RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan          : 
SEKOLAH DASAR 
Kelas / semester             :  1 / 2
Tema / topik                   : 
Lingkungan bersih dan sehat
Petemuan ke                  :  1
Semester                        :  2  
(dua)
Alokasi waktu                :
 1 Hari

1.      
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya 
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru 
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
B.     
KOMPETENSI
DASAR
 AGAMA
1.1  
Berdoa sebelum dan sesudah belajar, sebagai bentuk
pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah 
2.1  
Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang,
dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci 
 PPKn
1.2   Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan
beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah 
2.1  
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri  dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan
moral Pancasila 
3.3.. Mengenal tata tertib dan aturan yang  berlku dalm kehidupan sehari-hari di rumah
dan di sekolah
4.2.. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
   BAHASA
INDONESIA
1.1   Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa
Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman
bahasa daerah 
2.3   Menunjukkan perilaku pola hidup sehat (perawatan tubuh,
pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan istirahat yang cukup) dan
menyayangi makhluk hidup 
2.4   Memiliki
kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui
pemanfatan bahasa indonesia dan atau Bahasa Daerah 
2.5 Memiliki
perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan
melalui  pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah 
2.3 Memahami
isi cerita melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang lain  dengan penuh perhatian dan mengajukan
pertanyaan 
4.3   Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian 
     MATEMATIKA
2.1. Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan menata
benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun
ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar 
2.4.. Menunjukkan perilaku disiplin
tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan tanda-tanda
saat jam belajar dan jam istirahat 
3.2.. Mengenal bangun
datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada  di sekitar  
ruah, sekolah, atau tempat bermain.
4.2.. Membentuk berbagai bangun ruang dengan menggunakan
papan berpaku atau media lainnya
     PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA,
DAN KESEHATAN
2.2  
Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama
pembelajaran penjas. 
     SENI, BUDAYA,
DAN PRAKARYA 
1.1  
Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud
rasa syukur kepada Tuhan 
2.1  
Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri
dalam berkarya, bernyanyi, dan menari 
2.2  
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di
lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni 
3.2  
Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis
C.     
INDIKATOR
 AGAMA
1.      
Mengulang bacaan do’a sebelum belajar
2.      
Mengulang bacaan do’a sesudah belajar
3.      
Menyatakan dalam sikap berdo’a sebelum belajar
4.      
Menunjukkan perilaku patuh kepada orang tua
 PPKn
1.      
Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.      
Memberikan contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah.
3.      
Memberikan contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
4.      
Melaksanakan tata tertib di sekolah
BAHASA INDONESIA
1.      
Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.      
Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3.       Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri  
4.       Melafalkan
kata-kata teks doa dengan jelas
5.       Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6.      
Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7.      
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
8.      
Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
9.      
Menyebutkan nama-nama tempat dalam cerita
10.  
Menyebutkan urutan peristiwa
11.  
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
12.  
Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
13.   Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14.  
Berposisi duduk secara benar
15.  
Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
16.  
Memegang teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1.      
Menata  dengan
rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna
atau lainnya)
2.       Memilih
jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok
benda sesuai dengan beratnya
3.       Menceritakan bentuk
bangun ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.      
Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama
SENI BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.      
Memiliki kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan
Tuhan
2.      
Menjelaskan keindahan-keindahan alam dan karya seni
sebagai anugerah Tuhan
3.      
memperhatikan lingkungan sekitar secara seksama 
4.      
merawat lingkungan sekitar secara sadar
5.      
menunjukkan kepedulian pada alam lingkungan sekitar
dengan berkarya
6.      
Mengenal judul lagu dan iringannya
D.     
TUJUAN
1.      
Berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam
berinteraksi dengan guru
2.      
Berperilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku
dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
3.       Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
4.      
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
5.       Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
6.      
Menata  dengan
rapi benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya
(warna atau lainnya)
9.      
Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama
10.  
Menjelaskan keindahan-keindahan alam tentang kebersihan
lingkungan  sebagai anugerah Tuhan
E.      
MATERI
  AGAMA
1.      
Bacaan do’a sebelum belajar
2.      
Bacaan do’a sesudah belajar
3.      
Sikap berdo’a sebelum belajar
4.      
Perilaku patuh kepada orang tua
  PPKn
1.      
Dengan mengamati kegiatan sehari-hari, siswa dapat  berperilaku baik (jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.      
Dengan mengamati contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di rumah, siswa dapat berperilaku
patuh di sekolah.
3.      
Contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang
berlaku dalam kehidupan sehari  hari di
sekolah.
4.      
Dengan mengamati kegiatan sehari-hari siswa dapat menceritakan
pelaksanaan tata tertib di sekolah
  BAHASA INDONESIA
1.      
Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.      
Sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3.       Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri  
4.       Lafal
teks doa dengan jelas
5.       Lafal & 
kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6.      
Waktu mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7.      
kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
8.      
lingkungan sehat dan tidak sehat
9.      
Nama-nama tempat dalam cerita
10.  
Urutan peristiwa
11.  
Kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
12.  
Lingkungan sehat dan tidak sehat
13.   Kalimat
yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14.  
Posisi duduk secara benar
15.  
Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
16.  
Teks bacaan dengan tepat
  MATEMATIKA
1.      
Dengan mengamati cara penataan benda di sekitar,
siswa dapat menata  dengan
rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna
atau lainnya)
2.      
Dengan mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat  memilih jenis tas, wadah atau tempat
yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3.      
Dengan mengamati benda siswa dapat menceritakan bentuk bangun
ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.      
Praktik gerak melangkah ke berbagai arah berirama
SENI, BUDAYA, DAN DESAIN
1.      
Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2.      
Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah
Tuhan
3.      
Lingkungan sekitar secara seksama 
4.      
Cara merawat lingkungan sekitar secara sadar
5.      
Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6.      
Lagu  Lihat
Kebunku
F.        
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan              : Scientific
Strategi                       : Cooperative Learning
Teknik                         : Example Non Example
Metode                      :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G.       
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan 
 | 
   
Deskripsi
   Kegiatan 
 | 
   
Alokasi 
Waktu 
 | 
  
Pendahuluan 
 | 
  
1.      
  Mengajak semua siswa berdo’a
  menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
  pembelajaran) 
2.      
  Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa 
3.      
  Mengajak berdinamika dengan tepuk
  kompak 
4.      
  Mengajak Semua Siswa
  menyanyi  “SELAMAT PAGI GURU” 
5.      
  Dilanjutkan dengan bertanya
  jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di
  kalau pagi  
6.      
  Meminta informasi dari siswa
  mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya
  tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan
  pembelajaran. 
7.      
  Menginformasikan Tema yang
  akan dibelajarkan yaitu tentang  
“LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT” 
 | 
  
10 menit 
 | 
 
Inti 
 | 
  
1.      
  Menayangkan gambar tentang
  lingkungan  bersih dan sehat  dan lingkungan rumah yangtidak bersih /tidak sehat.  (eksplorasi,
  mengamati, menyimak, mendengar) 
Gambar rumah sehat mencakup
  ciri-ciri: 
·        
  Rumah kecil dengan ventilasi
  cukup 
·        
  Ada teras rumah 
·        
  Ada halaman cukup 
·        
  Taman mungil yang asri 
·        
  Tidak ada sampah yang
  bertebaran 
·        
  Di pojok halaman ada peralatan
  untuk membersihkan halaman (ember tempat air untuk menyiram tanaman, sapu
  lidi dll)  
Gambar rumah tidak sehat mencakup ciri-ciri: 
·        
  Tidak memiliki ventilasi yang
  cukup 
·        
  Tidak memiliki
  teras/berbatasan langsung dengan jalan raya 
·        
  Tidak memikliki taman atau
  tanaman hijau 
·        
  Tidak terdapat alat-alat
  kebersihan 
·        
  Tidak terawat, kotor, dan banyak
  sampah bertebaran 
Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari  hasil eksplorasi serta kemampuan  siswa  
 | 
  
150 menit 
 | 
 
2.      
  Bertanya jawab tentang
  ciri-ciri rumah  dan halaman yang sehat
  dan tidak sehat,  (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al: 
·        
  Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak sehat. 
·        
  Memberikan kesempatan kepada
  siswa lain untuk menjawab. 
·        
  Pemerataan siswa dalam
  menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja). 
·        
  Memperhatikan siswa lain yang
  tidak berani memberikan jawaban. 
·        
  Mendorong  keberanian  siswa dalam menjawab dan
  sikap siswa dalam memberikan klarifikasi  tentang benar dan
  tidaknya jawaban.  
 | 
  ||
3.      
  Guru menugaskan siswa untuk
  membaca TEKS tentang RUMAHKU (membaca, mendengar)  
4.      
  Diawali dengan memberi contoh
  cara membaca TEKS: jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang
  dibaca (mengamati/ mendengar), semua siswa menirukan cara membaca
  dengan benar 
5.      
  Selanjutnya menugaskan siswa
  secara bergantian untuk membaca TEKS 
·        
  (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca
  (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca) 
·        
  Jika ada siswa yang salah
  dalam melafalkan bacaan langsung dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa
  yang lain  
6.      
  Bertanya jawab tentang makna
  bacaan / Teks  ( menalar ) 
7.      
  Melalui pengamatan gambar
  rumah sehat siswa diminta membandingkan rumah yang bersih dan sehat dengan
  rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang bersih tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan
  menalar) 
 | 
  ||
8.      
  Guru mengelompokan siswa
  berdasarkan teman satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor merupakan penanda
  dari kelompok) 
9.      
  Siswa berkelompok sesuai dengan
  nomor yang dimiliki. 
10.  
  Guru membagi gambar kepada
  masing-masing kelompok 
11.  
  Masing-masing siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar
  dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda yang ada di lingkungan sekitar,
  yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar,
  mengkomunikasikan) 
12.  
  Siswa diminta untuk
  menceritakan hasil identifikasi kepada teman sebangku (mengkomunikasikan) 
13.  
  Setelah tercapai kesepakatan
  dengan teman sebangku, diminta untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan
  yang lain (TPS) 
 | 
  ||
Penilaian proses: 
a.      
  Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan
  tugas.  
b.     
  Menilai kerjasamanya, tanggung
  jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb) 
c.      
  Menilai dengan lembar
  pengamatan perilaku. 
 | 
  ||
Gambar-gambar untuk Example
  non Example  
Kelompok gambar kebersihan
  kelas 
·        
  Gambar kegiatan menyapu kelas 
·        
  Gambar kegiatan membersihkan
  debu 
·        
  Gambar kegiatan menata buku 
·        
  Membersihkan jendela kelas 
Kelompok gambar kebersihan
  rumah 
·        
  Gambar kegiatan menyapu rumah 
·        
  Gambar kegiatan mengepel
  lantai 
·        
  Gambar kegiatan menata tempat
  tidur 
·        
  Gambar kegiatan  membersihkan/menyapu kebun 
Kelompok  gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti
  kampung 
 
Keterangan: 
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan,
  ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan
  membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling
  membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir
  berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan
  cerminan dari sikap bertanggung jawab. 
 | 
  ||
14.  
  Semua kelompok mengamati, memikirkan
  dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari. 
15.  
  Guru memanggil salah satu
  kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),  
Memberi kesempatan kelompok
  lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya 
 | 
  ||
16.  
  Mengajak semua siswa berdiri
  dan menyanyikan lagu “banyak nyamuk dirumahku”  untuk mencairkan suasana dan kepenatan
  setelah belajar beberapa jam: 
·        
  Guru mengamati sikap siswa
  dalam menyanyikan lagu 
·        
  Memberi contoh sikap yang
  benar dalam menyanyi 
·        
  Menilai siswa dalam
  menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi,
  semangatnya dsb) 
·        
  Menggunakan format pengamatan 
 | 
  ||
17.  
  Guru mengajak bertanya jawab tentang
  makna lagu.  Bahwa salah satu dampak
  dari rumah yang tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat,
  mendatangkan penyakit. Dsb 
 | 
  ||
18.  
  Menugaskan siswa untuk
  bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan) 
 | 
  ||
       Guru
  Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses) 
 | 
  ||
19.  
  Guru dan siswa bersama-sama
  siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan sehat 
 | 
  ||
20.  
  Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa
  ditempel di papan yang 
 | 
  ||
Dilanjutkan dengan menasehati
  siswa agar membiasakan hidup sehat 
 | 
  ||
Penutup 
 | 
  
1.      
  Bersama-sama siswa membuat
  kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari 
 | 
  
15 menit 
 | 
 
2.      
  Bertanya jawab tentang materi
  yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) 
3.      
  Melakukan penilaian hasil belajar 
 | 
  ||
4.      
  Mengajak semua siswa berdo’a
  menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
  pembelajaran) 
 | 
  ||
  | 
  
H.                
SUMBER
DAN  MEDIA
·        
Diri anak
·        
Lingkungan keluarga
·        
Lingkungan sekolah
·        
Buku Tematik Kelas I
·        
Buku Pengembangan Diri Anak
·        
Video/slide/gambar tentang teknik cetak sederhana dan
bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
·        
Gambar/contoh langsung karya cetak  dengan berbagai bahan alam dan bentuk
·        
Gambar/contoh langsung hasil karya gunting, lipat dan
tempel dengan berbagai bentuk pola dan alur sederhana
·        
Buku kirigami (seni mengunting)
·        
Buku Pengembangan Diri Anak
I.         
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
 
a.      
Penilain
Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.     
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
- Instrumen Penilaian
 
a.      
Penilaian
Proses
1)  
Penilaian Kinerja
2)  
Penilaian Produk
b.     
Penilaian
Hasil Belajar
·       Pilihan
ganda
·       Isian
singkat
·       Esai
atau uraian
Mengetahui                                                                          Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah,                                                                                               
....................................................                                       ................                                    
NIP
.............................................                                       NIP  ...................
Untuk mendownload dalam format word klik : DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar