"SELAMAT DATANG DI BLOG 007INDIEN SEMOGA MENDAPATKAN SESUATU YANG BERMANFAAT DI BLOG INI"

Rabu, 25 Juli 2012

Download Pedoman Ujian Kompetensi Guru (UKG) Online 2012

Guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Tuntutan peran guru tersebut diperkuat dengan pencanangan “guru sebagai profesi” oleh Presiden pada tanggal 4 Desember 2004. Landasan posisi strategis guru tersebut dituangkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Secara eksplisit amanat Undang-Undang tersebut adalah kebijakan pembinaan dan pengembangan profesi guru agar memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang diaktualisasikan untuk menjalankan profesi mendidik.
Profesionalitas guru diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kode etik profesi. Pengembangan keprofesian berkelanjutan dilaksanakan dan diperuntukkan bagi semua guru baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembinaan profesi tersebut diperlukan pemetaan kompetensi yang secara detail menggambarkan kondisi objektif kompetensi, materi serta strategi pembinaan yang dibutuhkan oleh guru. Peta tersebut hanya dapat diperoleh melalui uji kompetensi guru. Dengan demikian, Uji Kompetensi Guru (UKG) dilakukan untuk pemetaan kompetensi, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan(PKB) dan sebagai entry point Penilaian Kinerja Guru (PKG). Artinya UKG bukan merupakan resertifikasi, atau uji kompetensi ulang dan juga bukan UKG yang tidak ditujukan untuk memutus tunjangan profesi.
Berkenaan dengan UKG Online yang akan diadakan mulai 30 Julli sampai dengan awal Agustus 2012 ini terhadap 1.006.211 guru yang bersertifikat profesi di seluruh Indonesia ada beberapa pedoman yang telah ditetapkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK - PMP).
Berikut buku Pedoman UKG yang siap diunduh. Buku ini resmi yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK - PMP).
Adapun isi dari Buku Pedoman UKG tersebut adalah sebagai berikut:
BAB I   PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
B.  Dasar Hukum
C.  Tujuan UKG
D.  Sasaran UKG
E.  Teknis Pelaksanaan UKG

BAB II   UJI KOMPETENSI GURU
A.  Landasan UKG
1.  Aspek Filosofis
2.  Apek Teoritis Pedagogik 
3.  Aspek Empirik Sosial

B.  Prinsip UKG
C.  Instrumen UKG 

D.  Peserta UKG
1.  Persyaratan Peserta
2.  Mata Uji
3.  Konfirmasi dan Validasi Data Peserta
E.  Waktu UKG
F.  Tempat UKG

BAB III   SISTEM DAN MEKANISME PELAKSANAAN UKG
A.  Mekanisme Pelaksanaan 
1.  Persiapan
2.  Pelaksanaan 

B.  Organisasi Pelaksanaan 
1.  Badan PSDMPK - PMP 
2.  LPMP 
3.  Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota  

C.  Panitia Penyelenggara
1.  Badan PSDMPK dan PMP
2.  LPMP
3.  Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
4.  Koordinator Kabupaten/Kota
5.  Koordinator Lokasi 
6.  Teknisi UKG
7.  Pengawas Ruang 

D.  Pengendalian Soal dan Jawaban
1.  Pendistribusian Soal 
2.  Pengamanan Soal 
3.  Hasil Ujian

Buku pedoman ini juga dilengkapi lampiran-lampiran:
1.  Jumlah Peserta Uji Kompetensi Guru
2.  Daftar Konversi Bidang Studi  Sertifikasi Sebelum dan Setelah 2009
3.  Format Daftar Hadir
4.  Berita Acara Pelaksanaan UKG (BA-UKG)
5.  Format Kartu Peserta UKG

Untuk Mengunduh Buku Pedoman UKG Online 2012 Silakan Klik link dibawah ini:

Download Pedoman UKG Online 2012 

Untuk Mengunduh Materi TOT Uji Kompetensi Guru (UKG) Online 2012 Silakan Klik link dibawah ini: 
 

2 komentar:

  1. Terima kasih atas informasi yang sangat berharga ini. Dengan mendawnload pedoman tekhnis UKG On Line ini akan memudahkan para pembaca dalam melaksanakan Ujian, Insya Allah.

    BalasHapus
  2. ukg yang diharap betul-betul demi untuk meningkatkan kompetensi guru, tidak dengan kepentingan lain" yang menjadi masalah bagi kami sebagi guru kemungkinan besar ada kekhawtiran yang tidak lulus ukg otomatis tunjangan propesinya dicabut,karena beredarnya berita2 yang belum jelas, makanya banyak guru yang resah dengan ukg.

    BalasHapus