Berikut ini adalah kisi-kisi Soal Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI) UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional) Madrasah
Ibtidaiyah (MI),  Madrasah Tsanawiyah
(MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Semua mata pelajaran yang di UAMBN-kan telah
diterbitkan oleh Dirjen pendis Kisi-kisi soalnya melalui  Keputusan Dirjen pendis No. 21 tahun 2013.
Untuk
mendowload Keputusan
Dirjen pendis No. 21 tahun 2013 Tentang Ketentuan Pelaksanaan UAMBN Pendidikan
Agama Islam Dan Bahasa Arab Tingkat MI, MTsN, Dan MA Tahun 2013 dapat di
dowload melalui Link dibawah ini : 
Sedangkan untuk Kisi-kisi soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MI/Mts dan MA sebagai berikut: 
A. KISI-KISI SKI UAMBN MADRASAH
IBTIDAIYAH 
| 
   
No 
 | 
  
   
Standar Kompetensi Lulusan 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Mengenal, mengidentifikasi,
  meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Arab pra- Islam.   
 | 
  
   
·        
  Menentukan
  kebiasaan masyarakat Arab pra Islam.  
·        
  Menentukan
  kepercayaan masyarakat Arab pra Islam.  
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Mengenal, mengidentifikasi,
  meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Rasulullah SAW  
 | 
  
   
·        
  Menentukan
  kejadian luar biasa yang mengiringi kelahiran Nabi Muhammad SAW.  
·        
  Menentukan gelar Nabi Muhammad SAW pada  peristiwa peletakan
  hajar Aswad.  
·        
  Menentukan usia
  Nabi Muhammad SAW ketika menikah.  
·        
  Menentukan masa
  Nabi Muhammad SAW menerima wahyu.  
·        
  Menentukan
  salah satu sebutan bagi para sahabat Nabi Muhammad SAW 
·        
  Menyebutkan
  golongan perempuan yang pertama kali masuk Islam.  
·        
  Menyebutkan
  tempat yang digunakan Nabi Muhammad SAW untuk melakukan dakwah secara
  sembunyi-sembunyi.  
·        
  Menentukan dasar perintah berda’wah.  
·        
  Menyebutkan
  nama paman Nabi Muhammad SAW yang menentang da’wah Nabi Muhammad SAW.  
·        
  Mengidentifikasi
  sifat yang wajib dimiliki oleh para Nabi dan Rasul,  
·        
  Menentukan
  pengertian Isra’ atau Mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.  
·        
  Menyebutkan
  hikmah peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW.  
·        
  Menyebutkansahabat
  yang mengikuti hijrah Nabi Muhammad SAW ke Habsy.  
·        
  Menyebutkan
  hikmah peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah.  
·        
  Menyebutkan
  nama sahabat yang menemani Nabi Muhammad SAW ketika hijrah ke Madinah 
·        
  Menyebutkan
  nama tempat persembunyian Nabi Muhammad SAW dari kejaran kaum kafir quraisy.  
·        
  Menyebutkan
  upaya pertama yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ketika sampai di Madinah.  
·        
  Menyebutkan
  cara Nabi Muhammad SAW dalam membina kerukunan masyarakat Madinah.  
·        
  Menentukan
  peraturan yang berisi tentang prinsip-prinsip persamaan, persaudaraan, dan
  perdamaian di Madinah.  
·        
  Menentukan
  keadaan sosial kota Madinah sebelum Islam.  
·        
  Menentukan
  fungsi lembaga/bangunan yang dibentuk oleh Nabi Muhammad SAW di Madinah 
·        
  Menjelaskan
  terjadinya perang yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.  
·        
  Menjelaskan peristiwa Fathu Makkah 
·        
  Menentukan
  sahabat Nabi Muhammad SAW yang gugur pada peristiwa fathu Makkah.  
·        
  Menentukan
  wahyu yang turun saat akhir kenabian Nabi Muhammad SAW.  
·        
  Menentukan
  waktu wafatnya Nabi Muhammad SAW.  
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Mengenal, mengidentifikasi,
  meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah khulafaurrasyidin  
 | 
  
  
  | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Mengenal, mengidentifikasi,
  meneladani, dan mengambil ibrah dari perjuangan tokoh-tokoh agama
  Islam di daerah masing-masing.  
 | 
  
  
  | 
 
B. Kisi-Kisi SKI UAMBN Madrasah
Tsanawiyah (MTs) 
| 
   
No 
 | 
  
   
Standar Kompetensi Lulusan 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Memahami sejarah kebudayaan
  Islam.  
 | 
  
   
·        
  Menjelaskan
  pengertian sejarah kebudayaan Islam  
·        
  Mengidentifikasi
  bentuk/wujud kebudayaan Islam  
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Memahami Sejarah Nabi
  Muhammad SAW Periode Mekah.  
 | 
  
   
·        
  Menjelaskan
  kondisi masyarakat Arab Pra Islam.  
·        
  Menjelaskan
  misi dakwah nabi Muhammad SAW Periode Mekah.  
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Memahami sejarah Nabi
  Muhammad SAW Periode Madinah.  
 | 
  
   
·        
  Mendeskripsikan
  misi dakwah nabi Muhammad SAW Periode Madinah.  
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Memahami sejarah perkembangan
  Islam Pada Masa Khulafaurasyidin.  
 | 
  
   
·        
  Mengidentifikasi
  berbagai prestasi yang dicapaioleh Khulafaurrasyidin.  
 | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   
Memahami Perkembangan Islam
  Pada Masa Bani Umayyah.  
 | 
  
   
·        
  Menceritakan
  sejarah berdirinya Dinasti Umayyah.  
·        
  Mengidentifikasi
  nama-nama lembaga pemerintahan  padamasa
  DinastiUmayyah.  
·        
  Mengidentifikasi
  tokoh ilmuwan muslim pada masa Dinasti Umayyah.  
·        
  Mengidentifikasi
  khalifah yang mengantarkan  
·        
  DinastiUmayyah mencapa
  imasa kejayaan.  
·        
    
 | 
 
| 
   
6 
 | 
  
   
Memahami perkembangan Islam
  pada masa Dinasti Abasiyah  
 | 
  
   
·        
  Menceritakan
  proses berdirinya Dinasti Abasiyah.  
·        
  Mengidentifikasi
  tokoh-tokoh pendiri Dinasti Abasiyah.  
·        
  Mendeskripsikan
  berbagai kemajuan-kemajuan kebudayaanIslam pada masa Dinasti Abasiyah  
·        
  Mengidentifikasitokoh
  ilmuwan muslim bidang filsafat padamasaDinasti Abbasiyah.  
·        
  Mengidentifikasitokoh-tokoh
  ilmukedokteran padamasa Dinasti Abasiyah.  
·        
  Mengidentifikasitokoh
  ilmufiqihpada masaDinastiAbasiyah  
·        
  Mengidentifikasi
  tokoh ilmu tafsir pada masa Dinasti Abasiyah.  
 | 
 
| 
   
7 
 | 
  
   
Memahami perkembangan Islam
  Pada Masa Dinasti Ayyubiyah.  
 | 
  
   
·        
  Menceritakan
  biografi singkat pendiri Dinasti Ayyubiyah.  
·        
  Menjelaskan
  sejarah berdirinya Dinasti al- al-Ayyubiyah  
·        
  Mengidentifikasi
  prestasi Salahudinal-Ayyubi bagi perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti
  Ayyubiyah  
·        
  Menyebutkan
  salah satu usaha yang telah dilakukan oleh Salahudin al-Ayyubi pada masa
  Dinasti Al Ayyubiyah  
·        
  Menyebutkan
  salah satu tokoh ilmuwan muslim dalam kemajuan kebudayaan Islam pada masa Dinasti
  Ayyubiyah  
 | 
 
| 
   
8 
 | 
  
   
Memahami dan mengambil ibrah
  dari perkembangan kebudayaan Islam pada Masa Dinasti Ayyubiyah untuk Masa
  Kini dan yang akan datang.  
 | 
  
   
·        
  Menjelaskan
  keterkaitan cara Shalahuddin al-Ayyubi dalam membentengi umat Islam dari
  Kristenisasi.  
·        
  Menjelaskanibrah
  dari perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah.  
·        
    
 | 
 
| 
   
10 
 | 
  
   
Memahami Perkembangan Islam
  di Indonesia  
 | 
  
   
·        
  Menyebutkan
  bukti-bukti yang mendukung teori masuknya Islam ke Indonesia.  
·        
  Menyebutkan
  cara-cara masuknya Islamke Indonesia.   
·        
  Menyebutkan
  penyebab berkembangnya Islam di Indonesia.  
 | 
 
| 
   
11 
 | 
  
   
Memahami Tokoh-tokoh terkenal
  dalam menyebarkan Islam di  
Indonesia  
 | 
  
   
·        
  Menjelaskanperan
  tokoh Abdul Rauf Singkel  
·        
  Menyebutkantokoh-tokohWalisongo
   
·        
  Menyebutkan
  karya yang terkenal dari tokoh-tokoh yang menyebarkan Islam di Indonesia.  
·        
  Meneladani perilaku
  yang baik dari tokoh Abdul Rauf Singkel.  
·        
  Meneladani dan
  mengikuti sifatparaWalisongo.  
·        
  Meneladani
  sikap dari tokoh Muhammad Arsyad al- Banjari.  
 | 
 
| 
   
12 
 | 
  
   
Memahami tradisi dan adat di
  Indonesia.  
 | 
  
   
·        
  Menjelaskan pengertian
  tradisi Nusantara  
·        
  Menyebutkan
  contoh-contoh keseniandan adat Nusantara  
·        
    
 | 
 
| 
   
13 
 | 
  
   
Memahami bentuk dan apresiasi
  antara Tradisi dan upacara Adat di Nusantara.  
 | 
  
   
·        
  Menjelaskan
  seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisiIslam  
·        
  Menunjukkan
  contoh seni budaya lokal sebagai bagiandaritradisiIslam 
·        
  Menunjukkan bentuk
  apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuanNusantara 
·        
  Menjelaskan keterkaitan
  budaya lokaldengan tradisiIslamdi Indonesia 
·        
  Menunjukkan contoh
  kesesuaian antara tradisi dan adat yang bercorak Islam.  
·        
  Menyebutkan
  contoh tadisi Islam yang berkembang di Indonesia.  
·        
  Menyebutkan
  salah satu contoh tradisi Islam di Indonesia.  
 | 
 
C. Kisi-Kisi SKI UAMBN MA (MA Program IPA/IPS/BAHASA)
| 
   
No 
 | 
  
   
Standar Kompetensi Lulusan 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Memahami dan mengambil ibrah
  sejarah dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan Madinah, masalah
  kepemimpinan umat   
setelah Rasulullah SAW wafat  
 | 
  
   
·        
  Menentukan sejarah
  dakwah RasullulahSAW pada periode Mekah  
·        
  Menentukan usaha-usaha
  Rasullulah SAW dalam mengembangkan dakwah pada periode Mekah  
·        
  Menentukan
  orang-orang yang pertama kali masuk Islam  
·        
  Menentukan
  kerabat Nabi SAW yang melindungi dakwahnya  
·        
  Menyebutkan
  tantangan dan hambatan yang dihadapi Rasullulah dalam berdakwah pada periode
  Mekah  
·        
  Menentukansejarah
  hijrahnya Rasullulah SAW ke Madinah  
·        
  Menentukan
  strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah  
·        
  Menentukan
  peperangan yang dialami Rasulullah SAW di Madinah  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Memahami dan mengambil ibrah
  masalah kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat  
 | 
  
   
·        
  Menentukan
  proses pemilihan kepemimpinan pasca Rasulullah SAW  
·        
  Menentukan
  usaha-usaha Khulafaurrasydin dalam dakwah  
·        
  Menentukan
  sistem pemerintahan Khulafaurrasyidin  
·        
  Menentukan
  peperangan pada masa Khulafaurrasyidin  
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Memahami dan mengambil ibrah
  perkembangan Islam pada periode klasik  
 | 
  
   
·        
  Menentukan
  sistem pemerintahan Bani Umayah  
·        
  Menentukan sejarah berdirinya Bani Umayah  
·        
  Menentukan
  departemen-departemen yang dibentuk pada masa Bani Umayah  
·        
  Mennenkan perkembangan
  ilmu-ilmu Agama pada masa Bani Umayah  
·        
  Menentukan
  gelar/ sebutan para Kholifah Daulah Abbasiyah  
·        
  Menentukan
  Khalifah-Khalifah yang berjasa pada masa Bani Umayah  
·        
  Menentukan
  hasil karya Ulama'-ulama' muslim pada masa Daulah Abbasiyah  
·        
  Menentukan
  peninggalan-peninggalan Daulah Abbasiyah  
·        
  Menentukan
  kemunduran Daulah Abbasiyah  
·        
  Menentukan
  ibrah/ teladan dari para ulama'  
·        
  Menentuakan
  sebab-sebab kemunduran Islam pada masa bani Abbasiyah 
·        
  Menentukan
  keteladanan/ ibrah dari para tokoh pada masa Daulah Abbasiyah  
   | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Memahami dan mengambil ibrah
  Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan /zaman kemunduran (1250
  M – 1800 M)  
 | 
  
   
·        
  Menentuakan
  sejarah perkembangan Islam pada masa pertengahan  
·        
  Menentukan
  tokoh-tokoh pembaharu Mesir pada masa kebangkitan  
·        
  Menentukan
  usaha-usaha para tokoh pembaharu muslim  
·        
  Menentukan dua
  faktor munculnya pembaharuan Islam  
·        
  Imperialisme
  Barat terhadap dunia Islam  
·        
  Menentukan
  wilayah Islam yang runtuh akibat penjajahan Barat  
·        
  Menentukan
  usaha Barat dalam menjajah dunia Islam  
 | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   
Memahami dan mengambil ibrah
  Perkembangan Islam di dunia dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
  perkembangan Islam di Indonesia  
 | 
  
   
·        
  Menentukan
  cara-cara masuknya Islam di Indonesia  
·        
  Menentukan
  Kerajaan-kerajaan Islam awal di Sumatera  
·        
  Menentukan
  walisongo yang berdakwah dengan kesenian  
·        
  Menentukan
  nama/ gelar para Walisongo  
·        
  Menentukan
  hasil karya Walisongo  
·        
  Menentukan
  munculnya Organisasi Islam Awal di Indonesia  
·        
  Menentukan
  Lembaga-lembaga Islam Modern  
 | 
 
| 
   
6 
 | 
  
   
Memahami dan mengambil ibrah
  Perkembangan Islam di dunia dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
  perkembangan Islam di dunia  
 | 
  
   
·        
  Menentukan
  perkembangan Islam di Eropa  
·        
  Menentukan
  perkembangan Islam di Asia Tenggara  
·        
  Menentukan
  ibrah dari perkembangan Islam di dunia  
 | 
 
 Untuk mendapat Kisi-Kisi
Soal Al-Qur’an-Hadis,
Kisi-kisi Soal Aqidah Akhlak, Kisi-kisi Soal Bahasa Arab, Kisi-kisi soal Fiqih,
Kisi-kisi Soal Sejarah Kebudayaan Islam Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional  (UAMBN) 
MI, MTs dan MA Tahun Pelajaran 2012/2013 secara lengkap dapat di
download dengan cara MENGKLIK LINK DIBAWAH INI:
Untuk siswa
Sekolah dasar dapat juga mendowload kisi-kisi USBN Pendidikan Agama Islam
Melalui Link Dibawah INI : 
Baca Juga Artikel Pendidikan
Lainnya : 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar