Urutan yang benar (1,
2, 3) dari gambar di atas adalah rumah adat :
- Batak, Toraja dan Minang
- Dayak, Batak dan Minang
- Batak, Minang dan Toraja
- Minang, Toraja dan Dayak
- Minang, Toraja dan Batak
2. Mengembangkan sikap toleran harus terus
digalakkan di seluruh lapisan masyarakat agar dapat memperkokoh sendi kehidupan
bangsa. Berikut ini adalah contoh kegiatan siswa yang dapat menimbulkan sikap
toleransi :
- Mendengarkan pelajaran di kelas
B. Membiasakan berdiskusi secara kontinyu
C. Mengadakan perlombaan antar kelas
D. Membaca buku pelajaran
E. Melaksanakan kegiatan OSIS
3.
Perhatikanlah
unsur- unsur budaya berikut ini :
- Unsur kebudayaan yang wujudnya abstrak
- Unsur kebudayaan yang besar gunanya
- Unsur kebudayaan yang sukar disesuaikan dengan keadaan masyarakat
- Unsur kebudayaan yang konkret wujudnya
- Unsur kebudayaan yang praktis dipakai
Dari pernyataan di atas yang termasuk unsur budaya asing yang mudah
diterima adalah :
A.
1, 3 dan 5
B.
1, 4 dan 5
C.
2, 3 dan 4
D.
2, 4 dan 5
E.
3, 4 dan 5
4.
Langkah yang paling strategis yang harus
dilakukan oleh setiap anggota masyarakat dalam memecahkan keaneka ragaman
budaya Indonesia agar tidak mengarah kepada munculnya konflik adalah .…
- menanamkan sikap cinta kebudayaan sendiri agar muncul rasa nasionalisme dan patriotisme
- memperbaiki kebijakan pemerintah dalam pembangunan kebudayaan nasional
- menggalakkan pertukaran kebudayaan daerah melalui lembaga- lembaga resmi
- menanamkan sikap toleransi dan empati sosial dari masing-masing individu
- mengoptimalkan kajian dan pemasyarakatan aneka ragam budaya Indonesia.
5.
Para petani penggarap sawah dengan adanya
waduk atau bendungan dapat mengairi sawahnya untuk musim tanam tidak lagi mengandalkan air
hujan. Perubahan budaya tersebut disebabkan oleh ….
- adanya rasa puas terhadap nilai-nilai yang berlaku
- suatu penemuan baru yang tidak dapat diterima masyarakat
- adanya perubahan terhadap suatu tatanan yang telah ada
- perubahan teknologi yang menguntungkan masyarakat kota
- adanya rasa tidak puas terhadap nilai-nilai yang berlaku
6.
Musim hujan sudah
tiba, di berbagai daerah terjadi musibah banjir, longsor, angin ribut dan lain-
lain. Adanya musibah ini dirasakan pula oleh daerah lain dengan turut merasakan
apa yang diderita oleh masyarakat lain. Ini menunjukkan bahwa bangsa kita telah
memiliki sikap .…
A. Empati
B. Partisipasi
C. Toleransi
D. Fantasi
E. Simpati
7.
Manusia baik sebagai makhluk individu maupun
sosial mempunyai sifat tidak puas terhadap
apa yang dimiliki dan diraihnya.
Mereka selalu ingin mengejar
keinginannya untuk memperbaiki
kehidupannya. Adanya gerak masyarakat secara terus-menerus ini disebut :
- A. dinamika budaya
- B. gegar budaya
- C. unsur-unsur budaya
- D. karakteristik budaya
- E. integrasi budaya
8.
Perhatikanlah pernyataan di bawah ini :
1. Pak Munaji merasa
nyaman di rumah setelah rumahnya dicat dan dihiasi dengan acsesoris.
2. Pak Joko telah
selesai menggarap sawahnya untuk segera ditanami benih padi
3. Para penumpang Bus
Trans Jakarta merasa puas karena pak sopir menjalankan mobil dengan benar
4. Para pengunjung
pameran lukisan sedang menikmati indahnya lukisan yang dipamerkan
5. Para wisatawan
mancanegara sedang mengamati
pemandangan pegunungan nan hijau.
Contoh konkrit fungsi
seni dari pernyataan di atas adalah .…
- 1, 2 dan 3
- 1, 3 dan 4
- 1, 4 dan 5
- 2, 3 dan 4
- 2, 4 dan 5
9.
Salah satu bukti adanya proses globalisasi di
kalangan masyarakat Indonesia saat ini adalah .…
- adanya proses westernisasi di semua lapisan masyarakat
- penggunaan Hand Phone oleh semua lapisan masyarakat
- penggunaan budaya luar negeri tanpa filter
- perdagangan bebas yang diberlakukan di seluruh dunia
- pertukaran budaya di kalangan pelajar antar negara
10.
Perilaku bangsa Indonesia yang merupakan perwujudan adanya integrasi
nasional antara lain sebagai berikut :
- Kinerja bangsa yang semakin baik
- Menggunakan produk- produk dalam negeri
- Kompetisi untuk meraih sukses
- Gotong royong dan musyawarah untuk mufakat
- Mendirikan lembaga- lembaga sosial.
11. Gerak atau
dinamika budaya sebenarnya merupakan gerak manusia yang hidup dalam masyrakat
yang menjadi wadah kebudayaan. Gerak manusia terjadi karena adanya hubungan
antar manusia (interaksi sosial). Faktor-faktor pendorong dinamika budaya
adalah sebagaimana di bawah ini :
No
|
Pendorong Dinamika Budaya
|
A.
|
B.
|
.C
|
D.
|
E.
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Imitasi
Imajinasi
Identifikasi
Sinopsi
Sugesti
Simpati
|
V
V
V
V
-
V
|
-
V
V
V
V
-
|
V
-
V
-
V
V
|
V
V
-
V
V
V
|
V
V
V
V
V
V
|
12. Pewarisan
budaya akan terus berjalan, baik pada masyarakat tradisional maupun masyarakat
modern. Berikut ini adalah contoh pewarisan budaya pada masyarakat tradisional
:
- Para siswa mengembangkan penalarannya di sekolah
- Siswa kelas XII sedang mengkaji buku- buku keagamaan di perpustakaan
- Sambil meminum kopi, Pak Unas asyik membaca koran pagi
- Bu Nining bercerita kepada anaknya yang hendak tidur
- Pak tani sedang menganyam tikar di depan rumahnya
13. Lembaga adat
mempunyai peranan penting dalam proses pewarisanbudaya, antara lain sebagai berikut :
- mewajibkan untuk mengamalkan perbuatan- perbuatan yang terpuji
- mendidik anak menjadi cerdas dalam menguasai ilmu pengetahuan
- mengajarkan pola hidup yang hemat dengan prinsip- prinsip ekonomi
- membentuk masyarakat berpengetahuan luas
- mensosialisasikan norma atau aturan yang berlaku
14. Dewasa ini anak-anak lebih senang
bermain dengan peralatan elektronik dibandingkan permainan
tradisional. Berikut ini merupakan
dampak positif permainan elektronik pada masyarakat modern yaitu ….
- pertumbuhan jiwa anak semakin cepat
- berkembangnya proses sosialisasi
- hubungan orang tua dengan anak semakin erat
- meningkatkan motivasi dalam belajar
- mengasah kecerdasan otak
15. Di bawah ini
contoh proses pewarisan budaya pada masyarakat modern :
- Bu Nina sedang bercerita kepada anaknya tentang pengalaman masa penjajahan
- Para remaja karang taruna sedang menonton pertandingan sepak bola
- Anak Pak Soleh sedang asyik menonton acara di televisi
- Anak- anak santri sedang mengaji di sebuah pesantren
- Pak Nafis mengajarkan anaknya tentang cara menganyam tikar pandan
16. Keberadaan pers nasional sangat penting dalam menjaga integrasi bangsa.
Peran tersebut antara lain diwujudkan dalam bentuk .…
- A. menyiarkan berita secara obyektif dan berimbang
- B. menyiarkan berita sebanyak-banyaknya
- C. turut aserta dalam mencerdaskan masyarakat
- D. mencari nara sumber bidang ekonomi
- E. melakukan investigasi kepada para pakar
17. Sekolah
sebagai lembaga pendidikan, dalam upaya mewujudkan intergrasi nasional berperan
.…
- mentransfer pengetahuan kepada anak didik
- mencerdaskan tunas- tunas bangsa
- mengajarkan khazanah budaya bangsa
- mendidik moral anak bangsa
- mengembangkan kedewasaan anak didik
18. Dalam proses
pewarisan budaya, sekolah memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :
NO
|
PERANAN SEKOLAH |
A.
|
B.
|
C.
|
D.
|
E.
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Memperkenalkan, memelihara dan
mengembangkan budaya
Mengembangkan kekuatan penalaran
Memperkuat kepribadian
Menumbuh kembangkan semangat kebangsaan
Mengembangkan wawasan dan pengetahuan
|
V
V
V
-
V
|
V
-
V
V
V
|
-
V
V
V
-
|
V
V
V
V
V
|
-
V
-
V
V
|
19. Perhatikan
pernyataan di berikut ini :
1.
Anak muda sedang asyik berkomunikasi dengan
menggunakan HP
2.
Ibu- ibu PKK mengenakan pakaian kebaya sedang
menyanyikan lagu daerah.
3.
Petugas upacara sedang menaikkan bendera
merah putih
4.
Di depan kelas digantungkan lambang negara RI
Garuda Pancasila
5.
Pak Musahir mengenakan setelan jas saat
menghadiri resepsi pernikahan
Dari pernyataan di
atas, yang termasuk wujud dari perbuatan yang merefleksikan integrasi nasional
adalah nomor :
- 1, 2 dan 3
- 1, 3 dan 5
- 2, 3 dan 4
- 2, 4 dan 5
- 3, 4 dan 5
20. Perhatikanlah
pernyataan di bawah ini :
- Wilayah negara Indonesia sangat luas
- Heteroginitas bangsa Indonesia
- Adanya faham etnosentrisme diantara beberapa suku bangsa
- Faktor sejarah senasib dan seperjuangan
- Adanya simbol kenegaraan dalam bentuk Garuda Pancasila
Dari beberapa
pernyataan di atas yang termasuk penghambat integrasi nasional adalah .…
- 1, 2 dan 3
- 1, 3 dan 5
- 1, 2 dan 5
- 2, 3 dan 4
- 2, 4 dan 5
21. Fungsi
tradisi lisan yang berhubungan dengan integrasi nasional adalah :
- sebagai alat bantu proses pendidikan
- meningkatkan kesatuan dan persatuan
- alat pengesahan budaya secara kolektif
- pencerminan budaya dan cita- cita masyarakat
- sebagai kekayaan yang dimiliki suatu masyarakat
22. Di bawah ini
adalah contoh kasus penggunaan variasi bahasa sosiolek :
A.
bahasa yang digunakan di kraton Surakarta
berbeda dengan yang digunakan oleh rakyat biasa
B.
seorang anak kurang faham ketika membaca
sebuah buku yang diterbitkan pada tahun 1950
C.
di daerah Legok Indramayu terjadi kemusnahan
salah satu bahasa daerah
D.
orang Batak melafalkan bahasanya dengan keras
E.
orang Jawa dan Sunda sedang bercakap- cakap
dalam bahasa Indonesia dengan logatnya masing- masing
23. Perhatikanlah
pernyataan di bawah ini :
- Silahkan Pak Menteri duduk di depan
- Ambillah yang kamu suka
- Kalau mau ambil saja
- Mohon Bapak mengizinkan saya
- Ayo makan yang banyak
Dari pernyataan di
atas yang termasuk variasi bahasa ragam intimate adalah :
A.
1, 2 dan 3
B.
1, 2 dan 4
C.
1, 3 dan 5
D.
2, 3 dan 5
E.
3, 4 dan 5
24. Perhatikan
pernyataan berikut ini :
1. menggunakan bahasa
resmi
2. yang di kembangkan
sosiolek
3. ragam bahasanya
konsultatif
4. menngunakan ragam
kasual
5. menggunakan bahasa
intimate
Ragam bahasa yang
umumnya di gunakan di pasar adalah :
- 1, 2, 3
- 1, 3, 5
- 2, 3, 4
- 2, 3, 5
- 3, 4, 5
25. Salah satu
variasi bahasa adalah dialek regional. Ciri dari pada dialek regional adalah .…
- dibatasi oleh waktu
- dibatasi oleh kondisi
- dibatasi oleh tempat
- dibatasi oleh ruang
- dibatasi oleh situasi
26.
Perhatikan
pernyataan berikut :
1.
Paparannya panjang lebar dalam menggunakan
bahasa
2.
Cerita peristiwa yang benar- benar terjadi
yang ditulis dalam sejarah
3.
Penutur cerita berimprovisasi dengan
memperbesar peran tokoh yang disukai
4.
Alur cerita selalu berdasarkan konsep cerita
5.
Dengan gaya cerita pembawanya menambah
kelucuan sesuai selera pendengarnya
Dari pernyataan di
atas, yang termasuk ciri- ciri tradisi lisan adalah :
A.
1, 2 dan 3
B.
1, 2 dan 4
C.
1, 3 dan 5
D.
2, 4 dan 5
E.
3, 4 dan 5
27. Reog Ponorogo
adalah bentuk teater dalam kelompok drama tari yang berasal dari Ponorogo. Ia merupakan upacara meminta perlindungan
pada kekuatan gaib setempat. Dilihat dari tujuannya, maka Reog Ponorogo
berfungsi sebagai ....
A.
sarana hiburan
B.
sarana ritual
C.
sarana pariwisata
D.
sarana estetika
E.
sarana pengembangan moral
28. Perkembangan
seni rupa dapat dibedakan menjadi beberapa periode, yaitu zaman ....
1.
Pengaruh Hindu Budha
2.
Prasejarah
3.
Pengaruh Cina
4.
Setelah mengenal tulisan
5.
Pengaruh Islam
6.
Modern
Dari pernyataan di
atas yang termasuk perkembangan seni rupa zaman klasik terdapat pada nomor :
A.
1, 2 dan 3
B.
1, 3 dan 5
C.
2, 3 dan 4
D.
3, 4 dan 5
E.
4, 5 dan 6
29.
Tari Seudati adalah sebagaimana pada gambar
berikut :
30. Adanya
globalisasi budaya menyebabkan banyak pengaruh budaya asing yang masuk dan
mempengaruhi perkembangan seni di Indonesia . Sikap yang perlu dikembangkan
dalam menghadapi perkembangan seni
seperti ini adalah ….
A.
bersikap perduli akan seni yang indah
B.
melestarikan budaya leluhur yang hampir punah
C.
menerima pengaruh asing tanpa seleksi apa
adanya
D.
menumbuhkan persatuan dan kesatuan tentang
pentingnya seni
E.
menyaring pengaruh budaya asing yang
bermanfaat saja
31. Perhatikan
contoh seni pertunjukkan di bawah ini :
1.
Jaipong dari jawa barat
2.
Reog dari Ponorogo
3.
Tayub dari jawa
4.
Wayang Orang dari Jawa Tengah
Dari seni
pertunjukkan di atas, yang berfungsi sebagai sarana hiburan adalah ....
- 1 dan 2,
- 1, 2 dan 3
- 1 dan 3
- 3 dan 4
- 2 dan 4
32. Tari Baris
adalah tarian dalam rangka menyambut kedatangan dewa, ditunjukkan pada gambar berikut :
33. Sikap
apresiasi terhadap perkembangan seni di Indonesia dapat ditunjukan sebagaimana
pernyataan berikut :
- semua adat istiadat yang berkembang dalam masyarakat bersumber dari cerita-cerita rakyat
- pemerintah selalu mendukung kegiatan lomba mendongeng yang dilaksanakan berbagai pihak
- petuah orang tua kepada anak-anaknya yang selalu dikaitkan dengan unsur tahayul yang dipercayai
- berbagian aktivitas masyarakat masih banyak diwarnai kepercayaan yang bersandar kepada tradisi
- gejala alam yang terjadi selalu dihubungkan dengan kekuatan di luar diri manusia
34. Karya seni tidak
dapat dipisahkan dari kehidupan manusia karena karya seni merupakan bagian dari
kehidupan yang mengekspresikan kehidupan itu sendiri. Dengan kata lain seniman
menghasilkan karyanya dengan menggunakan ….
A. pengalaman dan perasaan pribadinya
B. pengalaman hidup seseorang
C. popularitas seseorang
D. kemampuan manusia menalar lingkungannya
E. kemampuan estetisnya dalam berkarya.
35. Gambar
di bawah menunjukkan sebuah pertunjukan dramatari ....
- Calon arang
- Pakarena
- Mak Yong
- Wayang Wong
- Hudoq
36. Gunung Bromo meletus. Di daerah
sekitar gunung tersebut terdapat salah satu sub suku Jawa, yaitu sub suku
Tengger. Mayoritas kepercayaan orang Tengger adalah :
- agama Islam
- agama Protestan
- agama Katholik
- agama Hindu
- agama Budha
37. Masyarakat Indonesia masih banyak yang mempercayai
adanya kekuatan roh yang berada di sekeliling tempat tinggal manusia. Mereka
juga melakukan berbagai aktifitas guna
melakukan pemujaan terhadap roh. Kepercayaan kepada roh seperti ini disebut .…
- Animisme
- Dinamisme
- Totemisme
- Fetisisme
- Politheisme
38. Upacara
keagamaan sering diiringi dengan tarian yang bernilai sakral, seperti yang
ditunjukkan pada gambar di bawah. Tarian keagamaan tersebut berasal dari Batak bernama tari :
- Marpariban
- Sigale- gale
- Sumangat
- Tortor
- Rambadia
39. Pendekatan antropologis
terhadap kajian agama, berusaha melihat agama dari hal- hal berikut, kecuali ....
- kelompok pemeluk agama
- perspektif sosial agama
- sejarah dan perkembangan agama
- mengkaji tentang kebenaran suatu agama
- melihat tentang pedoman ajaran agama
40. Perhatikan
pernyataan di bawah ini :
1.
Memelihara solidaritas sosial
2.
Mempererat identifikasi diri manusia
3.
Mempererat persatuan
4.
Memberikan kebahagian lahir batin
5. Memberikan arahan hidup manusia
Dari pernyataan di
atas yang termasuk fungsi sosial agama adalah nomor .…
- 1, 2 dan 3
- 1, 3 dan 5
- 2, 3 dan 4
- 2, 4 dan 5
- 3, 4 dan 5
41. Perbedaan religi dengan kepercayaan pada tabel di bawah ini adalah ....
Religi
|
Kepercayaan
|
A.
manusia percaya adanya Tuhan.
B.
percaya kepada kekuasaan sakti.
C.
mempercayai kepada para dewa
D.
percaya kepada dewa.
E.
mengenal dunia gaib.
|
A.
manusia mengenal makhluk-makhluk halus.
B.
patuh dan taat pada nabi.
C.
mengetahui adanya utusan Tuhan.
D.
percaya kepada Tuhan.
E.
menyetujui adanya hari kiamat
|
42. Masyarakat yang berada di daerah pedalaman dan
terpencil sulit mengalami kemajuan, karena mereka percaya bahwa kebiasaan-
kebiasaan yang mereka kerjakan adalah yang terbaik bagi mereka. Kondisi demikian menjadi
kendala dalam pewarisan iptek, yaitu ....
- curiga dengan unsur- unsur baru
- kurang tanggap terhadap perkembangan
- kurang motivasi dalam cobaan hidup
- prasangka buruk terhadap unsur- unsur luar
- mempertahankan sikap tradisionalisme
43. Perhatikanlah
beberapa bentuk ritual di bawah ini :
- Acara 7 bulanan bagi wanita yang sedang hamil
- Acara potong rambut bayi pada hari ke 7
- Acara tahlilan kematian seseorang
- Acara memotong kambing atas kelahiran bayi
Acara yang merupakan sinkretisme
antara Islam dengan kepercayaan lain adalah nomor .…
- 1 dan 3
- 2 dan 4
- 1, 2 dan 3
- 1. 3 dan 4
- 2, 3 dan 4
44.
Salah satu contoh perkembangan iptek adalah adanya video
game/playstation yang marak di kalangan anak- anak dan remaja di daerah
perkotaan. Dampak negatif permainan
tersebut bagi kehidupan sosial mereka antara lain adalah :
- sering menimbulkan konflik pribadi
- menimbulkan ketergantungan pada iptek
- menimbulkan kecanduan pada penggunanya
- menimbulkan sikap acuh terhadap lingkungannya
- menimbulkan perilaku yang brutal dan kasar
45. Masuknya
jaringan internet di desa akan berdampak positif bagi pola pikir masyarakat
tersebut contohnya seperti ….
- A. pola hidup masyarakat jadi konsumtif
- B. partisipasi rakyat menjadi kuat
- C. berorientasi kepada masa yang lalu
- D. pasrah kepada nasib
- E. berorientasi ke masa depan
46. Agama-
agama resmi yang ada di Indonesia saat ini adalah :
1.
Islam
2.
Katolik
3.
Protestan
4.
Hindu
5.
Budha
6.
Kong Futse
Agama- agama yang termasuk ke dalam kelompok kepercayaan Panteisme
adalah :
A. 1, 2
dan 3
B. 2, 3
dan 5
C. 2, 4
dan 4
D. 3, 4
dan 6
E. 4, 5
dan 6
47. Masyarakat ”Baduy Dalam”
di Kabupaten Lebak Banten merupakan masyarakat adat yang taat mempertahankan
tradisinya. Larangan dan pantangan adat masih mereka patuhi, misalnya
sebagaimana di bawah ini, kecuali ....
- memakai alas kaki
- naik kendaraan
- berpakaian warna hitan
- mencuci pakaian menggunakan sabun/ detergen
- menggunakan alat-alat elektronik
48. Dalam proses pewarisan iptek diperlukan
kesiapan masyarakatnya untuk menerima iptek baru. Akan tetapi masih terdapat
banyak kendala yang dapat menghambat perkembangannya. Di
bawah ini beberapa kendala dalam pewarisan iptek :
NO
|
KENDALA
IPTEK
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Sikap tradisionalisme yang berlebihan
Keragaman budaya dalam masyarakat
Sikap berserah diri pada nasib
Luasnya wilayah Indonesia
Rendahnya tingkat pendidikan
Beragamnya keyakinan masyarakat
Kebiasaan suka meniru dalam masyarakat
|
V
V
V
V
V
-
-
|
V
-
V
-
V
-
V
|
-
V
-
V
V
V
-
|
V
-
V
V
-
V
V
|
V
V
V
V
V
V
V
|
49. Manfaat iptek di bidang
produksi adalah .…
- memperluas kesempatan dan lapangan kerja
- mempermudah, mempercepat dan meningkatkan kualitas hasil
- meningkatkan wawasan dan pengalaman di bidang produksi
- memberikan kenyamanan dalam bekerja
- memperbesar tingkat keamanan dalam membuat suatu produksi
50. Teknologi tradisional
dalam bidang pertanian (terutama dalam hal bercocok tanam) dikenal adanya mangsa.
Yang dimaksud dengan mangsa adalah .…
- musim dalam bercocok tanam
- sasaran dalam bercocok tanam
- jenis- jenis tanaman yang cocok untuk ditanam
- predator atau pemangsa tanaman
- hama yang suka merusak tanaman
Direkomendasikan
:
BAHAN
PERSIAPAN UN 2013
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPS
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN IPA
SOAL TRY OUT UN SMP
SOAL TRY OUT UN SD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar