"SELAMAT DATANG DI BLOG 007INDIEN SEMOGA MENDAPATKAN SESUATU YANG BERMANFAAT DI BLOG INI"

Sabtu, 09 Februari 2013

Try Out Bahasa Indonesia SD/MI Tahun 2013 Paket 2

 
Pilihlah jawaban yang benar !
Bacaan berikut untuk soal nomor 1-4 !
Mengharumkan Sekolah
        Setiap hari Jum’at sekolah kami mengadakan kegiatan Jum’at Bersih. Untuk memperlancar kegiatan tersebut, para siswa diwajibkan membawa alat-alat kebersihan, seperti sapu dan kemoceng. Kegiatan Jum’at Bersih pada minggu ini tidak hanya sekedar membersihkan lingkungan sekolah, tetapi juga mengadakan gerakan mengharumkan sekolah.
      Kegiatan mengharumkan sekolah dilakukan agar para guru dan siswa lebih kerasan dan kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan lancar. Oleh karena itu, baik para guru maupun siswa harus bertanggung jawab atas kebersihan dan keharuman sekolah.
       Gerakan mengharumkan sekolah dimulai dengan mengharumkan ruang kelas. Ini menjadi tanggung jawab para penghuni kelas. Setelah kelas disapu dan dipel, meja kursi ditata. Selanjutnya, kelas dan ruang diberi pengharum ruangan. Selain itu, kamar kecil juga diharumkan.
1.   Siapa yang bertanggung jawab mengharumkan ruang kelas ?
  • a.  Seluruh warga sekolah
  • b.  Siswa kelas VI
  • c.  Para penghuni kelas
  • d.  Bapak dan ibu guru
2.   Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf ke-1 adalah. …
  • a.  Apa yang diadakan sekolah setiap hari jum’at ?
  • b.  Di mana pertama kali penghuni kelas melakukan kegiatan mengharumkan sekolah ?
  • c.  Apa tujuan dilakukan kegiatan mengharumkan sekolah ?
  • d.  Siapa yang bertanggungjawab atas kebersihan dan keharuman sekolah ?
3.   Ide pokok paragraf kedua bacaan tersebut adalah. …
  • a.  Kegiatan Jum’at Bersih
  • b.  Kegiatan belajar di sekolah
  • c.  Tujuan kegiatan mengharumkan sekolah
  • d.  Memulai gerakan mengharumkan sekolah
4.   Kalimat berikut yang sesuai dengan paragraf ke-3 adalah. …
  • a.  Setiap hari Jum’at siswa-siswa diwajibkan membawa alat kebersihan
  • b.  Guru dan siswa harus bertanggungjawab terhadap kebersihan sekolah
  • c.  Gerakan mengharumkan sekolah dimulai dari ruang kelas
  • d.  Gerakan mengharumkan ruang kelas menjadi tanggung jawab seluruh warga kelas
5.   Perhatikan gambar di bawah ini !









Adik Rama yang berusia 2 tahun menderita alergi. Jadi, dosis obat yang tepat untuk adik Rama adalah. …
  • a.  setiap 4-6 jam 1 sendok takar, dalam sehari tidak lebih dari 6 sendok takar
  • b.  setiap 6-7 jam minum 1 sendok takar, dalam sehari tidak lebih dari 4 sendok takar
  • c.  setiap 4-6 jam minum ½ sendok takar, dalam sehari tidak lebih dari 3 sendok takar
  • d.  setiap 4-6 jam minum ¼ sendok takar, dalam sehari tidak lebih dari 1 ½ sendok takar

6.   Petunjuk penggunaan telepon :
  • 1). Tekan nomor yang dituju
  • 2).  Dekatkan gagang telepon ke telinga
  • 3). Dengarkan nada tunggu
  • 4). Angkat gagang telepon
Urutan yang benar sesuai petunjuk penggunaan telepon tersebut adalah. …
  • a.  1) – 2) – 3) – 4)
  • b.  2) – 3) – 4) – 1)
  • c.  3) – 4) – 2) – 1)
  • d.  4) – 2) – 1) – 3)

7.    1) Apa kabar, Bo ? 2) Bo, profilkan Kak Ne Yo. Dong! 3) Itu, lo yang  nyanyiin “Miss Independent”. 4) Bo, sebaiknya Bobo memberi bonus minibook keluarga Bobo untuk para pelanggan majalah Bobo.
Kalimat saran yang tepat dalam rubrik surat pembaca tersebut adalah. …
  • a.  1)
  • b.  2)
  • c.  3)
  • d.  4)

8.    Pengumuman
      Dalam rangka menyukseskan program penghijauan, sekolah akan mengadakan penanaman pohon buah-buahan di kebun sekolah. Murid-murid diminta membawa satu bibit pohon buah ke sekolah.
Isi pengumuman tersebut adalah. …
  • a.  Informasi tentang kebersihan sekolah
  • b.  Pengadaan program penghijauan
  • c.  Penanaman pohon buah-buahan di sekolah
  • d.  Informasi untuk murid agar membawa satu pohon buah ke sekolah
 Teks drama untuk soal nonor 9 – 11 !
Edo      : Mau pergi ke mana, Yuk, sore-sore begini?
Ayuk   : Oh, aku mau pergi ke rumah Tante Ita, tapi malah hujan.
Edo      : Akhir-akhir ini hujan sering turun, Ya !
Budi     : Ya, banjir pun terjadi di sana sini hingga merusak lingkungan.
Ayuk   : Apa hubungannya, Bud, banjir dan orang yang tidak peduli lingkungan?
Budi     : Ya, penyebab banjir tidak lain karena ulah manusia yang tidak peduli lingkungan. Manusia sering melakukan penebangan pohon di hutan. Pemerintah harusnya menindak tegas oknum yang merusak alam ini.
Ayuk   : Jangan begitulah, mungkin mereka melakukan itu karena kebutuhan ekonomi. Kasihan mereka yang memang membutukan.
9.   Tokoh utama dalam drama di atas adalah. …
  • a.  Budi dan Ayuk
  • b.  Edo dan Ayuk
  • c.  Edo dan Budi
  • d.  Edo, Budi, dan Ayuk
10.  Latar waktu yang sesuai dengan drama tersebut adalah. …
  • a.  menjelang malam
  • b. sore hari
  • c.  siang hari
  • d.  pagi hari
11.  Amanat yang tepat dari penggalan teks drama tersebut adalah. …
  • a.  Banjir disebabkan oleh hujan yang turun tiada henti
  • b.  Lingkungan rusak disebabkan oleh ulah manusia
  • c.  Hujan menyebabkan banjir sehingga merusak lingkungan
  • d.  Semua orang harus peduli lingkungan.

12.  Becak dan dokar dilarang beroperasi di jalur cepat karena akan menimbulkan kemacetan. Becak dan dokar hanya bisa beroperasi di jalur lambat. Jalur cepat hanya bisa dilewati oleh kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil.
Kalimat utama penggalan wacana di atas adalah. …
  • a.  Becak dan dokar dilarang beroperasi di jalur cepat karena akan menimbulkan kemacetan
  • b.  Masalah kemacetan lalu-lintas di kota-kota besar
  • c.  Sering terjadi kecelakaan di jalur cepat
  • d.  Kendaraan bermotor tidak boleh melewati jalur lambat karena akan menyebabkan kemacetan dan kecelakaan

13.    Dira         :”Dina, kemarin kamu jadi menonton wayang di lapangan, ya?”
Dina        :”Jadi. Wayangnya bagus sekali, Dir. Kamu nggak nonton, sih.”
Dira        :”Iya, kemarin aku diajak ibu ke rumah Defi. Kamu suka banget, ya, nonton wayang?”
Dina        :”Menonton wayang bisa menambah pengetahuan, Dir. Selain itu, kita juga bisa ikut serta melestarikan kebudayaan Indonesia.”
Simpulan isi percakapan di atas adalah. …
  • a.  Dira tidak ikut menonton wayang karena diajak ibu ke rumah Defi
  • b.  Dina sangat suka menonton wayang
  • c.  Menonton wayang dapat menambah pengetahuan dan melestarikan kebudayaan Indonesia
  • d.  Melestarikan kebudayaan Indonesia
Paragraf berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 14-16 !
        Tanah yang gersang, udara yang panas. Itulah ciri khas Bojonegoro. Tidak semua tanaman cocok di daerah semacam itu. Namun, tanaman tembakau justru sangat menyukainya. Di tanah kering dan udara panas menyengat, tanaman tembakau justru tumbuh subur.
14.  Makna kalimat yang dicetak miring dalam paragraf tersebut adalah. …
  • a.  Tidak semua tanaman dapat hidup seperti tembakau
  • b.  Keadaan tanah di Bojonegoro berbeda dengan tanah di daerah lainya
  • c.  Tanah kering dan udara panas menjadi ciri khas daerah Bojonegoro
  • d.  Tidak semua tanaman cocok di daerah gersang dan panas
15.  Tanah yang gersang , udara panas.
Arti kata gersang pada paragraf tersebut adalah. …
  • a.  gembur
  • b.  hitam
  • c.  kering
  • d.  keras
16.  Antonim kata panas dalam paragraf tersebut adalah. …
  • a.  segar
  • b.  dingin
  • c.  basah
  • d.  lembab

17.   Suatu hari Rita datang ke rumah Denita. Saat itu Riri juga ada di rumah Denita. Rita berniat menanyakan tugas Matematika kepada Denita. Akan tetapi, Riri mengatakan bahwa tugas Matematika itu sangat mudah. Riri menyayangkan Rita tidak dapat mengerjakan soal Matematika itu. Kemarin, Rita meminta Riri untuk membantu mengerjakan tugas Matematika itu. Riri pun segera membaca buku milki Rita. Setelah membaca buku Rita, raut muka Riri berubah. Kemudian, Riri mengatakan bahwa dirinya tidak bisa mengerjakan soal itu. Riri menyerahkan tugas Matematika itu kepada Denita. Riri memang anak yang banyak bicara, tetapi tidak tahu apa-apa.
Peribahasa yang tepat untuk menggambarkan Riri adalah. …
  • a.  Seperti air di atas daun talas
  • b.  Tong kosong berbunnyi nyaring
  • c.  Besar pasak daripada tiang
  • d.  Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya

18.  Setiap hari Radit terlambat datang ke sekolah. Ia tidak suka memakai seragam dengan rapi. Berulang-ulang Radit mendapat peringatan. Radit pun sering mendapat bimbingan dari guru konseling. Akan tetapi, Radit belum bisa mengubah kebiasaan buruknya. Hingga suatu hari orang tua Radit dipanggil ke sekolah. Setelah mengetahui perbuatan Radit, emosi orang tua Radit naik. Akan tetapi, guru kelas Radit dapat meredam emosi orang tua Radit.
Ungkapan yang tepat berdasarkan hal yang dialami orang tua Radit adalah. …
  • a.  naik pangkat
  • b.  naik darah
  • c.  naik daun
  • d.  naik haji

19.   Perhatikan pantun berikut !
Dayung didayung perahu ke tepi
Agar cepat sampai ke sana
Kalau kamu tidak menepati janji,
Temanu takan pernah percaya
Pesan yang terkandung dalam pantun di atas adalah. …
  • a.  Jangan melakukan kebohongan kepada teman
  • b.  Sahabat adalah orang yang harus kita beri kepercayaan
  • c.  Tepatilah janjimu agar semua teman percaya kepadamu
  • d.  Jangan melupakan janji karena dapat merenggangkan persaudaraan

20.  Bacalah kedua teks bacaan berikut !
Bacaan 1
     Di halaman rumah Pak Hamdani ada pertunjukkan komedi kera. Penonton komedi kera sangat banyak. Sebagian besar penonton adalah anak-anak. Ada pula ibu-ibu yang mengantar anaknya menonton komedi kera. Gerakan kera sangat lincah dan lucu. Semua penonton tertawa menyaksikan aksi si kera. Mereka terhibur dengan tontonan tradisional itu.
Bacaan 2
       Beberapa waktu yang lalu Desa Kemuning mengadakan pertunjukkan wayang. Pertunjukkan wayang kali ini berbeda dengan pertunjukkan wayang biasanya. Pertunjukkan wayang kali ini dimainkan oleh seorang dalang cilik. Masyarakat Desa Kemuning tertarik untuk menonton kepiawian sang dalang cilik memainkan wayang. Sydah lama masyarakat Desa Kemuning tidak menonton pertunjukkan kesenian tradisional yang dapat menghibur mereka.
Persamaan dari kedua teks bacaan di atas adalah. …
  • a.  Perkembangan kesenian tradisional pada zaman modern
  • b.  Ketertinggalan kesenian tradisional pada zaman modern
  • c.  Pertunjukkan kesenian tradisional dapat menghibur
  • d.  Pertunjukkan kesenian tradisional menarik perhatian penonton
Jadwal perjalanan kereta api rel listrik berikut untuk soal nomor 21 dan 22!

 21.  Pernyataan yang sesuai dengan jadwal kereta api listrik adalah. …
  • a.  Kereta listrik No. R407  termasuk kereta kelas ekonomi
  • b.  Kereta listrik No. 804 dengan stasiun keberangkatan Bogor termasuk kelas bisnis
  • c.  Salah satu kereta listrik dengan kelas commuter line adalah kereta dengan nomor 405
  • d.  Salah satu kereta listrik dengan kelas ekonomi adalah kereta dengan nomor 405
22.  Kereta api listrik jurusan yang memiliki waktu datang lebih awal dari kereta rel listrik yang lain adalah kereta dengan nomor. …
  • a.  R407
  • b.  803
  • c.  804
  • d.  405

23.  Pahami puisi berikut !
Pasar Loak
Pasar loak dekat rumahku
Selalu banyak pengunjungnya
Di pasar itu
Orang menjual berbagai barang bekas
Pasar loak
Ternyata kau sangat berguna
Bagi mereka
Yang tidak punya uang
Isi puisi di atas adalah. ….
  • a.  Suasana pasar loak di dekat rumahku
  • b.  Peristiwa jual beli yang terjadi di pasar loak
  • c.  Pasar loak sangat berguna bagi yang tidak punya uang
  • d.  Pasar loak memudahkan masyarakat membeli aneka kebutuhan
24.   Di Desa Kepuh Harjo, seorang perajin bambu memanfaatkan bambu untuk membuat gedhek. Selain untuk membuat gedhek, bambu juga dimanfaatkan untuk membuat berbagai perabot rumah tangga. Seperti yang kita ketahui ada bermacam-macam perabot rumah tangga, seperti keranjang, tempat tisu, tempat buah, dan jambangan. Jadi, bambu memiliki berbagai manfaat yang berguna dalam kehidupan kita.
Simpulan yang tepat berdasarkan isi bacaan tersebut adalah. …
  • a.  Desa Kepuh Harjo merupakan desa penghasil bambu berkualitas baik
  • b.  Warga Desa Kepuh Harjo memiliki keterampilan membuat gedhek
  • c.  Bambu memiliki berbagai manfaat yang berguna dalam kehidupan kita
  • d.  Bambu dapat dibuat beraneka macam perabot rumah tangga
25.      Laporan Hasil Pengamatan
Tempat kegiatan          : SD Mekar Makmur
Hari, tanggal               : Sabtu, 29 Januari 2013
Waktu                          : 08.00-11.00
Pengamat                     : Rahmat
Hasil pengamatan        :
Pada hari Sabtu, 26 januari 2013, SD mekar makmur mengadakan lomba. Lomba diadakan mulai pukul 08.00 – 11.00. peserta lomba adalah siswa kelas satu sampai kelas enam. Semua kelas membersihkan kelas. Kemudian, mereka menata kelas dengan rapi.
Isi laporan di atas adalah. …
  • a.  lomba kebersihan kelas
  • b.  lomba melukis kelas
  • c.  lomba penataan kelas
  • d.  lomba mengarang di kelas
26.  Perbaikan kalimat yang dicetak miring dalam laporan di atas adalah. …
  • a.  Semua membersihkan kelas
  • b.  Semua peserta lomba membersihkan kelas bersama-sama
  • c.  Semua peserta lomba membersihkan kelas
  • d.  Setiap kelas membersihkan kelas

27.  Pahami percakapan berikut !
Dimas  :”Kamu sudah dapat artikel daur ulang kertas, An ?’
Andi     :”Tentu saja dapat, Dim. Kemarin, aku membaca artikel di majalah anak-anak tentang cara memanfaatkan kertas bekas.” Dimas   :”Bagaimana caranya ?”
Andi    :”Bawa kertas-kertas tersebut ke pabrik kertas. Di sana kertas bekas dirajang kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam alat penghancur sehingga menjadi seperti bubur. Setelah menjadi bubur kertas, lalu dicetak lagi sesuai ukuran yang dibutuhkan dan dibuat kertas baru lagi.”
Dimas  :”Kalau begitu, kertas bekas sebaiknya jangan dibakar, ya ?”
Andi    :”Ya, Dim. Kertas bekas masih laku dijual karena dapat dibuat kertas lagi. Oleh sebab itu, kumpulkan kertas bekas lalu dijual saja kepada pengumpul kertas bekas.”
Topik pembicaraan di atas adalah. …
  • a.  pemanfaatan kertas daur ulang
  • b.  pemanfaatan kertas bekas
  • c.  proses pembuatan kertas bekas
  • d.  pembuatan kertas daur ulang

Bacaan berikut untuk soal nomor 28-30 !
          Lingkungan yang bersih akan menjadikan hidup lebih sehat. Agar lingkungan tetap berish, kita harus rajin membersihkannya. Lingkungan yang bersih akan lebih indah dipandang. Selain itu, kita akan nyaman tinggal di lingkungan tersebut. Jadi, jagalah lingkungan sekitar agar hidup kita lebih sehat.
28.  Kalimat ringkasan yang tepat sesuai isi paragraf di atas adalah. …
  • a.  Lingkungan yang bersih menjadikan hidup sehat, hemat, dan nyaman.
  • b.  Lingkungan yang bersih menjadikan hidup kita menjadi bahagia, sehat, dan enak dipandang.
  • c.  Lingkungan yang bersih menjadikan hidup sehat, indah dipandang, dan nyaman
  • d.  Lingkungan yang bersih menjadikan hidup damai, indah dipandang, dan nyaman.
29.  Tema bacaan tersebut adalah. …
  • a.  lingkungan bersih dan sehat
  • b.  menjaga lingkungan
  • c.  manfaat lingkungan
  • d.  hidup bersih dan sehat
30.  Pesan yang terkandung dalam bacaan di atas adalah. …
  • a.  sebaiknya kita menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat
  • b.  agar kita senantiasa merawat lingkungan sekitar
  • c.  supaya kita menciptakan hidup damai, tenang, dan nyaman
  • d.  supaya kita menjaga kebersihan lingkungan agar hidup menjadi lebih sehat
Puisi berikut untuk soal nomor 31-33 !
          Siap Sedia
Kawan, kawan
Kita bangkit dengan kesadaran
Mencucuk menerang hingga berlubang
Kawan, kawan
Kita mengayun pedang ke dunia terang
31.  Parafrase yang tepat berdasarkan isi puisi di atas adalah. …
  • a.  Mari kita bangun dari tidur panjang, Mari, kita berjuang melawan penjajahan
  • b.  Mari, kawan, kita bangkit dengan kesadaran. Mari, kawan kita berjuang menuju masa depan yang terang
  • c.  Kawan, kita sambut masa depan dengan melawan segala kegelapan. Mari, kita mengayunkan pedang melawan penjajah
  • d.  Kawan, lawanlah kebodohan ini dengan belajar keras. Mari, kita mengayunkan semangat belajar agar sukses
32.  Makna kata mencucuk pada puisi tersebit adalah. …
  • a.  menembak
  • b.  melawan
  • c.  menusuk
  • d.  menombak

33.  Amanat penggalan puisi di atas adalah. …
  • a.  Berperang dengan pedang sampai siang
  • b.  Berperang menggunakan pedang
  • c.  Bersiap-siap menuju dunia yang terang
  • d.  Sadarlah dan bangkit melawan penjajah
34.   Petunjuk Pembuatan Kincir Angin dari Kertas
  • 1). Potonglah kertas menurut garis bersilang yang telah kamu buat hingga setengah sumbu poros
  • 2). Tusuklah paku payung pada sebatang kayu
  • 3). Gambarlah pada kertas karton dua garis menyilang dengan pinsil dan buatlah lubang kecil pada pertemuan dua garis
  • 4). Tekuklah bagian yang telah digunting ke arah poros dan tusukan paku payung di bagian porosnya
Urutan petunjuk pembuatan kincir angin dari kertas yang tepat adalah. …
  • a.  3) – 1) – 4) – 2)
  • b.  3) – 1) – 2) – 4)
  • c.  3) – 2) – 4) – 1)
  • d.  3) – 4) – 2) – 1)

35.   1). Teman-temanya yang ingin melihat dan mengajak Made bermain dengan papan catur itu
       2). Made merayakan ulang tahunnya yang keenam
       3). Ia senang sekali dengan hadiah itu
       4). Dia mendapat hadiah papan catur dari ayahnya
       5). Papan catur itu dibawa ke mana-mana
Urutan kalimat acak di atas agar menjadi paragraf yang padu adalah. …
  • a.  2) – 3) – 4) – 5) – 1)
  • b.  2) – 4) – 3) – 5) – 1)
  • c.  2) – 4) – 5) – 3) – 1)
  • d.  2) – 5) – 4) – 3) – 1)
36.   Mahatma sedang pergi ke Pantai Melur
Paman datang dari Tanjungpinang
Kedua kalimat tersebut jika digabung menjadi. …
  • a.  Mahatma sedang pergi ke Pantai Melur dan Paman datang dari Tanjungpinang
  • b.  Mahatma sedang pergi ke Pantai Melur, tetapi  Paman datang dari Tanjungpinang
  • c.  Mahatma sedang pergi ke Pantai Melur ketika Paman datang dari Tanjungpinang
  • d.  Mahatma sedang pergi ke Pantai Melur sedangkan Paman datang dari Tanjungpinang
37.  Yunik tetap menjadi juara kelas….ia sibuk membantu ibunya.
Kata gabung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah. …
  • a.  kalau
  • b.  jika
  • c.  meskipun
  • d.  agar
38.  Perhatikan surat undangan berikut ini !
       Hari ini aku berulang tahun yang ke-12…..Pesta ulang tahun akan diadakan pada hari Jum’at 6 Januari 2012, pukul 16.00.  Pesta ulang tahun diadakan di rumahku. Aku menunggu kehadiran teman-teman. Teman -teman, datang, ya.
Salam manis,
Tia
Kalimat efektif yang digunakan untuk melengkapi undangan di atas adalah. …
  • a.  Aku ingin merayakan pesta ulang tahun bersama teman-teman semua.
  • b.  Aku ingin mengadakan pesta ulang tahuan bersama semua teman sekalian
  • c.  Aku ingin mengadakan pesta ulang tahun buat teman-teman semua
  • d.  Aku ingin merayakan ulang tahun bersama teman-teman.

39.   Perhatikan surat pribadi berikut !
Kepada sahabatku, Dini
di Gianyar
Salam sejahtera untuk Dini sekeluarga,
……..Aku dan keluargaku dalam keadaan baik dan sehat. Maafkan aku, Dini, karena baru bisa membalas suratmu sekarang. Aku ada ujian semester, do’akan aku, ya. Semoga aku mendapatkan nilai yang bagus.
O,…ya! Liburan semester ini bolehkah aku main ke rumahmu ? Mungkin aku akan menginap dua hari jika kamu tidak keberatan. (1) Sudah dulu ya (…) Din. Kapan-kapan kita sambung lagi.
Sahabatmu,
Siska
Tanda baca yang sesuai untuk melengkapi kalimat (1) adalah. …
  • a. titik (.)
  • b. tanya (?)
  • c. seru (!)
  • d.  koma (,)

40.  Perhatikan kutipan pengumuman berikut !
       Sehubungan dengan hasil ujian tengah semester, SD Taruna Bangsa akan mengadakan remidi. Siswa yang mendapatkan nilai di bawah 6 harus mengikuti remidi….Atas perhatian siswa, saya ucapkan terima kasih.
Kalimat menggunakan kata depan yang tepat untuk melengkpi pengumuman di atas adalah. …
  • a.  Remidi dilakukan agar siswa mendapat nilai yang lebih baik dari yang sudah didapatkan.
  • b.  Siswa diminta belajar dengan tekun karena remidi ini sangatlah penting.
  • c.  Nama-nama siswa yang harus mengikuti remidi dapat dilihat di papan pengumuman.
  • d.  Siswa yang akan mengikuti remidi diharapkan mempersiapkan diri.

41.  Perhatikan dialog berikut !
Doni    :”He,….Li, ada apa kok ramai sekali ?”
Ali       :’Oh, itu, di rumah Pak Arya terjadi kebakaran.”
Doni    :”…”
Ali       :”Kata ayahku, kebakaran itu karena kompor meledak. Istri Pak Arya meninggalkan kompor yang sedang menyala.”
Doni    :”Oh, yuk, kita bantu memadamkan api, Li!”
Ali       :”Ayo, ini aku sudah membawa ember, Don.”
Kalimat yang tepat diucapkan Doni pada dialog di atas adalah. …
  • a.  Mengapa terjadi kebakaran ?
  • b.  Apakah kebakaran itu berlangsung lama ?
  • c.  Mengapa tidak ada yang tahu ?
  • d.  Bagaimana peristiwa itu terjadi ?

42.    Komang Widiari seorang anak perempuan kelas VI SDN 1 Suka Maju. Ia dilahirkan di Gianyar tanggal 21 Maret  1999. Ia tinggal bersama pamannya di Jalan Sandat 7, Denpasar, dengan nomor telepon rumah (0361) 788753. Setiap hari ia juga rajin sembahyang ke pura. Ia rajin belajar dan ingin mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakaan.
   Formulir Pendaftaran Anggota Perpustakaan
Nama                                   :………….
Tempat, tanggal lahir   :………….
Jenis Kelamin                  :………….
Agama                                :………….
Alamat                               :…………
No. telepon                      :…………
Urutan pengisian formulir pendaftaran yang tepat sesuai ilustrasi di atas adalah. …
  • a.  Komang Widiari, Gianyar, 21 Maret 1999, Hindu, Jalan Sandat 7, Denpasar, Perempuan, (0861) 788753.
  • b.  Komang Widiari, Gianyar, 21 Maret 1999, Jalan Sandat 7, Denpasar, Hindu, Perempuan, (0861) 788753.
  • c.  Komang Widiari, Gianyar, 21 Maret 1999, Perempuan, (0861) 788753, Jalan Sandat 7, Denpasar, Hindu.
  • d.  Komang Widiari, Gianyar, 21 Maret 1999, Permpuan, Hindu, Jalan Sandat 7, Denpasar, (0861) 788753.
 Kutipan pidato berikut untuk soal nomor 43 dan 44 !
         Pertama-tama,  marilah kita berdo’a semoga pertandingan ini lancar dan sukses. Anak-anak yang kami banggakan, tunjukkanlah ketrampilan, ketangguhan, dan sportivitas kalian sebagai atlit. Di tempat inilah,  apa yang kalian miliki dipertaruhkan demi mengejar prestasi. Kalian harus berjuang dengan keras. Hal yang apling penting adalah semangat dan kebersamaan. …..
43.  Kalimat penutup pidato yang tepat untuk isi pidato tersebut adalah. …
  • a.  Tumbuhkanlah semangat dan sportifitas yang tinggi, semoga membawa kesuksesan.
  • b.  Kami percaya dengan usaha keras dan kerja sama yang baik pasti menang.
  • c.  Bersyukurlah kalian mempunyai semangat yang tinggi untuk mengejar prestasi.
  • d.  Akhirnya, kami ucapkan selamat bertanding semoga kalian berjaya, terima kasih.

44.  Kalimat yang dicetak miring menggunakan ejaan yang kurang tepat. Kalimat yang dicetak miring dapat dibetulkan menjadi. …
  • a.  Anak-anak yang kami banggakan, tunjukkanlah keterampilan, ketangguhan, dan sportivitas kalian sebagai atlit.
  • b.  Anak-anak yang kami banggakan, tunjukkanlah ketrampilan, ketangguhan, dan sportivitas kalian sebagai atlit.
  • c.  Anak-anak yang kami banggakan, tunjukkanlah keterampilan, ketangguhan, dan sportivitas kalian sebagai atlit.
  • d.  Anak-anak yang kami banggakan, tunjukkanlah keterampilan, ketangguhan, dan sportifitas kalian sebagai atlit.

45.  Perhatikan surat resmi berikut !
SD Mutiara Cahaya
Jalan Merapi 67, Surakarta
Kepada
Afi Nuryantara
di Surakarta
Dengan hormat,
       Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-23 SD Mutiara Cahaya. SD Mutiara Cahaya akan mengadakan pentas seni. Kami mohon Saudara mau mengisi pentas seni dengan musikalisasi puisi. Atas ketersediaan saudara mengisi pentas seni, kami mengucapkan terima  kasih.
Hormat kami,
Ketua Panitia
Adi Kusuma Ilmu
Perbaikan tulisan bagian surat yang dicetak miring adalah. …
  • a.  Atas ketersediaannys mengisi pentas seni, kami mrngucapkan terima kasih
  • b.  Atas ketersediaannya saudara mengisi pentas seni, kami mengucapkan terima kasih
  • c.  Atas ketersediaannya Saudara mengisi pentas seni, kami mengucapkan terima kasih
  • d.  Atas ketersediaan Saudara mengisi pentas seni, kami mengucapkan terima kasih
46.  Perhatikan cuplikan laporan berikut
       Sungai Kuning terletak di pinggir desa kuning. Air Sungai Kuning masih jernih dan bersih. Aliran air Sungai Kuning pun lancar dan tidak terhalang sampah. Pantas saja penduduk desa masih menggunkan air Sungai Kuning untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Kalimat yang dicetak miring menggunakan ejaan yang kurang tepat. Pembenahan kalimat yang dicetak miring adalah. …
  • a.  Sungai kuning terletak di pinggir desa kuning
  • b.  Sungai Kuning terletak di pinggir Desa kuning
  • c.  Sungai Kuning terletak di pinggir Desa Kuning
  • d.  Sungai kuning terletak di pinggir Desa Kuning

47.        Data Hasil Pengamatan
Waktu                      : Sabtu, 26 Maret 2013
Peserta                     : Siswa kelas VI
Jumlah peserta        : 32 orang
Pendamping              : Pak Kawan
Tempat kunjungan : Perpustakaan Mediatama Denpasar
Hasil pengamatan   : Mempunyai 2 orang pegawai, 1.500 buku fiksi, dan 1.510 buku nonfiksi
Laporan yang paling tepat sesuai dengan data di atas adalah. …                                
  • a.  Pada hari Sabtu, 26 Maret 2013, siswa kelas VI mengadakan kunjungan perpustakaan Mediatama, Denpasar, untuk mengetahui jumlah pegawai dan jumlah buku-buku yang ada di perpustakaan.
  • b.  Pada hari Sabtu, 26 Maret 2013, 32 orang siswa kelas VI SD mengunjungi perpustakaan untuk mengetahui jumlah pegawai dan jumlah buku-buku fiksi dan nonfiksi yang ada di sana.
  • c.  Pada hari Sabtu, 26 Maret 2013, yang didampingi Pak Kawan siswa kelas VI yang berjumlah 32 orang mengunjungi perpustakaan Mediatama untuk mendata buku-buku dan pegawai perpustakaan.
  • d.  Pada hari Sabtu, 26 Maret 2013, siswa kelas VI yang berjumlah 32 orang yang didampingi oleh Pak Kawan mengunjungi perpustakaan Mediatama, Denpasar. Di perpustakaan tersebut terdapat 2 orang pegawai,  1.500 buku fiksi, dan 1.510 buku nonfiksi sebagai bahan bacaan para siswa.
48.  Perhatikan pantun berikut !
Gagak terbang tinggi,
rajawali hinggap di batu
…….
……
Kalimat yang tepat untuk melengkapi isi pantun tersebut adalah. …
  • a.  Anak yang rajin, pasti disayang teman
  • b. Anak yang pintar, pasti dapat juara Satu.
  • c.  Anak yang berprestasi, pasti rajin bekerja
  • d.  Anak yang berbakti, pasti senang membantu ibu.
49. Perhatikan gambar di samping !
Paragraf yang sesuai dengan gambar di atas adalah. …
  • a.  Anak-anak sedang membersihkan halaman. Mereka mengambil sampah yang berserakan dari halaman sekolah. Sampah-sampah itu mereka kumpulkan dalam tong sampah.
  • b.  Anak-anak sedang memindahkan tanah dari halaman ke taman. Mereka ingin membuat taman sekolah. Taman yang mereka buat akan mereka rawat dengan baik.
  • c.  Anak-anak sedang bekerja bakti membersihkan halaman sekolah. Anak-anak menyapu halaman. Mereka mengumpulkan sampah di tempat sampah.
  • d.  Anak-anak sedang membersihkan halaman. Mereka mengambil sampah yang berserakan dari halaman sekolah. Sampah-sampah itu mereka kumpulkan dalam tong sampah. Mereka juga menanam tanaman
50.   ……….Di antaranya untuk penyimpanan air dan tempat hidup hewan. Kayu- kayunya dimanfaatkan untuk bahan bangunan serta menyerap air hujan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah. …
  • a.  Hutan merupakan paru-paru dunia.
  • b.  Hutan dibutuhkan oleh manusia.
  • c.  Hutan mempunyai banyak manfaat.
  • d.  Hutan perlu dijaga kelestariannya.


Baca Juga Artikel Pendidikan lainnya: 
Soal UN Matematika SD Tahun 2013 Sesuai Kisi-Kisi Tahun 2013