Berikut ini adalah kisi-kisi Soal Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI) UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional) Madrasah
Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah
(MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Semua mata pelajaran yang di UAMBN-kan telah
diterbitkan oleh Dirjen pendis Kisi-kisi soalnya melalui Keputusan Dirjen pendis No. 21 tahun 2013.
Untuk
mendowload Keputusan
Dirjen pendis No. 21 tahun 2013 Tentang Ketentuan Pelaksanaan UAMBN Pendidikan
Agama Islam Dan Bahasa Arab Tingkat MI, MTsN, Dan MA Tahun 2013 dapat di
dowload melalui Link dibawah ini :
Sedangkan untuk Kisi-kisi soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MI/Mts dan MA sebagai berikut:
A. KISI-KISI SKI UAMBN MADRASAH
IBTIDAIYAH
No
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Indikator
|
1
|
Mengenal, mengidentifikasi,
meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Arab pra- Islam.
|
·
Menentukan
kebiasaan masyarakat Arab pra Islam.
·
Menentukan
kepercayaan masyarakat Arab pra Islam.
|
2
|
Mengenal, mengidentifikasi,
meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Rasulullah SAW
|
·
Menentukan
kejadian luar biasa yang mengiringi kelahiran Nabi Muhammad SAW.
·
Menentukan gelar Nabi Muhammad SAW pada peristiwa peletakan
hajar Aswad.
·
Menentukan usia
Nabi Muhammad SAW ketika menikah.
·
Menentukan masa
Nabi Muhammad SAW menerima wahyu.
·
Menentukan
salah satu sebutan bagi para sahabat Nabi Muhammad SAW
·
Menyebutkan
golongan perempuan yang pertama kali masuk Islam.
·
Menyebutkan
tempat yang digunakan Nabi Muhammad SAW untuk melakukan dakwah secara
sembunyi-sembunyi.
·
Menentukan dasar perintah berda’wah.
·
Menyebutkan
nama paman Nabi Muhammad SAW yang menentang da’wah Nabi Muhammad SAW.
·
Mengidentifikasi
sifat yang wajib dimiliki oleh para Nabi dan Rasul,
·
Menentukan
pengertian Isra’ atau Mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.
·
Menyebutkan
hikmah peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
·
Menyebutkansahabat
yang mengikuti hijrah Nabi Muhammad SAW ke Habsy.
·
Menyebutkan
hikmah peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah.
·
Menyebutkan
nama sahabat yang menemani Nabi Muhammad SAW ketika hijrah ke Madinah
·
Menyebutkan
nama tempat persembunyian Nabi Muhammad SAW dari kejaran kaum kafir quraisy.
·
Menyebutkan
upaya pertama yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ketika sampai di Madinah.
·
Menyebutkan
cara Nabi Muhammad SAW dalam membina kerukunan masyarakat Madinah.
·
Menentukan
peraturan yang berisi tentang prinsip-prinsip persamaan, persaudaraan, dan
perdamaian di Madinah.
·
Menentukan
keadaan sosial kota Madinah sebelum Islam.
·
Menentukan
fungsi lembaga/bangunan yang dibentuk oleh Nabi Muhammad SAW di Madinah
·
Menjelaskan
terjadinya perang yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.
·
Menjelaskan peristiwa Fathu Makkah
·
Menentukan
sahabat Nabi Muhammad SAW yang gugur pada peristiwa fathu Makkah.
·
Menentukan
wahyu yang turun saat akhir kenabian Nabi Muhammad SAW.
·
Menentukan
waktu wafatnya Nabi Muhammad SAW.
|
3
|
Mengenal, mengidentifikasi,
meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah khulafaurrasyidin
|
|
4
|
Mengenal, mengidentifikasi,
meneladani, dan mengambil ibrah dari perjuangan tokoh-tokoh agama
Islam di daerah masing-masing.
|
|
B. Kisi-Kisi SKI UAMBN Madrasah
Tsanawiyah (MTs)
No
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Indikator
|
1
|
Memahami sejarah kebudayaan
Islam.
|
·
Menjelaskan
pengertian sejarah kebudayaan Islam
·
Mengidentifikasi
bentuk/wujud kebudayaan Islam
|
2
|
Memahami Sejarah Nabi
Muhammad SAW Periode Mekah.
|
·
Menjelaskan
kondisi masyarakat Arab Pra Islam.
·
Menjelaskan
misi dakwah nabi Muhammad SAW Periode Mekah.
|
3
|
Memahami sejarah Nabi
Muhammad SAW Periode Madinah.
|
·
Mendeskripsikan
misi dakwah nabi Muhammad SAW Periode Madinah.
|
4
|
Memahami sejarah perkembangan
Islam Pada Masa Khulafaurasyidin.
|
·
Mengidentifikasi
berbagai prestasi yang dicapaioleh Khulafaurrasyidin.
|
5
|
Memahami Perkembangan Islam
Pada Masa Bani Umayyah.
|
·
Menceritakan
sejarah berdirinya Dinasti Umayyah.
·
Mengidentifikasi
nama-nama lembaga pemerintahan padamasa
DinastiUmayyah.
·
Mengidentifikasi
tokoh ilmuwan muslim pada masa Dinasti Umayyah.
·
Mengidentifikasi
khalifah yang mengantarkan
·
DinastiUmayyah mencapa
imasa kejayaan.
·
|
6
|
Memahami perkembangan Islam
pada masa Dinasti Abasiyah
|
·
Menceritakan
proses berdirinya Dinasti Abasiyah.
·
Mengidentifikasi
tokoh-tokoh pendiri Dinasti Abasiyah.
·
Mendeskripsikan
berbagai kemajuan-kemajuan kebudayaanIslam pada masa Dinasti Abasiyah
·
Mengidentifikasitokoh
ilmuwan muslim bidang filsafat padamasaDinasti Abbasiyah.
·
Mengidentifikasitokoh-tokoh
ilmukedokteran padamasa Dinasti Abasiyah.
·
Mengidentifikasitokoh
ilmufiqihpada masaDinastiAbasiyah
·
Mengidentifikasi
tokoh ilmu tafsir pada masa Dinasti Abasiyah.
|
7
|
Memahami perkembangan Islam
Pada Masa Dinasti Ayyubiyah.
|
·
Menceritakan
biografi singkat pendiri Dinasti Ayyubiyah.
·
Menjelaskan
sejarah berdirinya Dinasti al- al-Ayyubiyah
·
Mengidentifikasi
prestasi Salahudinal-Ayyubi bagi perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti
Ayyubiyah
·
Menyebutkan
salah satu usaha yang telah dilakukan oleh Salahudin al-Ayyubi pada masa
Dinasti Al Ayyubiyah
·
Menyebutkan
salah satu tokoh ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan Islam pada masa Dinasti
Ayyubiyah
|
8
|
Memahami dan mengambil ibrah
dari perkembangan kebudayaan Islam pada Masa Dinasti Ayyubiyah untuk Masa
Kini dan yang akan datang.
|
·
Menjelaskan
keterkaitan cara Shalahuddin al-Ayyubi dalam membentengi umat Islam dari
Kristenisasi.
·
Menjelaskanibrah
dari perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah.
·
|
10
|
Memahami Perkembangan Islam
di Indonesia
|
·
Menyebutkan
bukti-bukti yang mendukung teori masuknya Islam ke Indonesia.
·
Menyebutkan
cara-cara masuknya Islamke Indonesia.
·
Menyebutkan
penyebab berkembangnya Islam di Indonesia.
|
11
|
Memahami Tokoh-tokoh terkenal
dalam menyebarkan Islam di
Indonesia
|
·
Menjelaskanperan
tokoh Abdul Rauf Singkel
·
Menyebutkantokoh-tokohWalisongo
·
Menyebutkan
karya yang terkenal dari tokoh-tokoh yang menyebarkan Islam di Indonesia.
·
Meneladani perilaku
yang baik dari tokoh Abdul Rauf Singkel.
·
Meneladani dan
mengikuti sifatparaWalisongo.
·
Meneladani
sikap dari tokoh Muhammad Arsyad al- Banjari.
|
12
|
Memahami tradisi dan adat di
Indonesia.
|
·
Menjelaskan pengertian
tradisi Nusantara
·
Menyebutkan
contoh-contoh keseniandan adat Nusantara
·
|
13
|
Memahami bentuk dan apresiasi
antara Tradisi dan upacara Adat di Nusantara.
|
·
Menjelaskan
seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisiIslam
·
Menunjukkan
contoh seni budaya lokal sebagai bagiandaritradisiIslam
·
Menunjukkan bentuk
apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuanNusantara
·
Menjelaskan keterkaitan
budaya lokaldengan tradisiIslamdi Indonesia
·
Menunjukkan contoh
kesesuaian antara tradisi dan adat yang bercorak Islam.
·
Menyebutkan
contoh tadisi Islam yang berkembang di Indonesia.
·
Menyebutkan
salah satu contoh tradisi Islam di Indonesia.
|
C. Kisi-Kisi SKI UAMBN MA (MA Program IPA/IPS/BAHASA)
No
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Indikator
|
1
|
Memahami dan mengambil ibrah
sejarah dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan Madinah, masalah
kepemimpinan umat
setelah Rasulullah SAW wafat
|
·
Menentukan sejarah
dakwah RasullulahSAW pada periode Mekah
·
Menentukan usaha-usaha
Rasullulah SAW dalam mengembangkan dakwah pada periode Mekah
·
Menentukan
orang-orang yang pertama kali masuk Islam
·
Menentukan
kerabat Nabi SAW yang melindungi dakwahnya
·
Menyebutkan
tantangan dan hambatan yang dihadapi Rasullulah dalam berdakwah pada periode
Mekah
·
Menentukansejarah
hijrahnya Rasullulah SAW ke Madinah
·
Menentukan
strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah
·
Menentukan
peperangan yang dialami Rasulullah SAW di Madinah
|
2
|
Memahami dan mengambil ibrah
masalah kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat
|
·
Menentukan
proses pemilihan kepemimpinan pasca Rasulullah SAW
·
Menentukan
usaha-usaha Khulafaurrasydin dalam dakwah
·
Menentukan
sistem pemerintahan Khulafaurrasyidin
·
Menentukan
peperangan pada masa Khulafaurrasyidin
|
3
|
Memahami dan mengambil ibrah
perkembangan Islam pada periode klasik
|
·
Menentukan
sistem pemerintahan Bani Umayah
·
Menentukan sejarah berdirinya Bani Umayah
·
Menentukan
departemen-departemen yang dibentuk pada masa Bani Umayah
·
Mennenkan perkembangan
ilmu-ilmu Agama pada masa Bani Umayah
·
Menentukan
gelar/ sebutan para Kholifah Daulah Abbasiyah
·
Menentukan
Khalifah-Khalifah yang berjasa pada masa Bani Umayah
·
Menentukan
hasil karya Ulama'-ulama' muslim pada masa Daulah Abbasiyah
·
Menentukan
peninggalan-peninggalan Daulah Abbasiyah
·
Menentukan
kemunduran Daulah Abbasiyah
·
Menentukan
ibrah/ teladan dari para ulama'
·
Menentuakan
sebab-sebab kemunduran Islam pada masa bani Abbasiyah
·
Menentukan
keteladanan/ ibrah dari para tokoh pada masa Daulah Abbasiyah
|
4
|
Memahami dan mengambil ibrah
Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan /zaman kemunduran (1250
M – 1800 M)
|
·
Menentuakan
sejarah perkembangan Islam pada masa pertengahan
·
Menentukan
tokoh-tokoh pembaharu Mesir pada masa kebangkitan
·
Menentukan
usaha-usaha para tokoh pembaharu muslim
·
Menentukan dua
faktor munculnya pembaharuan Islam
·
Imperialisme
Barat terhadap dunia Islam
·
Menentukan
wilayah Islam yang runtuh akibat penjajahan Barat
·
Menentukan
usaha Barat dalam menjajah dunia Islam
|
5
|
Memahami dan mengambil ibrah
Perkembangan Islam di dunia dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam di Indonesia
|
·
Menentukan
cara-cara masuknya Islam di Indonesia
·
Menentukan
Kerajaan-kerajaan Islam awal di Sumatera
·
Menentukan
walisongo yang berdakwah dengan kesenian
·
Menentukan
nama/ gelar para Walisongo
·
Menentukan
hasil karya Walisongo
·
Menentukan
munculnya Organisasi Islam Awal di Indonesia
·
Menentukan
Lembaga-lembaga Islam Modern
|
6
|
Memahami dan mengambil ibrah
Perkembangan Islam di dunia dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam di dunia
|
·
Menentukan
perkembangan Islam di Eropa
·
Menentukan
perkembangan Islam di Asia Tenggara
·
Menentukan
ibrah dari perkembangan Islam di dunia
|
Untuk mendapat Kisi-Kisi
Soal Al-Qur’an-Hadis,
Kisi-kisi Soal Aqidah Akhlak, Kisi-kisi Soal Bahasa Arab, Kisi-kisi soal Fiqih,
Kisi-kisi Soal Sejarah Kebudayaan Islam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN)
MI, MTs dan MA Tahun Pelajaran 2012/2013 secara lengkap dapat di
download dengan cara MENGKLIK LINK DIBAWAH INI:
Untuk siswa
Sekolah dasar dapat juga mendowload kisi-kisi USBN Pendidikan Agama Islam
Melalui Link Dibawah INI :
Baca Juga Artikel Pendidikan
Lainnya :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar