"SELAMAT DATANG DI BLOG 007INDIEN SEMOGA MENDAPATKAN SESUATU YANG BERMANFAAT DI BLOG INI"

Senin, 25 Maret 2013

Try Out UN Bahasa Indonesia IPS SMA/MA Tahun 2013 Paket 2



MATA PELAJARAN

Mata Pelajaran          : BAHASA INDONESIA
Jenjang                       : SMA/MA
Program Studi           : IPS

PELAKSANAAN

Hari/Tanggal               :  
Jam                              :  

                                                              PETUNJUK UMUM
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidYekAlUrnkSAl5vlv5OGr6KP0_a1G_fqHmu1poQcJkipD95HqWxKhRFVUF7oo_e_Ipy2EfDoHnVN5a2QVYl9Wn_ECkdxgS9Xp4VD43QSAhlH8ShLnumq2tWaPs0-xPOOHelNHdtt5P7Y/s1600/ujian-nasional-sma.jpg
UN Bahasa Indonesia IPS SMA/MA Tahun 2013
1.      Isikan identitas Anda ke dalam lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang terssedia dengan menggunakan pensil 2B sesuai petunjuk di LJUN.
2.      Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian pada LJUN
3.      Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan paket tes tersebut.
4.      Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap butir terdapat 5 (lima) pilihan jawaban
5.      Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya.
6.      Laporkan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7.      Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, HP, table matematika atau alat bantu hitung lainnya.
8.      Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas ujian.
9.      Lembar soal boleh dicorat-coret untuk mengerjakan hitungan.

PILIHAN GANDA
Pilihlah satu jawaban yang paling benar!

   Paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2. Bacalah dengan saksama!
(1) Benda cagar budaya di Indonesia menjadi incaran kolektor.  (2) Salah satu benda tersebut adalah area tokohnya Budha yang sedang duduk bersila dengan kedua telapak tangan di atas paha. (3) Candi Borobudur merupakan benda yang tidak ternilai. (4) Penawaran sempat dibuka dengan harga US$300,000 atau sekitar tiga milar.  (5)           Harga selangit itulah yang ditawarkan Balai Lelang Christie's di New York.

1.   Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ….
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)

2.   Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah nomor ….
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 3 s.d. 5. Bacalah dengan saksama!

(1)   Dengan kuatnya pengaruh makanan terhadap terjadinya kanker, wajar jika vegetarian lebih jarang menderita kanker dibanding dengan orang yang tidak mengatur pola makannya. (2) Sebuah studi yang dilakukan di Jerman menunjukkan bahwa kematian akibat kanker pada seorang pria vegetarian lebih rendah 52% dan pada wanita  26% dibandingkan dengan populasi pada umumnya. (3) Semakin lama seseorang menjadi vegetarian, efek untuk mengalami penyakit kanker akan semakin berkurang. (4) Rendahnya resiko kanker pada seorang vegetarian berkaitan dengan dua hal yaitu vegetarian tidak mengonsumsi daging terutama daging merah dan mengonsumsi bahan makanan nabati seperti sayuran dan buah. (5) Pada prinsipnya, makanan yang berasal dari tumbuhan, baik sayur, buah, maupun kacang-kacangan yang dikonsumsi oleh seseorang mampu melindunginya dari kanker.

3.   Ide pokok paragraf tersebut adalah … .
A.    kanker dan pola makan yang salah
B.     efek kanker terhadap vegetarian
C.     pengaruh makanan terhadap kanker
D.    vegetarian tidak mudah menderita kanker
E.     vegetarian mampu melindungi kanker

4.   Fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A.    (1) 
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)

5.   Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …
A.    Bagaimana upaya penderita kanker mengatasi penyakitnya?
B.     Mengapa  vegetarian jarang menderita penyakit kanker?
C.     Apakah penderita kanker dapat mengonsumsi daging merah?
D.    Apakah para vegetarian dipastikan tidak menderita kanker?
E.     Mengapa pengonsumsi daging merah mudah terkena kanker?

Paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7. Bacalah dengan saksama!

Usianya kisaran enam puluh tahun. Ia seorang ibu dari enam orang anak dengan sepuluh cucu. Empat anaknya sudah bekerja dan dua anak terakhir masih duduk di bangku SMA. Akan tetapi, siapa menyangka Ibu Nur menghidupi mereka dari bekerja sebagai pekerja kebersihan yang sudah dijalaninya lebih dari lima belas tahun. Suaminya sedari muda bekerja sebagai tukang bangunan, namun kini saat usianya sudah lanjut ia tidak lagi sanggup bekerja. Tinggallah ibu Nur ini yang bergerak mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya dari pukul 06.00 WIB  hingga pukul 15.00 WIB. Itu dilakukannya setiap hari tanpa hari libur.
Kompasiana.com, 9 Augustus  2012

6.      Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah nomor … .
A.                Ibu Nur berumur enam puluh tahun.
B.                 Ibu Nur bekerja sejak usia muda.
C.                 Ibu Nur memiliki sepuluh cucu.
D.                Ibu Nur pekerja keras.
E.                 Ibu Nur mempunyai enam orang anak

7.        Mengapa Ibu  Nur perlu bekerja dari pukul 06.00 WIB  hingga pukul 15.00 WIB setiap hari? Jawaban yang tepat sesuai dengan isi paragraf tersebut  karena ...
A.                          Usia suami Bu Nur  sudah lanjut sehingga  Bu Nur harus menggantikannya.
B.                           Usia Bu Nur masih lebih muda daripada suaminya yang tidak sanggup bekerja.
C.                           Bu Nur harus menghidupi keenam anaknya dan dua  orang masih bersekolah.
D.  Bu Nur sudah terbiasa bekerja menghidupi  kebutuhan hidup keluarganya.
E.   Bu, Nur ingin menghidupi keluarganya karena suaminya sudah tidak bekerja.

Paragraf berikut untuk menjawan soal nomor 8 – 9. Bacalah dengan saksama!

Keyakinan India untuk bersikukuh terkait pentingnya  pembuatan aturan hukum
(rule of low) dalam demokrasi menyampaikan pesan jelas kepada kita. Jangan pernah  menghilangkan harapan untuk menggunakan ruang demokrasi sebagai jalan memberantas korupsi dan kolusi, berapapun panjang dan  melelahkan. Syaratnya adalah
keterlibatan aktif dari seluruh warga negara. Citoyen adalah pemilik sah negara dan sekaligus tunduk terhadap aturan hukum yang dibuat negara tersebut. Penulis teringat akan pernyataan Erhard Eppler (2010), bahwa demokrasi harus berlandaskan pada konsep warga negara. Negara itu bukan dimiliki para petingginya, tetapi oleh warga negaranya.                

8.   Arti istilah “kolusi”  dalam paragraf tersebut adalah … .
A.  persengkongkolan
B.  kerja sama semu
C.  mencuri ide
D.  merampas hak
E.   melanggar peraturan

9.      Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah  ….
A.  berharap masih ada peluang untuk memberantas korupsi dan kolusi
B.  mengajak keaktifan seluruh warga untuk memberantas korupsi
C.  mengajak memberantas kejahatan walaupun panjang dan melelahkan
D.  mengajak memberantas korupsi menggunakan ruang demokrasi
E.   menegaskan bahwa negara dimiliki oleh warga negara bukan oleh petingginya

10.    Bacalah dengan saksama!
 Cerpenis asal Yogyakarta yang lahir di Boston, Amerika Serikat, pada 19 Juni 1958 ini bernama Seno Gumira Ajidarma, semasa mudanya dikenal sebagai pembangkang. Padahal baik dari garis ayah maupun ibu, ia keturunan dari orang yang terpelajar. Seno sampai berumur lima tahun berada di luar negeri mengikuti kedua orang tuanya. Setelah itu sejak SD hingga SMA ia di Yogyakarta.
Meskipun Seno "berdarah" ilmuwan dari seorang ayah Prof. Dr. MSA
Sastroamidjojo guru besar di FMIPA UGM, ia tidak menyukai pelajaran ilmu pasti. Seno tidak suka yang berbau pasti, ketika masih duduk sekolah dasar dan menengah, ia dikenal sebagai pembangkang, khususnya terhadap peraturan-peraturan di sekolah.
Tidak heran ia pernah diskors. Namun, tidak berarti Seno tumbuh menjadi anak malas. Ia justru gemar membaca dan dari bacaan itu pulalah ia mendapat pengaruh. Selepas SMP karena terpengaruh cerita dari buku yang dibacanya, ia berpetualang. Sampailah ia
di Medan, di sana ia menjadi buruh pabrik kerupuk. Ketika Seno kehabisan uang, ia minta agar ibunya mengirimkan uang, namun ibunya mengirimi ia tiket. Seno pulang ke Yogyakarya dan melanjutkan sekolahnya kembali. Seno melanjutkan pendidikanya ke
SMA yang membolehkan siswanya tidak berseragam. Barangkali karena jiwanya yang senang terhadap segala sesuatu yang "liar".

       Keteladan dari sosok Seno Gumira Ajidarma tersebut adalah  ...
A.  Seno Gumira Ajidarma tetap menyelesaikan pendidikan.
B.   Seno anak dari kalangan terpelajar yang pemah menjadi buruh pabrik.
C.   Seno pernah mengenyam pendidikan di luar negeri dan dalam negeri.
D.  Seno   bersekolah  di   SMA  yang  tidak  mengharuskan     berpakaian seragam.
E.   Seno terpaksa pulang dari petualangannya karena kehabisan uang.

Teks  berikut untuk menjawab soal 11 – 12. Bacalah dengan saksama!

Tercapainya titik terang penyelesaian utang AS tentu tidak terlepas dari peran kepemimpinan Obama. Ini merupakan ujian lain baginya untuk mempertemukan berbagai kepentingan, tanpa mengorbankan perekonomian negaranya dan tentu saja perekonomian global.
Meskipun demikian, persoalan AS tidak lantas beres. Pengurangan anggaran 2,4
triliun dollar AS. Lembaga pemeringkat Standard & Poor's (S&P) menilai pada besaran
pengurangan anggaran itulah, keberlanjutan ekonomi AS bisa terjaga. Oleh karena itu,
S&P menyatakan terbuka peluang peringkat utang AS masih bisa turun 

11.     Opini penulis dalam tajuk rencana tersebut yang tepat adalah …
A.      Persoalan AS tidak akan beres karena pengurangan anggaran hanya 2,4 triliun
       dollar AS.
B.       Tercapainya titik terang penyelesaian utang AS tidak terlepas dari kepemimpinan  
       Obama.
C.       AS memerlukan pengurangan  anggaran minimal  4  triliun  dollar AS  agar
       ekonomi AS bisa terjaga.
D.      Standard & Poor's (S&P) menyatakan bahwa terbuka peluang peringkat utang
           AS masih bisa turun.
E.       Obama mendapatkan ujian lain tentang perekonomian negara dan global.


12.    Pihak yang dituju dalam tajuk rencana tersebut adalah …. 
A.      negara global
B.       warga AS
C.       ekonom AS
D.      pemerintah AS
E.       lembaga S&P

  Tabel berikut untuk menjawab soal nomor 13 dan 14. Bacalah dengan cermat!

Data Nilai Rerata Mata Pelajaran Semester II TP 2011/2012
           
No.
Kelas
Bind
Bing
Mat
Pkn
Sej
1
XII-IPS 1
81
75
79
77
80
2
XII-IPS 2
82
74
78
77
81
3
XII-IPS 3
81
75
79
77
80
4
XII-BHS 1
83
76
78
78
82
5
XII-BHS 2
85
77
77
78
83

13.     Kalimat yang sesuai dengan isi tabel adalah …
A. Nilai rerata mata pelajaran Bahasa Inggris lebih rendah daripada bahasa Indonesia.
B. Perolehan nilai rerata mata pelajaran Bahasa Inggris lebih tinggi daripada PKn.
C. Perolehan nilai rerata mata pelajaran Sejarah menunjukkan angka paling rendah.
D. Perolehan nilai rerata mata pelajaran PKn di kelas XII lebih tinggi dari sejarah.
E.  Perolehan nilai rerata mata pelajaran di semua sangat rendah karena di bawah

14.  Simpulan isi tabel tersebut yang tepat adalah …
A.   Rerata nilai setiap mata pelajaran yang diperoleh kelas XII menunjukkan angka
 sangat tinggi karena nilainya di atas 80.
B.  Rerata nilai mata pelajaran yang diperoleh kelas XII menunjukkan angka kurang
karena semua nilai di bawah 70.
C.  Perolehan nilai rerata mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII-BAHASA 2  
  menunjukkan angka paling baik di antara mata pelajaran yang lainnya.
D.    Perolehan nilai rerata mata pelajaran di kelas XII sangat memuaskan karena
nilainya di atas 85.
E.   Perolehan nilai rerata pelajaran di semua kelas menunjukkan angka sangat memuaskan  
  karena   nilainya lebih dari 70.

   Kutipan novel berikut untuk menjawab soal nomor 15 – 17. Bacalah dengan saksama!

Kang Lantip tersenyum.
“Karena saya tidak percaya kepada sistem yang melahirkan dan membesarkan penguasa yang begitu kejam seperti Stalin. Sama dengan tidak percaya saya kepada sistem yang melahirkan Hitler dan Mussolini. Juga tidak percaya kepada sistem yang melahirkan Amangkurat yang dengan kejamnya membunuh santri-santri. Sistem-sistem seperti ini mengandung bibit-bibit kekuasaan yang selalu akan mengambil korban ribuan orang yang bersalah”. Saya terkejut mendengar suaranya. Lantip, kakang saya, yang lemah-lembut, sopan, penuh tata krama, dengan sekali tebas membabat tiga sistem kekuasaan yang besar.             
                                                                         Keluarga Priyayi, Umar Kayam

15.  Amanat yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah …
  1. Kekuasaan sering menimbulkan kesewenang-wenangan.
  2. Jangan berprasangka buruk terhadap seorang pemimpin.
  3. Kita harus menghargai sikap dan pendapat seseorang
  4. Kita harus percaya kepada orang yang ditunjuk sebagai pemimpin.
  5. Janganlah menggunakan kekuasaan untuk menindas yang lemah.

16.  Pendeskripsian watak Kang Lantip ” yang menentang kekejaman dalam novel tersebut adalah melalui …
  1. deskripsi fisik
  2. dialog antartokoh
  3. pikiran-pikiran tokoh
  4. pemaparan langsung
  5. lingkungan sekitar tokoh

17.  Mengapa tokoh saya terkejut mendengar suara Lantip?
Tokoh saya terkejut mendengar suara Lantip karena ....
  1. tidak percaya kepada sistem yang melahirkan dan membesarkan penguasa yang begitu kejam
  2. tidak percaya kepada sistem yang melahirkan Hitler dan Mussolini yang memerintah sewenang-wenang
  3. tidak percaya kepada sistem yang melahirkan Amangkurat yang dengan kejamnya membunuh santri-santri
  4. sistem seperti ini mengandung bibit-bibit kekuasaan yang selalu akan mengambil korban ribuan orang yang bersalah
  5. Lantip yang lemah-lembut, sopan, penuh tata krama dapat membabat tiga sistem kekuasaan yang besar
  
Puisi berikut untuk menjawab soal nomor 18 dan 19. Bacalah dengan saksama!

Doa di Medan Laga
Oleh Subagio Sastrowardoyo

Berikan kekuatan sekeras baja
Untuk menghadapi dunia ini, untuk melayani zaman ini
Berikan kesabaran seluas angkasa
Untuk mengatasi siksaan ini, untuk melupakan derita ini
Berikan kemauan sekuat garuda
Untuk melawan kekejaman ini, untuk menolak penindasan ini
Berilah perasaan  selembut sutra
Untuk menjaga peradaban ini, untuk mempertahankan kemanusiaan ini




18.     Makna lambang  “ garuda” dalam puisi tersebut adalah….
A.    kegagalan
B.     ketinggian
C.     ketegaran
D.    kebesaran
E.     kejayaan

19.     Maksud puisi tersebut adalah  
A.  Kekerasan, penindasan, dan kekejaman dapat ditundukkan dengan kekuatan hati sendiri.
B.              Gambaran kehidupan seseorang yang membuat orang harus tabah menghadapinya.
C.              Gambaran yang dihadapi dalam sebuah peperangan yang penuh dengan penindasan.
D.  Doa seseorang untuk diberikan kekuatan dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan.
E.  Seseorang berharap dirinya berani melawan musuh dalam peperangan melawan kekejaman.

Kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 20 dan 21. Bacalah dengan saksama!

(1)    “Aku tak capek karena miskin, tetapi karena aku sakit. (2) Aku juga mulai tua sekarang, Bang. (3) Aku diam karena tidak mau memberati perasaan abang. (4) Bukan apa-apa.(5) Aku tidak mau abang memaksakan diri menerima suap hanya untuk meyenangkan hatiku. (6) Jangan.  (7) Aku masih kuat menderita kok. (8) Masih banyak orang lain yang lebih jelek nasibnya dari kita”. (9) Dia berdiri dan meletakkan kedua amplop di depan saya. (10) ”Jangan memaksakan sesuatu yang tidak baik, nanti tidak akan pernah baik”
                                                                                     Suap, Putu Wijaya     

20.     Kalimat pembuktian latar sosial yang menggambarkan kesederhanaan dan rela hidup susah  terdapat pada nomor … .
A.    (1), (2), dan (3)
B.     (1), (4), dan (5)
C.     (1), (5), dan (6)
D.    (1), (7), dan (8)
E.     (1), (9), dan (10)

21.     Keterkaitan nilai moral dalam kutipan cerpen dengan kehidupan sehari-hari adalah ….
A.  mendorong suami mencari tambahan penghasilan untuk biaya pengobatan
B.    mengembalikan amplop uang yang diterima dari suami
C.   mencegah suami menerima suap untuk menyembuhkan penyakit
D.  menerima uang suap untuk menyembuhkan penyakit
E.   menerima suap untuk menyenangkan hati orang lain
  
Kutipan drama berikut untuk menjawab soal nomor 22 dan 23. Bacalah dengan saksama!

Jo         :           “Kelompok tayub, Pak. Kami kelompok kesenian.
Hansip : Mempunyai surat izin?”
Jo         : “Punya, Pak. (Jo merogoh saku, tapi tak ditemuinya surat yang dimaksud). Wah ketinggal Pak!”
Hansip : “Bohong, kamu pasti tidak mempunyai surat izin pertunjukan. Kalian pasti tidak mempunyai kartu seniman! Ini menyalahi peraturan. Setiap kali kegiatan seni di desa ini harus mempunyai surat izin dari yang berwajib, tidak ada tawar-menawar.
Jo         : “Tapi kami kelompok kesenian rakyat! Tradisional, Pak, dan patut untuk dilestarikan, Pak.
Hansip : “Tidak peduli tradisional atau modern, yang penting surat izin.

22.    Watak  “hansip ”  dalam kutupan drama tersebut  adalah ….
A.  pemberontak
B.   licik
C.   pembohong
D.  pembangkang
E.   kaku

23.    Konflik dalam kutipan drama tersebut adalah …
A.  Tidak adanya perizinan berbagai pertunjukan di desa.
B.   Hansip mematuhi hukum memberikan pengecualian kepada siapa pun.
C.   Kekesalan Jo pada hansip yang tidak mau menawarkan surat izin.
D.  Keinginan Jo untuk melestarikan kesenian tradisional terbentur pada perizinan.
E.   Keharusan kelompok seniman memiliki surat seniman.

Teks naskah Melayu klasik berikut untuk menjawab soal nomor 2425. Bacalah dengan saksama!

Maharaja Angkasa Indera Dewa atau Betara Angkasa Indera Dewa turun dari Kayangan ke dunia bersama isterinya tanpa kebenaran. Betara Guru, lantas disumpah menjadi sepasang suami isteri yang miskin melarat. Sebaiknya mendekati balai Istana Maharaja Indera Dewa di negeri Antah Berantah karena ingin menghadap baginda, mereka dihalau dengan kayu dan batu. Terpaksa tinggal di pinggir hutan serta mencari sisa makanan dari timbunan sampah. Menemui sebiji ketupat basi dan sebuku tebu sebagai mengalas perut. Setiap hari apabila mereka mencari rezeki di mana-mana, nasib serupa menimpa, dihalau. Semua orang memanggil mereka Si Miskin.

24.     Karakteristik naskah Melayu klasik yang tampak dalam kutipan tersebut adalah …
A.  Menceritakan hal yang berhubungan dengan terjadinya sesuatu
B.   Kisahnya bercampur dengan dunia khayal dan melebih-lebihkan kejadian
C.   Menceritakan pemimpin yang memberikan kesejahteraan pada rakyatnya
D.  Mengisahkan keadaan masyarakat miskin yang ada di sekitar kita
E.   Mengisahkan tentang kesalahan yang sering dilakukan para dewa.

 25.     Nilai moral yang terdapat dalam kutipan naskah Melayu klasik tersebut adalah …
A.    Maharaja Betara Angkasa Indera Dewa turun dari Kayangan bersama isterinya.
B.     Betara Guru  disumpah menjadi sepasang suami isteri yang miskin melarat.
C.     Maharaja Indera Dewa di negeri Antah Berantah ingin menghadap baginda.
D.    Mereka tinggal di pinggir hutan serta mencari sisa makanan dari timbunan sampah.
E.     Setiap hari apabila mereka mencari rezeki nasib serupa menimpa, dihalau.

26.   Bacalah pantun berikut dengan saksama!

Harum menusuk kayu cendana
Bagai harum aneka kembang
Banyak orang ditimpa bencana
Banyak orang berlomba  menyumbang


Maksud pantun tersebut adalah …
A.     Sumbangan diberikan jika orang sudah ditimpa bencana.
B.      Berlomba-lomba orang memberi sumbangan kepada orang yang mendapat bencana.
C.      Orang yang ditimpa bencana pastilah banyak menerima sumbangan.
D.     Orang yang memiliki harta sebaiknya menyumbang orang yang mengalami bencana.
E.      Sumbangan yang diberikan dapat meringankan penderitaan orang yang kesusahan.

27.     Bacalah gurindam berikut dengan saksama!

Hati – hati memilih kawan
Salah-salah menjadi lawan


Maksud gurindam tersebut adalah …
A.   Berhati-hatilah dalam pergaulan, jangan sampai menyakiti kawan
B.   Cermatlah memilih teman karena yang disangka teman dapat menjadi musuh. 
C.   Baik-baik pada semua teman agar selalu terjaga persahabatan kita
D.   Pandai memilih teman yang baik dan jujur sehingga menjadi teman sejati.
E.    Bergaullah dengan teman sebaik mungkin agar tidak disakiti.

28.  Bacalah paragraf narasi rumpang berikut dengan saksama!

Motivasi menulis muncul saat SMA dulu. Ketika kelas 3 saya diwajibkan membuat karya tulis sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Nasional. Saya tidak tahu kalau ternyata karya tulis saya dan teman-teman ikut dilombakan untuk tingkat provinsi. Saya baru tahu ketika wali kelas mengumumkan bahwa saya terpilih sebagai Juara III Lomba Menulis Tingkat Provinsi tentang Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH). Saya pun sempat tidak percaya karena karya tulis itu saya buat seadanya semampu saya dan waktu itu saya harus meminjam mesin ketik kepada teman kos. Memang karya tulis itu saya susun rapi mengikuti kaidah penulisan yang formal. Saya diuntungkan bisa meminjam banyak buku di perpustakaan sekolah, karena saya termasuk anggota Pustakawan Sekolah di SMA Negeri 1 Mataram. Dengan menjadi juara tingkat provinsi itulah, akhirnya saya bisa mentraktir bakso kepada teman sekelas saya. Dan dengan hadiah itu pula saya bisa melanjutkan kuliah , sebagai biaya awal,  ke tanah Jawa.   ...
    
     Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut adalah …
  1. Saya membeli tiket pesawat ke Jakarta.
  2. Akhirnya, saya bisa kuliah dengan uang sendiri.
  3. Orang tua saya tinggalkan demi mencapai cita-cita.
  4. Sejak saat itulah motivasi menulis saya bangkit kembali.
  5. Sudah seharusnya saya berterima kasih kepada guru dan orang tua.

29.     Bacalah paragraf sebab akibat yang rumpang berikut dengan saksama!

Antara  bekerja  dan  kesehatan  manusia  saling  berhubungan  bahkan  saling berpengaruh. Hal ini terbukti, misalnya dari kenyataan bahwa seseorang menjadi lebih sehat bila ia bekerja daripada tidak bekerja. Atau kenyataan yang lain sebaliknya, yaitu seseorang yang bekerja malah menjadi sakit karena kondisi pekerjaannya tidak sesuai dengan karakteristik orang itu. ..


Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf sebab akibat tersebut adalah …
A.  Oleh karena itu, dalam memilih pekerjaan harus sesuai dengan karakter dan kemampuan yang dimiliki.
B.  Hal itu akan terjadi bila bekerja tidak sesuai dengan imbalan atau upah yang diharapkan.
C.  Memang setiap orang berhak memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda-beda dalam memilih pekerjaan.
D.  Jadi,  pekerjaan  yang  tidak  sesuai  dengan  karakter  yang  dimiliki  akan menimbulkan berbagai dampak.
E.   Tentu saja setiap orang mengharapkan agar dengan bekerja itu agar bisa hidup sehat.


30.     Bacalah paragraf argumentatif berikut dengan saksama!

Meningkatkan taraf pendidikan para petani merupakan suatu hal yang sama pentingnya dengan usaha meningkatkan taraf hidup mereka. Petani yang berpendidikan cukup, dapat mengubah sistem peftanian tradisional, misalnya bercocok tanam yang semula hanya memenuhi kebutuhan pangan, menjadi petani modern yang produktif.
Petani yang berpendidikan cukup dapat memberikan umpan balik yang setimpal terhadap gagasan-gagasan yang dilontarkan perencana pembangunan
.   ...


Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf argumentatif tersebut adalah 
A.  Oleh karena itu, peningkatan taraf pendidikan petani di tingkat  daerah perlu diusahakan.
B.  Oleh karena itu, peningkatan taraf pendidikan petani tradisional sangat mendesak diusahakan.
C.   Itulah alasan peningkatan taraf pendidikan petani pada umumnya yang mendesak untuk diusahakan.
D.  Itulah gambaran tingkat pendidikan para petani di Indonesia yang sangat perlu ditingkatkan.
E.   Dengan demikian, para petani masih perlu meningkatkan diri dalam memperoleh pendidikan.



31.     Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!

(1)         Beragam persoalan datang silih berganti seakan tiada henti.
(2)     Sungguh memprihatinkan jika melihat kondisi masyarakat Indonesia akhir-akhir ini.
(3)     Mulai dari permasalahan ekonomi, seperti inflasi yang tinggi dan harga-harga bahan
pokok yang terus naik.
(4)     Angka pengangguran pun masih tinggi.
(5)     Hal tersebut membuat tingkat kemiskinan masih belum dapat dikurangi secara signifikan.


Urutan kalimat tersebut sehingga menjadi paragraf padu yang tepat adalah ….
A.  (1), (2), (3), (4), dan (5)
B.   (1), (3), (5), (2), dan (4)
C.    (2), (1), (3), (4), dan (5)
D.  (2), (3), (4), (5), dan (1)
E.   (2), (4), (5), (1), dan (3)

32.     Bacalah silogisme rumpang berikut dengan cermat!
PU: Setiap jurnalis harus mematuhi undang-undang dan kode etik jurnalis.
PK: Pak Apollo jurnalis.
K  : ...

Kalimat  yang tepat untuk melengkapi  kesimpulan silogisme tersebut adalah …
A. Karena Pak Apollo jurnalis  harus mematuhi undang-undang dan kode etik jurnalis.
B.  Jika ingin jadi jurnalis harus mematuhi undang-undang dan kode etik jurnalis.
C.  Pak Apollo  harus mematuhi undang-undang dan kode etik jurnalis sebab ia jurnalis.
D. Pak Apollo  harus mematuhi undang-undang dan kode etik jurnalis.
E.  Pak Apollo jurnalis yang harus mematuhi undang-undang dan kode etik jurnalis.

33.     Bacalah teks pidato rumpang berikut dengan saksama!

Yang kami harapkan, juga harapan masyarakat di sini agar kemenangan yang Saudara-saudara raih ini dapat dijadikan semangat untuk lebih meningkatkan gairah dalam usahanya untuk meraih prestasi olahraga. Demikianlah ungkapan kebahagiaan kami. Semoga Allah memberi pertolongan kepada kita sehingga tetap menduduki tempat yang paling atas sebagai juara pertama. ...

Kalimat imbauan yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah …
A.    Mari kita mencapai kemenangan ini dengan gemilang.
B.     Mari kita pertahankan kejuaraan masa-masa mendatang.
C.     Jangan lupa selalu waspada terhadap semua kejahatan.
D.    Kita harus selalu mengikuti kedisiplinan.
E.     Kita tidak boleh meremehkan lawan.
   
34.  Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Perusahaan tranportasi penerbangan swasta Indonesia kian maju pesat. Pemerintah dengan cepat menetapkan … terhadap transportasi penerbangan Indonesia. … itu dilakukan untuk mencapai keselamatan, keamanan, dan kenyamanan yang optimal. Bahkan juga harus ada perawatan untuk meningkatkan … pesawat.
    
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut adalah ....
A.    standardisasi, teknik, reliabilitas
B.     motivasi, metode, kondisional
C.     realisasi, strategis, aktivitas
D.    investasi, teknis, optimal
E.     mivasi, teknisi, reabilitas

35.  Cermati kalimat penutup surat lamaran kerja berikut dengan saksama!

Atas perhatiannya dan perkenannya, saya mengucapkan banyak terima kasih.


Perbaikan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah …
A.    Partikel-nya  pada  kata perhatiannya  dan perkenannya,   serta  kata  banyak
B.     dihilangkan.
C.     Hilangkan kata dan perkenannya dan banyak serta di awal kalimat ditambahkan  
Demikianlah.
D.    Kata  mengucapkan  diganti   dengan  menyampaikan  dan  kata perkenannya
dihilangkan.
E.     Ganti partikel-nya pada kata perhatiannya menjadi Bapak/Ibu atau Saudara, kata
perkenannya dan kata banyak dihilangkan.

36.  Bacalah iklan lowongan kerja berikut dengan saksama!

LOWONGAN KERJA
Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) PT Narmada Muda memerlukan karyawati bagian personalia.
Syarat : Berijasah S1 Ilmu Hukum menguasai computer memiliki kendaraan sendiri berumur minimal 23 tahun.
Lamaran dibuka 7 s.d, 14 Mei 2012
DIREKTUR PT NARMADA MUDA
Alamat : Jalan Selaparang No. 5 – 7 Jakarta
Kompas, 7 Mei 2012


     Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah ...

  • A.    Berhubungan dengan iklan Bapak dalam surat kabar Kompas, 7 Mei 2012 dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan pada bagian personalia.
  • B.     Berhubungan kantor Bapak memerlukan tenaga pada bagian personalia yang saya baca di Kompas, dengan ini saya mengajukan lamaran kerja.
  • C.     Sehubungan dengan iklan Bapak / Ibu dalam harian Kompas, 7 Mei 2012, dengan ini saya mengajukan lamaran untuk menjadi karyawati di bagian personalia.
  • D.    Berdasarkan iklan di harian Kompas, 7 Mei 2012, dengan ini saya mengajukan lamaran kerja untuk menjadi karyawati bagian personalia di perusahaan Bapak / Ibu .
  • E.     Saya membaca di harian kompas Jum’at 7 Mei 2012, dengan ini saya mengajukan lamaran kerja untuk menjadi karyawati di perusahaan Bapak / Ibu pada bagian personalia.


37.  Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Masalah yang dihadapi Dini ... susah untuk diselesaikan.  ... berusaha membantu menyelesaikan. Namun,  ... malah menjauhi ketika mengetahui Dini terlibat obat-obat terlarang.  Masalah utama pada awalnya adalah kurangnya kasih sayang. Kemudian, Dini terlibat bisnis online yang merugikan banyak orang.
     
      Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
  1. saling kait-mengait, para guru-guru, semua teman-temannya
  2. saling kait-mengait, para guru-guru,  teman-temannya
  3. saling mengkait satu sama lain,  guru-guru,  teman-temannya
  4. kait-mengait, para guru-guru, semua teman-temannya
  5. kait-mengait, guru-guru, teman-temannya

38.  Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Berbagai informasi dapat kita peroleh secara mudah. Bentuk informasi pun bermacam-macam, ada yang berupa gagasan baru, pendapat para ahli, pesan moral dan
sosial. Semuanya dengan mudah dapat ... . Kita harus dapat memilah-milah informasi tersebut sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan sampai kita ... semua informasi yang telah
didapat.

     
     Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.  di sebarluaskan, mencampur  adukkan
B.  disebar luaskan, mencampur adukkan
C.  disebarluasan, menyampuradukkan
D.  di sebarluaskan,  mencampuradukkan
E.   disebarluaskan, mencampuradukkan

39.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Budaya membaca dan menulis bagi warga Indonesia memang masih dikatakan ... Budaya menulis masih ...  lagi dari budaya membaca. Ini adalah tantangan berat bagi Indonesia jika ingin maju dan bergaul di kancah Internasional.

Frasa ajektiva  yang tepat melengkapi paragraf tersebut adalah …
A.     sangat rendah sekali, lebih kecil
B.      sangat rendah, lebih kecil
C.      amat sulit, paling kecil
D.     kurang sekali, kurang baik
E.     kurang baik, kurang lancar



40.     Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Tawuran sering terjadi di jalanan   ...   jauh dari sekolah. Tawuran   ...   sering kali terjadi di titik yang sama dan waktu yang sama. Aparat keamanan pun sering berjaga di titik tersebut,   ...   siswa yang hendak tawuran selalu bisa mencari cara ... tetap tawuran.

Kata penghubung yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam paragraf di atas adalah...
A.  meskipun, yang, namun, dengan
B.   dengan, juga, tetapi, bila
C.   dan, kalau, agar, untuk
D.  yang, juga, tetapi, untuk
E.   setelah, dan, kalau, agar

41.  Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Teater Koma sangat fenomenal.  Teater ini lahir dari rahim dua ibu yaitu
Nano Riantiarno yang berasal dari Teater Populer pimpinan Teguh Karya dan Ratna Majid yang berasal dari Teater Kecil pimpinan Arifin C. Noer.  Teater Koma menjadi
. . .  setiap selesai pementasan.  Sehingga pementasannya selalu ditunggu
masyarakat. Harga karcis yang mahal tidak menjadi masalah bagi para
penggemarnya.


Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … .
  1. ancung jempol
  2. bulan-bulanan
  3. buah bibir
  4. biang kerok
  5. panggung sandiwara

42.  Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Hera merasa kasihan pada Asna. Anak itu tak punya keluarga di tengah kondisi genting akibat bencana gemap. Apalagi rumah tempat ia bernaung hancur pula … Tak ada yang tersisa dari peninggalan orang tuanya. Semua hancur akibat gempa.


Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A.              Seperti api dalam sekam.
B.               Jatuh ke atas tilam.
C.               Jauh panggang dari api.
D.              Tak usah itik diajar berenang.
E.               Sudah jatuh tertimpa tangga.




43.  Bacalah judul karangan berikut dengan saksama!
menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri

Penulisan judul karangan tersebut berdasarkan EYD yang tepat adalah …
A.    Menggali Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
B.     Menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
C.     Menggali Potensi Diri untuk meningkatkan Kepercayaan Diri
D.    Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
E.     Menggali Potensi diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri

Topik berikut untuk menjawab soal nomor 44 dan 45. Bacalah dengan saksama!

Kirab budaya sebagai terapi mental untuk memulihkan kepercayaan masyarakat Yogyakarta

44.     Latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah …
A.    Sampai saat ini masyarakat Yogyakarta yang terkena bencana alam masih trauma sehingga perlu kirab budaya untuk menerapi mental mereka.
B.     Kirab budaya adalah pawai dengan memberi persembahan ke Gunung Merapi dan Laut Selatan agar terhindar dari bencana yang lebih besar dan lebih mengerikan.
C.     Masyarakat Yogyakarta ingin memulihkan kepercayaan pemerintah kepada mereka dengan mengadakan kirab budaya sehingga wisatawan datang kembali.
D.    Kirab budaya merupakan acara yang dipercaya masyarakat Yogyakarta dapat pembebaskan mereka dari bencana Gunung Merapi, gempa bumi, atau tsunami di Indonesia.
E.     Aktivitas Gunung Merapi dan terjadinya gempa bumi akhir-akhir ini telah mengganggu masyarakat Yogyakarta sehingga pemerintah perlu mengadakan kirab budaya untuk memohon keselamatan.

45.     Rumusan masalah yang sesuai dengan topik karya ilmiah tersebut adalah …
A.      Bagaimana cara memulihkan kepercayaan masyarakat Yogyakarta?
B.       Apakah Kirab budaya akan memulihkan kepercayaan masyarakat Yogyakarta
C.       Mengapa kirab budaya  dapat dikatakan sebagai terapi mental masyarakat?
D.      Apakah kirab budaya dapat menterapi kepercayaan masyarakat?
E.       Mengapa masyarakat Yogyakarta perlu memulihkan kepercayaannya?

46.     Bacalah puisi rumpang berikut dengan saksama!

Biarkan Candi Ini Tetap Berdiri
Biarkan mendung itu memayung
Hutan menyelimuti gunung
….
Menyerusuki rongga hati

Biarkan candi itu tetap berdiri
Terjaga dari kikisan arus waktu
Sebab sesekali anak cucu kita
Ingin tahu karya cipta nenek moyangnya


Larik bermajas yang tepat untuk mengisi puisi tersebut adalah …
A.  Sementara desah angin tak kunjung henti
B.   Hijau segar memayungi laut
C.   Udara segar menyegarkan kita
D.  Matahari menyinarinya dengan lembut
E.   Bak sabuk hijau menghiasi putri 

47.     Bacalah penjelasan novel berikut dengan saksama!
Kisah yang diuraikan dalam buku karya Agatha Christie ini menggunakan alur maju dengan beberapa kali flashback ini cukup mengasyikkan untuk dibaca. Di dalamnya, banyak hal-hal tak terduga yang terjadi, antara lain mengenai karakter tokoh yang sulit ditebak, dan juga pelaku pembunuhan yang misterius. Setiap babak selalu memunculkan hal-hal yang baru, sehingga dapat membangun suasana yang berbeda-beda. Cerita ini menggunakan bahasa percakapan sehari-hari yang dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca. Istilah-istilah khusus hanya dipakai sesekali dalam cerita. Hanya saja, kadang tokoh cerita menyampaikan sesuatu dengan kalimat yang panjang, seperti pada dialog antara Miss Marple dan Tuan Rafiel, sehingga membosankan pembaca.

Kalimat resensi yang mengungkapkan kelemahan sesuai dengan penjelasan tersebut adalah …
A.    Kisah yang diuraikan Agatha Christie menggunakan alu maju dengan beberapa kali flash back.
B.     Karakter tokoh yang digambarkan sulit ditebak, dengan pelaku pembunuhan misterius.
C.     Setiap babak dapat membangun  suasana yang berbeda-beda.
D.    Bahasa yang digunakan dalam cerita mudah dimengerti oleh pembaca.
E.     Terkadang tokoh cerita menyampaikan kalimat panjang, sehingga membosankan pembaca.

48.     Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama!

“Selintas kubaca nama yang terselip. Tiba-tiba aku merasa seperti berada di suatu tempat yang luas dan lengang. Kakiku ringan, tak merasakan sesuatu pun. Perlahan tubuhku menerima tikaman pedih, tak kuketahui dari mana datangnya”

      
       Kalimat esai yang sesuai dengan kutipan  tersebut adalah …
A.  Sebuah misteri mulai diajukan pengarang, mengapa nama tersebut begitu hebat menikam perasaannya.
B.  Di sini tamapak kekuranglancaran pengarang dalam mengungkapkan idenya dalam cerita.
C.  Pengarang tampak berusaha membuat teka-teki kepada pembaca agar pembaca penasaran.
D.  Pengarang menggambarkan tokoh-tokoh yang  kurang kuat pendirian dan lemah secara fisik.
E.   Tokoh “aku” digambarkan sebagai tokoh yang berwatak , tetapi lemah dalam mengatasi masalah. 


49.  Bacalah puisi berikut dengan saksama!

Merangkai Kesetiaan
Aku tak’kan pernah terpejam
Merangkai kesetiaan
Yang terukir abadi
Di titik terdalam nurani
Datang desir Timurmu
‘Tuk bersanding
Di anjangsana hariku

Tri Zuliatmanto

Kalimat kritik yang sesuai dengan puisi tersebut asalah …
A.  Penulis memiliki kemmapuan menyusun larik yang sangat puitis. Ia juga teliti dan    
cermat dalam memiliki diksi.
B.   Penulis mengungkapan kesetiaan yang sedemikian dalam dengan larik-larik puisi yang
    berima sama.
C.   Penulis berbicara tentang sesuatu yang lazim dialami orang yang setia, tetapi ragu
apakah kesetiaan itu akan abadi.
D.  Penulis berharap mengekalkan hubungannya dengan sang kekasih, tetapi kekasih tidak setia.
E.   Penulis memiliki kemampuan menyusun puisi yang bagus karena menggunakan
pencitraan penciuman. 

50.     Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama!

Hakim    :  “Silakan duduk!”
Tamu I   :  “Tidak usah repot-repot”
Pelayan  :  “Wah, takut kalau jasnya lecet”
Tamu I   :  “Ini sesuai dengan misiku yang bersifat resmi dan serius. Atas nama seratus ribu orang pembaca Sinar Senja ….”
Hakim    ;  “Sudah tentu, memang kewajibanku”


Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut adalah …
A.  Jangan acuhkan saya, Pak (wajah Tamu I tampak serius)
B.   Dengarkan saya (wajah Tamu I tampak serius)
C.   Saya akan memaksa Bapak (Wajah Tamu I garang)
D.  Biarkan saya mengerjakannya, Pak (wajah Tamu 1 memelas)
E.   Kasihanilah saya, Pak (wajah Tamu I tampak marah)   
 
BAHAN PERSIAPAN UN SMA 2013
Soal Try Out UN SMA/MA  Program  IPS  Terbaru Tahun 2013  Paket 2:

Soal Try Out UN SMA/MA  Program  BAHASA  Terbaru Tahun 2013  Paket 2:
Soal Try Out UN SMA/MA  Program  IPS  Terbaru Tahun 2013 Paket 1 :
Soal Try Out UN SMA/MA  Program IPA Terbaru Tahun 2013 Paket 1 :

Soal Try Out UN SMA/MA  Program  Bahasa Terbaru Tahun 2013 Paket 1:

SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPS
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPA
Aprudin, S.Pd.I
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar