"SELAMAT DATANG DI BLOG 007INDIEN SEMOGA MENDAPATKAN SESUATU YANG BERMANFAAT DI BLOG INI"

Selasa, 31 Juli 2012

Download BSE Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (Kelas 4)

 Buku BSE adalah singkatan dari Buku Sekolah elektronik. Buku BSE ini memiliki kegunaan yang sama denga kegunaan buku-buku sekolah yang lain, hanya saja dalam format yang tidak sama. Buku BSE datang dalam wujud file yang bisa untuk diunduh di website Depdiknas atau diknas dan juga beragam website lainnya. 

Buku BSE merupakan perwujudan usaha pemerintah dalam mengedepankan  dunia pendidikan Indonesia. Tidak heran jika Buku BSE dilepas dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Hal ini dimaksudkan agar setiap lapisan masyarakat dapat menikmati pendidikan tanpa biaya yang mahal. 

Buku BSE telah ada dalam berbagai macam mata pelajaran dan juga untuk setiap kelas. Anda dapat menemui buku BSE untuk putra putri Anda mulai dari kelas 1 s/d kelas 6 SD/MI, kelas 1 s/d 3 SMP/MTS dan juga kelas 1 s/d 3 SMU. Tersedia pula buku BSE untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga Madrasah.

Untuk mendowload buku BSE kelas 2 SD/MI dapat melalui link dibawah ini:



1. Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas

Pengarang: Edi Warsidi dan Farika
Penerbit: Pusat Perbukuan Diknas
Tahun: 2008
Jumlah hal : 123
Download (4,410 MB)

2. Ilmu Pengetahuan Alam
Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Pengarang: S. Rositawaty, Aris Muharam
Penerbit: Pusat Perbukuan Depdiknas
Tahun: 2008
Jumlah Hal: 212
Download (6,684 MB)

3. Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI Kelas 4


Pengarang: Poppy K. Devi, Sri Angraeni
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (2,717 MB)

4. Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Alam


Pengarang: Heri Sulistyanto, Edi Wiyono
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (5,452 MB)

5. Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Alam 4


Pengarang: Budi Wahyono, Setyo Nurachmadani
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (3,823 MB)

6. Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial 4


Pengarang: Irawan Sadad Sadiman, Shendy Amalia
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (4,800 MB)

7. Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial 4


Pengarang: Tantya Hisnu, P. Winardi
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (6,501 MB)

8. PKn
Pendidikan Kewarganegaraan


Pengarang: Resi Kartika Dewi, Wahyuningrum, Sunny Ummul.
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (0,817 MB)

9. PKn
Pendidikan Kewarganegaraan


Pengarang: Sarjan, Agung Nugroho
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (2,568 MB)

10. PKn
Pendidikan Kewarganegaraan: Menjadi Warganegara Yang Baik.


Pengarang: Prayoga Bestari, Ati Sumiati
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (3,020 MB)

11. Ilmu Pengetahuan Sosial
Cerdas Pengetahuan Sosial


Pengarang: Umi Yuliati, Retno Heni Pujiati
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (2,667 MB)

12. Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial 4


Pengarang: Tantya Hisnu, P. Winardi
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (6,501 MB)

13. Matematika
Ayo Belajar Matematika


Pengarang: Burhan, Moestaqiem, Ary Astuty
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (3,001 MB)

14. Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia


Pengarang: Umri Nur'aini, Indriyani
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (2,979 MB)

15. Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia 4


Pengarang: kaswan Darmadi, Rita Nirbaya
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (2,078 MB)

Demikian link download untuk Buku Sekolah Elektronik Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah kelas 4, semoga bermanfaat Untuk mendownload langsung dari sumbernya  di bse.kemdiknas.go.id. atau di bse.invir.com 

Senin, 30 Juli 2012

Download Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas 3

Buku BSE adalah singkatan dari Buku Sekolah elektronik. Buku BSE ini memiliki kegunaan yang sama denga kegunaan buku-buku sekolah yang lain, hanya saja dalam format yang tidak sama. Buku BSE datang dalam wujud file yang bisa untuk diunduh di website Depdiknas atau diknas dan juga beragam website lainnya. 

Buku BSE merupakan perwujudan usaha pemerintah dalam mengedepankan  dunia pendidikan Indonesia. Tidak heran jika Buku BSE dilepas dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Hal ini dimaksudkan agar setiap lapisan masyarakat dapat menikmati pendidikan tanpa biaya yang mahal. 

Buku BSE telah ada dalam berbagai macam mata pelajaran dan juga untuk setiap kelas. Anda dapat menemui buku BSE untuk putra putri Anda mulai dari kelas 1 s/d kelas 6 SD/MI, kelas 1 s/d 3 SMP/MTS dan juga kelas 1 s/d 3 SMU. Tersedia pula buku BSE untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga Madrasah.

Untuk mendowload buku BSE kelas 2 SD/MI dapat melalui link dibawah ini:

1. Bahasa Indonesia
Aku Bangga Bahasa Indonesia

Pengarang: Ismoyo
Penerbit: Pusat Perbukuan Diknas
Tahun: 2008
Jumlah hal : 105
Download (7,969 MB)

2. Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia 3

Pengarang: Mei Sulistyaningsih
Penerbit: Pusat Perbukuan Diknas
Tahun: 2008
Jumlah hal : 79
Download (0,618 MB)

3. Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas

Pengarang: Edi Warsidi dan Farika
Penerbit: Pusat Perbukuan Diknas
Tahun: 2008
Jumlah hal : 147
Download (3,727 MB)

4. Ilmu Pengetahuan Alam
Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Pengarang: S. Rositawaty, Aris Muharam
Penerbit: Pusat Perbukuan Depdiknas
Tahun: 2008
Jumlah Hal: 172
Download (5,473 MB)

5. PKn
Pendidikan Kewarganegaraan


Pengarang: Tijan, Edi Santoso, Slamet, Sumarto, Sri Untari
Penerbit: CV. Mitra Media Pustaka
Tahun: 2008

Download (1,222 MB)

6. Ilmu Pengetahuan Alam
Sains Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI


Pengarang: Sularmi, MD. Wijayanti
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (3,424 MB)

7. Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku SD/MI


Pengarang: Mulyati Arifin, Mimin Nurjani K., Muslimin
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008


Download (2,601 MB)

8. Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Alam 3


Pengarang: Priyono, Titik Sayekti
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (3,702 MB)

9. PKn
Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI


Pengarang: Purwanto, Sudianto
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download : Rapidshare (22,994 MB)

10. PKn
Pendidikan Kewarganegaraan: Menjadi


Pengarang: Prayoga Bestari, Ati Sumiati
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download : Rapidshare (15,074 MB)

11. Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial 3


Pengarang: Muh. Nur Sya'ban, Rusmawan
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (1,340 MB)

12. Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial 3


Pengarang: Sunarso, Anis Kusuma
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (2,876 MB)

13. Matematika
Cerdas Berhitung Matematika


Pengarang: Nur Fajariah, Devi Triratnawati
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (4,150 MB)

14. Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia


Pengarang: Umri Nur'aini, Indriyani
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (3,882 MB)

15. Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia 3


Pengarang: Kaswan Darmadi, Rita Nirbaya
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (2,846 MB)

Demikian link download untuk buku sekolah Elektronik Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah kelas 3, Semoga bermanfaat. Untuk mendownload langsung dari sumbernya kunjungi http://bse.kemdiknas.go.id. atau http://bse.invir.com

Minggu, 29 Juli 2012

Download BSE Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (Kelas 2)


1.
Bahasa Indonesia
Aku Bangga Bahasa Indonesia

Pengarang: Ismoyo
Penerbit: Pusat Perbukuan Diknas
Tahun: 2008

Download (7,093 MB)

2.
Bahasa Indonesia
Cinta Berbahasa Indonesia

Pengarang: Try Noviaty
Penerbit: Pusat Perbukuan Diknas
Tahun: 2008

Download (2,628 MB)

3.
Ilmu Pengetahuan Alam
Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Pengarang: S. Rositawaty, Aris Muharam
Penerbit: Pusat Perbukuan Depdiknas
Tahun: 2008
Jumlah Hal: 188
Download (5,946 MB)

4.
Matematika
Matematika 2

Pengarang: Purnomosidi - Wiyanto - Endang
Penerbit: Pusat Perbukuan Depdiknas
Tahun: 2008
Jumlah Hal: 127
Download (5,233 MB)

5. Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia Kelas 2


Pengarang: Umri Nur'aini, Indriyani
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (3,760 MB)

6. Bahasa Indonesia
Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas 2


Pengarang: H. Suyatno, Ekarini Saraswati, T. Wibowo
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (9,001 MB)

7. PKn
Pendidikan Kewarganegaraan


Pengarang: Setiati Wadihastuti, Fajar Rahayuningsih
Penerbit: PT. Pustaka Insan Madani
Tahun: 2008

Download : Rapidshare (18,351 MB)

8. Matematika
Senang Matematika untuk SD/MI


Pengarang: Buchori, Erna J,SPd., Amin Mustoha, Isti Hidayah
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (2,064 MB)

9. Ilmu Pengetahuan Alam
Mari Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 2


Pengarang: Sjaeful Anwar, Cucu Suhendar
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (6,842 MB)

10. Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Alam


Pengarang: Heri Sulistyanto, Edi Wiyono
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (3,036 MB)

11. Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Alam 2


Pengarang: Erni Zebua, Sri Purwati
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (4,502 MB)

12. Ilmu Pengetahuan Sosial
Mengenal Lingkungan Sekitar


Pengarang: Nurhadi, Hartitik Fitria Rahmawati
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download : Rapidshare (15,410 MB)

13. PKn
Pendidikan Kewarganegaraan SD

Pengarang: Lili Nurlaili
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (1,730 MB)

14. PKn
Pendidikan Kewarganegaraan


Pengarang: Sajari, Suharto
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (3,822 MB)

15. Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial


Pengarang: Tri Jaya Suranto, A. Dakir
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (4,524 MB)

16. Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu Pengetahuan Sosial 2


Pengarang: Kuswanto, Y. Suharjanto
Penerbit: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun: 2008

Download (3,192 MB)

Untuk mendownload langsung dari sumbernya  di bse.kemdiknas.go.id. atau di bse.invir.com

Sabtu, 28 Juli 2012

Berlatih Prediksi Soal UKG Online Uji Kemampuan Profesional Matematika SMP Tahun 2012



 UKG online akan dimulai secara serentak pada tgl 30 Juli 2012. Penetapan jadwal pelaksanaan UKG untuk guru untuk masing-masing jenjang secara berurutan mulai dari jenjang SMP, SMA, SMK, TK, SD, SLB ditentukan oleh LPMP. Durasi pelaksanaan UKG pada masing-masing kabupaten/kota akan berbeda-beda bergantung pada jumlah TUK dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah. Semakin banyak TUK semakin cepat pelaksanaan UKG.  
Mata uji diikuti oleh guru bersertifikat pendidik sama dengan bidang studi sertifikasi, dan dinyatakan valid oleh BPSDMPK-PMP. Sedangkan bagi guru belum bersertifikat pendidik  mata uji harus sesuai dengan bidang studi S-1/D-4 yang dimiliki..
Prediksi secara umum ada 2 jenis soal yang akan diujikan dalam uji kompetensi guru untuk Guru SD tahun ini, yaitu soal UKG kompetensi Pedagogik dan soal kompetensi profesional, dengan komposisi 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional. Tesnya berupa tes obyektif dengan pilihan ganda  4 (empat) opsi pilihan jawaban.  Jumlah butir soal maksimal  100 soal. Waktu ujian adalah  120 menit. 
Kompetensi Pedagogik merupakan salah satu jenis kompetensi yang mutlak harus dikuasai guru. Kompetensi pedagogik pada dasarnya adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi Pedagogik merupakan kompetensi khas, yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran peserta didiknya.
Kompetensi Pedagogik, mencangkup 5 aspek, yaitu:
a.       Mengenal karakteristik dan potensi peserta didik
b.      Menguasasi teori belajar & prinsip-prinsip pembelajaran efektif
c.       Merencanakan dan mengembangkan kurikulum
d.      Melaksanakan pembelajaran yang efektif
e.       Menilai dan mengevaluasi pembelajaran
Sedangkan Kompetensi Profesional mencakup 3 aspek yaitu :
a.  Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
b.      Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
c.       Konsistensi penguasaan materi guru antara content dengan performance:
  • teks, konteks, & realita
  • fakta, prinsip, konsep dan prosedur 
  •  ketuntasan tentang penguasaan filosofi, asal-usul, dan aplikasi ilmu
Silahkan Klik Link pada bagian bawah artikel ini Bagi Bapak/Ibu Guru yang ingin Berlatih Prediksi Soal UKG Online Uji Kemampuan Profesional Matematika SMP  Tahun 2012.
Semoga prediksi soal UKG yang bisa dikerjakan secara online ini bisa membantu persiapan Bapak Ibu Guru Matematika SMP. 


Untuk Berlatih Soal UKG Online Guru SD Klik Link Dibawah Ini: 


Jumat, 27 Juli 2012

7 Aspek dan 45 Indikator Kompetensi Pedagogik Guru


Kompetensi Pedagogik merupakan salah satu jenis kompetensi yang mutlak perlu dikuasai guru. Kompetensi Pedagogik pada dasarnya adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi Pedagogik merupakan kompetensi khas, yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran peserta didiknya.
Kompetensi ini tidak diperoleh secara tiba-tiba tetapi melalui upaya belajar secara terus menerus dan sistematis, baik pada masa pra jabatan (pendidikan calon guru) maupun selama dalam jabatan, yang didukung oleh bakat, minat dan potensi keguruan lainnya dari masing-masing individu yang bersangkutan.
Berkaitan dengan kegiatan Penilaian Kinerja Guru terdapat 7 (tujuh) aspek dan 45 (empat puluh lima) indikator yang berkenaan penguasaan  kompetensi pedagogik. Berikut ini disajikan ketujuh aspek kompetensi pedagogik beserta indikatornya:
A. Menguasai karakteristik peserta didik. 
Guru mampu mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses pembelajaran. Karakteristik ini terkait dengan aspek fisik, intelektual, sosial, emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya:
  1. Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya,
  2. Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran,
  3. Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda,
  4. Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya,
  5. Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik,
  6. Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarjinalkan (tersisihkan, diolok‐olok, minder, dsb).
B. Menguasasi teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran yang mendidik. 
 Guru mampu menetapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif sesuai dengan standar kompetensi guru. Guru mampu menyesuaikan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan memotivasi mereka untuk belajar:
  1. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi,
  2. Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut,
  3. Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran,
  4. Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik,
  5. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik,
  6. Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
C. Pengembangan kurikulum.
Guru mampu  menyusun silabus sesuai dengan tujuan terpenting kurikulum dan menggunakan RPP sesuai dengan tujuan dan lingkungan pembelajaran. Guru  mampu memilih, menyusun, dan menata materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik:
  1. Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum,
  2. Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan,
  3. Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran,
  4. Guru memilih materi pembelajaran yang: (1) sesuai dengan tujuan pembelajaran, (2) tepat dan mutakhir, (3) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik, (4) dapat dilaksanakan di kelas dan (5) sesuai dengan konteks kehidupan sehari‐hari peserta didik.
D. Kegiatan pembelajaran yang mendidik.
Guru mampu menyusun dan melaksanakan rancangan pembelajaran yang mendidik secara lengkap. Guru mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Guru mampu menyusun dan  menggunakan berbagai materi pembelajaran dan sumber belajar sesuai dengan karakteristik peserta didik. Jika relevan, guru memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK) untuk kepentingan pembelajaran:
  1. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya,
  2. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan,
  3. Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik,
  4. Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata‐mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju/tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yamg benar,
  5. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari‐hari peserta didik,
  6. Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik,
  7. Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif,
  8. Guru mampu audio‐visual (termasuk tik) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas,
  9. Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain,
  10. Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagaicontoh: guru menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, dan
  11. Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio‐visual (termasuk tik) untuk meningkatkan motivasi belajar pesertadidik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
E. Pengembangan potensi peserta didik.
Guru mampu  menganalisis potensi pembelajaran setiap peserta didik dan mengidentifikasi pengembangan potensi peserta didik melalui program  embelajaran yang mendukung siswa mengaktualisasikan potensi akademik, kepribadian, dan kreativitasnya sampai ada bukti jelas bahwa peserta didik mengaktualisasikan potensi mereka:
  1. Guru menganalisis hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan masing‐masing.
  2. Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing‐masing.
  3. Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis peserta didik.
  4.  Guru secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
  5. Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masing-masing peserta didik.
  6. Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing.
  7. Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang disampaikan.
F. Komunikasi dengan peserta didik. 
Guru mampu berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dan bersikap antusias dan positif. Guru mampu  memberikan respon yang lengkap dan relevan kepada komentar atau pertanyaan peserta didik:
  1. Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
  2. Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpamenginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
  3. Guru menanggapi pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
  4. Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antarpeserta didik.
  5. Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
  6. Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap danrelevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
G. Penilaian dan Evaluasi.
Guru mampu menyelenggarakan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan. Guru melakukan evaluasi atas efektivitas proses dan hasil belajar dan menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. Guru mampu menggunakan hasil analisis penilaian dalam proses pembelajarannya:
  1. Guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam RPP.
  2. Guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan akan dipelajari.
  3. Guru menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing‐masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.
  4. Guru memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.
  5. Guru memanfatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. Tulisan ini berasal dari blog akhmadsudrajat.wordpress.com

Sumber:
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2010. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru  (PKG). Jakarta.