"SELAMAT DATANG DI BLOG 007INDIEN SEMOGA MENDAPATKAN SESUATU YANG BERMANFAAT DI BLOG INI"

Kamis, 16 Mei 2013

Cara Mendaftar Online SBMPTN Tahun 2013

Panduan Cara Pendaftaran Online Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 penting diketahui oleh calon mahasiswa dan mahasiswi yang akan mendaftar masuk perguruan tinggi di kota masing-masing. Penyelenggaraan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 bertujuan untuk menyeleksi dan memperoleh calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik guna mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. SBMPTN juga bertujuan untuk memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui panitia lokal penyelenggaraan SBMPTN menyarankan agar calon mahasiswa tidak menunda-nunda proses pendaftaran. Pendaftaran online SBMPTN 2013 dimulai tanggal 13 Mei 2013 hingga 7 Juni 2013 mendatang. Sedangkan untuk pelaksaan ujian akan dilaksanakan pada tanggal 18-19 Juni 2013.    

cara mendaftar online SBMPTN seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri 2013
Berdasarkan hasil pertemuan antara Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ditetapkan bahwa Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi tanggung jawab Pemerintah, sedangkan seleksi bentuk lain menjadi tanggung jawab MRPTNI dan/atau Rektor Perguruan Tinggi Negeri masing-masing. Salah satu seleksi bentuk lain dari penerimaan mahasiswa baru tersebut adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). SBMPTN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Selain ujian tertulis, program studi ilmu seni dan keolahragaan juga mempersyaratkan uji keterampilan. Sejalan dengan program pemerintah melalui program Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik memadai dapat mengikuti SBMPTN tanpa biaya pendaftaran.


Berikut ini adalah cara pendaftaran online SBMPTN 2013 :
1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman website SBMPTN 2013 DISINI dengan tata cara sebagai berikut:
  1. Calon peserta membayar biaya ujian melalui Loket/ATM/Internet Banking/SMS Banking Bank Mandiri. Tata cara pembayaran biaya seleksi dikelompokkan dalam 5 (lima) kategori sebagaimana dapat dilihat pada Tabel berikut (selengkapnya lihat Lampiran 1 online):
  2. Calon peserta kategori 1, pada saat melakukan pembayaran harus memasukkan tanggal lahir dengan format 2 (dua) digit tanggal, 2 (dua) digit bulan, dan 4 (empat) digit tahun (contoh: 01091995), sedangkan untuk calon peserta kategori 4 atau 5 harus memasukkan KAP SNMPTN 2013.
  3. Calon peserta membayar biaya ujian sebesar Rp.175.000,00 untuk kelompok ujian Saintek/Soshum, atau Rp.200.000,00 untuk kelompok ujian Campuran.
  4. Jika calon peserta memilih program studi yang mewajibkan ujian keterampilan maka calon peserta harus menentukan jumlah ujian keterampilan yang diikuti sebanyak-banyaknya 3 (tiga) jenis ujian keterampilan, baik untuk kelompok ujian Saintek, Soshum, maupun kelompok ujian Campuran.
  5. Jika calon peserta mengikuti ujian keterampilan, maka harus membayar biaya ujian keterampilan sebesar Rp 150.000,00 untuk setiap jenis ujian keterampilan.
  6. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta kategori 1 akan menerima bukti pembayaran yang berisi: (a) Kode Akses Pendaftaran (KAP) berupa angka sebanyak 12 digit, dan (b) PIN SBMPTN 2013 berupa angka sebanyak 16 digit. Sedangkan calon peserta kategori 4 atau 5 akan menerima PIN SBMPTN 2013 saja. KAP dan PIN SBMPTN 2013 ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan KAP dan PIN SBMPTN 2013 sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.
  7. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id dengan menyiapkan:
1) KAP dan PIN SBMPTN 2013.
2) File pasfoto berwarna, berpakaian resmi (bukan T-shirt), dan terbaru dengan wajah menghadap ke depan, ukuran 4 x 6 cm dengan resolusi sekurang-kurangnya 250 dpi atau 400 x 600 pixels dan ukuran file maksimum 100 KB dalam format JPG atau PNG.
  1. Calon peserta melakukan pengisian borang elektronik pendaftaran dengan tata cara sebagai berikut:
  • Calon peserta harus memasukkan KAP dan PIN SBMPTN 2013, serta mengisikan huruf-huruf pada kotak yang tersedia (CAPTCHA), kemudian menekan tombol Login. 
  • Calon peserta mengisi borang elektronik pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Setelah proses pengisian borang selesai, akan muncul Kartu Tanda Bukti Pendaftaran. Tata cara pengisian borang elektronik dapat dilihat pada Lampiran 2 online, sedangkan screenshots dari laman pendaftaran online ada pada Lampiran 3 online. 
  • Calon peserta harus menyimpan file Kartu Tanda Bukti Pendaftaran dengan cara meletakkan kursor di bagian atas kartu tanda bukti pendaftaran, selanjutnya klik kanan dan pilih “save image as” atau “save picture as”. 
  • Calon peserta mencetak Kartu Tanda Bukti Pendaftaran dengan menekan tombol cetak. 
  • Calon peserta menandatangani Kartu Tanda Bukti Pendaftaran yang berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2013, apabila Kartu Tanda Bukti Pendaftaran tidak ditandatangani maka dianggap tidak sah. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa pada saat mengikuti ujian tertulis maupun ujian keterampilan.
Untuk mengakses halaman resmi dari SBMPT silahkan Website Resmi SBMPTN
Download Dokumen Panduan Pendaftaran SBMPTN 2013 secara lengkap dibawah ini berupa file PDF.
Tutorial Pengisian Form Pendaftaran SBMPTN 2013 silahkan tonton melalui link dibawah ini:  Video Tutorial Pendaftaran SBMPTN
Kelompok Ujian Saintek :
Kelompok Ujian Soshum :
Kelompok Ujian Campuran :
2. Untuk biaya pendaftaran peserta mengacu pada tabel kategori peserta seperti dibawah ini :
kategori pendaftaran SBMPTN 2013

3. Ujian SBMPTN terdiri atas ujian tertulis dan ujian keterampilan.
 Ujian tertulis berlaku bagi semua peserta, sedangkan ujian keterampilan hanya berlaku bagi peserta yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan. Kelompok dan materi ujian dapat dilihat pada tabel lampiran dibawah ini :
kelompok dan materi ujian SBMPTN 2013

4. Jadwal seleksi ujian tertulis
Pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2013 dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan jadwal sebagai berikut:

jadwal ujian SBMPTN 2013
Sedangkan Ujian Keterampilan dilakukan pada tanggal 20 dan/atau 21 Juni 2013. Tempat ujian dilaksanakan di PTN penyelenggara Ujian Keterampilan sesuai dengan yang tercantum pada Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SBMPTN 2013.
5. Pengumuman Hasil Ujian
  1. Hasil ujian SBMPTN 2013 diumumkan di laman http://www.sbmptn.or.id yang dapat diakses mulai tanggal 12 Juli 2013 pukul 17.00 WIB.
  2. Apabila terjadi perubahan tanggal pengumuman akan diberitahukan melalui laman dan/atau media massa.
Demikian informasi penting Cara Mendaftar Online SBMPTN 2013 yang bisa kami sampaikan dalam update kali ini. Semoga bermanfaat.