MATA
PELAJARAN
Mata Pelajaran          : BAHASA INDONESIA
Jenjang                       :
SMA/MA
Program Studi           : IPS
PELAKSANAAN
Hari/Tanggal               :  
Jam                              :  
                                                              PETUNJUK
UMUM
![]()  | 
| UN Bahasa Indonesia IPS SMA/MA Tahun 2013 | 
1.      Isikan identitas Anda ke dalam lembar
Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang terssedia dengan menggunakan pensil 2B
sesuai petunjuk di LJUN.
2.      Hitamkan bulatan di depan nama mata ujian
pada LJUN
3.      Tersedia waktu 120 menit untuk mengerjakan
paket tes tersebut.
4.      Jumlah soal sebanyak 50 butir, pada setiap
butir terdapat 5 (lima) pilihan jawaban
5.      Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda
menjawabnya.
6.      Laporkan kepada pengawas ujian apabila
terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7.      Tidak diizinkan menggunakan kalkulator,
HP, table matematika atau alat bantu hitung lainnya.
8.      Periksalah pekerjaan Anda sebelum
diserahkan kepada pengawas ujian.
9.      Lembar soal boleh dicorat-coret untuk
mengerjakan hitungan.
PILIHAN GANDA
Pilihlah satu jawaban yang
paling benar!
   Paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1
dan 2. Bacalah dengan saksama!
(1) Benda cagar budaya di Indonesia menjadi incaran
  kolektor.  (2) Salah satu benda tersebut adalah area
  tokohnya Budha yang sedang duduk bersila dengan kedua telapak tangan di atas
  paha. (3) Candi Borobudur merupakan benda yang tidak ternilai. (4) Penawaran
  sempat dibuka dengan harga US$300,000 atau sekitar tiga milar.  (5)           Harga
  selangit itulah yang ditawarkan Balai Lelang Christie's di New York. 
 | 
 
1.   Kalimat utama paragraf
tersebut adalah nomor ….
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)
2.   Kalimat yang tidak padu dalam paragraf tersebut
adalah nomor ….
A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)
Teks berikut untuk menjawab soal nomor
3 s.d. 5. Bacalah dengan saksama!
(1)
    Dengan kuatnya pengaruh makanan terhadap
  terjadinya kanker, wajar jika vegetarian lebih jarang menderita kanker
  dibanding dengan orang yang tidak mengatur pola makannya. (2) Sebuah studi
  yang dilakukan di Jerman menunjukkan bahwa kematian akibat kanker pada
  seorang pria vegetarian lebih rendah 52% dan pada wanita  26% dibandingkan dengan populasi pada
  umumnya. (3) Semakin lama seseorang menjadi vegetarian, efek untuk mengalami
  penyakit kanker akan semakin berkurang. (4) Rendahnya resiko kanker pada
  seorang vegetarian berkaitan dengan dua hal yaitu vegetarian tidak
  mengonsumsi daging terutama daging merah dan mengonsumsi bahan makanan nabati
  seperti sayuran dan buah. (5) Pada prinsipnya, makanan yang berasal dari
  tumbuhan, baik sayur, buah, maupun kacang-kacangan yang dikonsumsi oleh
  seseorang mampu melindunginya dari kanker. 
 | 
 
3.   Ide pokok paragraf tersebut
adalah … .
A.    kanker dan pola makan yang
salah
B.     efek kanker terhadap
vegetarian
C.     pengaruh makanan terhadap
kanker
D.    vegetarian tidak mudah
menderita kanker
E.     vegetarian mampu melindungi
kanker
4.   Fakta dalam paragraf tersebut
terdapat pada kalimat nomor ….
A.    (1)  
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)
5.   Kalimat pertanyaan yang sesuai
dengan isi paragraf tersebut adalah …
A.    Bagaimana upaya penderita
kanker mengatasi penyakitnya?
B.     Mengapa  vegetarian jarang
menderita penyakit
kanker?
C.     Apakah penderita kanker dapat mengonsumsi daging merah?
D.    Apakah para vegetarian
dipastikan tidak menderita kanker?
E.     Mengapa pengonsumsi daging merah mudah terkena kanker?
Paragraf berikut untuk menjawab soal
nomor 6 dan 7. Bacalah dengan saksama!
Usianya kisaran enam puluh tahun. Ia seorang ibu
  dari enam orang anak dengan sepuluh cucu. Empat anaknya sudah bekerja dan dua
  anak terakhir masih duduk di bangku SMA. Akan tetapi, siapa menyangka
  Ibu Nur menghidupi mereka dari bekerja sebagai pekerja kebersihan yang sudah
  dijalaninya lebih dari lima belas tahun. Suaminya sedari muda bekerja sebagai
  tukang bangunan, namun kini saat usianya sudah lanjut ia tidak lagi sanggup bekerja. Tinggallah ibu Nur ini yang bergerak mencari nafkah
  untuk menghidupi keluarganya dari pukul
  06.00 WIB 
  hingga pukul 15.00 WIB. Itu dilakukannya setiap hari tanpa hari
  libur. 
Kompasiana.com, 9 Augustus  2012 
 | 
 
6.      Kalimat simpulan paragraf
tersebut adalah nomor … .
A.               
Ibu Nur berumur enam puluh tahun.
B.                
Ibu Nur bekerja sejak usia muda.
C.                
Ibu Nur memiliki sepuluh cucu.
D.               
Ibu Nur pekerja keras.
E.                
Ibu Nur mempunyai enam orang anak
7.       
Mengapa Ibu  Nur perlu
bekerja dari pukul 06.00
WIB  hingga pukul 15.00 WIB setiap hari? Jawaban yang tepat sesuai
dengan isi paragraf tersebut  karena ...
A.                         
Usia suami Bu Nur  sudah
lanjut sehingga  Bu Nur harus
menggantikannya.
B.                          
Usia Bu Nur masih lebih muda daripada suaminya yang tidak sanggup
bekerja.
C.                          
Bu Nur harus menghidupi keenam anaknya dan dua  orang masih bersekolah.
D. 
Bu Nur sudah terbiasa bekerja menghidupi  kebutuhan hidup keluarganya. 
E.  
Bu, Nur ingin menghidupi keluarganya karena suaminya sudah tidak
bekerja.
Paragraf berikut untuk menjawan soal
nomor 8 – 9. Bacalah dengan
saksama!
Keyakinan India untuk bersikukuh terkait pentingnya  pembuatan aturan hukum 
(rule of low) dalam demokrasi menyampaikan pesan jelas kepada kita. Jangan pernah menghilangkan harapan untuk menggunakan ruang demokrasi sebagai jalan memberantas korupsi dan kolusi, berapapun panjang dan melelahkan. Syaratnya adalah keterlibatan aktif dari seluruh warga negara. Citoyen adalah pemilik sah negara dan sekaligus tunduk terhadap aturan hukum yang dibuat negara tersebut. Penulis teringat akan pernyataan Erhard Eppler (2010), bahwa demokrasi harus berlandaskan pada konsep warga negara. Negara itu bukan dimiliki para petingginya, tetapi oleh warga negaranya.  | 
 
8.   Arti istilah “kolusi”  dalam paragraf
tersebut adalah … .
A.  persengkongkolan
B.  kerja sama semu
C.  mencuri ide
D.  merampas hak
E.   melanggar peraturan
9.      Tujuan penulis dalam paragraf
tersebut adalah  ….
A. 
berharap masih ada peluang untuk
memberantas korupsi dan kolusi
B. 
mengajak keaktifan seluruh warga untuk
memberantas korupsi
C. 
mengajak memberantas kejahatan walaupun
panjang dan melelahkan
D. 
mengajak memberantas korupsi menggunakan
ruang demokrasi
E.  
menegaskan bahwa negara dimiliki oleh
warga negara bukan oleh petingginya
10.   
Bacalah dengan saksama!
 Cerpenis asal
  Yogyakarta yang lahir di Boston, Amerika Serikat, pada 19 Juni 1958 ini
  bernama Seno Gumira Ajidarma, semasa mudanya dikenal sebagai pembangkang.
  Padahal baik dari garis ayah maupun ibu, ia keturunan dari orang yang
  terpelajar. Seno sampai berumur lima tahun berada di luar negeri mengikuti
  kedua orang tuanya. Setelah itu sejak SD hingga SMA ia di Yogyakarta. 
Meskipun
  Seno "berdarah" ilmuwan dari seorang ayah
  Prof. Dr. MSA 
Sastroamidjojo guru besar di FMIPA UGM, ia tidak menyukai pelajaran ilmu pasti. Seno tidak suka yang berbau pasti, ketika masih duduk sekolah dasar dan menengah, ia dikenal sebagai pembangkang, khususnya terhadap peraturan-peraturan di sekolah. Tidak heran ia pernah diskors. Namun, tidak berarti Seno tumbuh menjadi anak malas. Ia justru gemar membaca dan dari bacaan itu pulalah ia mendapat pengaruh. Selepas SMP karena terpengaruh cerita dari buku yang dibacanya, ia berpetualang. Sampailah ia di Medan, di sana ia menjadi buruh pabrik kerupuk. Ketika Seno kehabisan uang, ia minta agar ibunya mengirimkan uang, namun ibunya mengirimi ia tiket. Seno pulang ke Yogyakarya dan melanjutkan sekolahnya kembali. Seno melanjutkan pendidikanya ke SMA yang membolehkan siswanya tidak berseragam. Barangkali karena jiwanya yang senang terhadap segala sesuatu yang "liar".  | 
 
       Keteladan dari sosok Seno Gumira Ajidarma tersebut adalah  ...
A. 
Seno Gumira Ajidarma
tetap menyelesaikan pendidikan.
B.  
Seno anak dari kalangan terpelajar yang
pemah menjadi buruh pabrik.
C.  
Seno pernah mengenyam
pendidikan di luar negeri dan dalam negeri.
D. 
Seno   bersekolah 
di   SMA  yang 
tidak  mengharuskan     berpakaian seragam.
E.  
Seno terpaksa pulang
dari petualangannya karena kehabisan uang.
Teks 
berikut untuk menjawab soal 11 – 12. Bacalah dengan saksama!
Tercapainya titik terang penyelesaian utang AS tentu tidak terlepas
  dari peran kepemimpinan Obama. Ini merupakan ujian lain baginya untuk
  mempertemukan berbagai kepentingan, tanpa mengorbankan perekonomian negaranya
  dan tentu saja perekonomian global. 
Meskipun demikian, persoalan AS tidak lantas beres. Pengurangan
  anggaran 2,4 
triliun dollar AS. Lembaga pemeringkat Standard & Poor's (S&P) menilai pada besaran pengurangan anggaran itulah, keberlanjutan ekonomi AS bisa terjaga. Oleh karena itu, S&P menyatakan terbuka peluang peringkat utang AS masih bisa turun  | 
 
11.     Opini penulis dalam tajuk
rencana tersebut yang tepat adalah … 
A.     
Persoalan AS tidak
akan beres karena pengurangan anggaran hanya 2,4 triliun 
       dollar AS.
B.      
Tercapainya titik
terang penyelesaian utang AS tidak terlepas dari kepemimpinan   
       Obama.
C.      
AS memerlukan
pengurangan  anggaran minimal  4 
triliun  dollar AS  agar 
       ekonomi AS bisa terjaga.
D.     
Standard & Poor's
(S&P) menyatakan bahwa terbuka peluang peringkat utang
AS masih bisa turun.
AS masih bisa turun.
E.      
Obama mendapatkan
ujian lain tentang perekonomian negara dan global. 
12.    Pihak yang dituju dalam tajuk
rencana tersebut adalah ….  
A.      negara global
B.       warga AS
C.       ekonom AS
D.      pemerintah AS
E.       lembaga
S&P
  Tabel berikut
untuk menjawab soal nomor 13 dan 14. Bacalah dengan cermat!
Data Nilai Rerata Mata Pelajaran Semester II TP 2011/2012
No. 
 | 
  
Kelas 
 | 
  
Bind 
 | 
  
Bing 
 | 
  
Mat 
 | 
  
Pkn 
 | 
  
Sej 
 | 
 
1 
 | 
  
XII-IPS 1 
 | 
  
81 
 | 
  
75 
 | 
  
79 
 | 
  
77 
 | 
  
80 
 | 
 
2 
 | 
  
XII-IPS 2 
 | 
  
82 
 | 
  
74 
 | 
  
78 
 | 
  
77 
 | 
  
81 
 | 
 
3 
 | 
  
XII-IPS 3 
 | 
  
81 
 | 
  
75 
 | 
  
79 
 | 
  
77 
 | 
  
80 
 | 
 
4 
 | 
  
XII-BHS 1 
 | 
  
83 
 | 
  
76 
 | 
  
78 
 | 
  
78 
 | 
  
82 
 | 
 
5 
 | 
  
XII-BHS 2 
 | 
  
85 
 | 
  
77 
 | 
  
77 
 | 
  
78 
 | 
  
83 
 | 
 
13.     Kalimat yang sesuai dengan isi
tabel adalah …
A. Nilai rerata mata pelajaran Bahasa Inggris lebih rendah daripada bahasa Indonesia.
B. Perolehan nilai
rerata mata pelajaran Bahasa Inggris lebih tinggi daripada PKn.
C. Perolehan nilai
rerata mata pelajaran Sejarah menunjukkan angka paling rendah.
D. Perolehan nilai
rerata mata pelajaran PKn di kelas XII lebih tinggi dari sejarah.
E.  Perolehan
nilai rerata mata pelajaran di semua sangat rendah karena di bawah
14.  Simpulan isi tabel tersebut
yang tepat adalah … 
A.   Rerata nilai setiap
mata pelajaran yang diperoleh kelas XII menunjukkan angka
sangat tinggi karena nilainya di atas 80.
sangat tinggi karena nilainya di atas 80.
B.  Rerata nilai mata pelajaran yang diperoleh
kelas XII menunjukkan angka kurang
karena semua nilai di bawah 70.
karena semua nilai di bawah 70.
C.  Perolehan nilai
rerata mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII-BAHASA 2  
  menunjukkan angka
paling baik di antara mata pelajaran yang lainnya.
D.   
Perolehan nilai rerata
mata pelajaran di kelas XII sangat memuaskan karena
nilainya di atas 85.
nilainya di atas 85.
E.
  Perolehan nilai rerata pelajaran di semua
kelas menunjukkan angka sangat memuaskan  
  karena   nilainya lebih dari 70.
Kutipan novel berikut untuk menjawab soal nomor 15 – 17. Bacalah dengan saksama!
Kang Lantip tersenyum. 
“Karena saya tidak percaya
  kepada sistem yang melahirkan dan membesarkan penguasa yang begitu kejam
  seperti Stalin. Sama dengan tidak percaya saya kepada sistem yang melahirkan
  Hitler dan Mussolini. Juga tidak percaya kepada sistem yang melahirkan
  Amangkurat yang dengan kejamnya membunuh santri-santri. Sistem-sistem seperti
  ini mengandung bibit-bibit kekuasaan yang selalu akan mengambil korban ribuan
  orang yang bersalah”. Saya terkejut mendengar suaranya. Lantip, kakang saya,
  yang lemah-lembut, sopan, penuh tata krama, dengan sekali tebas membabat tiga
  sistem kekuasaan yang besar.               
                                                                         Keluarga
  Priyayi,
  Umar Kayam 
 | 
 
15.  Amanat yang terdapat dalam
kutipan novel tersebut adalah …
- Kekuasaan sering menimbulkan kesewenang-wenangan.
 - Jangan berprasangka buruk terhadap seorang pemimpin.
 - Kita harus menghargai sikap dan pendapat seseorang
 - Kita harus percaya kepada orang yang ditunjuk sebagai pemimpin.
 - Janganlah menggunakan kekuasaan untuk menindas yang lemah.
 
16.  Pendeskripsian watak “ Kang Lantip ” yang menentang kekejaman dalam novel tersebut adalah
melalui …
- deskripsi fisik
 - dialog antartokoh
 - pikiran-pikiran tokoh
 - pemaparan langsung
 - lingkungan sekitar tokoh
 
17.  Mengapa tokoh saya terkejut mendengar suara Lantip? 
Tokoh saya terkejut mendengar suara Lantip
karena ....
- tidak percaya kepada sistem yang melahirkan dan membesarkan penguasa yang begitu kejam
 - tidak percaya kepada sistem yang melahirkan Hitler dan Mussolini yang memerintah sewenang-wenang
 - tidak percaya kepada sistem yang melahirkan Amangkurat yang dengan kejamnya membunuh santri-santri
 - sistem seperti ini mengandung bibit-bibit kekuasaan yang selalu akan mengambil korban ribuan orang yang bersalah
 - Lantip yang lemah-lembut, sopan, penuh tata krama dapat membabat tiga sistem kekuasaan yang besar
 
Puisi berikut untuk menjawab soal
nomor 18 dan 19. Bacalah dengan saksama!
Doa
  di Medan Laga 
Oleh
  Subagio Sastrowardoyo 
Berikan
  kekuatan sekeras baja 
Untuk
  menghadapi dunia ini, untuk melayani zaman ini 
Berikan
  kesabaran seluas angkasa 
Untuk
  mengatasi siksaan ini, untuk melupakan derita ini 
Berikan
  kemauan sekuat garuda 
Untuk
  melawan kekejaman ini, untuk menolak penindasan ini 
Berilah
  perasaan  selembut sutra 
Untuk
  menjaga peradaban ini, untuk mempertahankan kemanusiaan ini 
 | 
 
18.     Makna lambang  “ garuda” dalam puisi tersebut adalah….
A.    kegagalan
B.     ketinggian
C.     ketegaran
D.    kebesaran
E.     kejayaan
19.     Maksud puisi tersebut adalah  … 
A.  Kekerasan, penindasan, dan
kekejaman dapat ditundukkan dengan kekuatan hati sendiri.
B.             
Gambaran kehidupan seseorang yang membuat orang harus tabah menghadapinya.
C.             
Gambaran yang dihadapi dalam sebuah peperangan yang penuh dengan
penindasan.
D.  Doa seseorang untuk diberikan
kekuatan dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan.
E.  Seseorang berharap dirinya
berani melawan musuh dalam peperangan melawan kekejaman.
Kutipan cerpen berikut untuk menjawab
soal nomor 20 dan 21. Bacalah dengan saksama! 
(1)   
  “Aku tak capek
  karena miskin, tetapi karena aku sakit. (2) Aku
  juga mulai tua sekarang, Bang. (3) Aku diam karena
  tidak mau memberati perasaan abang. (4) Bukan apa-apa.(5) Aku tidak mau abang memaksakan diri menerima suap hanya
  untuk meyenangkan hatiku. (6) Jangan.  (7) Aku
  masih kuat menderita kok. (8) Masih banyak orang lain yang lebih
  jelek nasibnya dari kita”. (9) Dia berdiri dan
  meletakkan kedua amplop di depan saya. (10) ”Jangan
  memaksakan sesuatu yang tidak baik, nanti tidak akan pernah baik”  
                                                                                    
  Suap, Putu Wijaya       
 | 
 
20.     Kalimat pembuktian latar sosial yang menggambarkan
kesederhanaan dan rela hidup susah  terdapat pada nomor … .
A.   
(1), (2), dan (3)
B.    
(1), (4), dan (5)
C.    
(1), (5), dan (6)
D.   
(1), (7), dan (8)
E.    
(1), (9), dan (10)
21.     Keterkaitan nilai moral dalam
kutipan cerpen dengan kehidupan sehari-hari adalah ….
A.  mendorong suami mencari tambahan penghasilan untuk biaya
pengobatan
B.    mengembalikan amplop uang yang diterima dari suami
C.   mencegah suami menerima suap untuk menyembuhkan penyakit 
D.  menerima uang suap untuk menyembuhkan penyakit 
E.  
menerima suap untuk menyenangkan hati
orang lain 
Kutipan drama berikut untuk menjawab
soal nomor 22 dan 23. Bacalah dengan saksama!
Jo
          :           “Kelompok tayub, Pak. Kami kelompok kesenian.”  
Hansip : “Mempunyai surat izin?”  
Jo
          : “Punya, Pak. (Jo merogoh
  saku, tapi tak ditemuinya surat yang dimaksud). Wah ketinggal Pak!”  
Hansip : “Bohong,
  kamu pasti tidak mempunyai surat izin pertunjukan. Kalian pasti tidak
  mempunyai kartu seniman! Ini menyalahi peraturan. Setiap kali kegiatan seni
  di desa ini harus mempunyai surat izin dari yang berwajib, tidak ada
  tawar-menawar.”  
Jo         : “Tapi
  kami kelompok kesenian rakyat! Tradisional, Pak, dan patut untuk
  dilestarikan, Pak.”  
Hansip : “Tidak peduli tradisional atau modern,
  yang penting surat izin.” 
 | 
 
22.   
Watak  “hansip ”  dalam kutupan drama tersebut  adalah ….
A. 
pemberontak 
B.  
licik 
C.  
pembohong 
D. 
pembangkang 
E.  
kaku 
23.   
Konflik dalam kutipan drama tersebut adalah … 
A.  Tidak adanya perizinan berbagai pertunjukan di desa. 
B.  
Hansip mematuhi hukum
memberikan pengecualian kepada siapa pun. 
C.  
Kekesalan Jo pada
hansip yang tidak mau menawarkan surat izin. 
D.  Keinginan Jo untuk melestarikan kesenian tradisional
terbentur pada perizinan. 
E.   Keharusan kelompok seniman memiliki surat seniman.
Teks naskah Melayu klasik berikut
untuk menjawab soal nomor 24– 25. Bacalah dengan saksama!
Maharaja
  Angkasa Indera Dewa atau Betara Angkasa Indera Dewa turun dari
  Kayangan ke dunia bersama isterinya tanpa kebenaran.
  Betara Guru, lantas disumpah menjadi sepasang suami isteri yang miskin
  melarat. Sebaiknya mendekati balai Istana Maharaja Indera Dewa di negeri
  Antah Berantah karena ingin menghadap baginda, mereka dihalau
  dengan kayu dan batu. Terpaksa tinggal di pinggir hutan serta mencari sisa
  makanan dari timbunan sampah. Menemui sebiji ketupat basi dan sebuku tebu
  sebagai mengalas perut. Setiap hari apabila mereka mencari rezeki di
  mana-mana, nasib serupa menimpa, dihalau. Semua orang memanggil mereka Si
  Miskin. 
 | 
 
24.     Karakteristik naskah Melayu
klasik yang tampak dalam kutipan tersebut adalah … 
A.  Menceritakan hal yang berhubungan dengan terjadinya sesuatu
B.  
Kisahnya bercampur
dengan dunia khayal dan melebih-lebihkan kejadian 
C.  
Menceritakan pemimpin
yang memberikan kesejahteraan pada rakyatnya 
D.  Mengisahkan keadaan masyarakat miskin yang ada di sekitar
kita 
E.   Mengisahkan tentang kesalahan yang sering dilakukan para
dewa.
 25.     Nilai moral yang terdapat dalam kutipan naskah Melayu klasik tersebut adalah …
A.   
Maharaja Betara
Angkasa Indera Dewa turun dari Kayangan bersama isterinya.
B.    
Betara Guru  disumpah menjadi sepasang suami isteri yang
miskin melarat.
C.    
Maharaja Indera Dewa
di negeri Antah Berantah ingin menghadap baginda.
D.   
Mereka tinggal di pinggir hutan serta
mencari sisa makanan dari timbunan sampah.
E.    
Setiap hari apabila
mereka mencari rezeki nasib serupa menimpa, dihalau.
26.   Bacalah pantun berikut dengan saksama!
Harum menusuk kayu cendana 
Bagai harum aneka kembang 
Banyak orang ditimpa bencana 
Banyak orang berlomba  menyumbang 
 | 
 
Maksud pantun tersebut adalah … 
A.     Sumbangan diberikan jika orang sudah ditimpa
bencana.
B.      Berlomba-lomba orang memberi sumbangan kepada
orang yang mendapat bencana.
C.      Orang yang ditimpa bencana pastilah banyak
menerima sumbangan.
D.     Orang yang memiliki harta sebaiknya menyumbang
orang yang mengalami bencana.
E.      Sumbangan yang diberikan dapat meringankan
penderitaan orang yang kesusahan.
27.     Bacalah gurindam berikut dengan saksama!
Hati – hati memilih kawan  
Salah-salah
  menjadi lawan  
 | 
 
Maksud gurindam tersebut adalah …
A.  
Berhati-hatilah dalam
pergaulan, jangan sampai menyakiti kawan 
B.  
Cermatlah memilih
teman karena yang disangka teman dapat menjadi musuh.  
C.  
Baik-baik pada semua
teman agar selalu terjaga persahabatan kita 
D.  
Pandai memilih teman
yang baik dan jujur sehingga menjadi teman sejati. 
E.   
Bergaullah dengan
teman sebaik mungkin agar tidak disakiti. 
28.  Bacalah paragraf narasi rumpang berikut dengan saksama!
Motivasi
  menulis muncul saat SMA dulu. Ketika kelas 3 saya diwajibkan membuat karya
  tulis sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Nasional. Saya tidak tahu kalau
  ternyata karya tulis saya dan teman-teman ikut dilombakan untuk tingkat provinsi. Saya baru tahu ketika wali
  kelas mengumumkan bahwa saya terpilih sebagai Juara III Lomba Menulis Tingkat
  Provinsi tentang
  Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH). Saya pun sempat tidak
  percaya karena karya tulis itu saya buat seadanya semampu saya dan waktu itu
  saya harus meminjam mesin ketik kepada teman kos. Memang karya tulis itu saya susun
  rapi mengikuti kaidah penulisan yang formal. Saya diuntungkan bisa meminjam
  banyak buku di perpustakaan sekolah, karena saya termasuk anggota Pustakawan
  Sekolah di SMA Negeri 1 Mataram. Dengan menjadi juara tingkat provinsi itulah, akhirnya saya bisa
  mentraktir bakso kepada teman sekelas saya. Dan dengan hadiah itu pula saya
  bisa melanjutkan kuliah , sebagai biaya awal,  ke tanah Jawa.   ... 
 | 
 
     Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi
tersebut adalah …
- Saya membeli tiket pesawat ke Jakarta.
 - Akhirnya, saya bisa kuliah dengan uang sendiri.
 - Orang tua saya tinggalkan demi mencapai cita-cita.
 - Sejak saat itulah motivasi menulis saya bangkit kembali.
 - Sudah seharusnya saya berterima kasih kepada guru dan orang tua.
 
29.     Bacalah paragraf sebab akibat yang rumpang berikut dengan
saksama!
Antara  bekerja 
  dan  kesehatan  manusia 
  saling  berhubungan  bahkan 
  saling berpengaruh. Hal ini terbukti, misalnya dari kenyataan bahwa
  seseorang menjadi lebih sehat bila ia bekerja daripada tidak bekerja. Atau
  kenyataan yang lain sebaliknya, yaitu seseorang yang bekerja malah menjadi
  sakit karena kondisi pekerjaannya tidak sesuai dengan karakteristik orang
  itu. ..  
 | 
 
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf
sebab akibat tersebut adalah … 
A. 
Oleh karena itu, dalam
memilih pekerjaan harus sesuai dengan karakter dan kemampuan
yang dimiliki. 
B. 
Hal itu akan terjadi
bila bekerja tidak sesuai dengan imbalan atau upah yang diharapkan.
C. 
Memang setiap orang
berhak memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda-beda dalam memilih
pekerjaan.
D. 
Jadi,  pekerjaan 
yang  tidak  sesuai 
dengan  karakter  yang 
dimiliki  akan menimbulkan
berbagai dampak.
E.  
Tentu saja setiap
orang mengharapkan agar dengan bekerja itu agar bisa hidup sehat.
30.     Bacalah paragraf argumentatif berikut dengan saksama!
Meningkatkan
  taraf pendidikan para petani merupakan suatu hal yang sama pentingnya dengan
  usaha meningkatkan taraf hidup mereka. Petani yang berpendidikan cukup, dapat
  mengubah sistem peftanian tradisional, misalnya bercocok tanam yang semula
  hanya memenuhi kebutuhan pangan, menjadi petani modern yang produktif. 
Petani yang berpendidikan cukup dapat memberikan umpan balik yang setimpal terhadap gagasan-gagasan yang dilontarkan perencana pembangunan . ...  | 
 
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf argumentatif
tersebut adalah  …
A. 
Oleh karena itu,
peningkatan taraf pendidikan petani di tingkat 
daerah perlu diusahakan.
B. 
Oleh karena itu,
peningkatan taraf pendidikan petani tradisional sangat mendesak
diusahakan.
C. 
 Itulah alasan
peningkatan taraf pendidikan petani pada umumnya yang mendesak untuk
diusahakan.
D. 
Itulah gambaran
tingkat pendidikan para petani di Indonesia yang sangat perlu ditingkatkan.
E.  
Dengan demikian, para
petani masih perlu meningkatkan diri dalam memperoleh pendidikan.
31.     Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
(1)        
  Beragam persoalan
  datang silih berganti seakan tiada henti. 
(2)    
  Sungguh
  memprihatinkan jika melihat kondisi masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. 
(3)    
  Mulai dari
  permasalahan ekonomi, seperti inflasi yang tinggi dan harga-harga bahan 
pokok yang terus naik. 
(4)     Angka pengangguran pun masih tinggi.  
(5)     Hal tersebut membuat tingkat kemiskinan masih belum dapat
  dikurangi secara signifikan. 
 | 
 
Urutan kalimat tersebut sehingga
menjadi paragraf padu yang tepat adalah ….
A. 
(1), (2), (3), (4),
dan (5)
B.  
(1), (3), (5), (2),
dan (4)
C.  
 (2), (1), (3), (4), dan (5)
D. 
(2), (3), (4), (5),
dan (1)
E.   (2), (4), (5), (1), dan (3)
32.     Bacalah silogisme rumpang
berikut dengan cermat!
PU: Setiap jurnalis harus
  mematuhi undang-undang dan kode etik jurnalis. 
PK: Pak Apollo jurnalis. 
K  : ... 
 | 
 
Kalimat
 yang tepat untuk
melengkapi  kesimpulan silogisme tersebut adalah … 
A.
Karena Pak Apollo jurnalis  harus
mematuhi undang-undang dan kode etik jurnalis.
B. 
Jika ingin jadi jurnalis harus mematuhi undang-undang dan kode etik
jurnalis.
C. 
Pak Apollo  harus mematuhi
undang-undang dan kode etik jurnalis sebab ia jurnalis.
D.
Pak Apollo  harus mematuhi
undang-undang dan kode etik jurnalis.
E. 
Pak Apollo jurnalis yang harus mematuhi undang-undang dan kode etik
jurnalis.
33.     Bacalah teks pidato rumpang berikut dengan saksama!
Yang kami harapkan, juga
  harapan masyarakat di sini agar kemenangan yang Saudara-saudara raih ini
  dapat dijadikan semangat untuk lebih meningkatkan gairah dalam usahanya untuk
  meraih prestasi olahraga. Demikianlah ungkapan kebahagiaan kami. Semoga Allah
  memberi pertolongan kepada kita sehingga tetap menduduki tempat yang paling
  atas sebagai juara pertama. ... 
 | 
 
Kalimat imbauan yang tepat untuk melengkapi teks pidato
tersebut adalah … 
A.   
Mari kita mencapai
kemenangan ini dengan gemilang.
B.    
Mari kita pertahankan
kejuaraan masa-masa mendatang.
C.    
Jangan lupa selalu
waspada terhadap semua kejahatan.
D.   
Kita harus selalu
mengikuti kedisiplinan.
E.    
Kita tidak boleh
meremehkan lawan.
34. 
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Perusahaan
  tranportasi penerbangan swasta Indonesia kian maju pesat. Pemerintah dengan
  cepat menetapkan … terhadap transportasi penerbangan Indonesia. … itu
  dilakukan untuk mencapai keselamatan, keamanan, dan kenyamanan yang optimal.
  Bahkan juga harus ada perawatan untuk meningkatkan … pesawat.  
 | 
 
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang
paragraf tersebut adalah ....
A.   
standardisasi, teknik, reliabilitas
B.    
motivasi, metode, kondisional
C.    
realisasi, strategis, aktivitas
D.   
investasi, teknis, optimal
E.    
mivasi, teknisi, reabilitas
35. 
Cermati kalimat penutup surat lamaran kerja berikut dengan
saksama!
Atas perhatiannya dan perkenannya, saya mengucapkan banyak terima kasih. 
 | 
 
Perbaikan kalimat penutup surat
lamaran pekerjaan yang tepat adalah …
A.    Partikel-nya  pada 
kata perhatiannya  dan perkenannya,   serta 
kata  banyak 
B.    
dihilangkan.
C.     Hilangkan kata dan
perkenannya dan banyak serta di
awal kalimat ditambahkan  
Demikianlah.
D.    Kata  mengucapkan 
diganti   dengan  menyampaikan  dan 
kata perkenannya 
dihilangkan.
E.     Ganti partikel-nya pada kata perhatiannya menjadi Bapak/Ibu atau Saudara, kata 
perkenannya dan kata banyak dihilangkan.
36. 
Bacalah iklan lowongan kerja berikut dengan saksama!
LOWONGAN
  KERJA 
Perusahaan
  Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) PT Narmada Muda memerlukan karyawati bagian
  personalia. 
Syarat
  : Berijasah S1 Ilmu Hukum menguasai computer memiliki kendaraan sendiri
  berumur minimal 23 tahun. 
Lamaran
  dibuka 7 s.d, 14 Mei 2012 
DIREKTUR
  PT NARMADA MUDA 
Alamat
  : Jalan Selaparang No. 5 – 7 Jakarta 
Kompas,
  7 Mei 2012 
 | 
 
     Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan
yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah ...
- A. Berhubungan dengan iklan Bapak dalam surat kabar Kompas, 7 Mei 2012 dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan pada bagian personalia.
 - B. Berhubungan kantor Bapak memerlukan tenaga pada bagian personalia yang saya baca di Kompas, dengan ini saya mengajukan lamaran kerja.
 - C. Sehubungan dengan iklan Bapak / Ibu dalam harian Kompas, 7 Mei 2012, dengan ini saya mengajukan lamaran untuk menjadi karyawati di bagian personalia.
 - D. Berdasarkan iklan di harian Kompas, 7 Mei 2012, dengan ini saya mengajukan lamaran kerja untuk menjadi karyawati bagian personalia di perusahaan Bapak / Ibu .
 - E. Saya membaca di harian kompas Jum’at 7 Mei 2012, dengan ini saya mengajukan lamaran kerja untuk menjadi karyawati di perusahaan Bapak / Ibu pada bagian personalia.
 
37. 
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Masalah yang dihadapi Dini ... susah untuk
  diselesaikan.  ... berusaha membantu
  menyelesaikan. Namun,  ... malah
  menjauhi ketika mengetahui Dini terlibat obat-obat terlarang.  Masalah utama pada awalnya adalah kurangnya
  kasih sayang. Kemudian, Dini terlibat bisnis online yang merugikan banyak orang.  
 | 
 
      Kata ulang yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah …
- saling kait-mengait, para guru-guru, semua teman-temannya
 - saling kait-mengait, para guru-guru, teman-temannya
 - saling mengkait satu sama lain, guru-guru, teman-temannya
 - kait-mengait, para guru-guru, semua teman-temannya
 - kait-mengait, guru-guru, teman-temannya
 
38. 
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Berbagai
  informasi dapat kita peroleh secara mudah. Bentuk informasi pun
  bermacam-macam, ada yang berupa gagasan baru, pendapat para ahli, pesan moral
  dan 
sosial. Semuanya dengan mudah dapat ... . Kita harus dapat memilah-milah informasi tersebut sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan sampai kita ... semua informasi yang telah didapat.  | 
 
     Kata berimbuhan yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A.  di sebarluaskan, mencampur  adukkan
B.  disebar luaskan, mencampur adukkan
C.  disebarluasan, menyampuradukkan
D.  di sebarluaskan, 
mencampuradukkan
E.  
disebarluaskan,
mencampuradukkan
39.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Budaya membaca dan menulis bagi
  warga Indonesia memang masih dikatakan ... Budaya menulis masih ...  lagi dari budaya membaca. Ini adalah tantangan berat bagi Indonesia jika
  ingin maju dan bergaul di kancah Internasional. 
 | 
 
Frasa ajektiva 
yang tepat melengkapi paragraf tersebut adalah … 
A.     sangat rendah sekali, lebih kecil
B.      sangat rendah, lebih kecil
C.      amat sulit, paling kecil
D.     kurang sekali, kurang baik
E.     kurang baik, kurang lancar
40.     Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Tawuran
  sering terjadi di jalanan   ...   jauh dari sekolah. Tawuran   ...  
  sering kali terjadi di titik yang sama dan waktu yang sama. Aparat
  keamanan pun sering berjaga di titik tersebut,   ...  
  siswa yang hendak tawuran selalu bisa mencari cara ... tetap tawuran. 
 | 
 
Kata
penghubung yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam paragraf di atas
adalah...
A.  meskipun,
yang, namun, dengan
B.   dengan,
juga, tetapi, bila
C.   dan,
kalau, agar, untuk
D.  yang,
juga, tetapi, untuk
E.   setelah,
dan, kalau, agar
41. 
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Teater
  Koma sangat fenomenal.  Teater ini
  lahir dari rahim dua ibu yaitu 
Nano Riantiarno yang berasal dari Teater Populer pimpinan Teguh Karya dan Ratna Majid yang berasal dari Teater Kecil pimpinan Arifin C. Noer. Teater Koma menjadi . . . setiap selesai pementasan. Sehingga pementasannya selalu ditunggu masyarakat. Harga karcis yang mahal tidak menjadi masalah bagi para penggemarnya.  | 
 
Ungkapan
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … .
- ancung jempol
 - bulan-bulanan
 - buah bibir
 - biang kerok
 - panggung sandiwara
 
42. 
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Hera
  merasa kasihan pada Asna. Anak itu tak punya keluarga di tengah kondisi
  genting akibat bencana gemap. Apalagi rumah tempat ia bernaung hancur pula …
  Tak ada yang tersisa dari peninggalan orang tuanya. Semua hancur akibat
  gempa. 
 | 
 
Peribahasa
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah … 
A.             
Seperti api dalam
sekam. 
B.              
Jatuh ke atas tilam. 
C.              
Jauh panggang dari api. 
D.             
Tak usah itik diajar
berenang. 
E.              
Sudah jatuh tertimpa
tangga. 
43.  Bacalah judul
karangan berikut dengan saksama!
menggali
  potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri 
 | 
 
Penulisan judul karangan tersebut berdasarkan EYD yang
tepat adalah … 
A.    Menggali Potensi Diri Untuk
Meningkatkan Kepercayaan Diri
B.     Menggali potensi diri untuk
meningkatkan kepercayaan diri
C.     Menggali Potensi Diri untuk
meningkatkan Kepercayaan Diri
D.    Menggali Potensi Diri untuk
Meningkatkan Kepercayaan Diri
E.     Menggali Potensi diri Untuk
Meningkatkan Kepercayaan diri
Topik berikut untuk menjawab soal nomor 44
dan 45. Bacalah dengan saksama!
Kirab budaya sebagai terapi
  mental untuk memulihkan kepercayaan masyarakat Yogyakarta 
 | 
 
44.     Latar belakang yang sesuai
dengan topik tersebut adalah … 
A.    Sampai saat ini masyarakat
Yogyakarta yang terkena bencana alam masih trauma sehingga perlu kirab budaya
untuk menerapi mental mereka.
B.     Kirab budaya adalah pawai
dengan memberi persembahan ke Gunung Merapi dan Laut Selatan agar terhindar
dari bencana yang lebih besar dan lebih mengerikan.
C.     Masyarakat Yogyakarta ingin
memulihkan kepercayaan pemerintah kepada mereka dengan mengadakan kirab budaya
sehingga wisatawan datang kembali.
D.    Kirab budaya merupakan acara
yang dipercaya masyarakat Yogyakarta dapat pembebaskan mereka dari bencana
Gunung Merapi, gempa bumi, atau tsunami di Indonesia.
E.     Aktivitas Gunung Merapi dan
terjadinya gempa bumi akhir-akhir ini telah mengganggu masyarakat Yogyakarta sehingga
pemerintah perlu mengadakan kirab budaya untuk memohon keselamatan.
45.    
Rumusan masalah yang
sesuai dengan topik karya ilmiah tersebut adalah … 
A.   
  Bagaimana cara memulihkan
kepercayaan masyarakat Yogyakarta?
B.    
  Apakah Kirab budaya akan memulihkan
kepercayaan masyarakat Yogyakarta
C.    
  Mengapa kirab budaya  dapat dikatakan sebagai terapi mental
masyarakat?
D.   
  Apakah kirab budaya dapat menterapi
kepercayaan masyarakat?
E.    
  Mengapa masyarakat Yogyakarta perlu
memulihkan kepercayaannya?
46.     Bacalah puisi rumpang berikut dengan saksama!
Biarkan Candi
  Ini Tetap Berdiri 
Biarkan
  mendung itu memayung  
Hutan
  menyelimuti gunung  
…. 
Menyerusuki
  rongga hati  
Biarkan
  candi itu tetap berdiri  
Terjaga
  dari kikisan arus waktu  
Sebab
  sesekali anak cucu kita  
Ingin
  tahu karya cipta nenek moyangnya 
 | 
 
Larik bermajas yang tepat untuk mengisi puisi tersebut
adalah … 
A.  Sementara desah angin tak kunjung henti 
B.  
Hijau segar memayungi
laut 
C.  
Udara segar
menyegarkan kita 
D.  Matahari menyinarinya dengan lembut 
E.   Bak sabuk hijau menghiasi putri  
47.     Bacalah penjelasan novel berikut dengan saksama!
Kisah
  yang diuraikan dalam buku karya Agatha Christie ini menggunakan alur maju
  dengan beberapa kali flashback ini
  cukup mengasyikkan untuk dibaca. Di dalamnya, banyak hal-hal tak terduga yang
  terjadi, antara lain mengenai karakter tokoh yang sulit ditebak, dan juga
  pelaku pembunuhan yang misterius. Setiap babak selalu memunculkan hal-hal
  yang baru, sehingga dapat membangun suasana yang berbeda-beda. Cerita ini
  menggunakan bahasa percakapan sehari-hari yang dapat dengan mudah dimengerti
  oleh pembaca. Istilah-istilah khusus hanya dipakai sesekali dalam cerita.
  Hanya saja, kadang tokoh cerita menyampaikan sesuatu dengan kalimat yang
  panjang, seperti pada dialog antara Miss Marple dan Tuan Rafiel, sehingga membosankan
  pembaca. 
 | 
 
Kalimat resensi yang mengungkapkan kelemahan sesuai
dengan penjelasan tersebut adalah …
A.   
Kisah yang diuraikan Agatha Christie menggunakan alu maju dengan
beberapa kali flash back.
B.    
Karakter tokoh yang digambarkan sulit ditebak, dengan pelaku
pembunuhan misterius.
C.    
Setiap babak dapat membangun 
suasana yang berbeda-beda. 
D.   
Bahasa yang digunakan dalam cerita mudah dimengerti oleh pembaca.
E.    
Terkadang tokoh cerita menyampaikan kalimat panjang, sehingga
membosankan pembaca.
48.     Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama!
“Selintas
  kubaca nama yang terselip. Tiba-tiba aku merasa seperti berada di suatu
  tempat yang luas dan lengang. Kakiku ringan, tak merasakan sesuatu pun.
  Perlahan tubuhku menerima tikaman pedih, tak kuketahui dari mana datangnya”  
 | 
 
       Kalimat esai yang sesuai dengan kutipan  tersebut adalah … 
A. 
Sebuah misteri mulai
diajukan pengarang, mengapa nama tersebut begitu hebat menikam perasaannya. 
B. 
Di sini tamapak kekuranglancaran pengarang dalam mengungkapkan idenya dalam cerita. 
C. 
Pengarang tampak
berusaha membuat teka-teki kepada pembaca agar pembaca penasaran. 
D. 
Pengarang
menggambarkan tokoh-tokoh yang  kurang kuat pendirian dan lemah secara fisik.
E.  
Tokoh “aku” digambarkan sebagai tokoh yang berwatak , tetapi lemah dalam mengatasi masalah.  
49.  Bacalah puisi berikut dengan saksama!
Merangkai
  Kesetiaan  
…  
Aku tak’kan pernah terpejam  
Merangkai kesetiaan  
Yang terukir abadi  
Di titik terdalam nurani  
Datang desir Timurmu  
‘Tuk bersanding  
Di anjangsana hariku  
Tri Zuliatmanto 
 | 
 
Kalimat kritik yang sesuai dengan puisi tersebut asalah …
A.  Penulis memiliki kemmapuan menyusun larik yang sangat
puitis. Ia juga teliti dan    
cermat dalam memiliki diksi. 
B.  
Penulis mengungkapan
kesetiaan yang sedemikian dalam dengan larik-larik puisi yang
 
  berima
sama. 
C.  
Penulis berbicara
tentang sesuatu yang lazim dialami orang yang setia, tetapi ragu 
apakah kesetiaan itu akan abadi. 
D. 
Penulis berharap mengekalkan hubungannya dengan sang kekasih, tetapi
kekasih tidak setia. 
E.   Penulis memiliki kemampuan menyusun puisi yang bagus karena
menggunakan 
pencitraan penciuman. 
50.     Bacalah kutipan
drama berikut dengan saksama!
Hakim    :  “Silakan
  duduk!”  
Tamu I   :  “Tidak
  usah repot-repot”  
Pelayan  :  “Wah,
  takut kalau jasnya lecet”  
Tamu I   :  “Ini
  sesuai dengan misiku yang bersifat resmi dan
  serius. Atas nama seratus ribu orang pembaca Sinar Senja ….”  
Hakim    ;  “Sudah
  tentu, memang kewajibanku”  
 | 
 
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi kutipan drama tersebut adalah …
A.  Jangan acuhkan saya, Pak (wajah Tamu I tampak serius) 
B.  
Dengarkan saya (wajah Tamu I tampak serius) 
C.  
Saya akan memaksa
Bapak (Wajah Tamu I garang) 
D.  Biarkan saya mengerjakannya, Pak (wajah Tamu 1 memelas) 
E.  
Kasihanilah saya, Pak
(wajah Tamu I tampak marah)   
 
BAHAN
PERSIAPAN UN SMA 2013
Soal Try Out UN SMA/MA  Program 
IPS  Terbaru Tahun 2013  Paket 2:
Soal Try Out UN SMA/MA  Program 
BAHASA  Terbaru Tahun 2013  Paket 2:
Soal Try Out UN SMA/MA  Program 
IPS  Terbaru Tahun 2013 Paket 1 :
Soal Try Out UN SMA/MA  Program IPA Terbaru Tahun 2013 Paket 1 :
Soal Try Out UN SMA/MA  Program 
Bahasa Terbaru Tahun 2013 Paket 1:
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN
IPS
SOAL TRY OUT UN SMA JURUSAN
IPA
Aprudin, S.Pd.I
 

Tidak ada komentar:
Posting Komentar