Objek
PTK harus merupakan sesuatu yang aktif dan dapat dikenai aktivitas, bukan objek
yang sedang diam dan tanpa gerak. Unsur-unsur yang dapat dijadikan
sasaran/objek PTK tersebut adalah : (1) siswa, (2) guru, (3) materi
pelajaran, (4) peralatan atau sarana pendidikan, meliputi peralatan, baik
yang dimiliki oleh siswa secara perseorangan, peralatan yang disediakan oleh
sekolah, ataupun peralatan yang disediakan dan digunakan di kelas dan di
laboratorium, (5) hasil pembelajaran, (6) lingkungan, dan (7) pengelolaan, hal
yang termasuk dalam kegiatan pengelolaan misalnya cara dan waktu mengelompokkan
siswa ketika guru memberikan tugas, pengaturan jadwal, pengaturan tempat duduk
siswa, penempatan papan tulis, penataan peralatan milik siswa, dan lain-lain. Arikunto (2006), Madya (2007), dan Aqib
(2007) menyebutkan objek dari penelitian tindakan kelas, sebagai berikut:
No
|
Unsur
|
Sasaran
|
Contoh Permasalahan yang dapat diangkat Menjadi judul Penelitian
a.l:
|
1.
|
Siswa
|
a.
Ketika ia sedang asyik mengikuti proses pembelajaran
di kelas, di lapangan, di laboratorium, di bengkel, dan lain-lain.
b.
Ketika sedang asyik mengerjakan pekerjaan
rumah di malam hari.
c.
Ketika
mereka sedang mengikuti kerja bakti di luar kelas.
|
Perilaku kedisiplinan, semangatsiswa
ketika mengikuti kegiatan ekstra kurikuler, keseriusan siswa ketika
mengerjakan tugas, ketelitian siswa dalam mengelola sarana belajarnya,
kebiasaan siswa dalam mengajukan pertanyaan di kelas, ketepatan siswa untuk hadir
di sekolah, dan sebagainya.
|
2.
|
Guru
|
a.
Sedang
mengajar dikelas
b.
Sedang
membimbing siswa yang sedang berdarmawisata.
c.
Sedang
mengadakan kunjungan ke rumah siswa.
|
Mengajar dengan metode bervariasi,
menerapkan metode diskusi terarah, mengajar dengan mengelompokkan siswa, dan sebagainya.
|
3.
|
Materi
Pelajaran
|
a.
Ketika
sedang mengajar,
b.
Bahan
yang ditugaskan kepada siswa, dan sebagainya
|
Urutan
materi ketika disajikan kepada siswa, meliputi urutan atau
pengorganisasiannya, cara penyajiannya, atau pengaturannya, Tindakan lain
misalnya menambah sumber-sumber bahan untuk meningkatkan penguasaan pokok
bahasan dan pelajaran tambahan oleh guru sendiri atau ditugaskan kepada
siswa, pokok bahasan yang dilakukan oleh guru sendiri atau menugaskan kepada
siswa, dsb. Mencoba memberikan materi misalnya untuk muatan lokal dapat juga di-masukkan
dalam kategori judul penelitian tindakan kelas. Materi lain dalam kegiatan ekstra
kurikuler, atau pelajaran tambahan di sore hari, di hari libur, atau sebagai
materi pengayaan bagi siswa yang sudah dapat meneyelesaikan materi pokok
lebih cepat dibandingkan siswa lain.
|
4.
|
Peraalatan
atau sarana pendidikan
|
Ketika
guru sedang mengajar dengan tujuan meningkatkan mutu hasil belajar, yang
dapat diamati:
a.
Guru
b.
Siswa
c.
Keduanya
|
Penyediaan
dan pengaturan peralatan, baik yang dimiliki oleh siswa secara perorangan, peralatan
yang disediakan oleh sekolah, peralatan yang disediakan dan digunakan di
kelas. Misalnya: Penerbitan sarana yang dimiliki oleh siswa,penghematan dalam
menggunakan sarana, perpustakaan, laboratorium, workshop, dan sebagainya.
|
5.
|
Hasil
Pembelajaran
|
Ditinjau
dari tiga ranah yang dijadikan titik tujuan yang harus dicapai melalui
pembelajaran, baik susunan maupun tingkat pencapaian.
Oleh
karena hasil belajar merupakan produk yang harus ditingkatkan, hal ini pasti terkait
dengan tindakan unsur
lain.
|
Proses
pembelajaran, peralatan
atau
sarana pendidikan, guru, atau siswa sendiri
|
6.
|
Lingkungan
|
Lingkungan
siswa di kelas, sekolah, maupun yang melingkupi siswa di rumahnya. Dalam
penelitian tindakan, bentuk perlakuan atau tindakan yang dilakukan adalah
mengubah kondisi menjadi lebih kondusif.
|
Mengubah
situasi ruang kelas; Penataan sekolah; Penataan lingkungan yang terkait
dengan 6K, hal ini sebaiknya dilakukan dengan melibatkan siswa
|
7.
|
Pengelolaan
|
Yang
jelas-jelas merupakan gerak kegiatan sehingga mudah diatur dan direkayasa
dalam bentuk kegiatan.
|
Yang
digolongkan kegiatan pengelolaan misalnya:
a.
Cara
mengelompokkan siswa ketika guru memberikan tugas,
b.
Pengaturan
urutan jadwal,
c.
Pengaturan
tempat duduk siswa.
d.
Penempatan
papan tulis.
e.
Penataan
peralatan milik siswa.
|
Sumber
:
1.
Arikunto,
Suharsimi dkk.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.
2.
Aqib,
Zainal.2007. Penelitian Tindakan Kelas. YRama Widya. Bandung.
3.
Madya,
Suwarsih. 2006. Teori dan Praktek Penelitian Tindakan Kelas (Action
Research). Alfabeta. Bandung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar