesak nafas
disebabkan oleh rangsangan bising.
D. Vertigo ditimbulkan karena
situasi reseptor vestibutor dalam telinga
E. Bising yang tinggi dapat
menimbulkan gangguan kesehatan.
Bacalah paragraf
berikut dengan saksama !
. . . Bising dapat
menyebabkan berbagai gangguan seprerti gangguan fisiologis, gangguan
psikologis, gangguan komunikasi dan ketuliaan. Ada yang menggolongkan gangguannya berupa
gangguan Auditory, misalnya gangguan terhadap pendengaran dan gangguan non
Auditory seperti gangguan komunikasi, ancaman bahaya keselamatan, menurunnya
performan kerja,stress, dan kelelahan.
14.
Kalimat yang tepat untuk melengakapi paragraph
deduktif tersebut adalah . . . .
A.
Suara
merupakan bunyi yang keluar dari mulut seseorang.
B.
Bising
merupakan suara atau bunyi yang mengganggu.
C.
Semua
orang tidak suka mendengar kebisingan.
D.
Bising
dapat menimbulkan penyakit gangguan saraf.
E.
Penyakit
yang disebabkan bising sangat berbahaya.
Bacalah paragraf
berikut dengan saksama !
Gunung Bromo terkenal
sebagai objek wisata di Jawa Timur. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara
lembah dan ngarai dengan kaldera
atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Setiap saat tampak berduyun-duyun wisatawan
local maupun mancanegara mengunjungi
wilayah ini. Udara di sekitarnya terasa dingin menggigit sekujur tubuh. Saking
dinginnya benda-benda di sekitarnya sulit dibedakan antara basah atau lembab.
Menjelang subuh, kita dapat menikmati terbitnya matahari dengan semburat merah yang muncul
perlahan-lahan. Dari sana kita juga
dapat melihat lautan pasir dengan hiasan tiga serangkai ( Gunung Bromo, Tengger dan Semeru ).
15.
Kalimat deskriptif
yang tepat untuk melengkapi paragraph
tersebut adalah . . . .
- Matahari sudah mulai meninggi, saatnya melihat dari dekat lautan pasir yang putih dan bersinar dengan silau.
- Ketika sampai di penginapan yang sudah tak jauh dari lokasi wisata Gunung Bromo, matahari telah bersembunyi.
- Malam telah larut, angin berhembus menerpa tubuh kami yang kedinginan dan menggigil.
- Tampak pula, segerombolan kuda-kuda dengan joki-nya berjalan perlahan-lahan menuju puncak Bromo.
- Saat itu, ramai sekali turis asing dan local, padahal bukan weekend dengan memakai jaket yang agak panjang.
Cermati
kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
( 1 ) Pak
Sungkono berjualan unggas dan
ikan hias untuk menopang hidupnya. ( 2
) Ibu senang membudidayakan bermacam-macam anggrek. ( 3 ) Kendaraan hilir
mudik pada hari-hari libur bahkan sepeda juga ikut memadati ruas jalan di kota
kami. ( 4 ) Padi gogo sangat cocok di
tanam di tanah tegalan sebab tidak memerlukan banyak air. ( 5 ) Kemeja yang
dipakainya sangatlah serasi dengan warna celananya.
16.
Kalimat yang menggunakan kata umum dan kata khusus
terdapat pada kalimat nomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Cermati kalimat
berikut !
Kami sepakat untuk menguburkan kenangan
pahit itu.
17.
Kalimat yang menggunakan kata bermakna kias yang sama
maknanya dengan bercetak miring adalah .
. . .
A.
Gadis
itu selalu merenungi nasibnya yang malang.
B.
Gemawati belum bisa melupakan peristiwa kelabu yang
menimpa keluarganya.
C.
Sejak
kemarin ia mengurung diri karena kecewa.
D.
Aku
belum bisa mengetahui penyebab ia sakit hati.
E.
Kipper
terlihat mati langkah sehingga ia tidak mampu menangkap bola.
Cermati paragraph
berikut !
Bila kita mengambil suatu
keputusan, sebaiknya … dulu. Apalagi dalam mengikuti Mode …
sekarang. Banyak anak remaja yang
salah . . . dan mengambil keputusan mengikuti mode.
Mereka tidak mau mendengar . . . siapa pun. Karena pengertian … menurut mereka tidak memiliki konsep yang
benar.
18.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraph adalah . . .
.
A. dipikirkan, jaman,
mentafsirkan, nasehat, , modern.
B. dipikirkann,zaman ,
menafsirkan, nasihat, modern.
C. difikirkan, zaman,
mentafsirkan, nasehat, modern
D. difikirkan, zaman,
menafsirkan, nasehat, mederen
E. Dipikirkan, jaman, menafsirkan
nasihat, modern.
Lembaga
hokum saat ini masih jauh dari harapan
masyarakat walaupun sudah ada . . .
Banyak . . . hakim yang dianggap
masyarakat tidak memenuhi rasa keadiln. Seperti yang terkait pembalakan liar.
Ketidakediaan MA . . . oleh BPK dan adanya rekening liar MA . . .
citra kurang baik. Komisi Yudisial yang tugasnya mengawasi para hakim justru seorang
anggotanya . . . kasus.
19.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi bagian
yangrumpang dalam paragraph tersebut
adalah . . . .
A.
Pemajuan,
memutuskan, diperiksa, membawa, tersangkut.
B.
Kemajuan,
keputusan,diperiksa,membawa,tersangkut.
C.
Kemajuan,
keputusan, memeriksa, tertawa, tersangkut.
D.
Kemajuan,
memutuskan, diperiksa, membawa, bersangkut.
E.
Pemajuan,
keputusan, memeriksa, membawa, bersangkut.
Kondisi seperti ini, untuk
memperoleh gagasan dan semangat baru, diperlukan kembali penggabungan energy
mahasiswa dengan gerakan kelompok lain,
seperti petani dan buruh. Akan tetapi, sinergi ini dilakukan tidak untuk
kepentingan elite politik tertentu. Segala yang dilakukan harus berada di atas
rel
20.
Bahasa yang tepat untuk mengganti bahasa kias yang
bergaris bawah dalam kutipan karangan
Ilmiah tersebut sehingga bermkna lugas adalah . . . .
A.
Memiliki
wawasan
B.
Teguh
pada pendirian
C.
Menurut peraturan
D.
Memperkuat keberadaan
E.
Tidak
mudah goyah
Gerakan
mencintai lingkungan hidup telah mulai menggejala di kalangan remaja.
tidak sedikit perkumpulan/ organisasi
pecinta lingkungan tumbuh di sekolah-sekolah, baik SMP maupun SMA.
Gerakan-gerakan nyata melakukan penyelamatan lingkungan, seperti gerakan tanam
seratus/ seribu pohon sering dilakukan.
. . . .
21.
Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .
A.
Jadi,
dapatdikatakan bahwa dikalangan remaja saat ini telah meninggalkan budaya tawuran .
B.
Jadi,
dapat disimpulkan bahwa remaja sekarang suka membaca buku tentang penyelamatan
lingkungan hidup.
C.
Jadi,
dapat dikatakan bahwa kesadaran terhadap penyelamatan lingkungan hidup di
kalangan remaja perlu dipupuk.
D.
Jadi,
dapat dikatakan bahwa dikalangan remaja telah tumbuh kesadaran kecintaan
terhadap lingkungan hidup.
E.
Jadi,
dapat disimpulkan remaja sekarang tidak lagi merusak lingkungan.
Bacalah paragraph deskripsi berikut dengan saksama!
(1) Hanya helaan napas yang terdengar berat
dan panjang. (2) Pak Sujono gelisah ejak tadi, perasaannya
campur aduk. (3) Jangan-jangan, ketua yayasan telah tahu kalau dirinya suka
menerima amplop dari orang tua murid. (4) Gajinya dibawa pulang untuk kebutuhan
keluarga (5) Sebab, orang nomor satu di sekolah itu terkenal tegas, disiplin,
dan menagungkan kejujuran dalam hidupnya.
22.
Kalimat yang tidak padu atau sumbang dalam paragraph
tersebut adalah nomor . . . .
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
Siang itu, matahari
menyengat kulit. Seorang pria bertopi biru tua menaiki tanggalipat
Setinggi 2 m. . . . . Di bawah tangga, pria lain bertopi
merah menampung buah dalam keranjang –
keranjang plastic. Selesai di pohon pertama, mereka bergerak ke pohon lain
yang juga sarat akan buah.
23.
Kalimat yang sesuai untuk mengisi bagian rumpang dalam
paragraph eksposisi tersebut adalah . . . .
A.
Pria
itu bergelayutan di pohon setinggi 2 – 3 meter.
B.
Tak
berapa lama, pria bertopi biru tua itu pun terjatuh dari tangga.
C.
Sejenak
kemudian, ia turun mencari tangga lipat yang lebih tinggi.
D.
Dengan
gunting tajam, tangannya cekatan memetik dompolan lengkeng yang bergelayut di
pohon setinggi 2- 3 meter.
E.
Pria
itu membawa gunting tajam untuk mencari buah lengkeng yang bergelayutan di
pohon setinggi 2 – 3 meter.
Air sungai mengalir …
dengan perahu kecil, kami
menyeberangi sungai itu. Sungai itu … dasar sungai
. . . Yang terlihat hanya permukaan air
… kekeruhan airnya mengeluarkan
bau . .
24.
Frasa adjektiva yang tepat untuk melengkapi bagian yang
rumpang pada paragraph tersebut
adalah . . . .
A.
Sedikit
deras, sungai lebar, sangat dalam, sedikit keuh, agak busuk.
B.
Deras
sekali, yang lebar, sangat dalam, sangat keruh, yang buruk.
C.
Deras
sekali, sangat lebar, sedikit dalam, sangat keruh, agak busuk
D.
Sedikit
deras, yang lebar, sedikit dalam, sedikit keruh, yang busuk
E.
Deras
sekali, sangat lebar, sangat dalam, sangat keruh, agak busuk.
Tabel berikut untuk menjawab soal nomor 25 dan 26.
Bacalah dengan cermat!
SUBSIDI PERUMAHAN 2005-2009
Tahun
Anggaran
|
Alokasi
|
Realisasi
|
||
Unit
|
Subsidi
|
Unit
|
Subsidi
|
|
2005
|
72.000
|
252.00
|
52.311
|
110. 04
|
2006
|
74.000
|
252.00
|
61.973
|
251.84
|
2007
|
36.641
|
300.00
|
51.420
|
299.99
|
2008
|
150.652
|
800.00
|
131.655
|
799.98
|
2009
|
392..088
|
2.503.00
|
263.563
|
777.79
|
25.
Pernyataan
yang sesuai dengan isi tabel tersebut
adalah ...
A.
Tahun
Anggaran 2009 realiaasi subsidi perumahan lebih kecil dibanding tahun 2006 .
B.
Realisai
subsidi perumahan tahun anggaran 2008
sama besar dengan tahun 2009.
C.
Alokasi
jumlah unit perumahan tahun anggaran 2007 sebanding dengan tahun 2005.
D.
Tahun
Anggaran 2005 alokasi subsidi perumahan lebih kecil daripada tahun 2007 .
E.
Tahun anggaran 2006 alokasi unit perumahan lebih
banyak daripada tahun sebelumnya.
26.
Simpulan
yang sesuai dengan isi data tabel tersebut adalah.........
A.
Pemerintah menganggarkan dana untuk perumahan
rakyat.
B.
Adanya peningkatan subsidi perumahan setiap
tahun.
C.
Pemerintah setiap tahun memberikan subsidi perumahan
D.
Terjadinya penurunan subsidi perumahan bagi
masyarakat.
E.
Pemerintah mengalokasikan dana untuk subsidi
rumah
Bacalah dialog berikut dengan saksama!
Kepala Sekolah :
Keadaan kantin sekolah kita ditinjau dari kesehatan kurang
memadai. Kira-kira
bagaimana pendapat Bapak dan Ibu semua?
Pak Zainal :
Memang benar, kantin sekolah kita tampak gelap dan tidak mempunyai kran
air untuk pencuci piring di tiap kios. Karena itu perlu direnovasi dengan
menggati atapnya dan tiap kios dipasang kran air.
Ibu Susi : saya setuju dengan pendapat Pak
Zainal, tapi bagaimana dengan biayanya? Saya pikir tidak cukup sedikit.
Pak Zaenal : Masalah biaya pakai saja uang
koperasi. Kita tahu setiap
bulan ada pemasukan dari kantin ke koperasi.
Ibu Susi : kalau begitu saya setuju.
27.
Rangkuman
dialog tersebut yang tepat adalah …
A.
Kantin
sekolah harus diganti atapnya agar tidak gelap.
B. Setiap kios di kantin sekolah harus dipasang kran air,
C.
Kantin
sekolah perlu direnovasi dengan biaya dari koperasi.
D.
Koperasi
akan mengeluarkan biaya untuk membangun kantin,
E.
Kantin
sekolah akan dibangun dengan biaya yang tidak sedikit.
Cermati paragraf berikut !
Gerakan Jumat bersih
sudah berjalan baik dilingkungan kami. Tampak pemandangan di beberapa
kecamatan di lingkungan kami, bersih dan
asri. Terasa, lingkungan menjadi indah dan nyaman. Dengan demikian, lingkungan pun terhindar dari berkembangnya .
. . penyakit dan bakteri berbahaya.
Terbukti kini penduduk sudah menyadari . . . kesehatan. Mereka juga telah
menerapkan . . . tong sampah basah dan kering di halaman rumahnya.
28.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraph
tersebut adalah . . . .
A. virus, hakikat, sistim
B. pirus, hakekat, sistym
C. virus, hakika, sistem
D. pirus, hakekat, system
E. Virus, hakikat, sistim
Cermatilah paragraf
analogi berikut !
Untuk menulis sebuah
novel atau roman, kita perlu merancang
alur atau plotnya sebagai kerangka. Begitu juga untuk membuat sebuah mobil,
kita perlu membuat kerangka agar mobil itu kuat.
Alur atau plot kemudian dikembangkan menjadi sebuah cerita yang
utuh. Kerangka mobil yang sudah ada harus dibangun agar menjadi sebuah mobil. Pembuat novel atau
roman biasanya menuliskan namanya di novel atau roman jika sudah selesai.
Begitu juga pembuat mobil akan mencamtumkan nama atau merek di mobil tersebut.
29.
Kesimpulan
analogi yang tepat berdasarkan
teks tersebut adalah . . . .
A.
Pembuat novel atau roman pasti mencamtumkan namanya di
novel.
B.
Novel atau roman sama dengan mobil, yaitu ada
kerangkanya.
C.
Mobil sama dengan novel atau roman, yaitu sama-sama
dibuat orang.
D.
Menulis novel atau roman seperti orang membuat mobil.
E.
Menulis novel atau roman tidak sama dengan membuat
mobil.
Cermati silogisme
berikut !
Premis Umum : Guru Bahasa Indonesia yang krestif sering
meminta siswanya
melaporkan berbagai isi buku
perpustakaan yang telah dibaca.
Premis
Khusus: . . .
Kesimpulan : Bu
Sri Mulyati sering meminta siswanya melaporkan berbagai isi buku
perpustakaan yang telah mereka baca.
30.
Pernyataan khusus yang sesuai dengan silogisme di atas
adalah . . . .
A.
Sebagai
guru yang kreatif, Bu Sri Mulyati tentu sering meminta siswanya melaporkan berbagai isi buku perpustakaan yang telah
dibaca.
B.
Bu
Sri Mulyati sering meminta siswanya melaporkan berbagai isi buku perpustakaan
yang telah dibaca karena dia kreatif.
C.
Semua
guru Bahasa Indonesia kretif.
D.
Bu
Sri Mulyati adalah guru Bahasa Indonesia yang kreatif.
E.
Guru
Bahsa Indonesia sering meminta siswanya melaporkan berbagai isi buku perpustakaan yang telah dibaca, termauk Bu
Sri Mulyati
Cermatilah kalimat – kalimat berikut.
(1) Menurut
Kepala Kantor Wilayah Pekerjaan Umum Jakarta, banjir disebabkan Terbatasnya
kemampuan sarana pengendalian banjir di DKI Jakarta. (2) Banjir kembali melanda sebagian besar
wilayah DKI. (3) Keterbatasan sarana itu disebabkan oleh
usia sebagian pompa yang sudah tua. (4)
Pompa-pompa yang tersedia, ditambah pompa-pompa tua, tidak mampu menangani penormalan sejumlah sungai. (5) Selain itu,
juga akibat kurangnya pemeliharaan waduk yang ada karena terbatasnya anggaran.
31.
Urutan kalimat yang tepat untuk di jadikan paragraf
yang padu adalah . . . .
A. (1), (2),
(3), (4) dan (5)
B. (1), (3),
(4), (5) dan (2)
C. (2), (1),
(3), (4) dan (5)
D. (2), (4),
(1), (3) dan (5)
E. (4), (2),
(1), (5) dan (3)
Cermatilah kalimat
penutup surat lamaran kerja berikut !
Besar harapan saya untuk dapat diterima bekerja
pada perusahaan Saudara. Atas budi
baik serta perhatian Saudara saya mengucapkan banyak terima kasih.
32.
Perbaikan yang tepat kalimat yang tercetak miring pada
kutipan surat tersebut adalah . . .
A. Karena itu, perkenankan
sebelumnya saya menghaturkan terima kasih.
B. Untuk itu semua, saya
mengucapkan terima kasih banyak.
C. Saya mengucapkan terima kasih
atas perhatiannya saudara itu.
D. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya
ucapkan ribuan terima kasih.
E. Atas perhatian Saudara, saya
mengucapkan terima kasih.
Cermati penggalan
pidato berikut !
Para siswa
yang berbahagia!
Masa remaja adalah masa yang penuh harapan. Di sisi lain, masa remaja
adalah masa-masa labil dan mudah
terpengaruh oleh lingkungan. Terlebih lagi, remaja masih bisa dicetak menjadi
apa saja.
Oleh sebab itu, potensi remaja tersebut harus dimanfaatkan untuk
hal-hal yang positif. Jika tidak, akibatnya
akan sangat fatal bagi kehidupan masa depan mereka.
………………………………….
33.
Kalimat ajakan yang terdapat dalam pidato tersebut
adalah . . . .
A. Masa remaja adalah masa yang
penuh harapan.
B. Masa remaja adalah masa yang
labil dan mudah terpengaruh oleh lingkungan.
C. Remaja masih bisa dicetak menjadi
apa saja.
D. Potensi remaja harus
dimanfaatkan untuk hal-hal positif.
E. Akibat fatal dari kehidupan
remaja pada masa depan.
Cermati kalimat
berikut !
Damar Lazuardi menyatakan rasa syukurnya
karena dirinya terpilih menjadi ketua
OSIS setelah panitia melakukan perhitungan suara.
34.
Klausa atasan
kalimat tersebut adalah . . . .
A. Damar Lazuardi menyatakan rasa
syukurnya.
B. Dirinya terpilih menjadi ketua
OSIS
C. Panitia melakukan perhitungan
suara.
D. Damar Lazuardi menjadi ketua
OSIS
E. Damar Lazuardi bersyukur
menjadi ketua OSIS
Cermati Kalimat berikut!
Gemawati Permata Sari itu murid SMA 3 Bandung yang mewakili
Jawa Barat, berhasil memenangkan
lomba pidato.
35.
Klausa nominal dalam kalimat tersebut adalah . . . .
A.
Gemawati Permata Sari itu murid SMA 3 Bandung .
B.
Gemawati Permata Sari itu mewakili Jawa Barat.
C.
Gemawati Permata Sari itu berhasil memenangkan lomba.
D.
Gemawati Permata Sari itu menang lomba resensi.
E.
Gemawati Permata Sari itu berhasil mewakili Jabar.
A.
Latar Belakang
Masalah
Bagaimana
kehidupan masyarakat kita ke depan, jika persoalan sampah tidak
segera diselesaikan ? Permasalahan sampah
bukan hanya berdampak pada
persoalan lingkungan, tetapi juga
telah menimbulkan kerawanan social dan bencana kemanusiaan. Berbagai kasus,
seperti di Bantargebang, Bojong Gede,
dan leuwigajah, mengingatkan kita bahwa persoalan sampah bukanlah hal yang
sepele.
36.
Rumusan masalah yang paling tepat sesuai dengan latar
belakang di atas adalah . . . .
A. Apakah sampah menyebabkan
berbagai masalah ?
B. Di manakah kasus yag pernah
terjadi akibat persoalan sampah ?
C. Mengapa sampah dapat
mengakibatkan persoalan ?
D. Mengapa persoalan sampah
bukanlah hal yang sepele ?
E. Bagaimanakah contohnya bahwa
sampah dapat menimbulkan persoalan lingkungan ?
Bacalah
kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1) Banyak sarjana yang
tidak mendapat pekerjaan yang sesuai dengan ijazahnya.
(2) Para ustad sedang mendengar ceramah yang disampaikan oleh Kiayi
Haji Atobrya.
(3) Menonton bola melalui
pesawat televise lebih enak daripada langsung berdesak-desakan.
(4) Kita sebaiknya
menyumbang saudara-saudara kita yang terkena musibah Gunung Merapi.
(5) Ibu-ibu yang
melahirkan diharapkan menyusui tahun.
37.
Kata yang
mengalami penyempitan makna terdapat dalam kalimat nomor . . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)
Bacalah
kalimat-kalimat berikut dengan saksama !
(1) Pada akhir bulan
Desember kedua pasangan pengantin itu berbulan madu ke Bali.
(2) Cabang pohon itu menimpa atap kantor Cabang BRI.
(3) Tini kesebelasan Serang diserang tim Kesebelasan Tangerang.
(4) Dikecapnya kecap yang meleleh di bibir botol itu.
(5) Bang Hanafi selalu menyimpan uang di bank.
38.
Kata berhomonin
terdapat pada kalimat nomor . . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
39.
Suporter melihat sendiri pemain telah bekerja keras di
lapangan dan menerima kegagalan itu . .
Klausa yang tepat untuk
melengkapi kalimat majemuk tersebut adalah . . . .
A.
Karena
telah bersikap sportif dan tidak menciptakan kerusuhan.
B.
Karena
tahu tidak ada yang salah dengan tim nasional Indonesia.
C.
Sehingga
mendapat apresiasi tinggi dari berbagai
kalangan.
D.
Karena
semua ini warga Jakarta dan Indonesia berniat baik.
E.
Karena
momen itu sebagai kunci kegagalan menjadi juara.
Perhatikan
paragraph berikut !
Setiap malam, berpuluh
ribu tikus menyerbu desa-desa di kecamatan Pracimantoro.Segala macam tanaman,
sampai kepada pohon petai cina yang
sudah tua, habis digerogoti tikus. Binatang piaraan seperti ayam, kambing, dan sapi, tidak luput dari serangan
tikus yang ganas itu, apalagi bahan makanan. Memang itu yang dicari. Habis
tndas ditelan tikus. Bahkan, penduduk beberapa desa terpaksa diungsikan karena
ketakutan. Sampai sekarang, masih ada orang yang tidak mau pulang ke kampong
halamannya.
40.
Kalimat yang sesuai untuk menutup paragraph induktif di
atas adalah . . . .
A. Itu baru di Pracimantoro.
B. Di wilayah lain demikian pula
adanya.
C. Nah, sekarang saya baru tahu
kisahnya.
D. Bahkan mereka takut pulang ke
kampong halamannya.
E. Memang mengerikan sekali
serangan tikus di Wonogiri pada saat itu.
Cermatilah
kata yang bercetak miring dalam kalimat berikut!
1.
Dari Surabaya ayah
naik pesawat terakhir.
2.
Siswa
kelas 12 IPB gemar membeli buku bacaan.
3.
Sebentar
lagi sekolah akan membuat tangga berjalan.
4.
Rumah mungil itu
milik pengarang novel.
5.
Jamu
sering dikonsumsi oleh pemain sepakbola.
41.
Kalimat-kalimat yang menggunakan frase atributif
berimbuhan adalah nomor ….
A.
(1),
(2), dan (3)
B.
(1), (3), dan (4)
C.
(2), (3), dan (4)
D.
(3), (4), dan (5)
E.
(1), (2), dan (5)
Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
(1) Aku sangat mengagumi
gadis itu.
(2) Siang itu dia datang
ke rumahku.
(3) Kami memandangi
hamparan hijau dari kejauhan.
(4) Pemerintah membangun
sarana umum.
(5) ketika itu ia sakit
42.
Kalimat tunggal yang berpola sama terdapat pada nomor
....
A. (1) dan (4)
B. (1) dan (2)
C. (3) dan (5)
D. (2) dan (4)
E.
(3) dan (4)
43.
Kata-katanya pedas dan menyakitkan hati.
Kalimat berikut yang mengalami perubahan makna sinestesia
seperti kalimat di atas adalah ...
A. Wajah kekasihnya
yang manis itu membuat ia semakin mencintainya.
B. Ia menegur
seniornya yang terkenal galak dan congkak.
C. Pelayan restoran
itu terkenal murah senyum dengan para pembeli.
D. Mendengar kabar
itu, langkahnya bagaikan kilat di siang hari.
E.
Gerhana
tariannya lemah gemulai.
44.
Anak itu menangis terisak-isak karena layang-layangnya
robek.
Klausa utama dari kalimat majemuk di atas adalah ....
A. karena layang-layangnya robek
B. anak itu menangis
C. anak itu menangis terisak-isak
D. anak itu terisak-isak
E. layang-layangnya robek
45.
Gadis itu bermain piano
Kalimat berikut yang sepola dengan kalimat di atas adalah
...
A. Mereka memarahi
anak-anak itu.
B. Dia telah
mengkhianati kekasihnya.
C. Pemuda itu
telah mencuri hatinya.
D. Tetangga kami
berjualan pakaian.
E. Paman
meminjamkan bajunya.
46.
Pemukiman kumuh yang terletak di spanjang kali Sunter
mulai ditertibkan oleh aparat..
Imbuhan pe-an dalam kalimat tersebut sama maknanya dengan imbuhan ke-an
dalam kalimat …
A.
Begitu beragam kesenian
yang berasal dari daerah Kalimantan
B. KPK gencar melakukan pemeriksaan terhadap kekayaan
para pejabat.
C. Pemerintah membahas kemungkinan
penurunan bahan bakar minyak (BBM).
D. Kedutaan Australia tidak lagi dijaga ketat seperti dulu.
E. Aksi puluhan warga dijalan itu menimbulkan
kemacetan sepanjang 300 meter.
Cermati teks dialog berikut
!
Dido :
(1) Ton, penampilan grup bend sekolah kita kemarin sangat bagus.
Anton :
(2) Benar sekali katamu,aku suka sekali dengan suara emas vokalisnya.
Dido :
(3) Melihat mereka, aku …jadi teringat dengan pecahnya grup band kita.
Anton :
(4) Ya…aku juga memikirkan hal itu.
Dido :
(5) Tapi…. kita jangan menoleh ke belakang, kita harus berpikir ke depan.
47.
Kalimat yang menggunakan kata bermakna
konotatif dalam teks tersebut adalah nomor ….
A.
(1),
(2), dan (3)
- (1), (2), dan (4)
- (2), (3), dan (5)
- (2), (4), dan (5)
- (3), (4), dan (5)
Cermati
kutipan surat lamaran berikut!
Adapun kualifikasi saya
sebagai berikut, ...
48.
Penulisan
pemerian identitas yang paling tepat untuk melanjutkan kutipan surat lamaran kerja tersebut adalah....
A.
nama : Megawati
Suharsono Putri
tempat, tanggal lahir :
Yogyakarta, 5 Juni 1981
alamat : Jl. Ahmad jazuli, Yogyakarta
pendidikan terakhir : S1, tahun
2000
B.
Nama : Megawati
Suharsono Putri
Tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 5 juni 1981
Alamat :
Jln. Ahmad jazuli, Yogyakarta
Pendidikan terakhir : S1, tahun
2000
C. nama :
Megawati Suharsono Putri
tempat, tanggal lahir :
Yogyakarta, 5 Juni 1981
alamat :
Jalan Ahmad Jazuli, Yogyakarta
pendidikan terakhir : S1, tahun 2000
D.
Nama :
Megawati
Suharsono Putri
Tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 5 Juni 1981
Alamat :
Jalan Ahmad Jazuli, Yogyakarta
Pendidikan terakhir : S1, tahun
2000
E.
nama : Megawati
Suharsono Putri
tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 5 Juni 1981
alamat :
Jl, Ahmad Jazuli, Yogyakarta
pendidikan terakhir : S1, tahun
2000
Cermatilah silogisme berikut !
PU :
Setiap siswa yang pandai akan mendapat bea siswa
PK : ……….
K : Hari Prasodjo Kusumo akan mendapat
bea siswa
49.
Kalimat yang
tepat untuk mengisi permis khusus di atas adalah …
A. Siswa yang
pandai akan mendapat bea siswa
B. Yang mendapat bea siswa, siswa yang pandai
C. Siswa yang pandai Hari Prasodjo Kusumo
D. Hari Prasodjo Kusumo siswa yang pandai
E. Bea siswa diperuntukan siswa yang pandai
Cermatilah silogisme berikut !
PU : Semua hewan langka dikarantinakan oleh pemerintah
PK :
Harimau Sumatra termasuk hewan langka
K : Harimau Sumatra dikarantinakan oleh pemerintah
50.
Entimem yang tepat untuk silogisme tersebut adalah …
A.
Hariamau Sumatra
dikarantinakan pemerintah karena termasuk hewan langka.
B.
Hariamau Sumatra
dikarantinakan pemerintah dan termasuk hewan langka.
C.
Hariamau Sumatra
dikarantinakan pemerintah sehingga termasuk hewan langka.
D.
Karena termasuk
hewan langka maka hariamu Sumatra dikarantinakan oleh pemerintah.
E.
Karena termasuk
hewan langka sehingga haraimau Sumatra harus dikarantinakan
51.
Kalimat latar belakang makalah dengan topk Perilaku
Menyimpang pada Kalangan Remaja yang paling tepat adalah ....
A.
Masa remaja awal merupakan masa transisi, yang
biasa disebut dengan usia belasan, masa yang tidak menyenangkan, terjadi juga
perubahan pada dirinya baik secara fisik, psikis, maupun secara sosial
B. Perilaku menyimpang masalah sosial
terjadi karena terdapat penyimpangan perilaku dari berbagai aturan-aturan
sosial ataupun dari nilai dan norma sosial yang berlaku.
C. Perilaku menyimpang dapat dianggap
sebagai sumber masalah bagi remaja karena dapat membahayakan tegaknya sistem
sosialberdasarkan perubahan perilaku remaja.
D. Perlu membedakan adanya perilaku
menyimpang yang tidak disengaja dan yangdisengaja, di antaranya karena pelaku
kurang memahami aturan-aturan yang ada,perilaku menyimpang yang disengaja,
bukan karena pelaku tidak mengetahui aturan.
E. Hal yang relevan untuk memahami bentuk
perilaku tersebut, adalah mengapa seseorang melakukan penyimpangan, padahal ia
tahu apa yangdilakukan melanggar aturan
Cermati paragraf
berikut!
Dalam karya tulis
ini, penulis akan memaparkan bagaimana
cara yang efektif yang dapat memudahkan siswa mempelajari rumus-rumus
matematika. Penulis tergelitik untuk membahasnya karena ingin mengubah anggapan
sebagian siswa bahwa pelajaran matematika tersebut aadalah pelajaran yang
sangat sulit.
52.
Kata tergelitik
dalam kutipan terbut dapat diganti dengan kata bermakna lugas yang tepat adalah ….
- tersentuh
- terjun
- tergerak
- terpikat
E.
tergiur
.
Cermati
kalimat-kalimat berikut!
(1) Digunakannya bahasa yang
efektif memungkinkan komunikasi penulis dan pembaca berjalan lancar.
(2) Memang,
bahasa merupakan alat komunikasi yang paling efektif.
(3) Tidak ada alat yang lebih baik daripada
bahasa untuk mengungkapkan jiwa
seseorang.
(4)
Oleh
sebab itu, harus memperhatikan isi ,alur, susunan cerita, sudut pandang, dan
sebagainya bahasa sebagai alat pengungkapannya harus diperhatikan.
(5) Diusahakan
agar apa yang disampaikan dapat diterima oleh pembaca.
53.
Urutan yang paling tepat kalimat tersebut sesuai paragraf
induktif adalah ….
- (1), (2), (3), (4), dan (5)
- (2), (3), (1), (4), dan (5)
- (3), (1), (2), (4), dan (5)
- (3). (1), (5), (4), dan (2)
- (3), (4), (5), (1), dan (2)
Cermati
paragraf berikut!
Lengkingan kereta api … ke
suluruh lokasi stasiun. Saat itu beberapa orang siswa berlarian ke atas kereta
tersebut karena bunyi pluit yang … pertanda kereta akan berangkat meninggalkan
stasiun menuju Serpong.
54.
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
- kedengaran - dilengkingkan
- mendengar - melengking
- terdengar - melengking
- didengar - melengkingkan
- pendengaran - terlengking
.Cermati
paragraf berikut!
Taman
ini sungguh asri dan nyaman. Tanaman yang tumbuh menyejukkan mata dan jiwa. Lebih-lebih tanaman bunga yang berada di depan
pintu masuk, sangat indah dipandang. Aneka bunga berwarna-warni tumbuh di
tempat itu.Kupu-kupu yang berterbangan menambah keindahan dalam taman ….
55.
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah ….
- Suara gemercik air mancur merdu dan menyejukkan hati.
- Deru bus kota menambah suasana ramainya taman itu.
- Kendaraan parkir dengan berbanjar-banjar teratur rapi.
- Seruling merdu menambah indahnya suasana taman
- Kicauan burung melengkapi semaraknya indahnya taman.
Cermati paragraf
berikut!
Siang itu aku
sedang duduk santai di sofa empuk di dalam apotek milikku yang baru saja
dibuka. Apotek ini adalah impianku sejak aku kuliah di Farmasi dulu. Sekarang
aku memandang puas pada usahaku selama ini. Aku bisa mendirikan apotek di kota
kelahiranku. Apotek ini cukup luas, beberapa rak besar tempat obat-obatan
berjejer rapi dengan kemasan-kemasan obat warna-warni yang disusun menurut
khasiat obatnya. Pandangan saya tertuju pada rak buku di pojok ruangan yang
berisi buku-buku tebal. Kuambil satu buku yang disampulnya tertulis Informasi
Spesialis Obat atau yang biasa disebut kalangan farmasi dengan buku ISO.
Setelah ku pandangi aku tersenyum dan mengembalikannya ke tempat semula. Aku
memandang lagi secara keseluruhan apotek ini, sebuah televisi 14 inci dan
sebuah komputer di meja kasir. Hembusan angin dari AC membuat udara terasa . . . di bulan Januari yang panas ini.
56.
Frasa adjektif yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang
paragraf deskripsi tersebut adalah ....
- agak hangat
- sejuk sekali
- sedikit nyaman
- agak semilir
- sedap sekali
Cermati
paragraf berikut!
Semut merupakan sosok binatang yang
memiliki kesetiakawanan. Ia senantiasa bergotong royong dalam kehidupannya.
Dapat dikatakan bahwa semut tidak memiliki rasa individualis. Jika ia menemukan
makanan yang manis-manis, ia akan segera memberitahu teman-temannya.
Kehidupannya tampak rukun dengan sesamanya. Demikian pula dengan manusia,
kehidupan manusia akan senantiasa rukun
jika memiliki kesetiakawanan ….
57.
Simpulan yang sesuai untuk analogi tersebut adalah ….
- A. Semut yang tolong-menolong gambaran kehidupan manusia bergotong royong.
- B. Semut sama seperti manusia dapat hidup rukun dengan memiliki kesetiakawanan.
- C. Semut selalu rukun seperti manusia juga selalu berusaha rukun dalam hidupnya.
- D. Kesetiakawanan semut perlu ditiru oleh manusia agar dapat hidup rukun.
- E. Kesetiakawanan semut sama dengan kesetikawanan manusia dalam masyarakat.
Perhatikan paragraf
narasi yang rumpang berikut dengan saksama!
Kami berempat baru saja turun dari kereta api di stasiun Palmerah,
Jakarta Selatan. Kami berasal dari kampung dan
masing-masing menenteng sebuah tas sederhana berwarna gelap. Eh, begitu keluar
dari stasiun, kami digeledah di sekitar gedung MPR/ DPR yang memang letaknya
dekat stasiun. ... . Akhirnya,
polisi menangkap saya dan membawa ke markas.
58.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah …
A. Kami dibawa ke gedung MPR/DPR untuk diwawancarai oleh
mereka.
B. Polisi
menemukan sejumlah golok baru untuk dijual dalam tas kami.
C. Di sekitar stasiun memang rawan dan
sering tejadi tindak kejahatan.
D. Keluar stasiun memang harus digeledah,
kalau-kalau membawa bom.
E.
Polisi
tergakum melihat benda yang ada dalam tas dan dompet kami.
Perhatikan
kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1)
Padahal,
kelengkapan buku dan akses informasi akan sangat mendukung perkembangan siswa
di sekolah.
(2)
Hal itu terlihat
sekolah yang belum memiliki perlengkapan perpustakaan sebagaimana mestinya
masih banyak.
(3)
Saat ini
perpustakaan dan fasilitas lainnya, dalam kondisi seadanya.
(4)
Said menilai, saat
ini penguasaan terhadap bahasa asing sudah menjadi tuntutan zaman sehigga
diperlukan laboratorium bahasa yang representatif.
(5)
Belum lagi masalah
sarana dan prasarana, seperti gedung olahraga, kesenian, dan laboratorium
bahasa.
59.
Urutan
kalimat tersebut agar dapat menjadi paragraf padu adalah ….
- A. (1), (2), (3), (4), (5)
- B. (2), (1), (3), (5), (4)
- C. (3), (5), (2), (1), (4)
- D. (4), (5), (1), (2), (3)
- E. (5), (4), (3), (2), (1)
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Membaca kreatif akan memberikan banyak manfaat
dalam berbagai bidang. Misalnya, dengan membaca wacana tentang ilmu pengetahuan
. pembaca akan dapat menerapkan pengetahuan baru yang diperolehnya untuk
mengembangkan karier atau meningkatkan kemampuan dalam berbagai bidang sesuai
dengan kebutuhan masing-masing. Banyak hal
tidak akan terjadi pada seorang pembaca
, di antaranya pembaca mampu menerapkan hasil membacanya untuk kehidupan
sehari-hari.
60.
Perbaikan
kalimat yang tercetak miring sehingga menjadi kalimat yang kohesif dan
koheren adalah ….
A. Banyak hal akan terjadi pada seorang
pembaca kreatif
B. Banyak hal tidak akan terjadi bagi pembaca
C. Banyak hal akan terjadi bagi pembaca
D. Banyak hal yang akan terjadi, bagi pembaca
E. Banyak hal yang akan terjadi bagi pembaca
kreatif.
Download File dalam format FDF DI
SINI
Direkomendasikan
:
BAHAN
PERSIAPAN UN 2013
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPS
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPA
SOAL TRY OUT UN SMP
SOAL TRY OUT UN SD
jawabannya dimana ya
BalasHapus