MATA
PELAJARAN
Mata Pelajaran : ANTROPOLOGI
Jenjang :
SMA/MA
Program Studi : BAHASA
PELAKSANAAN
Hari/Tanggal :
Jam :
PETUNJUK
UMUM
UN Antropologi SMA/MA Tahun 2013 |
1. Isikan identitas Anda ke dalam lembar
Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang terssedia dengan menggunakan pensil 2B
sesuai petunjuk di LJUN.
2. Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian
pada LJUN
3. Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan
paket tes tersebut.
4. Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap
butir terdapat 5 (lima) pilihan jawaban
5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda
menjawabnya.
6. Laporkan kepada pengawas ujian apabila
terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator,
HP, table matematika atau alat bantu hitung lainnya.
8. Periksalah pekerjaan Anda sebelum
diserahkan kepada pengawas ujian.
9. Lembar soal boleh dicorat-coret untuk
mengerjakan hitungan.
PILIHAN GANDA
1.
Perhatikan
hal-hal dibawah ini!
(1)
merenovasi
istana Pagaruyung yang terkena gempa bumi
(2)
sistem
kekerabatan matrilineal yang diwariskan
(3)
menyuguhkan
wisatawan dengan tari piring
(4)
teluk
bayur merupakan legenda budaya leluhur
Yang
merupakan wujud aktivitas budaya local
orang Minangkabau adalah nomor ….
A.
(1)
dan (2)
B.
(1)
dan (3)
C.
(2)
dan (3)
D.
(2)
dan (4)
E.
(3)
dan (4)
2.
Pengaruh
positif budaya asing yang terdapat dalam kehidupan masyarakat yaitu ….
A.
taat
kepada aturan agama
B.
berorientasi
ke masa lalu
C.
pasrah
kepada nasib
D.
mementingkan
diri sendiri
E.
berorientasi
ke masa depan
3.
Generasi
muda Indonesia dalam berbudaya sering mengikuti model dari negara barat. Dalam hal ini
generasi muda Indonesia tersebut telah membuat perubahan budaya melalui proses ….
A.
discovery
B.
invention
C.
inovasi
D.
modernisasi
E.
westernisasi
4.
Dampak
positif dari adanya hubungan antar budaya yang terdapat dalam masyarakat
yaitu .…
A.
memperluas
cakrawala masyarakat tentang budaya
B.
menghilangnya
budaya asli bangsa Indonesia
C.
munculnya
konflik sosial yang tak terhindarkan
D.
dapat
menambah keanekaragaman budaya daerah
E.
bertambahnya
perbendaharaan kata dalam bahasa Indonesia
5.
Manusia
baik manusia tradisional maupun manusia modern memiliki rasa tidak puas,
misalnya tidak puas dengan materi yang sudah dimiliki. Rasa tidak puas tersebut
merupakan factor pendorong adanya .…
A.
internalisasi
budaya
B.
integrasi
budaya
C.
dinamikaka
budaya
D.
relativitas
budaya
E.
karakteristik
budaya
6.
Perhatikan
pernyataan berikut:
(1)
dapat
diuji kebenarannya
(2)
digunakan
oleh masyarakat setempat
(3)
berlaku
universal
(4)
bersifat
subyektif
Berdasarkan pernyataan tersebut di atas
yang merupakan syarat pengetahuan adalah nomor
.…
A.
(1)
dan (2)
B.
(1)
dan (3)
C.
(2)
dan (3)
D.
(2)
dan (4)
E.
(3)
dan (4)
7.
Seorang
ibu menceritakan pengalaman hidupnya
kepada tokoh adat Baduy dengan bahasa
Sunda kepada anaknya. Dalam hal ini bahasa berfungsi untuk ….
A.
alat untuk memaksakan peraturan atau adat cerita kepada
orang lain
B.
alat untuk menentukan suatu kekuasaan
C.
alat menyampaikan
pesan, cerita kepada orang lain
D.
alat untuk menentukan suatu adat istiadat
E.
alat untuk mengembangkan iptek yang ada
8.
Perhatikan
pernyataan dibawah ini!
(1)
kurang
interaksi dengan masyarakat lain
(2)
terlalu
mengagungkan tradisi
(3)
adanya
penemuan baru
(4)
rasa
tidak puas terhadap sesuatu
(5)
adanya
penyimpangan nilai yang ada
Setiap kebudayaan selalu berubah. Perubahan merupakan salah satu sifat dari
kebudayaan. Dari pernyataan diatas,
yang merupakan factor pendorong perubahan budaya adalah ….
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (3) dan (5)
C. (2), (3) dan (4)
D. (2), (4) dan (5)
E.
(3),
(4) dan (5)
9.
Tindakan
yang dapat menghambat proses integrasi nasional adalah .…
A.
memakai baju batik setiap hari jumat bagi pegawai
B.
hilangnya
kebanggaan sebagi sebuah bangsa
C.
menyanyikan lagu Indonesia raya pada kegiatan formal
D.
adanya
intervensi pihak asing
E.
mengenakan
kopiah hitam ketika ibadah haji
10.
Perhatikan
pernyataan berikut:
(1)
mempertahankan
bahasa
(2)
melanjutkan
ekonomi keluarga
(3)
melanggengkan
kekuasaan
(4)
melanjutkan
keturunan
Berdasarkan pernyataan tersebut di atas
yang termasuk tujuan pewarisan budaya pada masyarakat modern adalah nomor ….
A.
(1)
dan (2)
B.
(1)
dan (4)
C.
(2)
dan (3)
D.
(2)
dan (4)
E.
(3)
dan (4)
11.
Perhatikan
ciri-ciri di bawah ini:
(1)
menggunakan
bahasa ibu ketika berkomunikasi
(2)
bercakap-cakap
secara informal
(3)
logis
dalam percakapan
(4)
berkomunikasi
secara formal
Berdasarkan pernyataan tersebut di atas
yang termasuk ciri-ciri bahasa yang digunakan di pasar ditunjukkan oleh nomor ….
A.
(1)
dan (2)
B.
(1)
dan (4)
C.
(2)
dan (3)
D.
(2)
dan (4)
E.
(3)
dan (4)
12.
Orang
Jawa dialek Tegal dapat berkomunikasi dengan orang Jawa berdialek Jogja. Dari
contoh ini memberi arti bahwa…….
A.
bahasa
merupakan alat pemersatu bangsa yang
berbeda-beda
B.
bahasa
merupakan aspek keragaman budaya
universal di masyarakat
C.
dialek
Jogja merupakan salah satu aspek keunikan orang Indonesia
D.
dialek Jogja
memiliki kesamaan pengucapan dengan dialek Banyumasan
E.
dialek
Jogja merupakan salah satu aspek keragaman pengucapan bahasa Jawa
13.
Jika
lomba cerita dongeng atau pantun yang dipubliksikan melalui stasiun TVRI ke
peloksok wilayah nusantara akan berdampak positif bagi pelajar. Dalam uraian tersebut di atas bahwa tradisi
lisan berfungsi ….
A.
alat
pengembangan budaya setempat
B.
alat pengesahan
pranata-pranata yang ada
C.
sebagai alat
pewaris suatu nilai atau norma
D.
sebagai alat
pengawas dan pemaksa norma-norma masyarakat
E.
sebagai
alat pendidik anak
14.
Di antara keluarga
dalam suatu masyarakat yang belum mengenal tulisan salah satu jenis tradisi
lisan yang mudah disampaikan dan cepat
difahami adalah melalui ....
A. Mite
B. Legenda
C. Dongeng
D. Petuah
E. Nasehat
15.
Perhatikan hal-hal dibawah
ini!
(1) Tangkuban Perahu
(2) Tujuh Manusia Harimau
(3) Si Kabayan
(4) Mak Lampir
Dari
beberapa tradisi lisan diatas, tradisi lisan yang berasal dari Legenda
Masyarakat Sumatra adalah…..
- A. (1) dan (2)
- B. (1) dan (3)
- C. (2) dan (3)
- D. (2) dan (4)
- E. (3) dan (4)
16.
Dampak
berkembangnya IPTEK terhadap perkembangan tradisi lisan antara lain adalah ....
A. lomba
pantun diwajibkan bagi daerah perbatasan
B. lomba
mengarang lagu daerah antar siswa di satuan pendidikan
C. para
warga masyarakat rela mendirikan sanggar seni daerah
D. lomba cerita lisan wajib ditayangkan di
televisi swasta nasional
E. lagu daerah yang terkenal di kirim
ke mancanegara
17.
Perhatikan
pernyataan berikut ini:
(1)
mengadakan
lomba atau cerita secara berulang-ulang
(2)
menjual
buku-buku tradisi lisan ke masyarakat
(3)
memfasilitasi
pertunjukkan seni tradisional
(4)
menghargai
keturunan penulis tradisi lisan
Yang merupakan faktor penyebab kelangsungan tradisi lisan lewat
pendidikan non-formal adalah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
18.
Perhatikan
pernyataan berikut ini:
(1)
kulit
pucat
(2)
mata
sipit
(3)
mata
bulat
(4)
rambut
keriting
Yang merupakan ciri fisik
ras Austronesia (Mongoloid) pada pernyataan di atas ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
19.
Karakteristik
bahasa Papua yang ada kaitannya dengan pola kalimat berdasarkan sudut pandang
fonologi yaitu ….
A. O.P.S
(objek, predikat, subjek)
B. O.S.P
(objek,subjek, predikat)
C. S..P.O
(subjek,predikat, objek)
D. P.S.O
(predikat, subjek, objek)
E. S.O.P
(subyek,objek, predikat)
20.
Asal
usul dasar penyebaran bahasa Austronesia adalah ….
A. Taiwan
B. Madagaskar
C. India
D. Tiongkok (China)
E. Filipina
21.
Perhatikan
peta di bawah ini
Secara genealogis wilayah persebaran bahasa Papua yang didiami suku
Asmat adalah nomor ….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4).
E.
(5)
22.
Dalam
sejarah perkembangan seni patung, bahwa patung leluhur itu sangat penting
dibuat, alasannya adalah untuk ....
A. seni
patung leluhur wajib dibuat akibat pengaruh Hindu dan Budha
B. menggambarkan ikatan kekerabatan yang
tinggi karena status social mereka sama
C. warisan leluhur yang pasti dipertahankan
kepada generasi berikutnya
D. seni patung leluhur wajib dibuat karena
terbuat dari batu yang dipahat
E. menggambarkan ikatan antara yang hidup
dengan nenek moyang mereka
23.
Berdasarkan
periodisasinya tokoh angkatan pujangga baru yang berorientasi ke barat dan
berorientasi ke Timur yaitu ....
Orientasi Barat
|
Orientasi Timur
|
|
A
|
Sutan Takdir
Alisyahban
|
Sanusi Pane
|
B
|
Chairil Anwar
|
Taufik Ismail.
|
C
|
Merari Siregar
|
Marah Rusli
|
D
|
Armyn Pane
|
Amir Hamzah
|
E
|
Marah Rusli
|
Chairil Anwar.
|
24.
Perhatikan
contoh berikut ini:
1.
pemilihan hari bersifat sakral
2. hari jumat adalah hari yang baik
3.
penampilan bersifat estetis
4.
menggunakan seperangkat sesaji
Dari pernyataan
tersebut di atas,fungsi ritual seni pertunjukkan adalah nomor ....
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
1 dan 4
D.
2 dan 3
E.
3 dan 4
25.
Contoh seni pertunjukkan yang berfungsi sebagai sarana ritual dengan sarana hiburan
pada tabel di bawah ini adalah ....
Sarana ritual
|
Sarana hiburan
|
|
A
|
Tari Gambyong
Pareanom
|
Dramatari
calonarang
|
B
|
Hudoq
|
Ronggeng
Melayu
|
C
|
Ketoprak
|
Wayang golek
|
D
|
Tari Kecak
|
Tari Hudoq
|
E
|
Wayang wong
|
Tari Jaipongan
|
26.
Salah
satu bentuk kepedulian masyarakat terhadap perkembangan seni pertunjukkan di
daerah tertentu yang terkait dengan pewarisan budaya leluhur antara lain ....
A. mendirikan
sanggar tari tradisional di luar negeri
B. memberikan
piala citra bagi artis film terkenal
C.
menyelenggarakan festival patung ondel-ondel
D. membuat wadah organisai seni secara permanen
E. memberikan penyuluhan pada perajin batik tulis
27.
Perhatikan
pernyataan berikut ini :
(1)
percaya adanya dewa-dewa
(2)
percaya bahwa batu akik/keris mempunyai kekuatan
(3) percaya bahwa roh ada di amana-mana
(4) tumbuhan/binatang digunakan sebagai tempat
pemujaan
Pernyataan diatas yang termasuk ciri kepercayaan
dinamisme dan animisme adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)
28.
Perhatikan
pernyataan berikut ini :
(1)
sawah sudah beralih jadi perumahan terpaksa kebun
dijadikan lahan persawahan
(2) karena padi banyak terkena hama wereng
maka diganti dengan menanam tebu
(3) dulu membajak menggunakan kerbau diganti
dengan tenaga mesin
(4) membiarakan lahan persawahan kosong pada
waktu musim kemarau
(5) menanam padi dengan diiringi sesajen oleh
petani penggarap
Pernyataan diatas yang
termasuk unsur-unsur kepercayaan /religi adalah nomor...
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (5)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)
29.
Perhatikan beberapa
pernyataan di bawah ini !
(1) keberadaannya bersifat mutlak dan tahan uji terhadap kritik rasional manusia
(2) ajarannya melalui perantaraan para
rasul
(3) kitab sucinya didasarkan kepada filsafat
tertentu
(4) kebenaran ajarannya seringkali tidak tahan
uji secara rasional
Pernyataan diatas yang
menunjukkan unsur-unsur kepercayaan terdapat pada nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (3)
E. (3) dan (4)
30.
Pada
tabel berikut perbedaan antara agama wahyu dengan agama bumi ditinjau
berdasarkan sumbernya adalah ....
Agama wahyu
|
Agama bumi
|
|
A
|
ahli agama
|
ahli adat
istiadat
|
B
|
kitab suci
|
peraturan
manusia
|
C
|
warisan nenek
moyang
|
warisan orang
tua
|
D
|
berasal dari
Tuhan (Illhi)
|
hasil ciptaan
manusia
|
E
|
manusia yang
suci
|
Nabi atau
Rasul
|
31.
Perhatikan
tabel di bawah ini !
Agama Wahyu
|
Agama Bumi
|
||
1.
2.
3.
4
5
|
ajarannya mengandung banyak
tafsir
mempunyai kitab suci
berdasarkan wahyu Tuhan
konsep ketuhanannya politheisme
t
sistem berpikirnya sama dengan
sistem berpikir masyarakat penganutnya
tidak terpengaruh oleh
perubahan masyarakat
|
1.
2.
3.
4
5
|
ajarannya tegas dan jelas
mempunyai kitab suci
berdasarkan wahyu Tuhan
konsep ketuhanannya monotheisme
sistem berpikirnya sama dengan
sistem berpikir masyarakat penganutnya
dapat terpengaruh oleh
perubahan masyarakat
|
Berdasarkan
tabel diatas yang merupakan perbedaan pokok agama wahyu dengan agama bumi yang
terkait tahan uji kepada hal-hal tertentu terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
32.
Perbedaan
religi dengan kepercayaan dalam hal asal muasal pada tabel di bawah ini adalah
....
Religi
|
Kepercayaan
|
A. percaya
kepada dewa.
B. percaya
kepada kekuasaan sakti.
C.
mempercayai dewa yang jahat.
D. manusia percaya adanya Tuhan.
E. mengenal dunia gaib.
|
A. percaya kepada Tuhan.
B. patuh dan taat pada nabi.
C.
mengetahui adanya utusan Tuhan.
D.
manusia mengenal makhluk2 halus.
E.
menyetujui adanya hari kiamat
|
33.
Perhatikan
pernyataan berikut ini :
(1)
upacara di pure berjalan tertib dan damai
(2)
patung dan salib dijadikan symbol penebus dosa manusia
(3) seorang muslim khususk sholatnya di masjid
(4) komunitas keagamaan terpupuk
solidaritasnya ketika upacara
Pernyataan diatas yang termasuk unsur pokok emosi keagamaan adalah nomor ....
- (1) dan (2)
- (1) dan (3)
- (1) dan (4)
- (2) dan (3)
- (3) dan (4)
34.
Salah
satu upaya untuk menghadapi keberagaman agama agar tidak terjadi perselisihan /
konflik yaitu ....
A.
menerima bantuan sarana ibadah
B. melakukan pertukaran antar tokoh agama
C. mengikuti upacara keagamaan saling
bergantian
D.
mengirim tokokh agama demi syariat agama
E.
munsyawarah serta mufakat sesama tokoh agama
35.
Fungsi agama bagi masyarakat yang berkaitan dengan
pengawasan sosial yaitu ....
A.
larangan
untuk mencuri hak orang lain yang bukan miliknya
B.
menyeleksi
baik dan buruknya kadar keyakinan masyarakat
C.
mendekati
tokoh masyarakat agar pelaksanaan ibadah efektif
D.
penanaman
budi pekerti secara optimal pada anak usia dini
E.
menganjurkan
umat manusia untuk peka terhadap lingkungan sekitar
36.
Salah satu hambatan
sosial dalam pengembangan iptek yaitu ....
A.
hubungan
masyarakat dengan inovasi teknologi yang ada semakin efektif digunakan
B.
masysrakat
dan kebudayaan akan harmonis dengan adanya inovasi teknologi yang ada
C.
hubungan
antara individu dan inovasi teknologi bertentangan dengan pranata sosial yang ada
D.
membuat
pengetahuan baru bagi masyarakat sehingga teknologi dapat berkembang pesat
E.
hubungan
antara individu dan inovasi teknologi saling mendukung demi kemajuan masyarakat
37.
Penayangan
seni budaya berbagai daerah di Nusantara melalui televisi besar perannya bagi
pengembangan budaya bangsa di bidang
pendidikan karena dapat berpengaruh positif yaitu ....
- A. menimbulkan rasa kecewa terhadap budaya sendiri
- B. mendidik masyarakat dalam penyerapan nilai-nilai budaya
- C. menjadi lemh budaya nasional dengan hadirnya budaya asing
- D.menjadi lemah budaya nasional dengan kemajuan budaya asing
- E. mendorong sikap tidak senang kepada budaya asing
38.
Perhatikan
pernyataan di bawah!
(1)
sikap
pasrah terhadap suatu keadaan
(2)
menolak
semua perubahan
(3)
percaya
pada ilmu dan teknologi
(4)
terbuka
terhadap pembaharuan
Proses yang dapat mempercepat penerapan
iptek pada masyarakat ditunjukkan oleh pernyataan
nomor ....
A.
(1)
dan (2)
B.
(1)
dan (3)
C.
(2)
dan (3)
D.
(2)
dan (4)
E.
(3)
dan (4)
39.
Beberapa
cara pemecahan masalah dalam menanggulangi dampak negatif perkembangan iptek
yang terkait di bidang ekonomi antara lain ....
A.
memberikan bantuan kepada petani dengan bunga rendah
B.
memberi pelatihan kepada warga untuk mendirikan
koperasi
C.
mendirikan proyek padat karya di desa-desa terpencil
D.
mendirikan pabrik baru dilokasi pemukiman warga
E. memberikan layanan gratis kepada warga
miskin
40.
Salah satu contoh cara menghargai
iptek terkait program intensifikasi pertanian di pedesaan yaitu ….
A.
memperluas area pesawahan secara paksa
B.
meningkatkan produksi padi dengan cepat dan
tahan lama
C.
meningkatkan nasib petani melalui pemberian
mesin pemotong padi
D.
menambah
pendapatan dan penghasilan daerah ketika
panen
E.
meningkatkan lahan pertanian agar petani makmur
41.
Pengertian
etnografi yang tepat yaitu ....
- gambaran suku bangsa yang ada di dunia dibandingkan dengan kehidupan orang tradisional ketika beradaptasi dan tinggal di perkotan
- siklus kehidupan manusia yang secara rutin diwariskan kepada generasi berikutnya sepanjang masa dalam kehidupan manusia
- menggambarkan sekelompok masyarakat yang dianggap terpinggirkan kehidupannya atau untuk melukiskan kehidupan yang sesungguhnya
- praktik penelitian yang dilakukan peneliti untuk mengetahui kehidupan manusia dalam menjag keutuhan manusia
- cara untuk melukiskan pengetahuan tentang kebudayaan suatu masyarakat tertentu dalam kurun waktu tertentu
42.
Jika dalam
penelitian kuantitatif yang menggunakan model survey kita kenal dengan istilah
responden, maka dalam penelitian kualitatif dalam studi etnografi kita kenal
dengan istilah ....
A. mata-mata
B. jaringan
C. actor
intelektual
D. informan
E. detektif
43.
Perhatikan
pernyataan berikut ini :
(1) informan
menjadi subyek penelitian secara sukarela
(2) keberhasilan antropoloog untuk diterima di
masyarakat
(3) pandangan
si peneliti tentang proses penelitian
(4) pandangan
masyarakat yang sedang diteliti
Dari pernyataan tersebut diatas cara pandang emik
dan etik dalam metode etnografi adalah nomor ....
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (3)
D.
(2) dan (4)
E.
(3) dan (4)
44.
Seorang
antropolog tidak akan terpaku dan terikat hanya pada pertanyaan-pertanyaan yang
telah dibuat sebelumnya ketika meneliti didaerah tertentu, namun dapat
mengembangkan sesuai jawaban informan di lapangan. Jika disimpulkan teknik
pengumpulan data dari penjelasan ini termasuk
....
A. observasi
B. wawancara
mendalam
C. catatan lapangan
D. angket
E.
survey
45.
Salah
satu contoh studi etnografi dalam sistem religi di Indonesia antara lain ….
A.
pelaksanaan
khotbah sebelum sholat jumat dilakukan
B.
zakat
penghasilan diberikan di bulan ramadhan
C.
sang
hyang dewi sri perlu diupacarakan oleh petani
D.
memasang
bendera putih ketika pindah rumah
E.
cukur
rambut ketika bayi berusia 40 hari
46.
Perhatikan
pernyataan berikut:
(1)
bahasa alat komunikasi yang efektif
(2)
semua kegiatan manusia mudah dipahami dengan bahasa
(3)
menunjukkan jati diri sesorang terlihat dengan
bahasanya
(4)
struktur bahasa dapat dikukur melalui kosa kata
Berdasarkan
pernyataan tersebut diatas yang termasuk fungsi etnolinguistik yaitu nomor ….
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (4)
C.
(2)
dan (3)
D.
(2) dan (4)
E.
(3) dan (4)
47.
Perhatikan
peta di bawah ini
Suku bangsa di
atas yang ditunjukkan oleh nomor 2 dan 3 adalah ....
- Suku bangsa Batak dan Jawa
- Suku bangsa Jawa dan Dayak
- Suku bangsa Papua dan Toraja
- Suku bangsa Dayak dan Jawa
- Suku bangsa Dayak dan Toraja
48.
Perhatikan
pernyataan di bawah ini:
(1) Tagalog
(2) Muna
(3) Melayu
(4) Wolio
Berdasarkan
pernyataan tersebut di atas bahasa yang
mudah ditemui di wilayah Sulawesi Tenggara sebagai rumpun bahasa dengan sistem
diathesis campuran dengan persesuaian pronominal yaitu nomor ....
- (1) dan (2)
- (1) dan (4)
- (2) dan (3)
- (2) dan (4)
- (3) dan (4)
49.
Salah satu wujud
komunikasi hasil kajian etnografi yang terkait dengan isi artikel yaitu ....
A.
rujukan bersifat proposional
B.
menjawab semua masalah yang diteliti
C.
mengetahui karakteristik peneliti
D. tersusun dengan kalimat panjang
E.
judul artikel hendaknya informatif
50.
Salah
satu manfaat laporan studi etnografi dalam kaitannya dengan proses pembelajaran
di sekolah antara lain ....
A. menguntungkan peneliti demi peningkatan
profesinya
B. melatih siswa untuk menyenangi penelitian
ilmiah
C. menguntungkan budaya lokal karena
seringnya diteliti
D. memberikan kemudahan bagi peserta didik
dalam mengerjakan tugas
E. mempermudah perkembangan ilmu antropologi
modern
Untuk mendapatkan soal Try Out UN SOSIOLOGI
SMA/MA Program IPS Tahun Pelajaran 2013/2014 SECARA
LENGKAP dapat mendownload file dalam
format word, silakan Klik link dibawah ini:
jawabannya mana kontol
BalasHapus