PTK dapat memberikan manfaat sebagai inovasi
pendidikan yang tumbuh dari bawah, karena Guru adalah ujung tombak
pelaksana lapangan. Dengan PTK Guru menjadi lebih mandiri yang ditopang
oleh rasa percaya diri, sehingga secara keilmuan menjadi lebih berani mengambil
prakarsa yang patut diduganya dapat memberikan manfaat perbaikan. Rasa
percaya diri tersebut tumbuh sebagai akibat Guru semakin banyak mengembangkan
sendiri pengetahuannya berdasarkan pengalaman praktis. Dengan secara
kontinu melakukan PTK, Guru sebagai pekerja profesional tidak akan cepat
berpuas diri lalu diam di zone nyaman, melainkan selalu memiliki
komitmen untuk meraih hari esok lebih baik dari hari sekarang.
Dorongan ini muncul dari rasa kepedulian untuk
memecahkan masalah-masalah praktis dalam kesehariannya. Manfaat
lainnya, bahwa hasil PTK dapat dijadikan sumber masukan dalam rangka melakukan
pengembangan kurikulum. Proses pengembangan kurikulum tidak bersifat netral,
melainkan dipengaruhi oleh gagasan-gagasan yang saling terkait mengenai hakikat
pendidikan, pengetahuan, dan pembelajaran yang dihayati oleh guru di
lapangan. PTK dapat membantu guru untuk lebih memahami hakikat
pendidikan secara empirik.
Dengan melakukan penelitian tindakan kelas
sesungguhnya banyak manfaat yang diperoleh. Beberapa manfaat tersebut yang coba
penulis uraikan dibawah ini yang berasal dari berbagai sumber adalah:
1. Menurut
Mohammad Asrori (2007:15) menyatakan bahwa manfaat penelitian tindakan kelas
dapat dikaji dari beberapa pembelajaran dikelas. Manfaat yang terkait dengan
komponen pembelajaran antara lain :
- Inovasi pembelajaran
- Pengembangan kurikulum di tingkat sekolah dan kelas
- Peningkatan profesinalisme guru
2. Menurut
Sukayati (2008: 13) manfaat PTK yang yang terkait dengan pembelajaran hampir
sama dengan yang disampaikan oleh Mohammad Asrori antara lain mencakup hal-hal berikut:
- Inovasi , dalam hal ini guru perlu selalu mencoba, mengubah, mengembangkan, dan meningkatkan gaya mengajarnya agar mampu merencanakan dan melaksanakan model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kelas dan jaman.
- Pengembangan kurikulum di tingkat kelas dan sekolah, PTK dapat dimanfaatkan secara efektif oleh guru untuk mengembangkan kurikulum. Hasil-hasil PTK akan sangat bermanfaat jika digunakan sebagai sumber masukan untuk mengembangkan kurikulum baik di tingkat kelas maupun sekolah.
- Peningkatan profesionalisme guru, keterlibatan guru dalam PTK akan dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran. PTK merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru untuk memahami apa yang terjadi di kelas dan cara pemecahannya yang dapat dilakukan.
3. Sejalan
dengan dua pendapat sebelumnya Aqib (2007) juga mengatakan hal yang sama mengenai
manfaat yang dapat diperoleh jika guru mau dan mampu melaksanakan penelitian
tindakan kelas, antara lain: (1) inovasi pembelajaran, (2) pengembangan
kurikulum di tingkat sekolah dan di tingkat kelas, dan (3) peningkatan
proresionalisme guru
4. Menurut
Rustam dan Mundilarto (2004) mengemukakan manfaat PTK bagi guru, yaitu: (1)
Membantu guru memperbaiki mutu pembelajaran, (2) Meningkatkan profesionalitas
guru, (3) Meningkatkan rasa percaya diri guru, (4) Memungkinkan guru secara
aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.
Selain manfaat yang diperoleh oleh guru ada juga manfaat PTK bagi siswa
dan pembelajaran, dan manfaat bagi sekolah. Karena dalam PTK ada 3 (tiga) komponen yang menjadi
sasaran utama PTK maka ketiiga
komponen itulah yang akan menerima manfaat dari PTK
tersebut. Berikut ini manfaat PTK Bagi siswa, bagi guru dan sekolah yang penulis kutip dari: (http://www.abdulrahmansaleh.com/2011/03/manfaat-ptk-penelitian-tindakan-kelas.html) :
1. Manfaat bagi siswa dan pembelajaran
Tujuan PTK
adalah memperbaiki kualitas proses
pembelajaran dengan sasaran akhir memperbaiki hasil belajar siswa, sehingga PTK mempunyai manfaat yang
sangat besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Dengan adanya
pelaksanaan PTK, kesalahan dan kesulitan dalam proses pembelajaran (baik
strategi, teknik, konsep, dan lain-lain) akan dengan cepat dapat dianalisis dan didiagnosis, sehingga
kesalahan dan kesulitan tersebut tidak akan berlarut-larut. Jika kesalahan yang
terjadi dapat segera diperbaiki, maka pembelajaran akan mudah dilaksanakan,
menarik, dan hasil belajar siswa
diharapkan akan meningkat.
Ini
menunjukkan adanya hubungan timbal balik antara pembelajaran dan perbaikan
hasil belajar siswa. Keduanya akan dapat terwujud, jika guru memiliki kemampuan
dan kemauan untuk melakukan PTK.
Selain
PTK dapat meningkatkan hasil belajar siswa, PTK yang
dilakukan oleh guru dapat menjadi model bagi siswa dalam meningkatkan prestasinya. Guru yang selalu melakukan PTK yang inovatif dan kreatif akan memiliki sikap kritis dan reflektif terhadap hasil belajar yang dicapai siswa. Sikap kristis inilah yang akan
dijadikan model bagi siswa untuk terus merefleksi diri sebagaimana yang
dilakukan oleh gurunya.
2. Manfaat bagi guru.
Beberapa
manfaat PTK bagi guru antara lain:
- Guru memiliki kemampuan memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu kajian yang mendalam terhadap apa yang terjadi dikelasnya. Keberhasilan dalam perbaikan ini akan menimbulkan rasa puas bagi guru, karena Ia telah melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi siswanya melalui proses pembelajaran yang dikelolanya.
- Dengan melakukan PTK, guru dapat berkembang dan meningkatkan kinerjanya secara profesional, karena guru mampu menilai, merefleksi diri, dan mampu memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya. Dalam hal ini, guru tidak lagi hanya sebagai seorang praktisi yang sudah merasa puas terhadap apa yang dikerjakan selama ini, namun juga sebagai peneliti dibidangnya yang selalu ingin melakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
- Melalui PTK, guru mendapat kesempatan untuk berperan aktif dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sendiri. Guru tidak hanya menjadi penerima hasil perbaikan dari orang lain, namun guru itu sendiri berperan sebagai perancang dan pelaku perbaikan tersebut, sehingga diharapkan dapat menghasilkan teori-teori dan praktik-praktik pembelajaran.
- Dengan PTK, guru akan merasa lebih percaya diri. Guru yang selalu merefleksi diri, melakukan evaluasi diri, dan menganalisis kinerjanya sendiri di dalam kelas, tentu saja akan selalu menemukan kekuatan, kelemahan, dan tantangan pembelajaran dan pendidikan masa depan, dan mengembangkan alternatif pemecahan masalah / kelemahan yang ada pada dirinya dalam pembelajaran. Guru yang demikian adalah guru yang memiliki kepercayaan diri yang kuat.
3. Manfaat bagi
sekolah Sekolah yang para gurunya memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan atau perbaikan kinerjanya secara profesional, maka sekolah tersebut
akan berkembang pesat. Ada hubungan yang erat antara berkembangnya suatu
sekolah dengan berkembangnya kemampuan guru. Sekolah tidak akan berkembang,
jika gurunya tidak memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri. Kaitannya dengan
PTK, jika sekolah yang para
gurunya memiliki keterampilan
dalam melaksanakan PTK tentu saja sekolah tersebut akan memperoleh manfaat yang
besar, karena peningkatan kualitas
pembelajaran mencerminkan kualitas
pendidikan di sekolah tersebut.
Mencermati pembahasan manfaat penelitian tindakan kelas
diatas, secara ringkas pada dasarnya penelitian tindakan kelas memiliki
beberapa manfaat sebagai berikut :
1.
Membantu guru memperbaiki kualitas
pembelajaran
2.
Meningkatkan profesionalisme guru
3.
Meningkatkan rasa percaya diri guru
4.
Memungkinkan guru secara aktif mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan
Sumber
:
1. Sukayati.( 2008) Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta : Pusat Pengembangan dan
Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika,
2. Mohommad Ashori (2007), Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : CV Wacana Prima.
3. Aqib,
Zainal.2007. Penelitian Tindakan Kelas. YRama Widya. Bandung